everpro

17+ Usaha Modal Kecil Untung Besar, Pemula Bisa!

usaha modal kecil untung besar

Ingin dapat penghasilan dari contoh usaha modal kecil untung besar? Simak rekomendasi usaha modal kecil untung besar untuk anda coba disini.

Modal memang menjadi pertimbangan besar dalam menjalankan usaha. Banyak yang bertanya “kira-kira butuh modal berapa untuk memulai usaha?.”

Namun perlu anda ketahui, untuk memulai bisnis tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Niat dan kegigihan menjadi modal utama untuk menjalankan usaha.

Saat ini telah banyak jenis bisnis yang bisa anda mulai, bahkan tanpa modal. pastikan bahwa anda memiliki keinginan penuh untuk memulainya, karena seperti kata pepatah yaitu “where there’s a will, there’s a way.”

Dimana ada niat pasti ada jalan. Hadirnya artikel ini mungkin bisa menjadi jalan untuk niat anda memulai bisnis. 

Jadi, baca ulasan tentang usaha modal kecil untung besar sampai selesai untuk mendapatkan rekomendasi terbaik!

Baca juga: 15+ Ide Usaha Modal Kecil dengan Untung Besar 2022

Tips Memulai Bisnis Modal Kecil Untung Besar

bisnis menguntungkan
Sumber: pexels.com

Membangun suatu bisnis memang tidak selalu mudah, apalagi jika belum memiliki pengalaman apapun. Belum lagi jika tidak memiliki modal yang banyak.

Hal tersebut sering menjadi kekhawatiran bagi yang ingin memulai bisnis. Namun anda tidak perlu takut walaupun memulai dengan modal kecil, karena peluang berhasil akan selalu ada.

Everpro

Setiap hal yang bermula dari keyakinan penuh serta menjalankannya dengan sungguh-sungguh dan pantang menyerah, pasti akan berhasil meski dimulai dari hal yang kecil.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda coba untuk memulai usaha modal kecil untung besar:

  • Mulai Mencari Ide dari Berbagai Referensi

Tips pertama untuk membangun usaha dengan modal kecil yaitu mencari ide dari banyak referensi. Terdapat banyak cara yang bisa anda lakukan seperti mencari di Google Trends, media sosial, hingga mengobrol dengan kerabat atau teman.

Catat setiap masukan yang anda dapat dari berbagai sumber dan pikirkan kembali mana yang lebih visible untuk anda. Anda bisa memulai dengan apa yang menjadi kesenangan atau hobi, agar saat proses menjalankannya lebih semangat.

  • Melakukan Riset

Riset selalu menjadi komponen penting dalam memulai bisnis. Dengan melakukan riset pasar, anda bisa melihat peluang yang ada serta target pasar yang tepat untuk bisnis anda.

Selain itu anda juga bisa riset kompetitor dan memperhatikan apa saja yang menjadi poin plus dari bisnisnya. 

Kemudian bandingkan dan terapkan metode amati-tiru-modifikasi, serta mulai menentukan apa yang menjadi unique selling point dari usaha anda.

  • Efisiensi Modal Usaha

Tips lainnya untuk mulai menjalankan bisnis adalah menggunakan modal sebaik mungkin sehingga lebih efisien. Prioritaskan apa yang menjadi kebutuhan inti dalam daftar alokasi modal.

Mulai alokasikan modal untuk hal esensial seperti peralatan, perlengkapan, sarana, hingga dana untuk promosi.

  • Manfaatkan Peralatan yang Sudah Dimiliki

Salah satu tips lain untuk memulai usaha walaupun minim modal adalah dengan memanfaatkan apa yang sudah anda miliki. Misalnya anda ingin berjualan makanan, maka anda bisa menggunakan peralatan memasak yang sudah ada di dapur.

Hal tersebut memungkinkan anda untuk bisa secepatnya memulai usaha. Anda juga bisa mengalokasikan sisa modal untuk promosi.

  • Manfaatkan Media Sosial

Media sosial memiliki peran besar dalam memasarkan suatu bisnis. Pasalnya terdapat lebih dari 150 juta orang pengguna sosial media di Indonesia.

Dengan begitu anda memiliki peluang yang besar agar bisnis dikenal oleh banyak orang. Bahkan faktanya, banyak konsumen yang tertarik dari promosi di sosial media.

Salah satu alasannya adalah karena media sosial bisa menjadi sarana berbagai pengetahuan dengan konsumen. 

Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar

usaha modal kecil untung besar
Sumber: google.com

Modal kecil bukanlah suatu hambatan untuk memulai bisnis, anda akan tetap bisa mendapatkan penghasilan. Hal terpenting adalah tetap menjalaninya walaupun mengalami kendala. 

