Solusi pengiriman

Cashback besar, layanan lengkap

Dijamin 1×24 jam setelah delivered

Didukung teknologi dan support sigap

Bebas manual tanpa biaya per hit

Solusi tools marketing

Scale tanpa limit dan bebas restrict

WABA resmi simple dan affordable

Loading cepat, tracking makin akurat

Kelola data pelanggan dengan CRM

Solusi jasa dan konsultasi

Dongkrak penjualan dengan praktek tersertifikasi

Urus Shop, konten FYP, Live, sampai GMV Max

Belajar tingkatin order dari para mentor Everpro

Miliki LP yang didesain khusus untuk konversi

Ilmu

Pelajari cara, tips, dan trik pakai Everpro

Dapatkan berbagai inspirasi buat bisnismu

Belajar Live, online bareng komunitas

Tools

Cari tahu ongkir dan cashback di Everpro

Dapatkan proses terkini dari nomor resimu

Temukan kode pos akurat untuk alamat tujuanmu

Opsi Drop Off

Jika paket sudah out of SLA namun masih belum di-pick up juga, atau Penjual/pengirim butuh opsi pengiriman yang cepat, metode drop off bisa menjadi solusinya. Selain itu, Penjual/pengirim juga bisa memilih opsi drop off untuk paket yang jumlahnya sedikit dan urgent, sebagai pilihan yang sangat efisien.

Keuntungan dari menggunakan drop off antara lain:

  1. Kemudahan Akses: Penjual/pengirim dapat mengantarkan paket ke lokasi drop off yang dekat dengan alamat gudang, mengurangi waktu perjalanan.
  2. Fleksibilitas Waktu: Pelanggan bisa mengantar paket kapan saja sesuai dengan jadwal mereka, tanpa terikat pada jam operasional layanan kurir.
  3. Layanan yang Lebih Cepat: Dengan lebih banyak titik drop off, proses pengiriman bisa lebih cepat, karena tidak perlu menunggu kurir mengambil paket dari rumah Penjual/pengirim satu per satu.

 

Ekspedisi apa saja yang bisa Drop Off?

Daftar jasa ekspedisi yang bisa dilakukan drop off dan yang tidak bisa dilakukan drop off jika layanan yang dipilih adalah pick up, dapat dilihat di landing page berikut: https://everpro.id/panduan/shipping/jadwal-pickup-dan-titik-drop-off-ekspedisi-di-everpro/.

Penjual/pengirim bisa melakukan drop off paketnya di gerai terdekat dari alamat pick up. Namun tidak semua jasa ekspedisi yang sebelumnya sudah dipilih metode pick up dapat dilakukan drop off. 

Pastikan untuk memeriksa lokasi dan jam operasional drop off yang tersedia untuk memastikan pengiriman dapat dilakukan sesuai kebutuhan.

Untuk paket dengan layanan drop off sedari awal, bisa dilakukan drop off sesuai pilihan jasa ekspedisi yang telah dipilih (Untuk ekspedisi yang layanannya pick up dan tidak bisa dilakukan drop off, penjual/pengirim bisa membuat resi baru dengan layanan “drop off”).

 

Di mana bisa melakukan Drop Off paket?

Penjual/pengirim bisa melakukan drop off paket di berbagai tempat, tergantung pada penyedia jasa pengiriman yang digunakan. Drop Off paket bisa di Gerai Resmi Jasa Pengiriman atau kantor cabang ekspedisi terdekat. Adapula jasa ekspedisi yang bekerja sama dengan toko ritel, seperti minimarket, untuk menyediakan titik drop off, contohnya ekspedisi ID Express.

Berikut tata cara dan hal-hal yang perlu diperhatikan oleh penjual/pengirim saat melakukan drop off paket ke gerai ekspedisi/drop point dengan pilihan layanan drop off:

Persiapan Sebelum Drop Off

1. Pastikan pesanan sudah dibuat (dicreate) di Everpro menggunakan metode Drop Off dan sudah mendapatkan resi

  • Buat pesanan (create order) di aplikasi Everpro.
  • Pilih opsi Drop Off (bukan pick up).

2. Cetak resi pengiriman

  • Klik “Download Label
  • Gunakan printer (thermal / inkjet).
  • Tempel resi di paket dengan jelas dan rapi, jangan sampai tertutup isolasi.

3. Kemasan paket

  • Gunakan kemasan yang rapi, kuat, dan aman (karton/packing sesuai isi).
  • Untuk barang pecah belah: beri bubble wrap/fragile sticker.
  • Pastikan tidak ada isi yang berbahaya/dilarang (cairan tertentu, rokok ilegal, barang mudah meledak, dsb.).
  • Petunjuk pengemasan lengkap ada di sini https://everpro.id/panduan/shipping/packaging-guidelines/.

 

 

Saat Drop Off di Gerai Ekspedisi

1. Datang ke gerai/drop point ekspedisi sesuai pilihan di Everpro. (Contoh: JNE, J&T, SiCepat, SAP, dsb.)

2. Serahkan paket ke petugas gerai.

  • Tunjukkan dan serahkan paket + resi/barcode yang sudah tertempel di paket ke petugas ekspedisi.

3. Petugas gerai akan cek kondisi & data paket.

  • Berat & dimensi paket (jika ada perbedaan signifikan bisa dikenakan biaya tambahan).
  • Kesesuaian resi dengan yang ada di sistem ekspedisi.

4. Minta bukti drop off.

  • Jangan lupa untuk menunggu petugas melakukan scan paket dan memberikan bukti drop off ke penjual/pengirim.
  • Bisa berupa tanda terima fisik atau update status otomatis di sistem Everpro menjadi “in process” (“Paket diterima drop point”).
  • Bila petugas/agen tidak menyediakan bukti drop off/serah terima, penjual/pengirim bisa cetak mandiri Bukti Serah terima di dashboard Everpro. (Menu kirim order : Download Bukti Serah Terima)
  • Jika belum terupdate “in process” di sistem Everpro, simpan bukti drop off sampai paket benar-benar terupdate dan bisa melaporkan kepada Customer Support Everpro.

 

 

✅ Hal yang Perlu Diperhatikan

  • Jam operasional gerai → datang sesuai jadwal.
  • Batas waktu cut-off → agar paket bisa diproses ekspedisi di hari yang sama.
  • Jumlah banyaknya paket yang di drop off → sebaiknya pisahkan dan pastikan resi tempel tidak tertukar.
  • Pastikan paket sudah ditempel resi/shipping label dan tidak disarankan untuk menulis tangan, karena beresiko paket hilang.
  • Validasi status di Everpro → pastikan setelah drop off, status order berubah jadi “In Process”.
  • Resiko Ganti Resi → jika penjual/pengirim tidak melakukan drop off sesuai dengan ketentuan di atas, maka ada kemungkinan resi bisa beresiko diganti oleh pihak gerai ekspedisi dengan resi baru dan juga metode pembayaran lain di luar Everpro.

Panduan Terkait

Solusi

Bahan gratis

Terbaru