Return Tanpa Konfirmasi

Klaim Return Tanpa Konfirmasi adalah jenis klaim yang diajukan oleh Penjual/pengirim kepada Everpro berkaitan dengan retur yang dilakukan tanpa adanya informasi di dashboard kendala pengiriman ketika terjadi kendala pengiriman (hanya untuk kurir ID Express, JNE, SiCepat, SAP Express, J&T Express, J&T Cargo, POS, dan Lion Parcel) dan/atau kurang dari masa hold yang telah ditentukan (kecuali SAP dan J&T Express).

  1. Syarat Pengajuan Klaim secara umum:

    a. Klaim diajukan saat paket retur dan tidak ada informasi di dashboard kendala pengiriman ketika terjadi kendala pengiriman dan/atau retur kurang dari masa hold yang telah ditentukan

    b. Klaim RTK diterima maksimal 2 hari setelah barang Return ke pengirim

    Contoh:
    • Tanggal barang diterima (POD): 1 April
    • Batas waktu pengajuan: 3 April
    • Jika Penjual/pengirim mengajukan klaim di tanggal 2 atau 3 April, maka pengajuan akan dilanjutkan proses investigasi.
    • Jika Penjual/pengirim mengajukan klaim di tanggal 5 April atau lebih, maka pengajuan ditolak. 

    c. Melampirkan bukti chat berisi percakapan antara penerima dan kurir yang menunjukkan penerima sudah merespon kurir dan bukti ekspedisi bertentangan dengan percakapan tersebut

    d. Dan/Atau: Melampirkan bukti chat berisi percakapan antara penerima dan pengirim yang menunjukkan penerima membalas pesan pengirim dan isinya bertentangan dengan alasan kegagalan ekspedisi

    e. Penjual/pengirim wajib sudah memberikan instruksi melalui dashboard kendala pengiriman saat paket mengalami kendala pengiriman sebelum return
  2. Syarat Pengajuan Klaim SAP dan J&T Express:

    a. Klaim diajukan saat paket retur dan tidak ada informasi di dashboard kendala pengiriman ketika terjadi kendala pengiriman

    b. Klaim RTK diterima maksimal 2 hari setelah barang Return ke pengirim

    c. Melampirkan bukti chat berisi percakapan antara penerima dan kurir yang menunjukkan penerima sudah merespon kurir dan bukti ekspedisi bertentangan dengan percakapan tersebut

    d. Dan/Atau: Melampirkan bukti chat berisi percakapan antara penerima dan pengirim yang menunjukkan penerima membalas pesan pengirim dan isinya bertentangan dengan alasan kegagalan ekspedisi

    e. Penjual/pengirim wajib sudah memberikan instruksi melalui dashboard kendala pengiriman saat paket mengalami kendala pengiriman sebelum return
  3. Nilai Klaim:

    Nilai klaim retur tanpa konfirmasi adalah sesuai biaya kirim dengan ketentuan dari masing-masing ekspedisi
  4. Detail Klaim masing-masing Ekspedisi:
Baca Juga:  Selisih Ongkir

Panduan Terkait

Over SLA Return

Klaim Over SLA Return (Yang Sudah Melewati Estimasi Pengiriman Retur) adalah jenis klaim yang dapat dilakukan bila paket dalam proses retur dan sudah melewati batas

Baca Selengkapnya »

 Over SLA Pengiriman

Klaim Over SLA Pengiriman adalah jenis klaim yang diajukan karena pengiriman sudah melewati SLA pengiriman (delivery) dan belum terdapat percobaan pengiriman pertama dari pihak ekspedisi/kurir

Baca Selengkapnya »