Pelajari kebijakan ukuran foto produk Tokopedia yang tepat dalam artikel ini dan tingkatkan penjualan Kamu!
Sebagai seller Tokopedia, mengetahui aturan platform merupakan kunci untuk meningkatkan performa toko.
Setiap marketplace memiliki regulasi berbeda, termasuk Tokopedia yang menerapkan sistem skor produk untuk menentukan visibilitas toko.
Artikel ini akan membantu Kamu memahami kebijakan ukuran foto produk Tokopedia dan tips membuat tampilan foto yang menarik, sehingga meningkatkan peluang produk mudah ditemukan oleh calon pembeli.
Baca Juga : Cara Ganti Nama Toko di Tokopedia, Branding Makin Kuat!
Daftar Isi:
ToggleApa yang Dimaksud Skor Produk Tokopedia?
Skor produk Tokopedia adalah sebuah sistem penilaian yang diberikan kepada produk di Tokopedia berdasarkan kualitas dan performa produk.
Khususnya untuk seller yang masuk Seller Power Merchant PRO dan Official Store bisa melihat halaman Skor Produk, namun jika Kamu Seller Power Merchant dan Regular Merchant, akan tetap melihat halaman Analisis Wawasan Produk juga.
Skor ini berkisar antara 0 hingga 100, dengan nilai yang lebih tinggi menunjukkan kualitas dan performa produk yang lebih baik yang dapat dilihat dari warna indikatornya.
Penentuan skor produk Tokopedia dihitung berdasarkan dua faktor utama sebagai berikut:
1. Kualitas Konten Produk
Berdasarkan kualitas konten produk yang pertama adalah kelengkapan dan ketepatan informasi produk seperti nama produk, deskripsi, dan gambar produk yang jelas dan informatif.
Berdasarkan kebijakan minimal 40 karakter dengan rumus: Nama/Jenis Produk + Merk Produk + Keterangan Tambahan.
Kedua adalah keaslian produk haruslah barang asli dan bukan barang palsu. Lalu ketersediaan produk yang dijual harus tersedia dan siap untuk dibeli.
2. Performa Penjualan Produk
Kedua berdasarkan performa penjualan produk dengan tingkat penjualan yang tinggi akan mendapatkan skor yang lebih tinggi.
Selain itu juga tingkat ulasan dan rating produk dengan rating positif akan mendapatkan skor yang lebih tinggi.
Terakhir berdasarkan tingkat konversi produk (rasio antara pengunjung produk yang membeli produk) akan mendapatkan skor yang lebih tinggi.
Baca Juga : Cara Membuat Desain Ukuran Banner Tokopedia yang Profesional
Kebijakan Ukuran Foto Produk Tokopedia
Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa produk Kamu di Tokopedia kurang terlihat oleh pembeli? Salah satu faktornya mungkin karena ukuran foto produk tidak sesuai dengan aturan Tokopedia.
Ukuran foto produk Tokopedia yang tepat dapat meningkatkan skor produkmu dan membuatnya lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli.
Tokopedia memiliki kebijakan khusus mengenai ukuran foto produk yang diunggah oleh para penjual. Berikut adalah beberapa poin penting mengenai kebijakan ukuran foto produk Tokopedia:
Ukuran Foto Produk
- Minimum: 300 x 300 piksel
- Maksimum: 2048 x 2048 piksel
- Direkomendasikan: 700 x 700 piksel
Format Foto Produk
- JPEG (.jpg)
- PNG (.png)
- Progressive JPEG (.jpg)
Kemudian secara rasio foto produk harus memiliki rasio aspek 1:1 (persegi). Penjual dapat mengunggah minimalnya 1 foto hingga maksimalnya 5 foto produk untuk setiap produk.
Kemudian secara kualitas foto produk harus fokus, tajam, dan memiliki pencahayaan yang baik. Foto produk harus bebas dari watermark, logo, dan teks yang tidak relevan.
Baca Juga : Berapa Biaya Iklan Tokopedia? Yuk, Cari Tahu Rinciannya!
Cara Mengunggah Foto Produk di Tokopedia
Berikut adalah cara mengunggah foto produk di Tokopedia yang bisa Kamu lakukan lewat ponsel smartphone atau menggunakan pc / laptop:
- Buka aplikasi Tokopedia Seller atau website Tokopedia Seller.
- Masuk ke akun Tokopedia Seller.
