everpro

Pengiriman Cargo Shopee Aman atau Tidak Cara Tahu Disini!

Apakah pengiriman cargo Shopee aman atau tidak? Simak informasi tentang Pengiriman Cargo Shopee berikut ini.

Saat ini Shopee menjadi salah satu marketplace pilihan banyak orang untuk belanja online. Pasalnya, selain terdapat banyak pilihan juga selalu memiliki promo yang menarik perhatian.

Tak hanya itu, platform ini juga telah bekerja sama dengan berbagai jasa pengiriman terpercaya untuk mengirimkan paket sampai ke konsumen dengan selamat.

Selain barang berukuran kecil, konsumen juga bisa membeli barang berukuran besar dari Shopee. Karena telah tersedia pengiriman cargo untuk barang berat dan berskala besar.

Tapi, apa pengiriman cargo Shopee aman atau tidak?

Ketahui lebih lanjut dengan membaca ulasan artikel ini sampai selesai ya.

Baca juga: Cara Pengembalian Barang di Shopee, Anti Ribet!

Tentang Pengiriman Cargo Shopee

pengiriman cargo shopee aman atau tidak
Sumber: pexels.com

Demi memberikan kepuasan layanan kepada para pengguna Shopee, platform ini telah bekerja sama dengan berbagai jasa pengiriman untuk mengantarkan paket ke konsumen dimanapun mereka berada.

Setidaknya terdapat 8 jenis metode pengiriman yang Shopee sediakan, antara lain: Instant, Same Day, Next Day, Reguler, Hemat, Kargo, Bluebird Kirim, dan Ambil di Tempat.

Pengiriman cargo Shopee adalah salah satu pilihan metode pengiriman khusus untuk barang berskala besar dan/atau berat. 

Adapun melansir dari Pusat Bantuan Shopee, jasa ekspedisi yang tersedia untuk jenis pengiriman ini adalah JNE Trucking (JTR), SiCepat Gokil, J&T Cargo, Anteraja Cargo, dan Sentral Cargo.

Dengan menggunakan jenis pengiriman ini, konsumen bisa memesan barang yang besar dengan bobot yang berat seperti kasur, sofa, dan sebagainya. Tentunya tarif ongkir juga lebih murah daripada menggunakan jenis metode pengiriman reguler.

Perbedaan Pengiriman Cargo dan Reguler di Shopee

perbedaan reguler dan kargo
Sumber: google.com

Pengiriman reguler, menjadi salah satu jenis kiriman yang selalu ada. Maka tak heran banyak yang masih mempertanyakan kenapa harus menggunakan cargo dan apa perbedaannya dengan reguler.

Pada dasarnya, pengiriman cargo Shopee dan reguler memiliki perbedaan terkait ketentuan berat, tarif, serta jenis barang. Berikut adalah penjelasannya:

  • Ketentuan Berat

Secara umum, tidak ada ketentuan khusus mengenai berat barang untuk pengiriman reguler. Berbeda dengan pengiriman cargo Shopee, yang memiliki minimum berat barang kiriman.

Biasanya ketentuan minimal berat barang kiriman untuk jenis pengiriman cargo adalah 10 kilogram.

  • Tarif Ongkir

Dalam hal tarif terdapat perbedaan cara perhitungan antara reguler dan cargo. Dalam pengiriman cargo perhitungan tarif berdasarkan berat per kilogram.

Hal ini menyebabkan tarif yang lebih mahal jika bobot barang kiriman cukup besar. Berbeda dengan cargo, dengan minimal berat barang kiriman tarif satuan per kilogram menjadi lebih murah.

  • Jenis Barang

Perbedaan selanjutnya terletak dari jenis barang. Untuk pengiriman reguler, biasanya hanya melayani untuk jenis barang ringan atau kecil seperti baju, aksesoris, makanan ringan, dan sebagainya.

Sedangkan dalam pengiriman cargo Shopee, jenis barang kiriman umumnya meliputi kendaraan, furniture, elektronik, dan sebagainya.

Biaya Pengiriman Cargo Shopee

pengiriman cargo shopee aman atau tidak
Sumber: google.com

Setelah mengetahui bahwa pengiriman cargo dengan minimal berat 10 kg akan memiliki tarif yang lebih murah dari reguler, mungkin anda juga ingin mengetahui berapa biayanya.

Berikut adalah tarif ongkir pengiriman cargo Shopee untuk ekspedisi JNE Trucking (JTR), SiCepat Gokil, serta J&T Cargo:

  • Tarif ongkir menggunakan JTR bervariasi tergantung jarak tempuh ke lokasi tujuan. Namun, tarif standar pengiriman kargo menggunakan JTR mulai dari Rp 30 ribu per 10 kilogram.
  • Tarif pengiriman SiCepat Gokil terbilang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 15 ribu untuk 10 kilogram. Tentunya tarif dapat berbeda tergantung jarak tempuh lokasi pengiriman.
  • Selanjutnya, tarif ongkir J&T Cargo juga memiliki tarif yang variatif menyesuaikan dengan jarak tempuh dari lokasi pengirim ke penerima. Misalnya, tarif 10 kg untuk rute Jakarta ke Jogja adalah Rp 50 ribu.

Kelebihan dan Kekurangan Pengiriman Cargo Shopee

kelebihan dan kekurangan kargo
Sumber: google.com

Shopee menyarankan konsumen untuk menggunakan Kargo untuk pengiriman bermuatan besar dan/atau berat dari 10 kg ke atas. 

Melansir dari Pusat Bantuan Shopee, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari pengiriman cargo Shopee:

Kelebihan

Adapun kelebihan mengirim barang menggunakan metode kargo adalah sebagai berikut:

  • Pengiriman barang yang aman, karena Shopee telah bekerja sama dengan jasa ekspedisi terpercaya di Indonesia.
  • Mendapatkan tarif total yang lebih murah, tentunya lebih murah dari memilih pengiriman reguler.
  • Dapat menyesuaikan ukuran dan berat barang.
  • Pengiriman akan mengantarkan pesanan sampai ke rumah penerima.
  • Pengiriman kargo berlaku untuk seluruh wilayah Indonesia.
  • Jenis pembayaran non-tunai atau cashless, sehingga lebih praktis.

Kekurangan

Di samping kelebihan, terdapat beberapa hal yang harus konsumen perhatikan seperti berikut ini:

  • Waktu pengiriman yang lebih lama, yaitu JTR berkisar 2 – 7 hari, SiCepat 1 hingga 3 hari, dan J&T Cargo yang juga berkisar 1 hingga 3 hari.
  • Risiko kerusakan barang yang lebih besar, namun hal ini juga tergantung dari pengemasan. 
  • Pengemasan yang harus lebih aman, Shopee menyarankan untuk melakukan pengemasan menggunakan kayu atau peti kemas.

Apakah Pengiriman Cargo Shopee Aman atau Tidak?

pengiriman cargo shopee aman atu tidak
Sumber: google.com

Berdasarkan penjelasan sebelumnya terkait ketentuan, kelebihan dan kekurangan. Maka jawaban dari pertanyaan pengiriman cargo shopee aman atau tidak adalah aman.

Karena shopee sendiri telah bekerja sama dengan jasa ekspedisi terpercaya. Terlebih, konsumen bisa menggunakan asuransi agar lebih terjamin keamanannya.

Baca juga: Kenapa Shopee Tidak Bisa COD Ini Alasan dan Solusinya!

Demikian penjelasan mengenai pengiriman cargo shopee aman atau tidak. Pengiriman cargo Shopee bisa menjadi pilihan tepat untuk jenis barang yang besar atau berat.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Cara Kirim Barang Lewat Kereta Api

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik terakit topik mengirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih

Cara Kirim Paket JNE

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik cara kirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih mengerti