everpro

Serba – Serbi Blibli Seller yang Perlu Anda Ketahui!

blibli seller

Bingung mulai berjualan online dari mana? Gabung jadi seller Blibli saja! Simak informasi seputar Blibli Seller selengkapnya disini.

Tren belanja online memang kian meningkat setiap harinya. Pasalnya tak hanya pakaian atau peralatan, pelanggan juga bisa memenuhi kebutuhan pokok dengan berbelanja online.

Terlebih saat ini tersedia berbagai marketplace dan e-commerce yang menawarkan berbagai keuntungan tersendiri. Seperti salah satunya Blibli yang menyediakan berbagai promo juga voucher untuk yang berbelanja di platform ini.

Jumlah pengguna aktif Blibli semakin meningkat setiap tahunnya. Melansir keterangan dari Manajemen Blibli di Databoks, MAU (monthly active users) per kuartal I 2022 telah mencapai 45,7 juta pengguna dan melampaui jumlah pengguna pada tahun-tahun sebelumnya.

Memanfaatkan hal tersebut, anda bisa meraih keuntungan dengan berjualan di Blibli. Ingin tahu apa saja informasi seputar Blibli Seller?

Baca artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Baca juga: Cara Daftar Seller JD ID Bagi Pemula, Lengkap dan Mudah!

Tentang Seller Blibli

tentang blibli.com
Sumber: google.com

Blibli adalah sebuah platform jual beli online yang telah hadir sejak 2010 asli dari Indonesia dengan nama perusahaan PT. Global Digital Niaga Tbk. Anak perusahaan dari Djarum ini menghadirkan hingga 20 kategori produk dari ratusan ribu mitra.

Pelanggan bisa mendapatkan berbagai produk mulai dari BlibliMart untuk belanja kebutuhan pokok, produk pakaian, gadget, kesehatan, hingga otomotif. Saat ini terdapat 45,7 juta pengguna aktif platform ini setiap bulannya.

Everpro

Dengan banyaknya pengguna di platform ini anda bisa ikut bergabung sebagai penjual dan mendapatkan penghasilan dari jualan online.

Blibli Seller adalah penjual yang membuka toko di platform online Blibli untuk meraih berbagai manfaat serta fasilitas yang dapat meningkatkan penjualan.

Dengan banyaknya promo serta harga produk bersaing, Blibli menjadi salah satu platform yang memiliki banyak pengguna. Hal itu tentu bisa anda manfaatkan untuk mulai berjualan di paltform ini.

Selain itu, terdapat juga berbagai fasilitas di seller center Blibli untuk mengoptimalkan performa bisnis anda.

Keuntungan Bergabung Blibli Seller Merchant

keuntuntan penjual di blibli.com
Sumber: google.com

Memang saat ini terdapat banyak marketplace yang tersedia untuk menjadi tempat anda berjualan online. Dengan memanfaatkan marketplace anda bisa meraih peluang penjualan lebih besar, karena pengguna memang bertujuan untuk membeli.

Anda bisa berjualan di beberapa marketplace agar penjualan lebih besar. Salah satunya adalah dengan berjualan di platform ini.

Berikut beberapa keuntungan yang anda dapatkan dengan bergabung menjadi seller Blibli:

  • Mendapatkan Banyak Bonus

Keuntungan pertama dengan bergabung menjadi penjual di platform ini adalah anda akan mendapatkan bonus modal promo saldo Bliklan sebesar Rp 5,4 juta. Promo ini berlaku untuk anda yang mendaftar hingga bulan Desember.

Dengan memanfaatkan promo tersebut anda tentu bisa mempromosikan produk untuk meningkatkan traffic yang akan berdampak pada meningkatnya penjualan di toko anda.

  • Gratis Ongkir dan Asuransi

Keuntungan selanjutnya adalah anda akan mendapatkan fasilitas gratis ongkir dan asuransi pengiriman untuk seluruh produk. Hal tersebut tentu dapat menarik minat pembeli untuk membeli dari toko anda. 

  • Buka Toko Tanpa Deposit dan Bebas Denda

Ingin mulai berjualan tapi ragu karena modal biaya deposit? Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya deposit untuk mulai berjualan di Blibli. Bahkan dengan berjualan di platform ini tidak akan terkena denda apapun.

  • Menikmati Layanan Terpercaya

Memiliki pertanyaan atau keluhan terkait berjualan di Blibli? Anda bisa menanyakan langsung ke layanan Seller Care yang tersedia setiap hari dari jam 08.00 – 22.00 WIB.

Anda akan langsung mendapatkan jawaban dengan menghubungi layanan terpercaya di pusat layanan penjual baik itu melalui telepon, email, maupun fitur chat yang tersedia.

  • Jangkauan Pengiriman Luas

Keuntungan lainnya adalah anda dapat mengirimkan pesanan ke seluruh wilayah di Indonesia karena Blibli telah bekerja sama dengan berbagai jasa pengiriman terpercaya.

Dengan begitu anda bisa menjangkau konsumen lebih luas dan meraih penghasilan yang lebih besar juga.

Syarat Seller Blibli

syarat penjual
Sumber: google.com

Berbagai keuntungan bisa anda dapatkan dengan bergabung menjadi penjual online di platform ini. Untuk mulai mendaftarkan toko anda, simak juga syarat untuk setiap tipe penjual yang harus anda penuhi:

Perusahaan

  • KTP
  • NPWP
  • Informasi Perusahaan atau Perorangan
  • Nomor Rekening
  • Sertifikat UMKM
  • Izin Usaha
  • Dokumen Pemerintah

Individual

  • KTP
  • NPWP (tidak wajib)
  • Informasi Perusahaan atau Perorangan
  • Nomor Rekening

UMKM atau Pemilik Brand

  • KTP
  • NPWP namun tidak wajib
  • Informasi Perusahaan/Perorangan
  • Nomor Rekening
  • Sertifikat UMKM

Ketentuan Seller Blibli

seller blibli
Sumber: google.com

Setiap marketplace tentu mempunyai ketentuan seller tersendiri. Selain persyaratan, anda juga perlu memperhatikan ketentuan berjualan di platform ini sebagai berikut:

  1. Wajib menjual produk asli
  2. Memiliki stok produk yang memadai
  3. Dikenal pelanggan secara luas
  4. Memiliki sertifikat serta dokumen bisnis
  5. Memiliki latar belakang usaha yang jelas
  6. Memberikan informasi dan deskripsi produk yang jelas
  7. Memiliki reputasi yang baik di platform lain dan media sosial
  8. Penjual memiliki sumber daya untuk melakukan operasional

Setelah melengkapi persyaratan dan memenuhi ketentuan seller anda bisa mulai melakukan pendaftaran melalui situs resmi seller.blibli.com. Lengkapi semua informasi pendaftaran serta masukkan juga kode referral Blibli seller jika anda memilikinya.

Biaya Admin Blibli Seller

biaya admin seller blibli
Sumber: google.com

Sebagai bentuk kerjasama antara penjual dengan platform yang menyediakan tempat dan sarana transaksi jualan online terdapat biaya seller Blibli yang harus dibayarkan.

Potongan seller Blibli ini berdasarkan persentase komisi untuk produk terjual dari setiap kategorinya. Agar lebih jelas, berikut adalah keterangan komisi seller Blibli:

  1. Kategori Consumer Goods: adalah semua kategori produk meliputi BlibliMart, Ibu & Anak, Kesehatan & Kecantikan, serta Mainan & Video Games. Komisi seller Blibli yang harus dibayarkan adalah 2-8%.
  2. Electronics: semua kategori produk mencakup Handphone & Tablet, Home & Living, Kamera, Komputer & Laptop, serta Peralatan Elektronik. Potongan seller Blibli untuk kategori ini adalah 2-5%.
  3. Lifestyle: yaitu semua kategori produk meliputi Fashion Muslim, Fashion Pria, Fashion Wanita, Fashion Remaja, Jam Tangan, Logam Mulia & Perhiasan, serta Olahraga & Aktivitas Luar Ruang. Jenis kategori ini akan terkena persentase komisi sebesar 2-8%.
  4. Digital Product & Automotive: kategori produk ini mencakup Tiket & Voucher, Otomotif, serta Tour & Travel. Adapun persentase komisinya yaitu sebesar 2-3%.

Pencairan Dana Blibli Seller

blibli seller
Sumber: google.com

Secara umum, pencairan dana akan otomatis dibayarkan sesuai jadwal yang telah anda tentukan tanpa perlu melakukan metode tarik saldo. Bagi anda yang mendaftarkan nomor rekening BCA, akan mendapatkan pembayaran atas pesanan terkirim dengan jadwal:

Hari Delivered Hari Pembayaran
Senin Kamis
Selasa Jumat
Rabu & Kamis Senin
Jumat & Sabtu Selasa
Minggu Rabu

Namun bagi anda yang menggunakan rekening Non-BCA, pencairan dana akan dilakukan 1 minggu sekali, yaitu setiap 3 hari kerja setelah hari Minggu.

Walaupun demikian, anda juga bisa melakukan pengajuan untuk mendapatkan pembayaran menjadi harian dengan menghubungi Pelayanan Penjual di nomor yang tersedia. 

Perlu anda perhatikan bahwa jumlah dana dari hasil transfer Blibli adalah jumlah pendapatan bersih setelah dikurangi biaya komisi dan biaya transfer antar bank (jika menggunakan non-BCA).

Akses Blibli Seller App

blibli seller app
Sumber: google.com

Berjualan online melalui platform ini semakin mudah dengan menggunakan Blibli Seller App. Anda cukup menggunakan handphone yang telah menginstal aplikasi ini untuk melakukan berbagai kegiatan berjualan.

Berbagai kegiatan penjualan tersebut meliputi upload produk satuan, merespon pesanan, menjawab diskusi produk, serta berbagai fungsi lainnya. Dengan Blibli Seller App iOS serta Android dapat memudahkan anda memantau kegiatan berjualan.

Baca juga: Daftar Seller Tokopedia dan Kembangkan Usaha Anda, Sekarang!

Seller Centre Blibli

seller centre blibli
Sumber: google.com

Seller Centre Blibli merupakan fasilitas layanan bagi para penjual untuk mengelola dan mengoptimasi performa bisnis melalui fitur yang tersedia.

Selain itu anda juga bisa mendapatkan informasi edukatif untuk meningkatkan penjualan melalui Seller University serta Berita & Info. Anda juga bisa bertanya dan menyampaikan keluhan terkait proses penjualan di platform Blibli.

Tersedia pusat layanan yaitu Seller Care yang bisa langsung anda hubungi melalui fitur chat di situs Blibli seller center, serta informasi kontak berikut ini:

Whatsapp Seler Care Blibli 0804 1871 871
Email Layanan seller seller.care@blibli.com
Waktu Operasional 08.00 – 22.00 (setiap hari)

Demikian penjelasan dan informasi seputar Blibli Seller untuk berjualan online dan mudahnya mendapatkan pembeli.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga artikel informatif lainnya hanya dari Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?