everpro

Simak! Inilah 15 Rekomendasi Ide Usaha dengan Modal 3 Juta

Ingin usaha/bisnis tapi hanya punya uang 3 juta? Tenang! simak artikel ini untuk mengetahui rekomendasi ide usaha dengan modal 3 juta.

Memulai bisnis tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Ada beberapa usaha yang bisa kamu kembangkan dengan modal yang tidak terlalu besar. Hanya dengan modal 3 juta atau bahkan kurang kamu sudah bisa berbisnis, lho.

Dengan memulai bisnis dengan modal yang terbilang kecil tersebut, kamu bisa mendapatkan keuntungan seperti bisa mengurangi risiko kerugian, mengatur kerja sesuai keinginan, dan memiliki potensi keuntungan yang besar jika usaha kamu berkembang.

Penasaran apa saja ide usaha hanya dengan modal 3 juta yang bisa kamu coba? Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui jawabannya. Mari kita bahas!

Baca juga: 10 Rekomendasi Ide Usaha Modal 500 Ribu, Bisa Cuan Banyak!

Rekomendasi Ide Usaha Dengan Modal 3 Juta

usaha modal
Sumber: unsplash.com

1. Bisnis Makanan Unik

seblak
Sumber: unsplash.com

Rekomendasi pertama untuk ude usaha dengan modal 3 juta yaitu bisnis makanan unik. Bisnis makanan memang tidak perlu diragukan lagi karena pasti ada pembelinya. Namun, meski begitu kamu harus memperhatikan faktor-faktor yang membuat bisnis makanan dapat memberikan keuntungan.

Bisnis makanan unik yang bisa kamu coba seperti menjual kue kering atau kue lebaran, dessert jar, aneka dessert sehat, seblak, mie pedas, tahu jeletot dan lain sebagainya. Dengan memilih ide bisnis makanan unik yang sedang populer bisnis kamu bisa dilirik oleh pembeli.

2. Bisnis Minuman Kekinian

boba tea
Sumber: unsplash.com

Selanjutnya kamu juga bisa memikirkan untuk membuat bisnis minuman kekinian. Beberapa minuman yang sedang populer saat ini seperti boba tea, thai tea, es kopi susu, alpukat kocak dan lain sebagainya. Beberapa minuman tersebut bisa kamu jadikan ide untuk memulai bisnis.

Dengan modal 3 juta atau bahkan kurang, kamu sudah bisa memulai bisnis ini, lho. Ayo segera susun strateginya supaya bisnis minuman kamu berkembang.

3. Bisnis Thrift Shop

thrift shop
Sumber: unsplash.com

Rekomendasi berikutnya untuk usaha dengan modal 3 juta yaitu bisnis thrift shop atau jual pakaian bekas. Bisnis ini bisa kamu jadikan pilihan nih, karena thrifting sedang populer di kalangan anak remaja saat ini.

Cara memulainya kamu bisa membeli pakaian yang masih layak pakai dengan harga yang murah lalu kemudian menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi ke konsumen. Tapi kamu harus memilih pakaian bekas yang masih nilai jual ya!

4. Bisnis Jasa Titip

Selanjutnya kamu bisa bisnis sebagai penyedia jasa titip. Bisnis ini sedang ramai karena banyak orang yang ternyata menggunakan jasa ini untuk membeli suatu produk tanpa perlu keluar rumah.

Kamu bisa menawarkan untuk membelikan barang untuk orang lain di suatu tempat dan mendapatkan keuntungan dari harga barang tersebut. Bisnis ini bisa kamu jadikan pilihan karena menarik dan menguntungkan ditambah tidak memerlukan modal yang besar dan minim risiko.

5. Bisnis Dropshipper

Kemudian bisnis sebagai dropshipper juga bisa menjadi ide untuk usaha dengan modal 3 juta. Bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar karena kamu bisa menjual produk tanpa perlu stok produk tersebut.

Kamu cukup meneruskan pesanan ke supplier dan meminta penyedia dropshipper mengirimkan produk mereka ke konsumen atas nama kamu sebagai penjual. Menjadi dropshipper bisa kamu jadikan pilihan yang potensial.

Baca juga: 15+ Ide Usaha Modal Kecil dengan Untung Besar 2023

6. Bisnis Franchise Minuman

usaha modal 3 juta
Sumber: unsplash.com

Berikutnya kamu bisa memulai bisnis franchis minuman. Kamu bisa membeli paket usaha minuman yang sudah tersedia dari merek minuman tertentu. Kamu hanya perlu menyiapkan tempat berjualan yang strategis agar bisnis kamu laku dibeli.

Namun, kamu harus memperhatikan merek minuman yang potensial di lokasi berjualan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kerugian yang besar dari bisnis kamu.

7. Bisnis Katering Makanan Sehat

usaha modal 3 juta
Sumber: unsplash.com

Kemudian ide bisnis selanjutnya yaitu bisnis katering makanan sehat. Saat ini sudah banyak orang yang sadar akan pentingnya makanan sehat bagi tubuh mereka. Oleh sebab itu katering makanan sehat dapat kamu jadikan pilihan untuk berbisnis.

Untuk memulai bisnis ini kamu tidak memerlukan banyak modal, kamu dapat memulainya hanya dengan modal 3 juta saja. Kamu bisa menjual makanan sehat dengan layanan pesan antar kepada orang-orang yang sedang sibuk atau diet.

8. Bisnis Warung Lauk Pauk

Dengan modal 3 juta kamu juga bisa memulai bisnis warung lauk pauk. Kamu bisa membuka warung sederhana yang menyajikan lauk pauk yang disukai masyarakat dengan harga yang terjangkau.

Namun, kamu harus membuat makanan yang memiliki cita rasa yang lezat untuk dapat menggaet pelanggan. Keterampilan memasak sangat dibutuhkan untuk memulai bisnis ini.

9. Bisnis Parcel Wisuda

usaha modal 3 juta
Sumber: unsplash.com

Berikutnya kamu juga bisa memulai bisnis menjual parcel wisuda. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar, dengan modal 3 juta kamu sudah bisa berbisnis parcel wisuda.

Kamu bisa menyediakan parcel dan hampers untuk cara wisuda dengan berbagai tema dan isi yang menarik. Kamu juga bisa melayani pesanan seusai permintaan dari konsumen.

10. Bisnis Florist

Ide usaha selanjutnya yaitu bisnis florist atau penjual bunga. Kamu bisa membangun bisnis ini dengan modal yang terbilang kecil. Dengan 3 juta kamu sudah bisa memulai bisnis florist ini.

Bisnis ini cukup potensial karena jarang ditemui dan juga permintaan yang cukup banyak dari konsumen. Kamu bisa menyediakan berbagai jenis bunga untuk konsumen pilih.

11. Reseller Baju Muslim

Selanjutnya, kamu juga bisnis menjadi reseller baju muslim. Menjadi seorang reseller kamu tidak memerlukan biaya atau modal besar. Dengan uang 3 juta kamu sudah bisa melakukannya.

12. Reseller Buku dari Penerbit

Selain menjadi reseller baju muslim, salah satu peluang bisnis yang bisa kamu coba adalah dengan menjadi reseller buku dari penerbit. Kamu bisa memulai bisnis ini hanya dengan modal 3 juta rupiah.

13. Frozen Food

Salah satu bisnis yang memiliki prospek yang baik adalah menjual makanan frozen food. Kamu bisa membuka bisnis hanya dengan kios kecil di sekitaran rumah kamu.

14. Katering Masakan Rumahan

Makanan merupakan salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Kamu bisa memilih makanan sebagai sebuah bisnis yang kamu coba dengan modal 3 juta rupiah.

15, Jajanan Sekolah

Dengan modal uang 3 juta kamu juga bisa memulai bisnis jajanan sekolahan atau jajanan anak-anak. Dengan modal 3 juta bahkan kamu sudah bisa membuat bisnis jajanan yang lebih menarik.

Tips dan Saran Menjalankan Usaha Dengan Modal 3 Juta

usaha modal 3 juta
Sumber: unsplash.com

Berikut kami berikan tips dan saran menjalankan usaha dengan modal 3 juta agar bisnis kamu dapat memberikan keuntungan. Berikut tips dan saran yang bisa kamu ikuti:

  • Melakukan Riset Pasar

Hal ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan dan selera konsumen, serta persaingan usaha di sekitar lokasi berjualan. Kamu bisa melakukan survei, wawancara, atau observasi untuk mengumpulkan data dan informasi yang relevan.

  • Memilih Produk atau Jasa Sesuai Minat Kamu

Dengan memilih produk atau jasa sesuai minat, kemampuan, dan passion kamu dapat memudahkan kamu dan memberikan semangat untuk dapat mengembangkan usaha tersebut. Kamu bisa memilih produk atau jasa yang unik, kreatif atau memiliki nilai tambah.

  • Memanfaatkan Media Sosial dan Marketplace

Pada era digital seperti saat ini kamu juga dapat memanfaatkan media sosial dan marketplace untuk media promosi dari usahamu. Selain itu kamu juga membangun relasi dengan konsumen dan supplier.

Kamu dapat mempromosikan usahamu dengan membuat akun media sosial untuk usaha kamu dan juga marketplace agar usaha kamu semakin berkembang.

  • Mengatur Keuangan Usaha dengan Baik

Dalam menjalankan bisnis keuangan merupakan salah satu faktor yang sangat penting agar usaha kamu berkembang. Kamu dapat mengatur semua urusan keuangan usaha kamu dengan baik mulai dari menetapkan harga jual, sampai mencatat semua pemasukan dan juga pengeluaran.

Kamu juga harus memisahkan keuangan pribadi dengan usaha kamu, serta kamu juga dapat menggunakan bantuan dari aplikasi dalam mengelola keuangan.

  • Selalu Berinovasi dan Meningkatkan Kualitas Produk

Terakhir, kamu harus selalu berinovasi dan meningkatkan kualitas dari produk dan jasa kamu agar bsinismu dapat bersaing dengan usaha lain dan juga menjaga loyalitas konsumen.

Kamu dapat mencari ide-ide baru untuk produk atau jasa kamu, memberikan diskon atau bonus bagi konsumen setia, mengemas barang pesanan dengan rapi dan aman, serta memberikan pelayanan prima seperti respon cepat, ramah, dan profesional.

Demikianlah beberapa ide usaha dengan modal 3 juta yang bisa kamu coba. Mudah dan bisa berpotensi meraup keuntungan yang besar, lho. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang ingin memulai bisnis dengan modal yang terbatas.

Nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Gimana, masih bingung? Daripada masih bingung mikirin ide usaha atau bisnis yang cocok untuk kamu, coba pilih layanan Product Sourcing dari Everpro aja!

Everpro Product Sourcing bisa bantuin kamu memilih produk yang sesuai dan berkualitas sehingga bisnis kamu bisa memberikan keuntungan yang melimpah!

Emang Product Sourcing bisa apa kasih apa aja sih?

Benefit Everpro Product Sourcing

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya