Iklan yang ditolak Facebook kadang memang bikin para imers pusing tujuh keliling. Upaya membuat konten hingga menentukan budget iklan seakan jadi sia-sia karena kendala satu ini.
Padahal menjalankan iklan di Facebook memang terkenal ampuh untuk meningkatkan penjualan bisnis. Selain karena jangkauan audiens nya yang sangat luas, FB Ads juga bisa nargetin paparan iklan kamu ke kelompok yang lebih spesifik.
Karena itu sebagai langkah antisipasi, penting bagi kamu para internet marketers untuk mengetahui beberapa cara agar iklan Facebook disetujui atau nggak kena reject berikut ini.
Pahami Kebijakan Iklan Facebook
Sebelum beriklan di FB, pengiklan harus tahu tentang kebijakan iklan Facebook. Kebijakan iklan FB mencakup aturan yang FB buat tentang segala hal yang boleh dan tidak boleh dipublikasi.
Kebijakan iklan Facebook ini jadi acuan Facebook ketika meninjau konten iklan yang masuk. Jadi, kalau iklan kamu ditolak atau diterima, salah satunya karena kesesuaian dengan kebijakan ini.
Tujuan kebijakan iklan dari Facebook ini untuk mendukung hubungan yang baik antara pebisnis dan target audiens. Jadi, audiens juga akan punya pengalaman baik saat melihat iklan.
Buat Konten Iklan yang Sesuai
Supaya iklan kamu diterima Facebook, jangan lupa sesuaikan konten iklan dengan standar kebijakan Facebook. Yuk simak kebijakan konten iklan Facebook berikut ini:
- Teks Iklan
Iklan tanpa pesan persuasif rasanya seperti minum teh tanpa gula, hambar! Padahal pastinya kamu ingin iklan yang dibuat bisa mempengaruhi tindakan audiens, bukan?
Nah, karena itu buatlah teks iklan dengan pesan mengajak dan sesuai dengan apa yang kamu tawarkan. Ingat, hindari pesan sensitif, menyesatkan, dan mengandung kebencian ya!
- Gambar dan Video
Gambar dan video pada iklan Facebook emang bakal bikin iklan kamu lebih menarik. Tapi, jangan lupa juga soal ketentuan hak cipta nya. Kamu harus punya lisensi atas aset berbayar yang dipakai.
Atau kamu juga bisa pakai aset pribadi karena hak milik sepenuhnya ada di brand kamu. Selain itu, gambar dan video pada konten iklan harus bersih dari unsur kekerasan, ketelanjangan, ataupun konten yang tidak pantas lainnya.
- Tombol Call-to-Action (CTA)
Jangan lupa sertakan Call to Action (CTA) di konten iklan FB Ads yang akan kamu jalankan. CTA harus langsung dan sesuai dengan tujuan iklan, ya!
Misalnya, kalau tujuan iklan kamu supaya audiens beli produk, maka gunakan CTA “Beli Sekarang”, atau kalau tujuannya untuk pendaftaran, maka gunakan CTA “Daftar Hari Ini.”
Gunakan Bahasa yang Tepat dan Etis
Bahasa iklan yang kasar dan tidak etis emang krusial dan dilarang banget oleh Facebook. Bisa-bisa iklan kamu akan ditolak atau di-reject Facebook jika melanggar aturan ini.
Karena itu, buatlah konten iklan yang menjaga kesopanan profesionalitas bisnis. Selain supaya FB menyetujui iklan kamu, bahasa yang tepat juga bakal kasih pengalaman positif target audiens.
Jaga Kesesuaian Iklan dengan Target Audiens
Kalau iklan kamu ditolak Facebook, coba cek lagi deh apakah iklan sudah sesuai dengan target audiens bisnis kamu? Target audiens ini bisa kamu dapetin dengan riset pasar.
Supaya lebih efektif, hindari target audiens yang terlalu sempit atau terlalu luas. Nah, mengelompokkan audiens berdasarkan segmentasi yang relevan bisa jadi solusinya!
Segmentasi audiens adalah strategi marketing yang membagi target audiens menjadi beberapa kelompok kecil berdasarkan kategori berupa demografi, perilaku, geografis, industri, dan lainnya.
Perhatikan Format dan Spesifikasi Iklan
Ketika Facebook meninjau iklan yang kamu ingin jalankan, format dan spesifikasi iklan juga menjadi pertimbangan apakah iklan disetujui atau ditolak.
Maka dari itu, gunakan format iklan yang sesuai dengan kebijakan Facebook. Kamu bisa menyesuaikan format dengan jenis konten iklan, baik itu gambar, carousel, video, ataupun koleksi.
Review dan Uji Coba Sebelum Publikasi
Review seluruh elemen iklan sebelum dikirim juga bisa meminimalisir kemungkinan Facebook menolak iklan kamu. Kamu bisa manfaatkan fitur preview untuk melihat apakah tampilan iklan udah sesuai dengan ketentuan Facebook atau belum.
Selain itu, kamu juga bisa melakukan uji coba dengan berbagai format iklan untuk memperoleh tampilan iklan yang paling efektif.
Pelajari Pengalaman Penolakan Iklan Sebelumnya
Jika kamu pernah mengalami penolakan iklan oleh pihak Facebook, coba dipelajari lagi apa saja kesalahan pada iklan tersebut supaya kamu bisa terhindar dari kesalahan yang sama.
Biasanya, ketika iklan ditolak, Facebook akan memberikan feedback. Nah, kamu bisa gunakan feedback tersebut untuk membuat konten iklan yang lebih efektif.
Gunakan Whitelist Facebook Ads
Whitelist Facebook Ads adalah daftar pengiklan yang diberikan prioritas atau keistimewaan oleh Facebook dalam proses persetujuan iklan.
Pengiklan yang masuk dalam whitelist ini biasanya punya rekam jejak bagus dalam mematuhi kebijakan iklan Facebook, jadi iklan mereka cenderung lebih cepat disetujui dan jarang ditolak.
Kamu bisa beli akun whitelist Facebook Ads dengan harga mulai dari Rp 500 ribu per bulan. Tapi, kalau mau lebih hemat, sewa akun whitelist FB Ads juga bisa jadi pilihan yang oke.
Supaya aman dari penipuan dan penyalahgunaan konten, pastikan kamu pilih layanan sewa akun whitelist FB Ads yang terpercaya, ya!
Sewa Akun Whitelist Facebook Ads di Everpro
Mau nyewa akun whitelist Facebook Ads yang aman dan terpercaya? Everpro bisa jadi partner pilihan kamu! Dengan akun whitelist Facebook Ads dari Everpro, kamu bisa scale up iklan dengan cepat, efektif, dan minim resiko kena reject oleh Facebook.
Keuntungan yang bakal kamu dapat:
- Akses akun Facebook WL dengan risiko restrict yang minim.
- Maksimalkan performa iklan tanpa batasan budget harian.
- Top up saldo FB Ads mulai dari Rp50 ribu, kapan saja dan di mana saja.
- Credential akun whitelist FB dijamin aman.
- Tim Customer Support yang responsif dan solutif, dengan jalur langsung ke tim Meta.
Baca Juga: Syarat dan Ketentuan Everpro FB Ads Whitelisted
Tahapan Sewa Akun Whitelist Facebook Ads di Everpro
Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk nikmati layanan whitelist Facebook Ads di Everpro:
- Pastikan kamu sudah punya akun Everpro. Kalau belum, daftar dulu di sini.
- Masuk ke akun Everpro, lalu klik menu Ads-Platform Iklan.
- Pilih Aktifkan dan lakukan verifikasi akun.
- Unggah creative iklan kamu via dashboard Everpro untuk direview.
- Jika lolos, iklan kamu akan langsung diproses.
- Tim Everpro akan menghubungi kamu untuk screening produk dan onboarding interview via Google Meet.
- Akun iklan whitelisted akan terhubung ke Business Manager kamu.
- Top up saldo melalui dashboard Everpro secara otomatis.
- Akun whitelist FB Ads kamu siap dipakai buat beriklan!
Itu dia beberapa cara praktis biar iklan Facebook kamu disetujui! Mematuhi semua kebijakan iklan Facebook adalah kunci utama agar iklan kamu nggak kena reject.
Selain itu, kamu bisa coba strategi lainnya, seperti menggunakan whitelist Facebook Ads di Everpro untuk fitur-fitur yang nggak ada di akun biasa.
Klik “Daftar Sekarang” dan nikmati akses whitelist FB Ads sekarang juga! Pakai Everpro Pasti Cuan!