- Pada menu “Produk“, pilih “Daftar Produk“.
- Klik tombol “Tambah Produk“.
- Isi informasi produk, seperti nama produk, kategori produk, dan deskripsi produk.
- Pada bagian Foto Produk, klik tombol “Unggah Foto“.
- Pilih foto produk yang ingin Kamu unggah dari komputer atau galeri ponsel.
- Pastikan foto produk sudah memenuhi kebijakan ukuran foto Tokopedia.
- Klik tombol “Unggah“.
- Setelah selesai mengunggah foto produk, klik tombol “Simpan“.
Kamu bisa mengulangi langkah-langkah di atas untuk mengunggah foto produk lainnya (maksimal 5 foto)
Baca Juga : 6+ Cara Upload Produk di Tokopedia, Mudah dan Cepat!
Tips Membuat Foto Produk Tokopedia yang Menarik
Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Kamu lakukan untuk membuat foto produk yang menarik sehingga bisa meningkatkan skor produk Tokopedia dan juga meningkatkan pembelian.
1. Gunakan Kamera yang Berkualitas
Pertama gunakanlah kamera beresolusi tinggi untuk menghasilkan foto yang tajam dan jernih.
Perhatikan pencahayaan, baik itu secara alami atau buatan yang baik untuk menghasilkan foto yang terang dan tidak buram.
2. Perhatikan Sudut Pengambilan Foto
Ambil foto dari berbagai sudut untuk menunjukkan detail produk dengan jelas. Kamu bisa gunakan sudut pengambilan foto yang menarik untuk membuat produk terlihat lebih menarik.
3. Gunakan Latar Belakang yang Polos
Jika kamu memiliki budget yang minim bisa gunakan latar belakang putih atau polos agar fokus pembeli tertuju pada produk. Hindari menggunakan latar belakang yang ramai atau berantakan.
4. Edit Foto Produk
Perkembangan teknologi sudah canggih Kamu bisa gunakan aplikasi editing foto untuk meningkatkan kualitas foto. Atur pencahayaan,kontras dan saturasi. Kamu juga bisa menambahkan Logo brand mu namun dengan layout yang tidak mengganggu fokus pembeli.
5. Tampilkan Produk dengan Model
Tampilkan produk dalam penggunaan bisa lewat model untuk memberi gambaran kepada pembeli bagaimana produk tersebut digunakan.
Atau bisa juga gunakan properti tambahan untuk membuat foto produk lebih menarik.
6. Buat Foto Produk yang Konsisten
Gunakan gaya dan format foto yang konsisten untuk semua produk Kamu. Hal ini akan membuat toko Anda terlihat lebih profesional dan menarik.
7. Perhatikan Ukuran Foto
Pastikan ukuran foto produk Kamu sesuai dengan kebijakan Tokopedia. Foto yang sesuai dengan kebijakan akan membantu membuat skor Tokomu tinggi sehingga meningkatkan visibilitas.
8. Gunakan Foto yang Unik
Hindari menggunakan foto produk yang sama dengan yang digunakan oleh penjual lain. Gunakan foto yang unik dan kreatif untuk membuat produk Kamu lebih menarik.
9. Optimalkan Foto dengan SEO
Berikan nama file foto yang deskriptif dan mengandung kata kunci yang relevan. Gunakan alt text yang deskriptif untuk foto produk.
Baca Juga : 4+ Cara Pasang Iklan di Tokopedia untuk Meningkatkan Penjualan Online Kamu!
Dengan mengikuti tips-tips di atas, Kamu dapat membuat foto produk Tokopedia yang menarik dan meningkatkan peluang produk Kamu untuk terjual.
Jangan ragu juga untuk menggunakan layanan Everpro MP Enabler untuk menentukan strategi penjualan yang untung dengan benefit berikut.
Benefit Everpro MP Enabler
Dengan harga yang terjangkau Kamu bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dalam mengoptimalkan strategi pemasaran online, termasuk:
- Sesi Konsultasi dengan Tim Profesional
- Performa iklan terbaik yang akan meningkatkan visibilitas produk dan toko
- Memaksimalkan penjualan dengan jenis campaign yang efektif
- Optimasi desain dekorasi toko agar lebih menarik dan profesional
- Bisa pilih Paket Satuan atau Lengkap
Yuk, buktikan sendiri manfaat Everpro MP Enabler dengan Daftar Sekarang Juga!