Bahkan dari kendala atau kegagalan yang anda hadapi, bisa menjadi pelajaran untuk langkah selanjutnya.  Berikut adalah beberapa contoh usaha modal kecil untung besar yang bisa anda coba:

  • Usaha Modal Kecil Laundry

Saat ini banyak yang lebih senang menggunakan jasa cuci pakaian kiloan karena lebih mudah dan terbilang murah. Apalagi bagi mereka yang memiliki kesibukan padat dan tidak punya banyak waktu untuk cuci pakaian sendiri.

Anda bisa mulai membuka usaha laundry kiloan dengan modal awal yang tidak terlalu besar, yakni sekitar Rp 5 jutaan. Terlebih untuk anda yang memiliki tempat di daerah strategis seperti lingkungan pekerja dan mahasiswa.

Peluang balik modal bisa lebih cepat karena berada di pasar yang tepat.

  • Pertamini

Bensin merupakan bahan bakar yang pasti dibutuhkan oleh kendaraan. Apabila anda memiliki lahan di daerah yang ramai pengendara namun jauh dari SPBU, maka bisa menjadi peluang usaha modal kecil untung besar.

Modal awal yang yang anda perlukan sekitar Rp 7 jutaan untuk membeli dispenser. Anda bisa membuka laman resmi dari Pertashop SBMU Mini, untuk mulai berjualan secara resmi.

  • Bisnis Jastip (Jasa Titipan)

Salah satu usaha yang bisa anda mulai tanpa modal namun penghasilan menjanjikan adalah bisnis jasa titipan atau jastip. 

Cara kerjanya adalah dengan menawarkan pembelian barang di suatu tempat kemudian mendapat keuntungan dari tarif jasa membelikan barang tersebut. 

Anda bisa mulai dengan menentukan target pasar dan melakukan promosi via media sosial. Berikan harga yang masuk akal agar banyak yang tertarik menggunakan jasa anda.

Bisa juga dengan mencari barang unlimited apa yang banyak peminatnya, kemudian cari akses ke penjual dan mulai menawarkan untuk menjual produk tersebut.

  • Dropshipper

Rekomendasi usaha tanpa modal lainnya yang bisa anda coba adalah dengan menjadi dropshipper. Cara kerja dari bisnis ini adalah dengan menjual produk baik itu melalui marketplace, sosial media, maupun secara langsung.

Kemudian anda memesankan dari supplier dan mencantumkan alamat penerima. Keuntungan akan anda dapatkan dari selisih harga jual supplier dan harga jual produk yang anda tawarkan.

  • Jasa Desain Grafis

Desain grafis menjadi salah satu yang banyak dibutuhkan perusahaan seperti membuat logo, poster, hingga pemasaran.

Hanya bermodalkan device dan peralatan desain lainnya, serta tentunya kemampuan mendesain anda bisa mendapatkan penghasilan yang menjanjikan. Bahkan bisa anda kerjakan dari mana saja.

  • Usaha Modal Kecil Tanaman Hias

Jika anda memiliki hobi merawat tanaman, bisa anda jadikan peluang untuk mendapatkan keuntungan besar. Banyak yang mencari tanaman hias saat ini.

Anda bisa memulainya dengan modal kecil yaitu sekitar Rp 3 juta untuk bibit dan peralatannya. Kemudian anda bisa menjual melalui marketplace dan memasarkan di media sosial agar menjangkau pasar lebih luas.

Jualan Modal Kecil Untung Besar

usaha modal kecil untung besar
Sumber: pexels.com

Masih banyak ide usaha yang bisa anda jalankan dengan modal yang sedikit. Salah satunya adalah dengan jualan mulai dari makanan hingga barang.

Berikut ini adalah beberapa ide jualan modal kecil untung besar yang bisa anda mulai:

  • Usaha Modal Kecil Untung Besar – Angkringan

Ide jualan modal kecil dengan keuntungan besar yang pertama adalah menjual aneka makanan di angkringan. Dengan modal berkisar antara Rp 3 – 5 juta anda sudah bisa menjalankan usaha ini.

Biaya modal tersebut meliputi gerobak angkringan, serta bahan makanan untuk dijual. Sediakan banyak pilihan makanan seperti sate usus, baso, kulit, kikil, telur puyuh, tempe mendoan, ceker ayam, dan yang lainnya. 

  • Usaha Modal Kecil – Jajanan Korea

Makanan korea menjadi salah satu yang trennya bertahan lama dan memiliki banyak peminat, terutama kalangan anak muda. Berbagai jenis makanan bisa anda jual seperti Tteokbokki, odeng, corndo, dan masih banyak lagi.

Sama seperti usaha angkringan, modal yang anda butuhkan juga variatif berkisar antara Rp 3 – 5 juta dan sudah termasuk dengan gerobak makan.

  • Usaha Modal Kecil – Menjual Dimsum

Pilihan lain untuk memulai usaha jajanan dengan modal kecil untung besar adalah jualan dimsum. Makanan ini memiliki banyak peminat dari semua kalangan.

Bahkan modal awalnya pun cukup kecil yaitu sekitar Rp 150 ribu untuk membeli bahan baku dan kemasan. Kemudian anda bisa menjual secara langsung dan online melalui aplikasi pesan-antar makanan seperti GoFood atau Shopee Food.

  • Usaha Modal Kecil Thrift Shop

Selain makanan anda juga bisa menjual barang dengan modal kecil untung besar yaitu usaha thrift shop atau barang bekas. Terdapat berbagai jenis barang bekas yang bisa anda jual seperti alat elektronik, peralatan dan pajangan langka, serta pakaian.

Modal yang anda perlukan juga tidak besar, hanya dengan Rp 1 juta anda sudah bisa menjalankan bisnis ini. 

Modal tersebut adalah untuk membeli pakaian bekas dalam ukuran karung, kemudian anda bisa menjual harga per pakaian dan mendapatkan untung yang besar.

  • Makanan Sistem Pre-Order

Jenis usaha modal kecil untung besar yang bisa anda coba selanjutnya adalah menjual makanan dengan sistem pre-order. Anda bisa menjual menu makan siang bahkan camilan seperti risol mayo dan sebagainya.

Modal yang anda perlukan juga relatif kecil yaitu hanya ratusan ribu, tergantung dari jumlah pesanan. Dengan menerapkan sistem pre-order anda bisa menghitung pengeluaran secara pasti dan minim kerugian karena hanya membuat sesuai pesanan.

  • Menjual Waffle & Churros

Ide lain untuk jualan modal kecil untung besar adalah menjual waffle dan churros. Kedua makanan ini memiliki peminat cukup banyak, dan cara membuatnya pun mudah.

Modal yang anda butuhkan juga bervariasi karena tergantung apakah anda menjual sendiri atau franchise dari brand yang sudah ada di pasaran. 

  • Menjual Jajanan Pasar

Anda juga bisa memulai jualan modal kecil untung besar dengan menjual jajanan pasar. Modal yang anda perlukan hanya berkisar Rp 1 juta untuk membuat berbagai jenis kue pasar. 

Kemudian anda bisa menjual secara langsung sendiri, menitipkan ke toko, hingga secara online.

Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

bisnis rumahan menguntungkan
Sumber: google.com

Menjalankan usaha bisa anda mulai dari rumah, lho! Banyak usaha rumahan modal kecil untung besar yang bisa anda coba, seperti berikut ini: 

Baca juga: 15+ Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya 2022, Cuan!

  • Usaha Modal Kecil Camilan 

Camilan atau makanan ringan selalu memiliki peminat karena salah suatu kebutuhan asupan disamping makanan berat. Berbagai camilan bisa anda jadikan bisnis mulai dari donat, kue soes, cimol, cilok, telur gulung, dan lainnya.

Modal yang anda butuhkan juga tidak besar mulai dari ratusan ribu hingga jutaan tergantung dari seberapa banyak anda membuatnya. 

  • Menjual Dessert Box

Makanan penutup juga menjadi pilihan usaha modal kecil yang bisa anda coba. Banyak peminat dessert dari berbagai kalangan. 

Anda bisa memulai usaha ini dengan modal berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Biaya modal mencakup bahan membuat kue serta wadah kemasan.

  • Warung Sembako

Sembako merupakan jenis usaha yang tidak ada matinya karena banyak yang membutuhkan. Anda bisa menjual berbagai jenis kebutuhan pokok seperti minyak goreng, beras, telur, dan masih banyak lagi.

Modal awal untuk bisnis ini bervariasi dan relatif kecil yaitu dibawah Rp 5 juta.

  • Jasa Les Privat

Anda juga bisa memanfaatkan keahlian mengajar dan pengetahuan yang anda miliki untung memberi jasa les privat. Contoh usaha modal kecil untung besar ini bisa anda mulai dengan membuat materi pelajaran dan menawarkan jasa di berbagai cara.

  • Pemasaran Afiliasi

Usaha rumahan modal kecil untung besar selanjutnya adalah dengan menjadi affiliate marketer untuk online shop atau brand suatu produk.

Bisnis ini belum banyak pesaing, jadi anda bisa menggunakan peluang untuk meraih penghasilan yang menjanjikan. Proses kerjanya adalah dengan memasarkan produk dan mendapat imbalan atau komisi dari produk terjual.

  • Menjual Kerajinan Tangan

Apabila anda memiliki keahlian membuat kerajinan tangan, maka bisa anda jadikan peluang usaha modal kecil untung besar. Pasarkan hasil kerajinan tangan di media sosial serta marketplace agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Beberapa jenis kerajinan tangan yang memiliki banyak peminat antara lain adalah pop-up kado, buket bunga kertas atau makanan, aksesoris, bordir pakaian, dan masih banyak lagi.

Demikian informasi dan rekomendasi seputar usaha modal kecil untung besar yang bisa anda coba.

Semoga informasi dari artikel ini berguna untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya dari Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait