Proses Return

1. Apa Itu Retur Paket?

Retur paket adalah proses pengembalian barang kepada Penjual/pengirim karena berbagai alasan, bisa karena pihak ekspedisi atau dari pihak penerima paket. Contoh alasan retur paket antara lain barang rusak, barang tidak sesuai dengan deskripsi, ada kendala penerimaan oleh pihak penerima (tidak ada di lokasi, penerima menolak, alamat penerima tidak lengkap), atau kesalahan dalam pengiriman.

2. Alur Proses Paket Return

Untuk alur proses paket return ke Penjual/pengirim adalah sebagai berikut : 

  • Paket mengalami kendala/gagal dikirimkan ke pihak penerima dan paket mengalami return
  • Paket akan diberikan status “in process return” untuk proses pengembalian ke Penjual/pengirim
  • Biaya/ongkos kirim dilakukan hold pada MyBalance saat status in process return
  • Setelah sukses return (returned), biaya/ongkos kirim akan dilakukan pendebetan pada MyBalance
  • Penjual/pengirim dapat memastikan jika dalam 2×24 jam paket return sudah benar-benar diterima
Baca Juga:  Sanggah Terima Paket Return

Panduan Terkait

Membuat Tiket

Membuat Tiket Berikut merupakan tahapan yang diperlukan untuk membuat tiket. Masuk ke Everpro Dashboard. Pilih menu ‘Shipping > Ticketing’. Klik ‘Buat Tiket’. Masukkan ‘Order/No Resi’.

Baca Selengkapnya »

Membuat Klaim Order

Berikut merupakan tahapan yang diperlukan untuk membuat klaim order. Masuk ke Everpro Dashboard. Pilih menu ‘Shipping > Klaim’. Klik ‘Buat Klaim’. Klik ‘Klaim Satuan’ Masukkan

Baca Selengkapnya »