everpro

Tips Untuk Mencapai Peluang Usaha diperlukan Strategi Terbaik!

Untuk Mencapai Peluang Usaha diperlukan

Setiap orang punya keinginan untuk menjadi sukses, namun tidak semua orang bisa menggapai kesuksesan, maka dari itu ada beberapa hal yang harus di lakukan untuk mencapai peluang usaha diperlukan.

Peluang usaha sendiri sebenarnya banyak orang yang memahaminya dengan cara yang berbeda-beda.

Namun secara umum bisa kita review kembali agar menjadi satu kesimpulan yang utuh yang nantinya bisa di implementasikan. 

Yakin mau di baca? Jangan lupa open your mind terlebih dahulu agar bisa memahami artikel di bawah ini, selamat berliterasi!

Definisi : Peluang Usaha

Untuk Mencapai Peluang Usaha diperlukan
Sumber: Pexels.com

Berikut beberapa definisi yang menjelaskan tentang peluang usaha:

Thomas W. Zimmerer

Menurut Thomas W. Zimmerer, peluang usaha adalah sebuah terapan yang terdiri dari kreativitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan melihat kesempatan yang di hadapi setiap hari. 

Arif F. Hadipranata

Menurut beliau, peluang usaha merupakan sebuah risiko yang harus di ambil dan di hadapi untuk mengelola dan mengatur segala urusan yang ada hubungannya dengan finansial.

Baca juga: Untuk Menguji Kelayakan Usaha Diperlukan? Ini Jawabannya!

Karakteristik Peluang Usaha yang Baik

Beberapa orang belum tau pasti bahwa peluang usaha pun memiliki karakteristik. Karakteristik tersebut antara lain adalah:

Everpro
  • Setiap menjalankan usaha pastilah yang di cari adalah keuntungan, mau keuntungan besar atau kecil setidaknya usaha yang di lakukan adalah bentuk usaha yang halal.
  • Sebisa mungkin modal yang di keluarkan tidak memerlukan biaya besar.
  • Usaha yang di bangun merupakan usaha yang di butuhkan setiap saat bukan usaha  musiman.
  • Semaksimal mungkin usaha yang di jalankan adalah usaha yang kreatif yang tidak pasaran sehingga memiliki peluang yang sangat besar berkembang karena meminimalisir persaingan.
  • Memiliki tingkat kelayakan usaha yang sudah teruji; 
  • Termasuk dalam bidang usaha yang dapat bertahan lama; 
  • Bisa di kembangkan dalam skala besar;
  • Untuk mencapai peluang usaha diperlukan produk yang di hasilkan memiliki nilai jual;
  • Ada rasa senang dan yakin saat menjalankannya agar tidak cepat bosan dan terus termotivasi mengembangkannya.

Untuk Mencapai Peluang Usaha diperlukan Strategi

Jika melihat berbagai perusahaan besar yang seringkali memiliki produk yang begitu di minati oleh masyarakat Indonesia, maka tidak mungkin perusahaan tersebut tidak punya strategi peluang usaha.

Strategi tersebut, yaitu:

  • Mencari tau, usaha apa yang layak dan di miniati dan di butuhkan oleh semua orang, namun juga tidak memiliki banyak pesaing.
  • Cobalah untuk kenali diri, agar tau hobi atau minat yang di miliki agar saat menjalankannya tidak dalam keadaan terpaksa, hal ini akan berdampak pada tahan lamanya usaha yang di jalankan.
  • Bangunlah usaha yang memang cocok dengan keahlian dan kemampuanmu.
  • Rancanglah produk yang memiliki nilai jual dengan mereview kembalin minat dan kebutuhan pasar.
  • Berusahalah untuk tetap melakukan dan analisis peluang usaha. 

Berbicara tentang analisis peluang usaha, maka perlu di perhatikan pentingnya pengusaha dalam membuat skema SWOT. Apa itu SWOT? Yuk simak di bawah ini:

Baca juga: Ketahuilah! Arti Departed From Transit yang Sebenarnya

Analisis SWOT

Untuk Mencapai Peluang Usaha diperlukan
Sumber: Pexels.com

Analisis SWOT adalah sebuah metode dimana para pengusaha bisa merancang dan merencakaan usaha yang akan di bangun dengan melihat beberapa sudut pandang dari peluang usaha.

Teknik ini di buat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Pentingkah melakukan analisis SWOT? Penting! Karena dengan Analisis SWOT para pengusaha dapat melihat kelebihan dan kekurangan dari usaha yang akan di bangun yang di sesuaikan dengan kondisinya.

Dengan analisis SWOT, sebagai pengusaha akan meningkatkan kepercayaan dalam dirinya untuk memperjuangkan usaha yang akan di bangun olehnya.

Analisis SWOT merupakan singkatan dari Strength (Kekuatan), Weakness (Kekurangan), Opportunity (Kesempatan), dan Threat (Ancaman). 

Strength dan Weakness merupakan faktor yang berasal dari dalam bisnis itu sendiri seperti kelebihan dan kekurangannya dalam bisnis.

Sedangkan Opportunity dan Threat merupakan faktor yang timbul dari luar dan tentunya agak sulit untuk di kontrol seperti peluang dan ancaman dari luar. 

Walaupun begitu, Opportunity dan Threat masih dapat di prediksi dan ditelaah jika kamu bisa melaksanakan analisis peluang usaha secara mendalam.

Berikut akan di jelaskan mengenai SWOT untuk mencapai peluang usaha diperlukan:

Untuk Mencapai Peluang Usaha diperlukan: Strenght

Strength atau di sebut juga sebagai kekuatan, dimana ketika membangun bisnis perlulah menilai bagaimana kelebihan usaha yang akan di kembangkan.

Misalnya,seorang apoteker mau membuat apotek, maka buatlah pernyataan bahwa  produk obat yang di jual adalah obat yang aman untuk di konsumsi karena sesuai dengan dosis dan juga sesuai petunjuk dokter.

Selain itu juga para karyawannya merupakan lulusan farmasi memiliki pengetahuan tentang obat sehingga tidak menjual obat sembarangan, namun juga memberikan edukasi kepada pembeli.

Adapun untuk menjadi yang terbaik apotek harus menyediakan berbagai macam obat agar bisa menjadi tempat unggulan di daerahnya.

Weakness

Kebalikannya dari Strength adalah weakness alias kelemahan artinya sebagai pengusaha kita perlu tahu bahwa kelemahan dalam usaha mandiri itu seperti apa.

Misalnya, obat yang di apotek memberikan obat yang kadaluarsa atau harganya mahal.

Opportunity

Opportunity atau di sebut juga sebagai peluang. Sebagai pengusaha berbagai peluang harus di perhatikan.

Misalkan di dekat lingkungan Rumah Sakit tidak ada apotek di sekitarnya.

Padahal pasien ketika tidak terpenuhi kebutuhannya obatnya di Instalasi Farmasi Rumah Sakit maka pasien akan membawa copy resep dan mencari obat yang di butuhkan di Apotek.

Maka dari itu membangun apotek di sekitar rumah sakit apalagi di wiliayah tersebut jarang ada apotek maka hal ini bisa menjadi peluang untuk usaha ini.

Threat

Threat atau biasa di sebut sebagai ancaman. Ancaman yang di maksud adalah segala sesuatu yang akan membuat berkurangnya pemasukan keuntungan di perusahaan.

Seperti adanya pesaing lain di daerah yang sama, contohnya ketika ingin memiliki toko buah, ternyata di daerah itu banyak yang menjual buah.

Hal ini bisa membuat para pembeli tidak selalu akan belanja di toko buah.

Namun harus di yakini rezeki itu sudah Allah Swt sediakan asalkan kita berikhtiar dengan cara yang baik.

Jadi bagaimana, mau mulai mencoba membuat strategi peluang usaha sekarang juga? Jangan menunda-nunda, yuk di coba.

Jika anda ingin informasi yang bermanfaat dan inspirasi lainnya anda bisa buka pada halaman berikut ini.

Sampai jumpa di artikel berikut nya ya !

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?