Yuk cari tahu! Publisitas adalah: Jenis, Tujuan dan Dampaknya

Sebagai pembisnis alangkah baiknya mencari banyak ilmu, salah satunya Publisitas adalah: Jenis, Tujuan dan Dampaknya.

Dengan mempelajari hal tersebut, maka akan semakin mengetahui berbagai macam strategis bisnis yang bisa di lakukan.

Apa Itu Publisitas?

Publisitas adalah salah satu kegiatan dimana seorang pembisnis melakukan sesuatu yang menarik perhatian untuk para konsumennya.

Hal ini bisa di lakukan dengan melalui kegiatan seperti pameran, bakti sosial, sponsorship kegiatan, program CSR (Coorporate social Responsibility).

Publisitas juga bisa di gunakan sebagai bentuk dukungan atau berperan dalam kegiatan amal. 

Hal ini di karenakan publisitas juga sering di sebut hubungan dengan masyarakat.

Baca juga: VUCA Adalah: Definisi, Dampak, dan Cara Bisnis Menghadapinya

Jenis-Jenis Publisitas

Publisitas adalah
Sumber : Pexels.com

1. Media Sosial

Melakukan Publisitas kini bisa dengan menggunakan media sosial.

Apalagi kini semakin banyak orang yang seakan-akan tak bisa hidup tanpa media sosial.

Dengan memanfaatkan berbagai platform seperti Instagram, TikTok, Facebook, Twitter, hingga YouTube untuk mengenalkan produk dari bisnis yang akan di jalankan.

Untuk bisa mempulisitas suatu produk, bisa dengan cara memposting produk melalui media sosial agar dikenal oleh masyarakat. 

Tak hanya di kenal saja, dengan menciptakan konten yang menarik dan edukatif, kedua hal ini bisa meningkatkan kepercayaan dari publik.

Sehingga semakin banyak yang akan membeli produk yang sedang di tawarkan, maka akan semakin untung juga dengan adanya publisitas.

2. Siaran Pers Secara Langsung

Ketika ada peluncuran produk atau suatu event yang di lakukan, dengan publisitas secara online, anda bisa langsung mengadakan siaran pers.

Dengan berbagi informasi mengenai produk terbaru, informasi produk yang di release akan tersebar dengan cepat ke seluruh negara dengan berbagai media sosial.

3. Endorse

Meningkatkan kepercaan publik melalui product placement juga bisa menjadi salah satu caranya.

Product placement atau di sebut sebagai produk endorse, dimana produk tersebut di kirim secara cuma-cuma dengan tujuan untuk di promosikan.

Agar lebih produktif dan work it lebih baik produk di kirimkan kepada influencer, blogger, atau media untuk melakukan review terhadap produk tersebut.

Terutama influencer atau selebgram yang memiliki followers yang banyak.

Biasanya para followers sudah begitu yakin dengan apa yang di informasikan oleh selebgram, sehingga mereka akan tertarik dengan produk yang review selebgram.

4. Kolaborasi

Dengan melakukan kerjasama sebagai sarana untuk saling mempromosikan dan mengenalkan produk bukanlah hal yang buruk.

Seperti para entertainment lainnya yang mengenalkan produk melalui kerjasama dengan youtuber terkenal.

Otomatis penjualannya akan semakin meningkat, jika memang sudah bisa meyakinkan publik dengan testimoni dan review youtuber tersebut.

Tujuan Publisitas

Tujuannya adalah untuk mengenalkan suatu produk atau jasa yang ingin di promosikan kepada publik dengan cara membuat berbagai konten menarik di berbagai media.

Sehingga meyakinkan publik untuk membeli atau menggunakan bahkan mengikuti apa yang di tawarkan.

Contoh Publisitas pada Bisnis

Publisitas adalah
Sumber : Pexels.com
  • Promosi Launching Film Bioskop.
  • Upload video makanan dengan merek terbaru.
  • Iklan yang di tawarkan melalui Ads di media online.
  • Seseorang yang mengupload foto liburan yang menarik perhatian publik saat melihat statusnya.
  • Pemain sepak bola yang menggunakan aksesoris dengan lambang suatu perusahaan yang secara tidak langsung mempromosikan perusahaan tersebut.
  • Seorang Youtuber yang mengenal restaurant baru miliknya.

Baca juga: Cari tahu yuk! Tindakan Ekonomi: Definisi dan Contohnya

Dampak Publisitas

Beckwith (2003) pernah menyimpulkan bahwa dampak dari Publisitas adalah: “Publisitas dapat membuat anda menjadi seorang ahli yang dapat menjual produk dan jasa serta dapat mengedukasi.”

Publisitas yang konsisten dan sering dilakukan akan membantu perusahaan memperkuat merek untuk membangun nilai pelanggan.

Hasil dari bentuk publisitas salah satunya adalah membuat perusahaan menjadi terkenal atau viral. Dengan begitu perusahaan akan lebih banyak di kenal masyarakat dan akan timbul sebuah kepercayaan bahwa produk atau jasa tersebut aman di gunakan.

Kelebihan dan Kekurangan Publisitas

Kekurangan 

Hal yang menjadi sebuah kekurangan publisitas yaitu tidak bisa di kontrol.

Hal ini di sebabkan karena sifatnya yang tidak selalu memerlukan pembayaran, pihak humas perusahaan tidak punya wewenang untuk menentukan informasi apa yang boleh di muat, kapan informasinya di sampaikan, di mana disajikannya, serta bagaimana cara memuatnya.

Sehingga tidak ada yang bisa mengendalikan kekurangan, dan yang pastinya akan berdampak pada perusahaan.

Misalnya, terketahuinya informasi yang seharusnya hanya perusahaan tersebut yang memiliki informasi tersebut.

Sehingga akan berdampak pada nama baik perusahaan.

Kelebihan

  • Meningkatkan Kepercayaan pada suatu brand

Bisnis yang di tawarkan melalui media sosial akan lebih cepat terkenal dan di ketahui banyak orang.

Sehingga akan semakin banyak di bicarakan dan menjadi sebuah brand yang di percaya untuk di gunakan.

Hal ini bisa terjadi jika di buat dengan konten yang semenarik mungkin.

  • Bangun Kredibilitas

Sebuah kredibilitas harus dibangun dengan baik, ibarat image perusahaan yang nantinya akan berdampak pada perusahaan.

Semakin di publisitas maka akan semakin di kenal dan di ingat oleh publik, sehingga menjadikannya kredibel di mata masyarakat.

  • Promosikan Brand Value

Adanya bantuan publisitas, berbagai pesan positif kepada publik dengan ide-ide yang menarik dapat di sampaikan oleh perusahaan secara langsung.

Semakin sering mempublisitas maka brand value pun akan makin kuat, dan mendapat kepercayaan lebih dari publik.

Sekian artikel istilah bisnis yang disampaikan. Nantikan artikel yang bermanfaat dan inspiratif lainnya di Everpro.id!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya