everpro

13 Pekerjaan Borongan yang Bisa Dikerjakan di Rumah, Buat Uang Tambahan!

Ingin menambah uang penghasilan dari pekerjaan borongan? Simak artikel ini untuk mengetahui beberapa pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah untuk menambah penghasilan!

Pada era digital seperti saat ini, bekerja dapat dilakukan dari mana saja termasuk di rumah.

Nah, karena terjadi perpindahan kebiasaan tersebut, banyak perusahaan yang memperbolehkan karyawannya untuk bekerja dari rumah.

Imbas adanya pandemi membuat kebiasaan ini semakin marak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan. Istilah ini dinamakan WFH atau work from home. 

Nah, pada artikel ini kami akan membahas apa saja pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah yang telah kami rangkum.

Penasaran apa saja daftarnya? Simak informasi selengkapnya!

Apa itu Pekerjaan Borongan

pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah
Sumber: pexels.com

Sebelum kami memberikan daftar pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah, baiknya kamu mengetahui penjelasan dari pekerjaan borongan terlebih dahulu.

Pekerjaan borongan adalah pekerjaan yang dibayar dengan upah borongan yang sudah ditentukan untuk setiap pekerjaan yang telah selesai dikerjakan.

Pekerjaan borongan tidak dilihat dari waktu, tapi berdasarkan pekerjaan yang kamu selesaikan.

Nah, pekerjaan ini cocok banget nih buat kamu yang memiliki banyak waktu luang yang pingin memanfaatkannya dengan bijak.

Cocok untuk kamu yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, anak sekolah, mahasiswa sampai yang sudah bekerja.

Baca juga: 11+ Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa, Sangat Dibutuhkan!

Rekomendasi Pekerjaan Borongan yang Bisa Dikerjakan di Rumah

pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah
Sumber: pexels.com

Berikut beberapa pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah:

1. Membuat Kotak Packaging Produk

Pekerjaan yang pertama adalah membuat kota packaging produk. Kamu dapat membuat macam-macam box seperti food packaging, product box, corrugated box, box sepatu, box cake dan masih banyak lagi.

Kamu dapat memeasan bahan bakunya dari pabrik untuk pembuatan box-box ini. Pastikan jika kamu membuat box untuk makanan sudah memiliki standard food grade ya!

2. Menjual E-Book

Saat ini buku e-book menjadi pilihan untuk membaca buku. Penjualan e-book saat ini sedang naik karena mulai berpindahnya budaya dari membaca buku fisik. Pekerjaan satu ini juga bisa kamu coba, lho.

3. Survey Online

Selanjutnya untuk rekomendasi pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah yaitu mendaftarkan diri sebagai surveyor di aplikasi atau situs survei online.

Saat ini terdapat banyak aplikasi maupun situs survei secara online yang bisa kamu cari, baik itu survei di dalam negeri maupun luar negeri.

Cara kerjanya pun mudah, kamu hanya perlu memenuhi kualifikasi sebagai surveyor dan  menjawab pertanyaan survei tersebut. Kemudian kamu akan mendapatkan keuntungan dari poin jawaban terkumpul yang bisa kamu cairkan.

4. Jasa Desain Grafis

Berikutnya kamu juga bisa bekerja sama dengan perusahaan dan pengusaha yang membutuhkan jasa desain grafis baik itu untuk membuat iklan, poster, logo, dan lain sebagainya.

Pekerjaan borongan yang satu ini memerlukan kemampuan kamu dalam mendesain. Selanjutnya kamu bisa mengatur perjanjian kerjasama dengan perusahaan atau brand tempat kamu join usaha.

5. Jasa Penulisan

Kemudian ada pekerjaan jasa penulisan yang masuk dalam rekomendasi. Jika kamu memiliki hobi dan bakat menulis, pergunakanlah sebagai usaha untuk meraih penghasilan.

Kamu bisa membuat blog dan juga memberikan jasa penulis lepas melalui berbagai situs freelance yang bisa kamu cari di browser.

6. Usaha Rumahan Cuci Sepatu

Bisnis cuci sepatu menjadi salah satu jenis usaha yang ngetren belakangan ini. Hal ini karena tren sneakers saat ini di masyarakat. Apalagi dengan cuaca yang sering hujan seperti sekarang, jasa cuci sepatu menjadi lebih ramai.

Kamu juga tidak memerlukan modal yang besar untuk memulai usaha ini. Saat ini tersedia berbagai sumber untuk mempelajari teknik cuci sepatu serta informasi bahan yang kamu butuhkan.

7. Jasa Penerjemah

Jika kamu memiliki kemampuan berbahasa asing, pekerjaan selanjutnya ini cocok untuk kamu. Kamu bisa menawarkan jasa terjemahan melalui berbagai situs freelance.

Baca juga: 15+ Lowongan Bisnis Online Terbaik, Bisa Kerja dari Rumah!

8. Melipat Amplop, Katalog, Brosur

Rekomendasi selanjutnya yaitu melipat amplop, brosur dan katalog. Pekerjaan ini dapat kamu lakukan di rumah namun, sesuai standar yang telah klien tentukan. Kamu bisa menerima pesanan untuk pekerjaan ini dari klien.

Perlu kamu perhatikan untuk pekerjaan ini yaitu tingkat ketelitian dan keterampilan yang tinggi untuk melipat dengan baik.

9. Laundry Kiloan

Jasa laundry kiloan adalah jasa pencucian pakaian yang menerima pesanan dalam jumlah yang besar. Kamu bisa mengambil pakaian kotor dari pelanggan, mencuci, mengeringkan, dan meyetrika sebelum dapat pelanggan ambil.

Namun, untuk pekerjaan ini kamu memerlukan bantuan alat seperti mesin cuci dan sebagainya sebagai pendukung pada pekerjaan ini.

10. Konten Kreator

Ide lain selanjutnya yang bisa kamu coba adalah menjadi konten kreator. Kamu hanya memerlukan smartphone dan koneksi internet. Ada banyak sekali cara untuk menjadi konten kreator.

Bahkan hanya dengan membuat konten dalam bentuk tulisan. Kamu juga bisa menawarkan kerjasama membuat konten bagi brand maupun perusahaan.

Nantinya konten tersebut akan dipublikasikan di media sosial dari berbagai perusahaan ini. Kolaborasi ini bisa sangat menguntungkan karena kamu juga bisa membuat personal branding.

11. MUA 

Make Up Artist (MUA) merupakan salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga di rumahnya.Terutama jika kamu memiliki keterampilan dalam melakukan riasan wajah atau make up.

Pekerjaan ini memiliki permintaan yang banyak oleh para wanita yang membutuhkan jasa perias wajah untuk menghadiri acara-acara tertentu. Misalnya acara perpisahan sekolah, acara wisuda, acara kondangan, dan sebagainya.

Manfaatkan peralatan make up yang kamu miliki untuk bisa mendapatkan penghasilan dari pekerjaan berikut ini.

Untuk mempromosikan jasa MUA kamu bisa melakukan riasan kepada orang yang anda kenali, lalu mintalah foto hasil riasan tersebut sebagai portofolio yang kamu buat.

12. Data Entry

Apabila kamu pernah melakukan pekerjaan bersifat administratif, pastinya tidak akan asing dengan satu ini. Pekerjaan data entry merupakan pekerjaan dimana kamu meng-input dan memperbaharui data atau informasi ke layanan elektronik atau database.

Kamu bisa mendapatkan lowongan pekerjaan untuk ibu rumah tangga sebagai data entry ini pada platform yang menghubungkan antara pekerja dengan klien.

13. Penerjemah atau Translator

Jika kamu memiliki kemampuan berbahasa kamu bisa mencoba untuk menjalani pekerjaan sebagai penerjemah atau translator.

Dengan menjadi penerjemah atau translator kamu bisa mendapatkan uang tambahan yang cukup besar terlebih jika client kamu dari luar negeri.

Nah, demikianlah artikel rekomendasi pekerjaan borongan yang bisa kamu kerjakan di rumah. Kamu dapat mencobanya rekomendasi yang telah kami berikan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu, selamat mencoba dan semoga sukses! Nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya