Ini Dia! Rumus Spreadsheet Untuk Mengolah Data Lebih Mudah

rumus spreadsheet

Belum tahu apa saja rumus Google Spreadsheet? Simak artikel tentang rumus Spreadsheet ini untuk memudahkan anda dalam mengolah data.

Keperluan mengolah data kian mudah dengan adanya Google Sheet. Melalui layanan ini anda juga bisa dengan mudah membagikan dokumen tersebut.

Google Sheet atau Spreadsheet adalah salah satu layanan dari Google untuk mengolah, menangkap, serta menampilkan data yang tersusun dalam kolom dan baris. Sebenarnya layanan ini memiliki format yang mirip dengan Microsoft Excel.

Dengan menggunakan rumus Spreadsheet, akan membantu anda dalam mengolah data dengan cepat dan akurat. Mulai dari perhitungan sederhana hingga data yang kompleks bisa anda kerjakan dengan mudah. Sehingga, anda dapat menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan data dalam waktu yang singkat.

Ingin tahu rumus spreadsheet apa saja yang bisa anda gunakan untuk menyederhanakan tugas anda? Baca sampai tuntas artikel ini ya.

Kelebihan Google Sheet atau Spreadsheet

rumus spreadsheet
Sumber: google.com

Saat memilih layanan pengolah data tentu anda akan membandingkan keunggulan yang dimiliki dan apakah menjawab kebutuhan anda atau tidak. Berikut kelebihan Spreadsheet yang dapat anda manfaatkan.

  • Fleksibel

Salah satu yang bisa anda manfaatkan dari penggunaan Spreadsheet adalah keleluasaan dalam menggunakannya atau singkatnya, fleksibel. Maksudnya, anda dapat mengoperasikan layanan ini melalui berbagai device baik itu komputer maupun smartphone.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan layanan ini bersamaan dengan pengguna lain atau anggota tim anda secara online. Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan comment atau feedback terkait data yang anda kerjakan. 

  • Berbasis Cloud

Google Sheets merupakan perangkat lunak berbasis cloud atau komputasi awan. Dengan menggunakan Spreadsheet, pekerjaan akan tersimpan secara otomatis.

Everpro

Jadi anda tidak perlu khawatir akan kehilangan file atau data yang sedang anda kerjakan karena berbagai masalah seperti koneksi hilang, tidak sengaja di-close, atau listrik padam.

  • Gratis

Salah satu layanan dari Google ini tidak dipungut biaya alias GRATIS. Jadi untuk dapat menggunakannya anda tidak perlu membayar apapun, pastikan anda sudah memiliki akun Google ya.

Oleh karena itu, anda dapat memaksimalkan fitur yang tersedia untuk mengerjakan tugas anda dengan nyaman.

  • Meringankan Kinerja Perangkat

Karena layanan Spreadsheet ini bisa anda gunakan secara online, anda tidak perlu men-download aplikasi tertentu. Hal ini tentu dapat meringankan kinerja perangkat anda. 

Baca juga: Catat Ya! 20 Rumus Excel Terlengkap yang Sering Digunakan

Cara Membuat Spreadsheet

rumus spreadsheet
Sumber: google.com

Sederet keunggulan layanan ini bisa anda manfaatkan untuk membantu proses penghitungan, membuat dokumen, atau aktivitas pekerjaan lainnya. Dengan begitu, anda tidak perlu repot mencatat secara manual.

Berikut cara untuk membuat Google Sheet atau Spreadsheet:

1. Membuat Akun Google

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat Gmail atau Google Mail. Anda bisa membuka browser atau Google search kemudian ketik “daftar gmail” atau “Gmail sign up”. Kemudian ikuti arahannya sampai berhasil membuat akun Google.

2. Buka pilihan Aplikasi Google

Setelah anda berhasil membuat akun Google atau Gmail, anda bisa membuka aplikasi Google yang biasanya berbentuk ikon persegi titik-titik, atau sederet dengan Gmail, Gambar, dan Logo akun Google anda.

3. Pilih Spreadsheet

Selanjutnya pilih dengan klik layanan Spreadsheet yang tampil dari pilihan aplikasi Google.

4. Klik ikon + atau ‘Blank’

Langkah terakhir adalah klik ‘Blank’ untuk mulai menggunakan Spreadsheet.

Rumus Google Spreadsheet

rumus spreadsheet
Sumber: google.com

Seperti halnya Microsoft Excel, Google Spreadsheet juga memiliki formula atau rumus yang bisa anda gunakan untuk menyederhanakan pekerjaan mengolah data anda.

Berikut beberapa rumus yang bisa anda gunakan:

1. =SUM

Rumus ini berguna untuk melakukan penjumlahan. Sehingga anda tidak perlu menghitung manual untuk mendapatkan hasil jumlah.

Caranya yaitu: =SUM(nilai1; [nilai2; …]) atau ketik =SUM dan drag atau sorot kolom yang akan anda jumlahkan. Klik enter, dan akan tampil hasilnya.

2. =AVERAGE

Ini merupakan salah satu rumus umum yang sering digunakan, fungsinya adalah untuk mencari rata-rata. Rumusnya adalah: =AVERAGE(nilai1; [nilai2; …]).

3. =COUNT

Selanjutnya rumus COUNT yang berfungsi untuk menghitung jumlah dengan angka dari data tertentu. Rumusnya dengan mengetik =COUNT(nilai1; [nilai2; …]).

4. =MAX

Untuk mencari nilai tertinggi dari suatu data anda bisa menggunakan rumus ini. Caranya pun mudah yaitu ketik =MAX kemudian soroti kolom atau data yang ingin anda cari nilai tertingginya. Lalu klik enter, dan anda akan mendapat hasilnya.

5. =MIN

Kebalikan dari rumus sebelumnya, fungsi MIN adalah untuk melihat nilai terendah dari sebuah data dalam Google Sheet yang anda kerjakan. Caranya sama seperti diatas namun yang anda ketik adalah rumus =MIN.

6. =TRIM

Melalui rumus ini anda bisa mengotomatiskan pekerjaan untuk membersihkan ruang-ruang utama dan trailing. Jadi anda tidak perlu mengklik kolom satu persatu dan merapikan datanya.

Caranya yaitu hanya ketik =TRIM dan mengarahkan sel yang ingin anda rapikan, lalu klin enter. Secara otomatis tampilan data akan tersusun rapi.

7. =PROPER

Jika data yang anda kerjakan di Spreadsheet masih berantakan dan tidak sesuai format, misalnya huruf kecil dan huruf besar secara acak, anda bisa menggunakan rumus ini sebagai solusi.

Caranya hanya dengan mengetik =PROPER, lalu arahkan ke sel dengan teks yang ingin anda rapikan. Kemudian tekan enter, dan data anda akan rapi sesuai dengan gaya penulisan yang tepat.

8. =GOOGLETRANSLATE

Sebuah rumus istimewa yang bisa anda gunakan dalam Spreadsheet adalah untuk menerjemahkan sistem dengan teks berbahasa asing. Jadi anda tidak perlu repot membuka tutup Google Translate untuk menerjemahkan data anda.

Caranya pun mudah hanya dengan ketik =GOOGLETRANSLATE dan arahkan sel yang ingin anda terjemahkan. Kemudian teks pun akan diterjemahkan ke bahasa default akun anda.

9. =RANDBETWEEN

Fungsi dari rumus ini adalah untuk menghasilkan nilai, dengan begitu dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas terkait penentuan nilai.

Caranya adalah dengan menentukan nilai batas bawah dan nilai batas atas terlebih dahulu. Misal, terdapat data dengan nilai acak 1 sampai 200. Maka penulisan rumusnya adalah =RANDBETWEEN(1,200).

10. =GOOGLEFINANCE

Dengan menggunakan rumus ini untuk menarik harga baru saham dari sebuah perusahaan, dengan menarik banyak titik data yang berbeda. Lalu rumus ini akan menarik dan memperbarui harga saham di dalam Spreadsheet yang anda kerjakan.

Melalui rumus ini, anda bisa menarik informasi mengenai saham, reksa dana, ETF, dan masih banyak lagi.

Contoh Rumus Spreadsheet

Untuk mendapatkan gambaran jelasnya, berikut contoh penggunaan rumus spreadsheet:

1. TRIM

rumus spreadsheet
Sumber: google.com

Dengan menggunakan rumus ini anda tidak perlu klik kolom satu per satu untuk merapikannya. Hanya dengan mengetik =TRIM dan sorot sel yang ingin anda rapikan, lalu tekan enter

Maka tampilan data akan otomatis tersusun rapi seperti gambar diatas.

2. SUM

rumus spreadsheet
Sumber: dokumentasi pribadi

Rumus ini merupakan rumus dasar atau dan paling sering digunakan. Caranya pun mudah, seperti pada gambar ketik =SUM kemudian tekan enter dan sorot sel yang ingin anda jumlahkan. Kemudian tekan lagi enter, maka anda akan mendapatkan hasil penjumlahan dengan otomatis.

3. GOOGLETRANSLATE

rumus spreadsheet
Sumber: google.com

Menggunakan rumus ini dapat membantu anda menerjemahkan kalimat atau data ke bahasa default Spreadsheet anda. Jadi anda tidak perlu membuka Google Translate lagi.

Langkahnya berdasarkan contoh diatas yaitu hanya dengan ketik =GOOGLETRANSLATE(A2), lalu klik enter. Anda akan mendapatkan terjemahannya dalam Spreadsheet anda.

Jadi itulah penjelasan mengenai rumus Spreadsheet dan contoh penggunaanya. Kini anda dapat mengolah data dengan lebih mudah, cepat, dan akurat.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Nikmati artikel menarik lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?