everpro

Cara Setelan Iklan Akun Google Search, Pemula Wajib Tahu!

Artikel ini akan memberikan tutorial cara membuat setelan iklan paid search yang optimal di akun Google yang pemula wajib tahu, jadi simak sampai akhir ya!

Memulai beriklan lewat Google adalah cara efektif untuk meningkatkan penjualan, mengingat mesin pencari Google sangat dekat dengan kegiatan sehari-hari masyarakat Indonesia. 

Masyarakat seringkali menggunakan Google untuk mencari informasi, mencari hiburan, dan bahkan berbelanja. Oleh karena itu, beriklan dengan menggunakan Google search ads atau  paid search, adalah pilihan yang tepat. 

Pelajari panduan dasar berikut ini untuk memaksimalkan potensi iklan Paid Search yang pemula harus tahu. Jika Anda belum memiliki akun google ads bica baca artikel berikut juga untuk mengetahui cara settingnya.

Baca : Ini Cara Lengkap dan Mudah Settings Google Ads

Apa itu Paid Search Ads

Paid Search adalah  iklan yang muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google, ketika pengguna melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu.

Biaya iklan terpakai ketika pengguna mengklik iklan yang muncul dalam hasil pencarian tersebut. Iklan paid search sangat efektif untuk bisnis karena bisa mencapai audiens yang relevan sesuai target.

Dengan menggunakan pencarian kata kunci yang sesuai dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Iklan yang dapat nantinya sampai, dan tampil kepada pengguna / audience yang sesuai,memiliki potensi untuk melakukan tindakan yang diinginkan sesuai tujuan bisnis. 

Hal ini memungkinkan Anda untuk memaksimalkan pengeluaran iklan Anda dengan menjangkau audiens yang lebih tepat sasaran.

4 Tahapan Setting Iklan Paid Search

Berikut adalah 4 tahapan yang harus Anda lakukan sebelum memulai setelan iklan paid search yang optimal di akun Google Ads

1.Keyword Research

Langkah pertama yang penting adalah melakukan keyword research. Lakukan analisis kata kunci untuk menemukan kata kunci yang relevan dan populer yang berkaitan dengan produk atau layanan Anda. Gunakan alat seperti Google Keyword Planner atau Ubersuggest untuk mendapatkan ide kata kunci yang potensial.Pembagian keyword untuk Google Ads dapat dikategorikan menjadi empat jenis, yaitu:

  • Generic Keyword: Merupakan kata kunci yang tidak terkait langsung dengan merek atau produk tertentu. Contohnya, “sepatu anak-anak” atau “sepatu termurah”. Kata kunci ini dapat menarik lebih banyak lalu lintas karena memiliki cakupan yang lebih luas, tetapi mungkin juga memiliki tingkat konversi yang lebih rendah.
  • Generic Product Keyword: Merupakan kata kunci berkaitan jenis produk tertentu tanpa merujuk pada merek tertentu. Contohnya, “sepatu olahraga” atau “kamera mirrorless”. Kata kunci ini lebih spesifik daripada generic keyword, tetapi masih tidak menyebutkan merek tertentu.
  • Brand Product Keyword: Merupakan kata kunci yang mengacu pada produk tertentu yang menyebutkan merek tertentu. Contohnya “Compass Low Black White” atau “Fuji A-X20”. Kata kunci ini menyebutkan merek dan produk yang spesifik, yang dapat menarik pengguna yang sudah memiliki pengetahuan tentang merek dan produk tersebut.
  • Brand Keyword: Merupakan kata kunci yang fokus pada merek tertentu. Contohnya, “Compass” atau “Fujifilm”. Kata kunci ini digunakan ketika ingin mempromosikan merek secara keseluruhan dan menargetkan pengguna yang sudah mengenal merek tersebut.

Pemilihan jenis keyword yang tepat tergantung pada tujuan iklan dan tingkat spesifikasinya. Generic keyword dan generic product keyword cenderung lebih luas dalam cakupan dan dapat menarik lebih aktivitas munculnya iklan.

Sedangkan brand product keyword dan brand keyword lebih spesifik dan cocok untuk mempromosikan merek dan produk tertentu yang objektifnya conversion.

2.Account Google Structure

Account Google Structure
Sumber; Everpro.id

Google ads account structure adalah sebuah cara untuk mengorganisir atau mengelola sebuah kampanye iklan agar lebih efektif. Struktur akun sendiri terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu sebagai berikut.

  • Campaign: Campaign merupakan level tertinggi dalam struktur akun Google Ads. Pada level ini, Anda menentukan tujuan umum kampanye. Setiap kampanye memiliki pengaturan yang terpisah, termasuk anggaran harian, jangka waktu kampanye, dan lokasi target.
  • Ad Group: Ad Group adalah kelompok iklan yang memiliki tema atau fokus yang serupa dan bisa membuat lebih dari satu Ad Group. Misalnya, jika Anda menjual sepatu, Anda dapat membuat Ad Group terpisah untuk sepatu olahraga, sepatu formal, atau sepatu anak-anak. Setiap Ad Group, Anda akan menentukan kata kunci dan iklan yang relevan dengan tema tersebut.
  • Keyword: Keyword adalah kata atau frasa yang relevan dengan produk atau layanan Anda. Dalam setiap Ad Group, pilih kata kunci yang relevan dengan tema iklan tersebut. 
  • Ads (Iklan): Iklan adalah komponen yang sesungguhnya yang ditampilkan kepada pengguna salah satunya paid search. 

Itulah struktur google ads account, yang perlu diperhatikan yaitu pada tingkat Ad Group, buatlah  iklan yang relevan dengan kata kunci dan tema iklan tersebut. Iklan harus menarik, informatif, dan memiliki call-to-action yang kuat untuk mendorong pengguna untuk melakukan tindakan yang Anda inginkan, seperti mengklik tautan ke situs web Anda atau melakukan pembelian.

3.Budget Planning

Tetapkan anggaran harian atau bulanan yang sesuai dengan tujuan bisnis. Selalu lakukan analisis performa dan alokasikan anggaran dengan bijak untuk setiap kampanye dan kelompok iklan yang paling berpotensi menghasilkan hasil yang baik.

4.Ad Copies

Ad copies atau teks iklan harus menarik dan relevan dengan kata kunci yang ditargetkan. Buatlah headline yang menonjolkan manfaat produk atau layanan, sertakan deskripsi yang jelas dan menggugah minat pengguna, dan jangan lupa untuk menambahkan call-to-action yang kuat untuk mendorong tindakan dari pengguna.

Baca Juga : 5 Langkah Mudah Cara Setting Google Adwords, Simpel Banget!

Cara Membuat Setelan Iklan Google Search Ads

Buka Google Ads Manager yang sudah Anda buat, lalu ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat iklan Google Search Ads:

1.Tentukan tujuan iklan: Tentukan tujuan kampanye iklan Anda, seperti meningkatkan penjualan atau kesadaran merek.

Setelan Iklan Akun Google
Sumber: Everpro.id

2.Buat kampanye iklan: Buat campaign iklan baru di Google Ads dengan mengatur tipe campaign, nama campaign, bidding budget harian, dan jadwal iklan.

Setelan Iklan Akun Google
Sumber: Everpro.id

3.Buat grup iklan: Dalam kampanye, buat grup iklan untuk mengelompokkan iklan yang relevan dengan kata kunci tertentu.

Setelan Iklan Akun Google
Sumber: Everpro.id

4.Buat iklan teks: Buat iklan teks yang menarik dengan judul, deskripsi, URL tautan, dan kata kunci tindakan yang relevan.

Setelan Iklan Akun Google
Sumber: Everpro.id

5.Setel penawaran dan anggaran: Tetapkan penawaran maksimum (Budgeting) yang Anda targetkan untuk setiap klik pada iklan Anda.Usahakan sampai warna indikator Ad strength sampai berwarna hijau. 

6.Uji iklan: Buat beberapa variasi iklan dan uji untuk melihat mana yang paling efektif.

7. Pantau dan optimalkan: Pantau kinerja kampanye iklan Anda secara teratur dan lakukan optimasi jika diperlukan untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Promo End Year Google Ads Whitelisted

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk memaksimalkan iklan Anda dengan promo akhir tahun dari Everpro. Dapatkan manfaat menarik dengan menggunakan Google Ads Whitelisted. Berikut ini adalah benefit dari layanan Everpro Google Ads Whitelisted :

  • Mengurangi resiko  iklan restict / banned
  • Scale up iklan lebih mudah dan cepat
  • Minimal top-up Rp 5.000.000
  • Support CS team
  • Gratis Semua biaya layanan untuk 2 Bulan Pertama

 

DAFTAR SEKARANG

 

 

Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya