Kesiapan Paket

Apabila sudah memilih waktu pick up, diharapkan Penjual/pengirim dapat segera memproses pesanan, memastikan paket sudah siap untuk di pick up dan mempersiapkan dokumen serah terima paket yang nantinya akan digunakan sebagai bukti paket telah diserahkan ke kurir setelah ditandatangani kedua belah pihak. Kesiapan paket sebelum proses pick up sangat penting untuk beberapa alasan:

  1. Efisiensi Waktu: Paket yang siap mengurangi waktu tunggu bagi kurir dan mempercepat proses pengiriman.
  2. Menghindari Kesalahan: Dengan memastikan paket sudah dikemas dan diberi label dengan benar, dapat mencegah kesalahan pengiriman.
  3. Keamanan Barang: Kemasan yang baik melindungi barang dari kerusakan selama pengangkutan.
  4. Kepuasan Pelanggan: Kesiapan paket mencerminkan profesionalisme dan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.
  5. Meminimalkan Biaya Tambahan: Jika paket tidak siap, bisa menyebabkan penjadwalan ulang yang mungkin berakibat pada biaya tambahan.

 

Kesiapan paket ini meliputi:

  1. Pengemasan yang Baik: 
    – Pastikan paket dikemas dengan aman untuk mencegah kerusakan selama pengangkutan.
    – Pastikan berat dan volume fisik paket sesuai dengan informasi yang dimasukkan ke dalam sistem Everpro.
    – Pastikan paket tidak termasuk ke dalam kategori barang berbahaya ( Dangerous Goods
    – Gunakan bahan kemasan yang sesuai, seperti bubble wrap atau kotak yang kokoh.
  2. Label yang Jelas: Sertakan label pengiriman yang jelas dengan alamat penerima, nama, dan nomor kontak. Pastikan label tidak tertutup atau rusak.
  3. Dokumen Pendukung: Jika diperlukan, siapkan dokumen pendukung seperti faktur/surat pengantar yang mungkin diperlukan oleh kurir.
  4. Informasi Tambahan: Jika ada instruksi khusus untuk pengiriman (misalnya, waktu pengiriman yang diinginkan atau cara penanganan), sertakan informasi ini dengan jelas.
  5. Ketersediaan: Pastikan paket sudah tersedia di lokasi pick up pada waktu yang dijadwalkan, atau pastikan ada orang yang bisa menyerahkan paket.
  6. Jumlah Paket: Hitung jumlah paket dengan teliti dan pastikan semua paket siap untuk diambil. Sebagai informasi tambahan bahwa dalam satu resi merupakan paket dalam satu kesatuan bukan terpisah-pisah ( multi koli ). Untuk paket multi koli wajib menggunakan resi berbeda di setiap paketnya.
Baca Juga:  Alur Komplain

Dengan memastikan semua hal di atas, proses pick up dapat berlangsung dengan lebih efisien dan tanpa hambatan. 

Apa saja kendala yang mungkin terjadi pada proses Pick Up?

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan paket gagal pickup (failed pickup), yaitu :

  1. Kendala dari sisi ekspedisi. Misalnya, kurir mungkin terlambat karena lalu lintas, cuaca buruk, atau masalah operasional. Kurir tidak tepat waktu 
  2. Kendala dari sisi Penjual/pengirim, antara lain:
    a. Alamat yang Tidak Jelas: Jika alamat pengirim tidak lengkap atau sulit ditemukan, kurir mungkin kesulitan melakukan pick up. Pastikan Penjual/pengirim sudah menuliskan alamat pengirim yang lengkap dan sesuai serta mencantumkan nomor telepon yang aktif agar kurir bisa hubungi untuk konfirmasi pick up. 


    b. Ketersediaan Pengirim: Jika pengirim tidak ada di lokasi saat kurir tiba, ini bisa menghambat proses pick up. 



    c. Paket Tidak Siap: Jika paket belum dikemas atau tidak siap pada waktu yang dijadwalkan, ini bisa menyebabkan penundaan.
  3. Kendala Sistem: Kesalahan dalam sistem pemesanan atau penjadwalan bisa menyebabkan kendala dalam proses pick up. Jika Penjual/pengirim mengalami kendala pada sistem, bisa segera menghubungi Tim Sales/AM/CS Everpro agar dapat segera dibantu pengecekan.
Baca Juga:  Pemilihan Waktu Pick up Paket


Auto Cancel

Paket yang sudah lebih dari 14 hari kalender namun belum dilakukan penjemputan (pick up) dan tidak ada permintaan tertentu dari Penjual/pengirim kepada Everpro (Contoh: permintaan penjemputan paket lebih lama karena barang yang dijual adalah barang pre order), maka akan dilakukan pembatalan secara otomatis.

Kebijakan auto cancel 14 hari bertujuan untuk:

a. Meningkatkan efisiensi: Memastikan barang cepat berpindah tangan dan tidak tertahan terlalu lama di gudang Penjual/pengirim.
b. Mencegah penipuan: Mengurangi risiko pembeli yang tidak serius dalam melakukan transaksi kepada Penjual/pengirim.
c. Menjaga kepuasan Penerima paket: Memastikan penerima paket menerima barang dalam waktu yang wajar.

Hal yang dapat dilakukan untuk menghindari auto cancel, Penjual/pengirim sebaiknya:
a. Proses pesanan dengan cepat: Segera kemas dan serahkan paket ke kurir setelah Penjual/pengirim melakukan pembuatan pesanan di Everpro (create order).
b. Pilih jasa pengiriman yang terpercaya: Pilih jasa pengiriman yang memiliki reputasi baik dan layanan penjemputan paket yang cepat.

Panduan Terkait

Membuat Tiket

Membuat Tiket Berikut merupakan tahapan yang diperlukan untuk membuat tiket. Masuk ke Everpro Dashboard. Pilih menu ‘Shipping > Ticketing’. Klik ‘Buat Tiket’. Masukkan ‘Order/No Resi’.

Baca Selengkapnya »

Membuat Klaim Order

Berikut merupakan tahapan yang diperlukan untuk membuat klaim order. Masuk ke Everpro Dashboard. Pilih menu ‘Shipping > Klaim’. Klik ‘Buat Klaim’. Klik ‘Klaim Satuan’ Masukkan

Baca Selengkapnya »