Rekomendasi Belajar Facebook Ads untuk Maksimalkan Bisnis

Rekomendasi Belajar Facebook Ads untuk Maksimalkan Bisnis

Bingung harus mulai belajar Facebook Ads dari mana? Simak artikel ini sampai habis dan temukan rekomendasi yang diberikan untuk bantu maksimalkan bisnis kamu!
Cara mempromosikan produk ke target audiens dengan tepat satu ini sangatlah populer saat ini di kalangan para pebisnis yaitu Facebook Ads.  Tentunya, belajar Facebook Ads sekarang ini menjadi langkah penting untuk setiap pelaku bisnis online dalam meningkatkan visibilitas serta keuntungan bisnis yang diperoleh mereka. Facebook Ads dapat memaksimalkan efektivitas iklan dan mencapai hasil yang lebih baik, sehingga banyak sekali yang menggunakannya sebagai alat promosi yang efisien. Maka dari itu, Everpro akan membahas rekomendasi belajar Facebook Ads untuk kamu untuk meraih peluang baru yang bisa membantu mencapai kesuksesanmu.

Ingin meningkatkan bisnis dengan beriklan melalui Facebook Ads tapi masih bingung gimana caranya? Simak artikel ini untuk mengetahui cara belajar Facebook Ads mulai dari nol!

Facebook Ads atau disingkat FB Ads adalah salah satu tools yang bisa digunakan oleh para pebisnis untuk meningkatkan angka penjualan. Mengapa demikian? 

Ini karena tools ini dapat menjangkau audiens yang lebih luas lagi yang pastinya ini berpengaruh dalam meningkatkan penjualan. Jika penggunaannya benar, FB Ads dapat menjadi jembatan untuk menuju kesuksesan bisnis.

Ini dibuktikan dengan banyaknya studi kasus yang menunjukkan peningkatan penjualan yang signifikan setelah menggunakan FB Ads untuk beriklan. Meningkatnya penjualan artinya bisnis juga mendatangkan laba.

Tidak hanya itu, FB Ads juga efektif untuk mendorong para calon pelanggan untuk membeli produk setelah melihat iklan. Namun, kenyataannya tidak banyak yang menguasai FB Ads untuk mengoptimasi bisnis mereka.

Jika kamu adalah seorang pebisnis yang ingin meningkatkan penjualan dengan FB Ads tapi masih bingung menggunakannya tidak perlu khawatir.

Kamu berada di tempat yang tepat karena pada artikel ini kami akan membahas panduan lengkap belajar Facebook Ads dari nol. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Belajar Facebook Ads
pexels

Mengenal FB Ads Lebih Dalam

Dalam mempelajari Facebook Ads pertama-tama yang harus kita lakukan adalah dengan mengenal apa itu Facebook Ads.

Seperti sudah kami jelaskan secara singkat sebelumnya, FB Ads adalah tools yang digunakan oleh bisnis untuk meningkatkan penjualan. Caranya adalah pada tools ini kita akan menjalankan kampanye iklan.

FB Ads sendiri merupakan salah satu tools iklan yang paling populer di dunia dan telah terbukti ampuh bagi bisnis untuk meningkatkan penjualan dan mendatangkan laba. Tools ini sediakan oleh raksasa sosial media, Facebook.

Jika menggunakan FB Ads maka iklan akan ditampilkan di dalam media sosial Facebook seperti di laman beranda, di samping postingan, atau pada bagian stories.

FB Ads juga memiliki beberapa fitur unggulan yang membuatnya sangat populer:

1. Targeting

Para pebisnis dapat menargetkan iklan mereka kepada audiens yang sangat spesifik berdasarkan demografi (usia, jenis kelamin, lokasi), minat, perilaku, dan bahan koneksi sosial mereka.

2. Format Iklan

Fitur unggulan yang selanjutnya yaitu pada FB Ads menawarkan berbagai format iklan, termasuk gambar, video, carousel dan slideshow.

3. Pengukuran Performa

Kamu dapat melacak dan mengukur kinerja kampanye iklan melalui berbagai metrik seperti klik, tampilan dan konversi. 

4. Optimalisasi

Fitur unggulan yang terakhir adalah dengan FB Ads kamu bisa mengoptimalkan kampanye iklan secara otomatis berdasarkan kinerja iklan.

Cara Kerja Iklan Berbayar di Facebook

Iklan yang akan dipasang di Facebook memiliki cara kerja yang menggunakan algoritma canggih. Dengan algoritma ini iklan yang kamu buat akan menargetkan audiens yang paling relevan. 

Berikut cara kerja iklan berbayar di Facebook dengan lengkap:

1. Pembuatan Iklan

Langkah pertama adalah pembuatan iklan. Pada tahap ini kamu akan memilih format iklan, menulis teks iklan, dan memilih gambar atau video yang ingin digunakan.

2. Penentuan Target Audiens

Selanjutnya kamu bisa menentukan terlebih dahulu target audiens yang ingin kamu jangkau. Kamu bisa menargetkan audiens berdasarkan demografi, minat, perilaku bahkan koneksi sosial mereka.

3. Menentukan Anggaran dan Jadwal

Setelah itu kamu harus menentukan anggaran serta jadwal penayangan iklan yang telah kamu buat tadi. Tentukanlah anggaran yang ingin kamu habiskan pada iklan tersebut secara bijak.

4. Penayangan Iklan

Jika sudah melewati tahap menentukan anggaran maka selanjutnya iklan akan ditayangkan oleh Facebook dengan audiens yang sudah kamu targetkan. Kamu bisa melihat iklan kamu muncul di berbagai tempat seperti contoh di beranda.

5. Pengukuran Kinerja

Setelah penayangan iklan pastikan untuk mengukur kinerja iklan yang telah tayang. Ketahuilah beberapa metrik penting seperti klik, tampilan dan konversi.

6. Optimalisasi

Tahap yang terakhir adalah Facebook akan secara otomatis mengoptimalkan iklan kamu untuk mendapatkan hasil terbaik. Mereka akan menyesuaikan iklan untuk ditampilkan kepada audiens yang mungkin berminat.

Tujuan dari Facebook Ads

Beriklan dengan Facebook memiliki beberapa tujuan yang penting bagi bisnis. Berikut adalah beberapa tujuan yang bisa didapatkan dari penggunaan Facebook Ads:

  • Meningkatkan Brand Awareness
  • Menarik pelanggan baru
  • Meningkatkan penjualan
  • Menghasilkan lead
  • Mendorong kunjungan ke website bisnis
  • Membangun hubungan dengan pelanggan
Baca selengkapnya

Keuntungan Menggunakan Facebook Ads

Facebook Ads dapat memberikan keuntungan apabila menggunakannya. Itulah sebabnya tools dari Facebook ini menjadi salah satu populer untuk meningkatkan bisnis.

Apa saja keunggulannya? Berikut beberapa keunggulan FB Ads:

1. Targeting yang Presisi

Keunggulan yang pertama dari FB Ads adalah penargetan yang presisi kepada audiens. Kamu bisa menargetkan iklan ke pengguna berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, minat, perilaku, bahkan koneksi sosial mereka.

Dengan target yang tepat dan presisi, iklan kamu berpeluang besar untuk lebih relevan dengan mereka sehingga bisa meningkatkan kemungkinan klik dan konversi.

2. Biaya yang Fleksibel

FB Ads menawarkan biaya iklan yang fleksibel bagi para penggunanya. Ini merupakan sebuah keuntungan karena kamu dapat menyesuaikan dengan budget. Tidak hanya itu kamu juga diberi dua pilihan model pembayaran yang memudahkan.

3. Metrik dan Analisis yang Mendalam

FB Ads memiliki metrik dan analisis yang mendalam sehingga menguntungkan para pebisnis untuk melacak kinerja kampanye iklan yang mereka jalankan dengan detail. Selain itu, FB Ads juga memungkinkan kamu untuk mengoptimalkan kampanye.

4. Beragam Format Iklan

Beragam format iklan yang tersedia membuat kamu bisa memilih sesuai dengan tujuan yang kamu inginkan. Dengan ini, kamu juga bisa membuat iklan yang lebih menarik dan kreatif lagi.

5. Jangkauan yang Luas

Keuntungan yang terakhir adalah dengan menggunakan FB Ads kamu bisa menjangkau audiens yang sangat luas. Saat ini Facebook memiliki miliaran pengguna yang bisa kamu jangkau. Dengan ini kamu bisa meningkatkan brand awareness bisnis.

Cara Mendaftar Facebook Ads

Berikut langkah-langkah untuk mendaftar Facebook Ads:

  1. Membuat akun Facebook
  2. Akses Facebook Ads Manager
  3. Buat akun iklan
  4. Isi informasi bisnis
  5. Verifikasi identitas
  6. Siapkan metode pembayaran
  7. Buat kampanye iklan pertama

Dengan mengikut langkah-langkah di atas kamu bisa dengan mudah mendaftar Facebook Ads dan mulai menggunakannya untuk promosi bisnis pada platform tersebut.

Jika kamu ingin mendapatkan fitur yang lebih advance untuk bisnis iklan kamu dan tidak perlu pusing untuk memasang kampanye sendiri, ada solusi yang tepat untuk kamu.

Everpro menyediakan layanan FB Ads yang bisa membantu kamu mengurusi semua hal terkait periklanan di FB Ads. Layanan ini dilakukan oleh para profesional sehingga kamu bisa duduk manis dan mendapatkan keuntungannya dengan cepat!

Belajar Facebook Ads
unsplash

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum kamu menjalankan kampanye iklan menggunakan FB Ads sebaiknya kamu mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan berikut ini:

  • Menentukan tujuan yang jelas
  • Pahami target audiens bisnis kamu
  • Buatlah konten yang menarik
  • Menyiapkan anggaran
  • Pilih format iklan yang tepat
  • Monitoring dan ukur kinerja
  • Mematuhi kebijakan iklan Facebook
  • Menggunakan tools penunjang

Mempelajari FB Ads

Berikut beberapa cara untuk belajar Facebook Ads dengan mudah:

1. Masuk ke Facebook Ads Manager

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk belajar Facebook Ads adalah dengan masuk ke Facebook Ads Manager.

Caranya cukup mudah kamu bisa masuk ke menu business terlebih dahulu. Jika sudah pilih Facebook Ads Manager di samping kiri atas atau klik Ads > Ads Manager.

2. Dashboard Facebook Ads Manager

Jika sudah masuk ke Facebook Ads Manager kamu akan masuk ke dashboard Facebook Ads yang memiliki tampilan seperti berikut:

Pada menu ini kamu akan melihat beberapa menu lainnya seperti Ads, Ad Sets dan Campaign.

3. Menentukan Tujuan Campaign

Sebelum melakukan kampanye sebaiknya kamu menentukan tujuan kampanye yang ingin kamu jalani. Caranya bisa melalui menu Campaign > Create. Pada menu tersebut pilih Campaign yang ingin kamu jalankan. 

Berikut beberapa tujuan campaign yang tersedia:

  • Awareness
  • Consideration
  • Conversion

4. Targetkan Facebook Ads yang Tepat

Pastikan untuk menargetkan Facebook Ads dengan tepat sesuai target audiens yang ingin kamu jangkau. Ini merupakan kunci keberhasilan kampanye iklan yang kamu buat.

Berikut beberapa tips untuk menargetkan Facebook Ads dengan tepat:

  • Kenali target audiens kamu
  • Menggunakan fitur targeting yang tersedia
  • Buat audiens khusus
  • Menggunakan data pembeli
  • A/B testing

5. Memulai Kampanye Facebook Ads

Sebelum memulai kampanye di Facebook Ads, kamu harus mengisi beberapa rincian campaign yang ingin kamu jalankan:

  • Campaign budget optimisation: fitur dalam mengelola anggaran iklan.
  • A/B test: fitur untuk melakukan tes pada iklan guna mengetahui iklan yang memiliki kinerja terbaik.
  • Campaign detail: detail kampanye yang biasanya sudah disesuaikan otomatis.
  • Special ad categories: kategori iklan sesuai dengan tipe bisnis dan juga negara tempat penayangan iklan.

Bagaimana cukup mudah atau justru sulit? Jika kamu kesulitan kamu bisa menggunakan solusi beriklan yang terpercaya dari Everpro.

Dengan layanan FB Ads dari Everpro iklan akan ditargetkan dengan tepat dan dibuatkan iklan yang menarik untuk menarik pembeli.

Cocok banget untuk pebisnis pemula yang masih kesulitan membuat iklan di FB Ads atau pebisnis yang tidak memiliki tim untuk beriklan di FB Ads. Jika berminat kamu bisa mempelajari lebih lanjut terkait layanan FB Ads dari Everpro melalui link berikut: Facebook Ads Account Whitelisted

Tapi jika kamu ingin belajar Facebook Ads sendiri, kamu bisa mengikut Everpro Academy untuk mendapatkan materi penting dari para expert tentang FB Ads untuk meningkatkan bisnis!

Artikel terkait

15 Aplikasi Marketplace Terbaik di Indonesia 2024

Sedang mencari tahu pilihan marketplace Indonesia terbaik? Berikut penjelasan tentang aplikasi marketplace paling laris dan banyak digunakan tahun 2024 ini. Simak sekarang! Semakin majunya perkembangan teknologi memudahkan aktivitas ekonomi masyarakat, seperti penjualan dan pembelian yang bisa anda lakukan secara online. Salah satu faktornya karena hadirnya marketplace yang pertumbuhannya kian meningkat

Baca Selengkapnya

Jasa Kelola Ecommerce untuk Kesuksesan Bisnis Online

Apakah kamu kesulitan mengelola banyak toko online di e-commerce? Mulai gunakan jasa kelola ecommerce agar kamu bisa fokus ke produksi dan strategi promosi! Tidak perlu diragukan lagi efektivitas e-commerce di Indonesia. Sudah banyak pelaku bisnis yang sukses karena bertranformasi dari bisnis offline ke online di e-commerce.   Namun sayangnya, tidak

Baca Selengkapnya

Cara Membuat Harga Coret di Lazada Lewat Aplikasi

Sebagai seller di marketplace Lazada, kamu perlu memahami cara membuat harga coret di Lazada yang menjadi salah satu tips ampuh meningkatkan penjualan. Harga coret ini merupakan fitur Lazada yang sudah umum dipakai oleh pebisnis online. Adapun Lazada sendiri adalah satu dari beberapa marketplace terbaik yang banyak dipakai oleh pengguna internet

Baca Selengkapnya

Belajar Digital Marketing
di Everpro Academy Sekarang!

Everpro