everpro

On Going Biasa di Sebut On Process, Samakah Artinya? Yuk, Simak!

Apa arti On Going dan On Process dalam pengiriman barang? Simak artikel ini untuk mengetahui jawaban dan ulasan lengkapnya!

Pernahkah mendengar istilah on going pada salah satu aplikasi transaksi jual beli secara online? Istilah yang satu ini memang jarang di gunakan, namun dengan kata lain istilah ini biasanya di kenal dengan kata “On Process”.

Meski beda kata namun sebenarnya memiliki makna yang sama. Yuk simak artikel berikut ini agar mendapatkan ilmu terupdate mengenai istilah bisnis yang satu ini:

Baca juga: 5 Cara Mengetahui Nomor Kurir Shopee Express, Cepat dan Tepat!

Apa itu On Going dan On Process?

On Going
Sumber: Pexels.com
  • On Going

Mengutip dari terjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia,  kata ini berarti sedang berlangsung, atau tidak berhenti, serta terus menerus.

Dalam hal jasa pengiriman on going bisa di simpulkan sebagai salah satu kode yang di gunakan oleh jasa pengiriman untuk menginfokan bahwa pengiriman paket sedang ada di proses yang sedang berlangsung dari penjual menuju gudang, atau dari gudang menuju pembeli melalui kurir.

  • On Process

Secara bahasa, terjemahan on process adalah ‘barang sedang dalam proses’. Nah, pengertian proses itu begitu banyak arti. Jika barang berstatus ‘on process’ dalam pengiriman logistik, berarti barang sedang dalam proses pengiriman. Status tersebut akan berubah jika barang telah sampai di tangan penerima.

Maka dari itulah on going dan on process sebenarnya bermakna sama.

Penyebab Terjadinya On Going

On Going
Sumber: Pexels.com

On going mengindikasikan bahwa paket yang di kirim sedang dalam perjalanan ke wilayah tujuan pengiriman.

Sedangkan on transit merupakan lanjutan dari on going, yang mana menandakan paket telah masuk ke wilayah tujuan dan sedang di kirim menuju kantor pusat di daerah tersebut untuk di antar ke penerima.

Ada beberapa penyebab yang membuat status ‘on going atau on process’ tidak berubah, hal ini biasanya di sebabkan oleh:

1. Status Resi Belum Update

Pernah beberapa konsumen mengalami kejadian yang terduga.Seperti sudah membeli barang secara online namun setelah dua hari kemudian status barang masih terlihat sampai di kota lain yang lumayan jauh. Tapi tiba-tiba kurir datang membawa paket Anda.

Padahal status resi seharusnya sesuai dengan kondisi real saat pengantaran. Hal ini biasanya di sebabkan oleh petugas ekspedisi yang  belum meng-update resi. Sehingga barang telah sampai padahal statusnya masih berada di kota lain.

Jadi ketika status paket masih saja tertulis ‘on process’ selama dua hari, bisa jadi karena resi belum diupdate jasa pengiriman.

Baca juga: Penting! Kenali Metode Waiting Line pada Jasa Ekspedisi

2. Paket Masih Di Perjalanan

Status barang yang ‘on going’ juga menunjukkan bahwa paket masih berada di perjalanan. Apalagi jika kota pengirim dan penerima lumayan jauh.

Disisi lain penerima paket pun juga tidak pernah tahu beberapa hal yang menjadi pemicu kendala paket  tidak terkirim dengan cepat. Misalnya cuaca buruk, rute yang sulit, atau kendala lain yang dialami oleh ekspedisi.

Sehingga bisa jadi paket juga sedang menuju alamat Anda  dan akan sampai dalam waktu yang cepat.

Intinya pengiriman barang jarak jauh tidak mungkin sampai dalam waktu singkat, apalagi jika harus melalui jalur udara atau laut. Banyak proses yang harus di lewati.

Status tersebut masih bisa di maklumi, terutama bagi penerima paket yang alamatnya jauh dari pengirim.

3. Ada Masalah Pada Proses Pengiriman

Kadang on process bisa juga memiliki arti jika paket yang dikirim mengalami masalah. Ini mungkin terjadi apabila proses pengiriman melebihi estimasi paket tiba di tujuan.

Apabila hal ini terjadi, Anda bisa menghubungi pihak jasa pengiriman untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Mohon untuk tetap tenang karena paket akan langsung dikirimkan apabila sudah tidak ada masalah.

Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat! Nantikanlah artikel yang informatif dan inspiratif lainnya di Everpro.id! 

Biar ga kelamaan nunggu paket Anda tiba, pakai layanan pengiriman dari Everpro aja, pasti paket Anda akan tiba tepat waktu!

Apa jasa pengiriman itu? Jawabannya adalah Everpro Shipping yang bisa kasih Anda banyak kemudahan dan keuntungan untuk bisnis online Anda.

Benefit Everpro Shipping

Berikut Benefit dari Everpro Shipping yang bisa Anda dapatkan:

 

Ayo segera daftar Everpro Shipping sekarang untuk nikmati semua kemudahan dan keuntungannya!

Daftar Sekarang

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya