Perbedaan Pengiriman Cargo dan Reguler Berikut dengan Penjelasannya

Perbedaan Pengiriman Cargo dan Reguler

Perbedaan pengiriman cargo dan reguler – Seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan infrastruktur yang semakin merata ke seluruh pelosok Indonesia, akses untuk menjangkau daerah semakin mudah.

Ditambah dengan semakin meningkatnya kemudahan akses internet bagi masyarakat umum yang ada saat ini, hal itu semakin mendorong peningkatan yang signifikan dalam perkembangan industri logistik baik di dalam maupun luar negeri. 

Apalagi dalam beberapa tahun terakhir, meningkatnya permintaan konsumen di sektor logistik juga telah menarik beberapa pemain baru untuk membantu menyediakan layanan pengiriman barang, baik dalam skala kecil, menengah maupun besar.

Seringkali konsumen yang ingin mengirimkan barang, tidak tahu harus menghubungi siapa atau bagaimana mencari jenis jasa pengiriman yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

Sebenarnya ada banyak pilihan yang bisa diambil, salah duanya adalah pengiraman melalu cargo dan reguler. Lalu Apa Perbedaan Pengiriman Cargo dan Reguler? berikut ini penjelasannya:

Perbedaan Pengiriman Cargo dan Reguler

Perbedaan cargo dan reguler
Sumber: pexels.com

1. Berat, jumlah, dan jenis barang

Hal yang harus diperhatikan adalah jenis, berat, dan jumlah barang yang ingin dikirim.

Pengiriman reguler biasanya digunakan untuk mengirimkan barang dalam satuan yang relatif ringan dalam jumlah yang tidak terlalu besar.

Pengiriman reguler adalah jenis yang paling sering dipilih untuk konsumen individu dengan kebutuhan pengiriman kecil karena tidak ada berat minimum yang diperlukan. 

Biasanya hal ini ditujukan untuk pengiriman barang dengan ukuran kecil hingga menengah sekalipun, pengiriman ini juga sering digunakan oleh para penjual online shop dalam mengirimkan barang kepada pelanggannya.

Everpro

Beberapa contoh jenis barang yang sering dikirim melalui pengiriman reguler adalah pakaian, makanan, dokumen, barang rumah tangga, dan kebutuhan sehari-hari.

Berbeda dengan pengiriman reguler, pengiriman cargo lebih ditujukan untuk barang-barang berat dan partai besar dengan berat minimal yang telah ditentukan oleh cargo pada sebelumnya, misalnya 10 kg atau 50 kg untuk cargo tertentu.

Oleh karena itu, cargo lebih sering digunakan untuk pengiriman barang-barang besar seperti mobil, sepeda motor, bahan industri, dan barang pindahan rumah.

2. Waktu pengiriman (urgensi)

Perbedaan pengiriman cargo dan reguler berikutnya adalah durasi waktu pengiriaman. Seringkali durasi pengiriman menjadi hal penting yang harus diperhatikan saat mengirim barang.

Untuk barang yang memerlukan pengiriman cepat atau ekspres, seperti makanan atau bahan yang mudah rusak, pengiriman cepat menyediakan beberapa opsi layanan, seperti layanan reguler, ekspres, atau same day service.

Untuk pengiriman cepat pihak pengiriman reguler akan memproses barang melalui udara dengan pesawat agar lebih cepat sampai di alamat tujuan. 

Jika hanya membutuhkan pengiriman reguler, tentunya bisa memilih layanan standar dengan harga yang tentunya lebih murah dibandingkan layanan express.

Ini sedikit berbeda untuk pengiriman cargo. Karena sebagian besar cargo menggunakan transportasi darat berupa truk (untuk dalam pulau) dan kapal (untuk luar pulau), waktu pengiriman akan lebih lama dari pengiriman reguler.

Untuk layanan cargo reguler, durasi pengiriman berkisar antara 3 hingga 15 hari. Beberapa cargo menyediakan layanan pengiriman udara, tetapi biaya yang dikenakan juga akan lebih mahal daripada pengiriman cargo biasa.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mengirim barang berukuran besar/berat lebih dari 10 kg dan ingin menggunakan jasa cargo, ada baiknya Anda merencanakan pengiriman dengan lebih baik dengan mempertimbangkan informasi durasi perjalanan yang diberikan oleh perusahaan cargo.

3. Harga atau anggaran pengirim

Selanjutnya Perbedaan pengiriman cargo dan reguler adalah biaya. Budget pengirim tentunya menjadi salah satu faktor penting sebelum menentukan jasa pengiriman yang ingin dipilih.

Perhitungan tarif pengiriman reguler dan cargo sedikit berbeda. Pengiriman reguler mengantarkan barang dengan tarif per kilo (minimal 1kg).

Semakin berat barang Anda, semakin mahal harganya. Pertimbangan lainnya adalah dimensi atau volume barang. Barang ringan dengan volume yang besar akan dikenakan perhitungan tarif volume yang lebih mahal dari perhitungan berat semula.

Misalnya ongkos kirim Jakarta-Bandung Rp 10.000 per kg. Berdasarkan perhitungan di atas, walaupun berat aslinya sekitar 2 kg, namun ongkos kirim yang harus dikeluarkan adalah 8 kg x Rp 10.000 = Rp 80.000.

Pengiriman reguler juga menyediakan berbagai layanan dengan harga yang bervariasi, tergantung pada kecepatan pengiriman yang diinginkan.

Semakin cepat waktu pengiriman, semakin mahal tarifnya. Ada beberapa penyedia pengiriman reguler yang sudah ternama, seperti JNE, TIKI, J&T.

Berbeda dengan pengiriman reguler, cargo menggunakan perhitungan tarif yang berbeda. Cargo akan menghitung sebuah tarif dari pengiriman berdasarkan berat minimum yang telah ditentukan.

Jika Anda mengirim barang berat rata-rata lebih dari 10 kg, tentu tarif perkilo yang dihitung akan lebih murah dibandingkan pengiriman reguler biasa.

Namun, jika Anda mengirimkan barang dengan berat minimum melalui cargo, Anda tetap akan dikenakan tarif sesuai dengan berat minimum tersebut.

Perbedaan Pengiriman Cargo dan Reguler dan Tips Mengirim Paket

Tisp agar paket aman saat dikirim
Sumber: pexels.com

Selain mengetahui perbedaan pengiriman cargo dan reguler, Anda juga perlu mengetahui tips untuk agar aman dalam mengirim paket. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan:

1. Kemasan

Untuk menjamin keamanan dan kondisi barang dalam perjalanan, pengemasan yang baik dan tepat sangat penting. Untuk pengiriman reguler dengan bobot ringan atau sedang, pengemasan bisa disesuaikan dengan jenis barangnya.

Kemasan plastik atau paper bag aman digunakan untuk pakaian atau barang yang tidak mudah pecah. Untuk barang pecah belah, makanan, atau barang rumah tangga. 

Anda juga bisa mengemasnya dengan kardus dan bubble wrap untuk keamanan tambahan. Untuk pengiriman cargo, Anda dapat mengemas barang dalam karton atau plastik jumbo.

Jangan lupa selalu menutup paket dengan plastik penutup untuk menghindari kebasahan, terutama di musim hujan.

2. Temukan dan kunjungi kantor cabang jasa ekspedisi

Mencari kantor agen pengiriman reguler relatif mudah karena lebih merata dan sudah mencakup wilayah kecil dan kota.

Anda dapat dengan mudah menemukan lokasi agen terdekat untuk mengirimkan paket atau cargo Anda. Beberapa kantor agen juga menyediakan layanan penjemputan paket ke alamat yang diminta.

Sedangkan untuk kantor cabang cargo, penyebarannya tidak sebanyak pengiriman reguler. Pengirim biasanya harus mengirimkan barang ke kantor cabang yang sesuai.

3. Bukti pengiriaman dan pelacakan paket

Setelah Anda selesai dalam mendaftarkan kiriman Anda, pastikan Anda telah mendapatkan sebuah bukti pembayaran dan pengiriman.

Untuk pengiriman reguler, tracking number atau biasa disebut dengan nomor resi yang telah tertera akan sangat berguna sekali untuk melacak posisi barang yang dikirim, dari awal sampai paket diterima di alamat tujuan.

Beberapa pengiriman reguler juga menyediakan layanan asuransi opsional yang dapat dipilih jika barang yang Anda kirim adalah barang berharga. 

Jika ingin mengirimkan barang dalam jumlah yang besar dan banyak, maka Anda memiliki pilihan untuk menyewa unit truk tanpa perantara pengiriman reguler.

Cargo adalah platform yang menghubungkan pengirim dan pemilik/vendor truk untuk menyederhanakan transaksi dan memenuhi kebutuhan logistik. Identifikasi jenis truk yang mungkin diperlukan sebelum melakukan pengiriman. 

Jadi jika sudah mengetahui perbedaan pengiriman cargo dan reguler serta tips sebelum mengirim paket agar aman, Anda tak perlu khawatir lagi ketika ingin mengirim paket.

Demikianlah ulasan mengenai perbedaan pengiriman cargo dan reguler  yang dapat disajikan, semoga bermanfaat untuk Anda.

Selain membaca artikel ini, Anda juga bisa membaca artikel terkait tentang pengiriman satu hari sampai dengan JNE.

Nikmati beragam kemudahan dengan pengiriman paket melalui aplikasi Everpro sekarang juga, Layanan Ekspedisi Terpercaya Untuk Kirim Paket Se-Indonesia. Kini Anda dapat kirim paket serba mudah dengan biaya termurah dengan beragam keuntungan berikut:

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paketmu kapan saja
  • Bonus Cashback 30%
  • GRATIS biaya return
  • Pencairan dana COD cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?