everpro

2 Cara Daftar Seller Tokopedia 2024, Mudah Raih Cuan!

Ingin mengembangkan usaha dan mendapat penghasilan berlimpah? Daftar jadi seller di Tokopedia sekarang! Simak panduan daftar seller Tokopedia selengkapnya disini.

Kegiatan berbelanja online memang kian meningkat setiap harinya. Wajar saja, karena sebagai pembeli bisa mendapatkan barang dengan mudah tanpa perlu keluar rumah.

Sebagai pemilik usaha online juga harus pintar-pintar memanfaatkan peluang untuk meningkatkan penjualan. Walaupun tersedia banyak platform yang bisa menjadi wadah untuk berjualan, anda harus memastikan berjualan di platform terbaik.

Tokopedia merupakan salah satu platform marketplace terbesar di Indonesia. Mengutip dari Databoks, pada kuartal II 2022 platform ini memiliki rata-rata kunjungan per bulan sebesar 158,3 juta, merupakan yang tertinggi dari para pesaingnya.

Anda bisa memanfaatkan peluang berjualan di Tokopedia untuk mengembangkan usaha. Selain itu daftar seller Tokopedia mudah dan gratis! Ingin tahu bagaimana caranya?

Simak panduan tentang cara jadi seller di Tokopedia, selengkapnya.

Baca juga: Raih Keuntungan dengan Tokopedia Seller, Gabung Sekarang!

Keuntungan Daftar Seller Tokopedia

daftar seller tokopedia
Sumber: google.com

Tingginya pengguna platform Tokopedia merupakan suatu keuntungan tersendiri untuk bisa meningkatkan peluang penjualan produk di toko anda. 

Selain hal tersebut, terdapat juga beberapa keuntungan lain dengan daftar jadi seller di Tokopedia sebagai berikut:

  • Gratis Biaya Pendaftaran

Keuntungan pertama adalah anda tidak perlu membayar apapun untuk membuka toko di Tokopedia, alias gratis! Dengan begitu anda dapat memangkas modal untuk menjalankan usaha dan fokus mengembangkan kualitas produk dan lainnya.

Selain gratis, proses pendaftaran juga cepat dan mudah. Jadi anda bisa segera mulai berjualan dan meraih keuntungan.

  • Jangkauan yang Luas

Keuntungan kedua adalah jangkauan luas, sehingga bisa mendapatkan konsumen dari berbagai wilayah. Berbeda dengan menjual di toko offline yang hanya bisa menjangkau calon konsumen sekitar wilayah tempat berjualan.

Platform ini membantu para pebisnis online untuk mengembangkan usaha, yaitu dengan mempertemukan produk yang anda jual ke konsumen potensial. Saat ini saja terdapat pengguna aktif per bulan lebih dari 90 juta di Tokopedia.

  • Tersedia Layanan Pengiriman Lengkap

Selain dapat menjangkau konsumen potensial secara luas, platform ini juga telah menyediakan layanan pengiriman lengkap. Hal tersebut dapat memudahkan anda dalam mengirimkan pesanan ke konsumen dimanapun mereka berada.

  • Terdapat Banyak Fitur Pendukung Seller

Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan dengan daftar seller Tokopedia adalah tersedianya berbagai fitur pendukung. Anda dapat mengelola toko dengan lebih mudah dengan berbagai fitur yang ada.

Misalnya saja fitur membuat voucher, broadcast chat, TopAds, produk unggulan, hingga statistik penjualan. Semuanya bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan potensi penjualan dan mengoptimalkan strategi bisnis.

Syarat dan Ketentuan Daftar Seller Tokopedia

pendaftaran penjual di toped
Sumber: google.com

Berbagai keuntungan bisa anda dapatkan dengan mendaftar jadi seller di Tokopedia. Sebelum melakukan pendaftaran, perhatikan dulu syarat dan ketentuan yang berlaku.

Melansir dari laman resmi Tokopedia, berikut adalah syarat dan ketentuan daftar Tokopedia Seller:

  1. Pengguna menyatakan bahwa dirinya cakap dan mampu untuk terikat dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
  2. Proses pendaftaran tidak memungut biaya apapun.
  3. Memahami bahwa 1 nomor telepon hanya untuk 1 akun pengguna Tokopedia.
  4. Pengguna yang telah mendaftar berhak bertindak sebagai pembeli maupun penjual (memanfaatkan layanan buka toko).
  5. Untuk menjual memilih layanan buka toko. Setelah itu dapat melakukan pengaturan terhadap produk yang akan diperdagangkan di etalase pribadi.
  6. Penjual harus mengunggah konten dalam jangka waktu 90 hari kalender. Apabila dalam jangka waktu tersebut belum mengunggah, maka pihak Tokopedia berhak untuk menutup toko.
  7. Tokopedia berwenang untuk melakukan tindakan atas pelanggaran Syarat & Ketentuan.
  8. Pihak Tokopedia berwenang untuk menutup sementara maupun permanen, jika terjadi tindak kecurangan dalam transaksi serta pelanggaran atas Syarat & Ketentuan.
  9. Saldo penghasilan berasal dari hasil penjualan barang dan dapat dilakukan penarikan dana (withdrawal) ke rekening bank yang terdaftar.
  10. Penjual dilarang menduplikasi toko, produk, maupun tindakan lain yang terindikasi kecurangan atau persaingan tidak sehat.
  11. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kendala atas penyalahgunaan akun akibat kelalaian pengguna.
  12. Penjual tidak boleh mempromosikan toko dan/atau barang secara langsung menggunakan pesan pribadi, diskusi produk, ulasan produk yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna lainnya.

Cara Daftar Tokopedia Sebagai Penjual

cara daftar seller tokopedia
Sumber: google.com

Setelah memahami syarat dan ketentuan untuk daftar seller Tokopedia, anda bisa langsung membuat akun pengguna terlebih dahulu.

Melansir dari Tokopedia, cara daftar Tokopedia Seller adalah dengan memiliki aku pengguna yang bisa digunakan sebagai akun pembeli terlebih dahulu. 

Kemudian untuk mulai berjualan dapat menggunakan layanan buka toko. Simak cara daftar tokopedia seller berikut ini:

Panduan Membuat Akun Tokopedia

panduan akun pembeli
Sumber: tokopedia

Anda bisa dengan mudah mendaftar hanya dengan menggunakan smartphone, unduh aplikasi Tokopedia di Play Store atau AppStore. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Tokopedia di smartphone anda, lalu klik Menu Utama (tiga garis) yang berada di pojok kanan atas.
  • Kemudian klik Daftar.
  • Masukkan nomor ponsel atau email dan klik Selanjutnya.
  • Lalu pilih metode verifikasi dan anda akan mendapatkan pesan mengenai kode OTP.
panduan akun pembeli
Sumber: tokopedia
  • Masukkan kode verifikasi atau OTP di kolom yang tersedia. Pastikan anda tidak memberitahu siapapun mengenai kode OTP tersebut karena sifatnya rahasia.
  • Apabila anda mendaftar dengan email, tuliskan nama dan password akun. Namun jika mendaftar dengan nomor telepon, masukkan nama lengkap sesuai KTP. 
  • Setelah itu klik Lanjut. Selamat! Anda sudah berhasil membuat akun pembeli.

Baca juga: Informasi Biaya Admin Tokopedia Seller Terbaru, Cek Disini!

Panduan Membuka Toko di Tokopedia

panduan membuka toko
Sumber: tokopedia

Setelah anda berhasil membuat akun pembeli, anda bisa mulai berjualan dengan membuka toko. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Tokopedia dan klik Menu Utama.
  • Kemudian klik Buka Toko Gratis.
  • Selanjutnya tulis nama toko, pastikan anda sudah yakin dengan nama toko tersebut karena tidak dapat diubah. Lalu isi domain toko yang berfungsi sebagai link toko anda.
panduan membuka toko
Sumber: tokopedia
  • Kemudian Masukkan Info Toko dengan lengkap serta Cari Lokasi yang sesuai untuk kemudahan kurir mengambil barang dari toko anda. 
  • Setelah itu klik Simpan
  • Selamat anda sudah berhasil daftar seller Tokopedia dan bisa mulai berjualan.

Daftar Gratis Ongkir Tokopedia Seller

daftar seller tokopedia
Sumber: google.com

Ingin meningkatkan penjualan toko? Aktifkan fitur gratis ongkir sekarang! Dengan mengaktifkan fitur gratis ongkir anda bisa menarik minat calon pembeli untuk membeli dari toko anda.

Anda bisa memanfaatkan fitur ini dengan daftar gratis ongkir Tokopedia seller di menu “Iklan & Promosi”.

Berikut beberapa ketentuan yang perlu anda perhatikan: 

  1. Fitur bebas ongkir tersedia untuk Regular Merchant, Power Merchant, Power Merchant Pro maupun Official Store di aplikasi versi terbaru.
  2. Penjual berada di area layanan sesuai dengan ketentuan setiap mitra, yang bisa anda lihat di halaman pengaturan pengiriman.
  3. Penjual wajib melengkapi nomor telepon dan memastikan alamat sudah sesuai.
  4. Penjual wajib menggunakan fitur AWB otomatis dan non tunai, serta mencetak label pengiriman atau menuliskan kode booking di kemasan paket.
  5. Biaya layanan gratis ongkir mulai tanggal 1 November 2022 dikenakan kepada penjual Reguler Merchant  3,5%, 3% untuk Power Merchant, dan 2,5% untuk Power Merchant Pro maksimal Rp 10 ribu per kuantitas produk terjual.

Bagaimana Cara Jadi Power Merchant Tokopedia?

daftar seller tokopedia
Sumber: google.com

Berjualan di Tokopedia semakin untung dengan mengaktifkan Power Merchant. Salah satu keuntungannya adalah toko menjadi lebih dipercaya oleh calon pembeli.

Sebelum mengaktifkannya, pastikan akun telah terverifikasi dan memenuhi persyaratannya. Melansir dari Pusat Edukasi Seller Tokopedia, berikut ini adalah syarat menjadi Power Merchant:

  1. Memiliki nilai performa toko minimum 60 poin.
  2. Telah melakukan verifikasi toko atau data diri.
  3. Untuk toko baru yang berusia <90 hari, harus memiliki satu produk aktif untuk menggantikan nilai performa toko.

Adapun cara jadi Power Merchant Tokopedia adalah sebagai berikut:

  1. Membuka halaman Tokopedia Seller
  2. Lalu klik Upgrade di bagian status keanggotaan
  3. Pastikan telah memenuhi semua syarat dan ketentuan Power Merchant
  4. Kemudian centang kotak syarat dan ketentuan di halaman Power Merchant
  5. Selanjutnya klik Gabung Sekarang
  6. Anda telah berhasil bergabung jadi Power Merchant

Daftar Top Seller Tokopedia

daftar seller tokopedia
Sumber: google.com

Untuk menjadi top seller Tokopedia, maka toko Anda harus mempunya reputasi yang baik dengan menjual produk-produk best-seller.

Reputasi toko tergantung dari poin yang didapatkan, kemudian pihak Tokopedia akan menilai dan memberikan badges toko sesuai poin. Adapun 3 faktor penentu melansir dari situs Tokopedia adalah sebagai berikut:

1. Reputasi pembeli 

Pembeli memberi penilaian terkait kualitas pelayanan toko dengan menggunakan ikon smiley. Terdapat tiga hasil smiley yaitu puas, netral, dan kecewa dengan poin berturut-turut untuk penjual sebesar +2, +1, dan -1.

2. Reputasi dari Sistem

Sistem memberikan penilaian reputasi toko melalui dua cara, yaitu order berturut-turut serta kenaikan badge reputasi toko dalam kurun waktu tertentu.

3. Pengurangan Penalti

Daftar top seller adalah dengan menjadi star seller yang memiliki reputasi bagus tergambar dari badge yang didapatkan.

Dalam hal reputasi, pengurangan penalti juga mempengaruhi poin penilaian. 2 (dua) kondisi yang berpengaruh pada nilai penalti adalah pengiriman terabaikan dan pembatalan pengiriman.

Jadi, setiap penjual di Tokopedia harus memperhatikan faktor-faktor ini agar bisa masuk kedalam daftar top seller Tokopedia.

Tentang Tokopedia Seller Web

Kelola toko online lebih mudah dengan Tokopedia Seller Web. Terdapat berbagai fitur mulai dari operasional hingga statistik untuk mengontrol penjualan toko.

Melalui Tokopedia Seller Web anda juga bisa mendapatkan konten edukatif untuk memaksimalkan penjualan yang tersedia di situs tersebut. Selain itu, terdapat berbagai fitur yang fungsional seperti berikut ini:

  1. Kolom pencarian, dapat memudahkan dalam mencari apa yang anda butuhkan.
  2. Fitur “Penting Hari Ini”, agar dapat memprioritaskan pekerjaan.
  3. Statistik toko, untuk melihat rangkuman penjualan.
  4. Performa toko, untuk mengetahui skor dan tips meningkatkan performa toko online.
  5. Cek Keadaan Produkmu, fitur ini memudahkan anda untuk mengetahui produk paling laris serta untuk memperbarui stok produk.

Fitur Tokopedia Seller App

Selain menggunakan Tokopedia Seller Web, anda juga dapat memanfaatkan aplikasi Tokopedia untuk mengelola toko online.

Setelah menyelesaikan cara daftar Tokopedia sebagai penjual, dan berhasil membuka toko, anda dapat memanfaatkan berbagai fitur Tokopedia Seller App sebagai berikut:

  1. Mengatur Prioritas Penjualan melalui fitur “Penting Hari Ini”
  2. Fitur Notifikasi Pop-Up, untuk membalas pesan yang masuk lebih cepat
  3. Pengaturan Navigasi Baru, agar dapat mengakses fitur-fitur penting di Tokopedia Seller App
  4. Membuat Voucher Toko, misalnya voucher cashback, diskon, dan sebagainya
  5. Fitur Top Ads, untuk memasang iklan
  6. Memperbarui stok produk
  7. Mengaktifkan metode pembayaran COD

Demikian penjelasan dan panduan lengkap mengenai cara daftar seller Tokopedia dengan mudah dan praktis. Kini anda bisa mulai berjualan dan optimalkan bisnis di Tokopedia Seller.

Semoga ulasan dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga artikel informatif lainnya dari Everpro ya!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya