Membuat Template Pesan untuk Membuka Sesi & Broadcast
Berikut adalah tahapan membuat template pesan untuk membuka sesi dan broadcast.
- Buka sidebar di sebelah kiri, klik Everpro Chat. Anda bisa menekan tombol “Atur” pada Template Pesan.
- Ketika laman Template Pesan terbuka, anda akan melihat sidebar baru di sebelah kiri, anda bisa memilih “WhatsApp Broadcast”. Selanjutnya, anda bisa menekan tombol “+ New Template” untuk menambah template baru.
- Untuk membuat template baru, anda harus memasukkan beberapa keterangan pada laman ini, yaitu akun WhatsApp, nama template, kategori, dan languages atau bahasa. Tekan tombol “Next”, jika sudah terisi semua.
- Pada laman ini, anda akan diarahkan untuk membuat Header sebagai konten teratas pada Broadcast Template. Anda bisa memilih tipe konten “text” atau “media”.
- Header pesan tidak boleh berisi baris baru, karakter pemformatan, emoji, atau tanda bintang.
- Selanjutnya, anda bisa menuliskan konten inti/body dari Broadcast Template yang anda buat. Anda juga bisa menebalkan, memiringkan, dan mencoret tulisan.
- Setelah mengisi body Broadcast Template, anda bisa memberi Footer. Anda juga bisa memilih untuk tidak mengisi footer.
- Anda juga bisa memilih untuk memberi tombol pada broadcast. Tekan tombol “Submit”, jika anda sudah selesai membuat konten broadcast template.
Broadcast template perlu disetujui oleh pihak Meta sebelum digunakan.
Berikut ini adalah jenis-jenis broadcast template beserta penjelasannya. Silakan me-refer ke halaman Layananku untuk melihat harga setiap jenis pesan.
No | Jenis | Type Message | Penjelasan | Definisi 1 Sesi |
1 | Marketing | Business Initiated (seller yang mulai chat duluan) | User melakukan broadcast ke pelanggan untuk kebutuhan marketing (follow up agar closing, promotion repeat order, dll) | 1 x 24 jam |
2 | Utility | User melakukan broadcast ke pelanggan untuk product updates (memberi tahu paket sudah sampai mana, update jika barang sudah sampai, dll) | ||
3 | Services | Customer Initiated (pelanggan memulai chat terlebih dahulu) | Pelanggan memulai chat (kecuali untuk case masuknya dari CTWA di Meta Ads) | |
4 | Chat dari CTWA Meta Ads | Pelanggan memulai chat setelah klik iklan CTWA di Meta Ads | 3 x 24 jam |
Sesi dimulai sejak agen merespon chat dari pelanggan