everpro

12+ Ide Usaha dengan Modal 1 Juta untuk Mahasiswa. Worth it!

Pasti worth it 12 lebih ide usaha modal 1 juta untuk mahasiswa. Mencoba peluang wirausaha di lingkungan perkuliahan dengan modal terjangkau dan untung yang menjanjikan.

Saat ini, banyak mahasiswa atau mahasiswi yang mencoba peluang menjadi wirausaha. Mereka tidak hanya ingin mendapatkan uang jajan tambahan, tetapi juga ingin membuka lapangan pekerjaan baru.

Namun, kesulitan mencari pekerjaan membuat banyak orang berani mengambil resiko dan berinovasi dengan memulai usaha sendiri.

Lingkungan perkuliahan menjadi target pasar yang mudah untuk menggapainya. Sayangnya, mahasiswa yang ingin berwirausaha sering terkendala dengan modal yang terbatas dari jatah uang bulanan.

Artikel ini akan membahas 10 ide usaha dengan modal satu juta yang bisa menghasilkan keuntungan. Simak sampai akhir ya.

BACA : Berkarya sambil Berbisnis Ini 15 Ide Bisnis Kreatif yang Booming

16 Contoh Ide Usaha dengan Modal 1 Juta

Modal 1 juta emang bisa buat usaha apa saja? Berikut ini adalah 10 ide usaha dengan modal maksimalnya 1 juta  yang cocok untuk para mahasiswa.

1. Jualan Pulsa dan Paket Data

Jualan Pulsa dan Paket Data Internet
Sumber : Google.com/bersosial

Mulailah sebagai agen pulsa dan paket data, sebagai orang yang paling sering menggunakan internet. 

Oleh sebab itu kebutuhan untuk membeli pulsa atau kuota akan selalu ada dan dicari. Untuk memulai usaha ini pun cukup mudah.

Anda hanya perlu mendaftar sebagai agen pulsa, kemudian menginstal aplikasi yang nantinya akan digunakan.

Secara modal awal untuk isi saldo tidak ada ketentuan minimalnya, itu sesuai dengan keperluan bisa mulai dari Rp 500.000- Rp 1.000.000 an. 

2. Cuci Sepatu

Modal 1 Juta, Usaha Cuci Sepatu
Sumber: Canva.com

Jika Anda memiliki waktu luang yang cukup di luar aktivitas kuliah dan mengerjakan tugas serta punya pengetahuan tentang perawatan sepatu yang benar.

Bisa mencoba usaha jasa cuci sepatu dengan menggunakan peralatan pembersih sederhana. Mahasiswa biasanya memiliki berbagai macam jenis sepatu, dan tidak semua tahu cara mencuci sepatu yang benar.

Peralatan yang digunakan pun terbilang murah dengan modal Rp 1.000.000 sudah lebih dari cukup untuk membeli peralatan.

3. Open Pre Order Kaos Distro 

usaha modal 1 juta untuk mahasiswa
Sumber; Google.com/bersosial

Kaos atau T-shirt adalah produk fashion yang digemari kalangan mahasiswa. Pengalaman penulis sendiri pernah menjual t-shirt dari merchendais official dari band indie Indonesia.

Karena pada saat itu banyak orang-orang yang mendengarkan lagu-lagu dari band indie maka penulis mencoba peluang usaha dengan mempublish katalog sederhana di sosial media  dengan cara open PO.

Hal ini terjadi karena selain harganya yg cukup price, jumlahnya juga terbatas. Jika ada yang serius bisa membayar DP terlebih dahulu untuk baru bisa untuk diproses.

Untuk memulai usaha ini dengan modal Rp 1.000.000 an sudah cukup dan hasilnya juga lumayan balik modal.

4. Affiliate Marketing

Untuk kali ini jika Anda merupakan pengguna sosial media yang aktif membuat konten dan juga memiliki jumlah pengikut yang banyak maka bisa memulai usaha ini.

Caranya Anda cukup mendaftar sebagai member affiliate bisa dari marketplace seperti shopee dan tokopedia, bisa juga mendaftar sebagai affiliate di TikTok.

Setelah terverifikasi, saat Anda berbelanja dan mencoba untuk membuat konten di sosial media dan orang-orang tertarik dengan barang tersebut.

