everpro

Samakah On Time Delivery dan In Time Delivery, Cari Tahu Disini!

On Time

Seringkali memesan produk yang waktu sampainya terkadang tidak tepat waktu, namun bisa jadi ketentuan pada aplikasi memberikan informasi “on time” atau “In time”.

Dengan kata lain di sisi lain ada juga kata “in time”, samakah kedua arti tersebut? Cari tahu di bawah ini:

Definisi : Arti On Time Delivery

On Time
Sumber: pexels.com

Menurut kamus bahasa Inggris arti on time adalah tepat waktu. Dimana semua orang pun memahami ketika melakukan perjanjian maka harus tepat waktu.

Misalnya janji jam 09.00 maka yang melakukan perjanjian harus tepat waktu datang jam 09.00 sesuai perjanjian.

On time artinya bisa di sebut sebagai bentuk tanggung jawab ketika sudah melakukan kesepakatan, sehingga menyanggupi dan menunaikan perjanjiannya.

Pada jasa pengiriman pun istilah ini biasanya di sebut dengan “On time Delivery”.

On time Delivery merupakan layanan bagi jasa pengiriman yang menjadi faktor penting dalam bisnis berdasarkan kecepatan pelayanan kepada customer.

Ketepatan waktu pun bisa menjadi suatu tolak ukur tingkat kesuksesan dalam proses pengiriman barang dari suatu tempat ke tempat penerimaan barang.

Biasanya tepat waktu dalam pengiriman (delivery) di gunakan pada jasa pengiriman baik itu berupa jasa ekspedisi maupun jasa transportasi.

Everpro

Baca juga: Penjelasan Istilah Pengiriman: Delivery

Perbedaan On Time dan In Time Delivery

Selain ada kata On time, ternyata ada juga istilah In Time, namun keduanya ternyata memiliki perbedaan yang sangat signifikan. 

Berikut akan di jelaskan perbedaannya di bawah ini:

  • On time Delivery

Biasanya istilah ini di gunakan untuk perjanjian waktu yang harus di tepati sesuai dengan kesepakatan. 

Misal barang akan di kirim hari selasa jam 14.00, maka pengirim barang harus tepat waktu dan sudah mengirimkan barang jam 14.00.

Contoh lainnya seperti saat menerima pengiriman jam 10.00 pagi, maka jam 10.00 pagi paket harus sudah di terima oleh customer.

  • In time Delivery

Istilah in time sebenarnya artinya sama tepat waktu juga. Namun pada kesehariannya biasanya penerapannya berbeda dengan on time.

In time biasanya di gunakan untuk mengantisipasi jika terjadi kendala saat harus tepat waktu.

Misalkan, jasa pengiriman harus janjian COD dengan salah satu seller barang jam 15.00, namun biar tidak telat di perjalanan karena macet atau sulit menemukan alamat maka jasa pengiriman datangnya jam 14.30.

Hal ini di lakukan sebagai bentuk profesionalitas sebagai jasa pengirim yang memiliki loyalitas tinggi.

Tips Supaya Bisa On Time Delivery

On Time
Sumber: pexels.com

Banyak hal yang bisa mempengaruhi tepat waktu dalam pengiriman, agar bisa menjadi tepat waktu, berikut penjelasannya:

1. Ubah Pola Pikir Bahwa On Time Delivery Harus di Prioritaskan

Menjadi suatu kebiasaan jika tidak memprioritaskan tepat waktu, maka dari itu ketika sudah memperioritaskan sesuatu maka akan timbul sebuah kesadaran yang pada akhirnya akan mengupayakan semaksimalkan mungkin untuk bisa tepat waktu.

Baca juga: Pengertian DO (Delivery Order) dan Contoh Surat Jalan Barang

2. Tentukan Jadwal Realistis Delivery

Menentukan jadwal haruslah sesuai dengan kesanggupan, jangan sampai di luar kesanggupan antara pengirim dan penerima barang.

Contohnya seperti pada saat janjian dengan jasa pengiriman terkait barang COD, tidak mungkin kan jika janjian untuk pengiriman jam 4 subuh. Bagi sebagian orang mungkin bisa saja di lakukan namun secara umum, waktu jam 4 pagi adalah waktunya orang-orang untuk persiapkan ibadah sholat subuh dan juga persiapan untuk memulai kegiatan di pagi hari.

Jadi jadwalkanlah dengan waktu yang sekiranya kedua belah pihak menyanggupinya.

3. Jadikan Pengiriman Tepat Waktu sebagai Hobi

Bila biasanya selalu mengulur waktu, namun kini alangkah baiknya jika menjadikan pengiriman tepat waktu sebagai hobi atau kegiatan yang menyenangkan, karena di balik dengan kita tepat waktu, maka urusan lainnya pun tidak akan terlambat.

Sehingga hubungan dengan customer pun tetap terjaga dengan baik.

4. Pertahankan Kebiasaan Baik untuk On Time

Bila sudah terbiasa untuk tepat waktu. maka alangkah baiknya mempertahankan apa yang sudah menjadi sebuah kebiasaan baik.

Kebiasaan baik akan menghasilkan dampak yang baik.

Sekian informasi yang di sampaikan, semoga bermanfaat. Nantikan artikel yang informatif dan inspirasi lainnya di Everpro.id !

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait