everpro

Bukalapak Seller, Ini Penjelasan Cara Jualan Untung!

Ingin meraih penghasilan berlimpah dari jualan online? Gabung Bukalapak Seller sekarang! Simak artikel seputar Bukalapak Seller Center dan lainnya disini.

Berjualan online memang menjadi salah satu cara meraih penghasilan yang banyak diminati saat ini. Selain karena mudahnya proses transaksi, anda juga bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Saat ini tersedia berbagai marketplace, e-commerce, serta sosial media yang menjadi wadah untuk jualan online. Anda bisa memanfaatkan lebih dari satu platform agar peluang penjualan semakin meningkat.

Salah satunya adalah dengan membuka toko di Bukalapak, sebuah marketplace yang semakin naik daun. Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan untuk mengelola toko dan mengoptimalkan penjualan.

Ingin tahu apa saja? Baca ulasan tentang Bukalapak Seller ini sampai selesai ya!

Baca juga: Serba – Serbi Blibli Seller yang Perlu Anda Ketahui!

Apa Itu Seller Bukalapak?

bukalapak seller
Sumber: google.com

Bukalapak adalah platform marketplace yang didirikan tahun 2010, pada awalnya merupakan toko online untuk memudahkan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam memanfaatkan dunia maya dalam menjalankan bisnisnya.

Saat ini terdapat berbagai kategori produk yang bisa anda dapatkan dari platform ini mulai dari sepeda, elektronik, motor, mobil, gadget, kesehatan, fashion, hingga hiburan. 

Kini anda juga bisa bergabung menjadi seller di Bukalapak dan mulai meraih penghasilan dari aktivitas jualan online

Seller Bukalapak adalah para penjual yang membuka toko online melalui marketplace ini, dan dapat memanfaatkan berbagai fitur dari Seller Center Bukalapak untuk mengoptimalkan penjualan.

Keuntungan Menjadi Bukalapak Seller

bukalapak seller
Sumber: google.com

Melansir informasi dari DataIndonesia.id mengenai Pengunjung Website E-Commerce Bulanan Terbanyak, Bukalapak menempati posisi keempat dengan 23,1 juta rata-rata pengunjung bulanan pada kuartal I/2022.

Banyaknya jumlah pengunjung tersebut tentu merupakan suatu keuntungan menjadi seller Bukalapak, karena peluang penjualan yang lebih besar. 

Selain hal tersebut, terdapat berbagai keuntungan lain yang bisa anda dapatkan dengan bergabung di Bukalapak Seller Centre berikut. Mengutip dari info di laman seller.bukalapak.com berikut adalah keuntungan lainnya:

  • Mudah Mendapatkan Pembeli Potensial

Dengan membuka toko di platform ini, anda mendapatkan akses gratis ke lebih dari 100 juta pengguna yang ada di Bukalapak. Tentunya produk anda juga akan tampil ke calon pembeli potensial yang memang mencari jenis produk sesuai dengan yang anda jual.

Hal tersebut memberikan peluang penjualan yang lebih besar, daripada hanya mengandalkan sosial media untuk berjualan online.

  • Pilihan Logistik yang Lengkap

Keuntungan berikutnya yang bisa anda dapatkan adalah pilihan logistik atau jasa pengiriman yang lengkap dan terpercaya. Dengan begitu anda bisa mengirimkan pesanan dengan aman ke alamat pembeli dimanapun mereka berada.

Hadirnya pilihan metode pengiriman yang lengkap juga dapat memudahkan anda dalam menjangkau konsumen secara luas.

  • Bergabung dengan Komunitas Pelapak

Anda juga bisa bergabung dengan komunitas pelapak dari Bukalapak, yang merupakan wadah para pengguna untuk saling berbagi ilmu, memperluas jaringan, mempererat silaturahmi, serta menambah rekan atau relasi bisnis yang potensial.

Saat ini ada sebanyak 30 ribu pelapak yang sudah bergabung di Komunitas dan memanfaatkan komunitas ini untuk menjadi salah satu cara mengembangkan bisnis.

  • Kepastian Pembayaran 

Keuntungan lainnya adalah anda mendapatkan kepastian menerima uang pembayaran langsung setelah pembeli memberikan ulasan pesanan atau dalam 2×24 jam setelah barang terkirim.

  • Menjadi Prioritas di Mesin Pencarian

Salah satu kelebihan berjualan di Bukalapak adalah optimasi produk tampil ke pembeli potensial melalui proses SEO (Search Engine Optimization) pada setiap halaman barang pelapak.

Dengan memanfaatkan proses SEO di setiap halaman barang, dapat memudahkan halaman tersebut tampil lebih unggul di mesin pencarian Google dan yang lainnya.

  • Mendapatkan Edukasi Online

Tak hanya proses jualan yang mudah, anda juga dapat mengoptimalkan bisnis dengan mengikuti program edukasi kewirausahaan online dari platform ini. Dengan mengikuti program ini, anda akan mendapatkan tips dan trik jualan online.

  • Channel Jualan yang Mudah

Mempromosikan produk merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan penjualan. Dengan Bukalapak, anda cukup sekali pasang iklan dan bisa langsung terhubung dengan beberapa channel jualan.

Cara Menjadi Bukalapak Seller

Berjualan online semakin mudah dengan mendaftar di Bukalapak. Untuk mulai berjualan di platform ini, tentu harus membuat akunnya terlebih dahulu.

Melansir dari info Seller Bukalapak, berikut cara mendaftar akun menggunakan e-mail atau nomor handphone:

  1. Masuk ke halaman utama Bukalapak, lalu klik Daftar di bagian kanan atas
  2. Kemudian masukkan alamat email atau nomor HP pada kolom yang tersedia
  3. Lalu isi data pribadi dengan lengkap dan benar
  4. Setelah itu klik Daftar
  5. Selanjutnya buka email aktivasi dari Bukalapak dengan subjek “Segera Lakukan Konfirmasi Email”, kemudian klik Konfirmasi Email

Setelah berhasil membuat akun maka bisa langsung melengkapi profil untuk berjualan. Berikut adalah cara menjadi Bukalapak Seller:

  1. Login ke akun Bukalapak
  2. Pastikan telah mengisi alamat lengkap serta nomor hp yang telah dikonfirmasi pada halaman Pengaturan
  3. Kemudian, mulai berjualan dengan cara klik ikon Lapak Saya, klik Mulai Jualan

Bukalapak Seller Center

bukalapak seller center
Sumber: google.com

Bukalapak Seller Center merupakan suatu platform terpadu untuk para penjual mengontrol dan mengelola semua aktivitas penjualan melalui berbagai macam fitur yang tersedia. 

Hadirnya Seller Center Bukalapak dapat membantu agar proses jualan online lebih efektif, karena semua yang penjual butuhkan tersedia di platform ini.

Melalui Bukalapak Seller Centre anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti cek stok barang, cek resi pengiriman, cek pembukuan barang, hingga cek pengemasan barang.

Mengutip langsung dari seller.bukalapak.com, berikut adalah daftar fitur yang tersedia di Bukalapak Seller Center:

  • Dashboard Pelapak

Pada platform Seller Center, penjual mendapatkan dashboard khusus yang berisi ringkasan informasi lapak untuk memantau perkembangan lapaknya.

Di Dashboard para Bukalapak Seller bisa melihat informasi seputar ringkasan lapak, premium account, ringkasan transaksi & daftar barang, hingga mengunduh laporan penghasilan per bulan.

  • FItur Potongan Selisih Biaya Kirim

Fitur ini memiliki tujuan untuk cek potongan selisih biaya kirim, dengan menyesuaikan selisih biaya kirim tercatat di Bukalapak dan biaya kirim tercatat di partner logistik.

Hal tersebut karena terjadi perbedaan berat barang dari informasi pelapak dan berat barang sebenarnya. Kemudian Bukalapak otomatis akan melakukan pemotongan Bukadompet jika terjadi selisih.

  • Fitur Pencarian

Melalui fitur pencarian Bukalapak Seller dapat mencari transaksi, barang jualan, fitur yang tersedia, hingga link ke halaman bantuan terkait fitur Pelapak.

  • Daftar Barang

Anda bisa mengelola semua barang di lapak mulai dari barang yang dijual, tidak dijual, barang di draf, serta barang yang terkena pelanggaran. Tersedia dua metode tampilan yaitu tampilan detail dan tampilan ringkas.

  • Pengaturan Etalase Barang

Melalui fitur ini anda dapat mengelompokkan barang-barang di etalase lapak agar pembeli lebih mudah menemukan yang mereka cari. Sebagai pelapak anda bisa menambahkan hingga 10 etalase.

  • Transaksi Penjualan

Pada fitur ini anda dapat mengelola dan memantau transaksi penjualan berdasarkan status transaksi. Mulai dari konfirmasi proses pesanan, input resi pengiriman, hingga cetak pesanan.

  • Proses Langsung Kirim Pesanan

Fitur ini memungkinkan anda untuk mempercepat proses pesanan yang sudah masuk agar lebih praktis dan efisien. Anda bisa menggunakan fitur ini baik untuk single maupun multiple proses transaksi untuk semua jenis jasa pengiriman.

  • Pengaturan Informasi Pelapak

Pada fitur ini anda sebagai pelapak dapat mengatur alamat, mengatur header dan informasi seputar lapak, jasa pengiriman, serta nomor rekening bank untuk mempercepat pencairan dana.

  • Berbagai Fitur Lainnya

Masih terdapat berbagai fitur yang anda manfaatkan seperti fitur jual satu barang, jual banyak barang sekaligus, promo pelapak, akses ke komunitas, hingga fitur promosi, semuanya bisa anda manfaatkan untuk mengoptimalkan performa penjualan.

Super Seller Bukalapak

seller bukalapak
Sumber: google.com

Super Seller merupakan suatu program dari Bukalapak untuk para pelapak memaksimalkan penjualan dengan menikmati berbagai keuntungan eksklusif. Anda juga bisa mendapatkan badge jika skor performa lapak minimal 75. 

Badge tersebut berguna agar lapak anda mendapatkan prioritas dari hasil pencarian. Selain itu anda bisa mencari recommended seller di Bukalapak. Perbedaan dari pelapak biasa adalah anda akan terkena biaya layanan 1-1,5% tergantung kategori.

Namun tentu mendapatkan berbagai keuntungan dan fitur lain yang bisa meningkatkan penjualan.

Keuntungan Super Seller Bukalapak

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menjadi Super Seller Bukalapak:

  • Mendapatkan Ekstra Potongan Ongkir

Proses pengiriman makin mudah dan lancar dengan banyaknya potongan ongkir yang tersedia. Bahkan anda bisa mendapatkan gratis ongkir hingga Rp 20 ribu! Dengan ini anda dapat menarik calon pembeli lebih banyak.

  • Kenaikan Transaksi Hingga 15x Lipat

Keuntungan dari Super Seller selanjutnya adalah anda akan mendapatkan badge yang menjadi tanda bahwa toko terpercaya. Dengan begitu banyak pembeli yang lebih nyaman dan percaya membeli di lapak anda sehingga transaksi bisa naik hingga 15x.

  • Mendapatkan Voucher Cashback Eksklusif

Anda juga bisa menarik perhatian pembeli dengan voucher cashback eksklusif agar mereka tertarik untuk terus berbelanja dari lapak anda.

  • Mendapat Berbagai Fitur Eksklusif

Keuntungan lainnya adalah anda dapat memanfaatkan berbagai fitur eksklusif seperti Campaign Bukalapak & FlashDeal bebas biaya, sebar promosi, fitur pendapatan, inventaris barang, pantau saingan, hingga bebas biaya untuk akun admin.

Baca juga: Daftar Seller Blibli dan Raih Banyak Pembeli, Cek Disini!

Langganan Premium Seller Bukalapak

pelapak premium
Sumber: google.com

Tak hanya menjadi Super Seller, anda juga bisa mendongkrak penjualan dengan berlangganan fitur Pelapak Premium. Fitur ini dapat membantu anda untuk meningkatkan penjualan, promosi produk, serta mengelola lapak.

Tersedia tiga jenis akun Premium Seller Bukalapak yang bisa anda pilih yaitu Basic, Professional, dan Platinum.

Pelapak Premium merupakan fitur berbayar dengan harga mulai dari Rp 75 ribu hingga Rp 500 ribu. Dengan berlangganan anda akan mendapatkan berbagai fitur menarik seperti badge Pelapak Premium, statistik penjualan, hapus feedback negatif, hingga pantauan pasar.

Kriteria Top Seller Bukalapak

topseller pelapak
Sumber: google.com

Untuk menjadi Top Seller Bukalapak anda perlu memiliki reputasi yang baik. Reputasi pelapak tersebut berfungsi sebagai informasi penilaian yang dapat calon pembeli lihat.

Hal tersebut dapat mempengaruhi kepercayaan pembeli saat akan membeli barang di platform ini. Tentunya reputasi yang lebih baik akan semakin meyakinkan pembeli untuk membeli di lapak anda. Berikut adalah kriteria reputasi baik untuk menjadi Top Seller Bukalapak:

  1. Jumlah feedback positif yang lebih besar dari feedback negatif menunjukkan pelapak memberikan layanan yang baik kepada pembeli.
  2. Memiliki persentase feedback mendekati atau sama dengan 100%.
  3. Mempunyai badge yang menunjukkan level pelapak. Badge tertinggi yaitu untuk Top Seller dengan jumlah feedback positif yang lebih dari 100.000.
  4. Jumlah pelanggan yang banyak.
  5. Persentase proses pesanan mendekati atau mencapai 100%.
  6. Waktu kirim pesanan yang cepat.

Demikian penjelasan serta informasi seputar Bukalapak Seller untuk memudahkan meraih penghasilan dari jualan online.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga artikel informatif lainnya dari Everpro ya!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Cara Kirim Barang Lewat Kereta Api

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik terakit topik mengirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih

Cara Kirim Paket JNE

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik cara kirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih mengerti