Anda bisa memberikan link affiliate untuk informasi pembelian barang tersebut. Modal usaha Rp 1.000.000 sudah lebih cukup, kecuali jika Anda membuat konten setiap hari. 

5. Jualan Perlengkapan Journaling 

usaha modal 1 juta untuk mahasiswa
Sumber: Google,com/bersosial

Ada beberapa jurusan yang mahasiswa atau mahasiswi nya harus membuat catatan baik itu berupa jurnal atau pun catatan materi biasa.

Jika Anda memiliki hobi membuat bullet journal maka bisnis ini cocok untukmu. Ada banyak perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat kreasi bullet journal, seperti notebook, washi tape, aneka stickers, gel pen, dan brush pen.

Selain sebagai penunjang atau koleksi perlengkapan, kenapa tidak Anda gunakan itu untuk membuka usaha bisnis online. Di marketplace sendiri ada banyak yang menjual perlengkapan journaling dan beberapa alat tulis dengan bentuk yang lucu-lucu.

Modal usaha Rp 1.000.000 lumayan cukup untuk memulai bisnis ini, Anda hanya perlu pintar-pintar untuk mencari supplier yang murah. 

6. Jualan Buket Wisuda

Jika Anda Mahasiswa yang memiliki keterampilan dalam membuat buket wisuda dengan berbagai jenis bahan baku. Ide usaha ini cocok untukmu, permintaan pembuatan bucket tidak hanya ketika mendekati acara wisuda.

Namun ada banyak permintaan pembuatan buket juga ketika mendekati kegiatan sidang skripsi atau tugas akhir. Biasanya rekan sesama mahasiswa memberikan berbagai hadiah salah satunya buket yang bisa di custom sesuai permintaan.

Untung dari penjualan ini sangat tinggi loh, karena membutuhkan kreativitas dan juga tingkat kesulitannya.

Karena produk ini hanya bisa di pesan setelah ikut PO dan melakukan DP terlebih dahulu maka modal Rp 1.000.000 sudah cukup.

7. Jualan Template atau Ebook

Untuk mahasiswa yang mengambil jurusan perkuliahan di bidang bahasa atau mempunyai keterampilan dalam membuat template pengolah data seperti excel. Usaha jualan template atau ebook cocok untukmu.

Anda bisa membuat ebook tentang panduan belajar percakapan dalam Bahasa Korea untuk pemula. Tidak perlu modal yang besar untuk memulai usaha ini.

Dengan memanfaatkan sosial media untuk melakukan promosi. Saat ini ada banyak orang-orang yang menjual produk ini di sosial media seperti TikTok.

8. Jualan Gelang Manik-manik

Usaha berikut ini masih seputar keterampilan tangan. Anda bisa membuat gelang dengan bahan dasar seperti tali prusik untuk laki-laki dan juga dari aneka manik-manik berwarna cantik dan lucu untuk para perempuan.

Anda bisa menjualnya via online lewat marketplace atau sosial media. Jika ingin membuat merek sendiri buatlah konsep yang unik dan menarik. Modal 1 juta sudah cukup untuk memulai usaha ini.

9. Jual Aplikasi

Ada banyak aplikasi berbayar yang digunakan oleh para mahasiswa atau mahasiswi ini. Entah untuk kebutuhan mengerjakan tugas, seperti aplikasi canva pro membuat slide presentasi, mengedit foto dan video.

Hingga untuk kebutuhan hiburan seperti spotify premium, viu, Anda bisa menawarkan jasa pembuatan akun dari aplikasi-aplikasi tersebut untuk sharing atau private kepada para mahasiswa. 

10. Jualan Barang Thrifts

Peminat barang Thrifts dan preloved selalu ada saja, khususnya di kalangan mahasiswa. Informasi tentang merek pakaian branded bukan hal yang asing lagi di kalangan anak muda.

Agar tetap stylish membuat mereka mencoba mencari berbagai cara agar tetap memenuhi keinginan merek terhadap barang tersebut namun dengan budget yang lebih kecil. 

Barang ini bisa dijual lewat marketplace dan juga sosial media sebagai katalognya. Ada banyak paket usaha baju, celana, dan hoodie thrifts shop mulai dari Rp 500.000 – Rp 1.000.000 an.

11. Jasa Pemandu Wisata

Jika Anda mahasiswa/mahasiswi jurusan pariwisata atau mungkin menyukai kegiatan traveling. Maka bisa mencoba usaha jasa pemandu wisata.

Kegiatan pemanduan ini biasanya dilakukan untuk Anda yang memiliki waktu luang di akhir pekan. Kegiatan pemanduan ini dilakukan ke berbagai tempat seperti museum, wisata alam, wisata budaya dan lainnya.

Usaha ini bisa anda promosikan lewat sosial media yang anda gunakan, untuk kemudian customer melakukan proses booking dan juga DP terlebih dahulu.

Selain menjadi pemandu Anda juga bisa membuat agenda paket wisata city tour atau one day tergantung kesanggupan Anda.

Modal 1 juta sudah lebih dari cukup untuk membuat brosur dan juga barang apapun sebagai kenang-kenangan untuk customer.

12. Jasa Penerjemah / Private Les

Usaha ini juga bisa dilakukan oleh beberapa jurusan yang memungkinkan untuk menawarkan jasa tersebut. Untuk jasa penerjemahan sendiri bisa untuk mahasiswa yang mengambil program bahasa seperti jepang, korea, inggris dan lainnya.

Sedangkan untuk tawaran jasa private les ini bisa untuk mahasiswa jurusan matematika, fisika, kimia dan jurusan tari pun kadang ada yang mencari untuk kebutuhan membuat korepgrafi. Untuk usaha ini sepertinya tidak memerlukan modal yang besar.

13. Jasa Desain Grafis

Mahasiswa DKV biasanya menerima sekali permintaan jasa pembuatan desain. Kebutuhan tersebut untuk keperluan branding, promosi, atau desain lainnya.

Anda bisa memanfaatkan sosial media atau website untuk menawarkan jasa lewat portofolio desain yang sudah anda buat sebelumnya. Modal 1 juta cukup untuk membeli peralatan editing berbayar.

14. Jasa Penyewaan Peralatan 

 

Selama masa perkuliahan ada berbagai macam kegiatan atau aktivitas lain selain kegiatan belajar contohnya adalah berkemah. Maka usaha jasa penyewaan perlengkapan seperti peralatan kemah mulai dari tenda, perlengkapan masak, sleeping bag dan lainnya.

Perlengkapan tersebut dapat digunakan berkali-kali. Jika ada kegiatan seperti berkemah, atau muncak. Modal usaha sebanyak 1 juta cukup untuk memberi peralatan tadi.

15. Reseller 

Berikutnya adalah reseller, ada banyak anak-anak mahasiswa yang memulai usaha reseller seperti makanan ringan, make up, skincare, masker organik dan masih banyak lagi.

Ide usaha ini cukup menjanjikan untuk mahasiswa tapi untuk modal 1 juta maka bisa memulainya dari skala kecil terlebih dahulu.

16. Dropshipper

ida usaha rumahan
Sumber: Canva.com

Usaha ini bisa Anda lakukan dengan modal kurang dari 1 juta, caranya  dengan menjadi dropshipper.

Jika Anda mahasiswa namun memiliki keinginan kuat untuk memulai wirausaha.

Maka menjadi Dropshipper adalah peluang terbaik, karena tugasnya hanyalah untuk memasarkan saja sedangkan untuk proses pengemasan dan pengiriman akan dialihkan kepada produsen atau supplier.

Jika anda tertarik untuk memulai usaha pakain namun belum memiliki cukup modal. Anda bisa mendaftar sebagai dropshipper dengan mendaftar Everpro Sourcing. 

Itulah rekomendasi 16 ide usaha modal 1 juta untuk mahasiswa yang worth it untuk dilakukan, baca artikel berikut ini berikut ini untuk mendapatkan informasi tentang bisnis online yang cocok untuk pelajar.

Baca juga : Cuan Sejak Dini! 18 Ide Bisnis Online untuk Pelajar

Benefit Everpro Sourcing

  • Akses ke Ratusan Katalog Produk 
  • Stok terjamin
  • Winning Products yang telah diuji
  • Product Exclusive
  • CS Support (Full Form)
  • Free WL account (khusus Member Pro)
  • Daily mentorship & exclusive group
  • Weekly webinar
  • Monthly workshop
  • Marketing kit lengkap (tersedia konten siap posting)

 

DAFTAR SEKARANG

 

Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya