Setting Data Produk

Pada tutorial ini anda akan mengetahui cara melakukan setting produk seperti harga jual, checkout form, COD fee, dll.

Tutorial ini hanya untuk produk yang bersumber dari product sourcing.

Untuk menuju halaman setting produk, terdapat dua cara yaitu:

  1. Dari halaman detail produk yaitu ketika anda menambahkan produk.
    a.
    Jika anda click Tambah Produk, anda akan tetap berada di halaman detail produk dimana produk yang anda sudah tambahkan akan muncul di menu Produk. Untuk melanjutkan kembali proses Mengatur Produk Lebih Lanjut, anda perlu click Atur Produk untuk bisa melanjutkan proses berikutnya.
    b. Jika anda click Atur & Jual Produk, anda akan diarahkan langsung ke halaman pengaturan produk untuk melanjutkan proses berikutnya.
  2. Dari halaman Produk Saya yaitu ketika anda sudah menambahkan produk melalui tombol Tambah Produk yang ada di halaman detail produk. 

1. Menu Produk Saya

Untuk melihat menu Produk Saya, anda dapat masuk ke menu Produk pada dashboard Everpro.

Di halaman ini anda akan melihat list product sourcing yang sudah anda tambahkan. 

Data produk disini terdiri dari 2 jenis:

  1. Product Sourcing: Produk yang anda tambahkan dari halaman katalog product sourcing (ditandai dengan logo PS).
  2. Produk Sendiri: Produk anda sendiri yang bisa anda buat dengan klik tombol Tambah Produk (tidak dibahas pada tutorial ini).

Pada table list produk anda dapat melihat informasi seperti:

  • Gambar Produk.
  • Nama Produk.
  • Status Produk:
    • Draft: Produk belum aktif, belum dapat menerima pesanan, perlu diselesaikan settingnya.
    • Published: Produk sudah aktif.
    • Disabled: Produk non aktif.
  • Harga: Harga jual produk tersebut ke Pelanggan anda. Jika anda belum melakukan setting harga jual maka yang tampil disini adalah Harga COGS produk tersebut.
  • COGS: Harga Jual Everpro / Harga yang perlu anda bayar untuk membeli atau memproses leads untuk barang ini.
  • Order: Jumlah Leads untuk produk tersebut.
  • Paid: Jumlah Leads yang berhasil diproses untuk produk tersebut.
  • Paid Ratio: Jumlah Paid / Jumlah Order.

Untuk memunculkan tombol aksi dari suatu produk, anda dapat menghover nama produk:

 

Terdapat tiga tombol aksi yaitu Edit, Hapus dan Buka Checkout Form.

 

2. Melakukan Pengaturan Subdomain

Sebelum melakukan edit produk, anda perlu untuk mengatur subdomain untuk halaman checkout from anda. Fitur ini terdapat pada menu Pengaturan pada sidebar dashboard Everpro anda.

Isikan nama subdomain yang anda inginkan lalu klik Simpan. Jika subdomain yang anda pilih sudah dipilih oleh orang lain maka anda perlu memilih nama lain.

3. Edit Data Produk

Untuk melakukan pengaturan data produk anda dapat klik tombol edit (gambar pensil) pada produk yang dimaksud pada menu Produk atau masuk melalui tombol Atur & Jual Produk jika anda masuk melalui halaman detail produk.

3a. Setting subdomain dan FB Pixel
Jika anda masuk melalui halaman detail produk dan belum pernah mengatur sub-domain maka akan terdapat alert yang menyarankan anda untuk membuat sub-domain terlebih dahulu. Sub-Domain inilah yang akan dipakai untuk URL Checkout Form dan Landing Page anda. Jika anda sudah mengatur sub-domain maka field checkout form URL akan muncul dan anda bisa melihat slug yang dipakai untuk checkout form URL. Kemudian, anda juga dapat memasang FB pixel untuk melakukan tracking terhadap conversion rate produk anda.

3b. Varian & Harga

Secara otomatis, harga jual akan diset dengan harga minimum jual yang ditetapkan oleh Everpro. Kemudian, terdapat settingan “Terapkan harga ke semua varian” yang diceklist by default. Dengan settingan ini maka seluruh varian yang berada di bawahnya akan memiliki harga yang sama. Jika anda ingin mengatur setiap varian memiliki harga yang berbeda maka anda bisa melakukannya dengan tidak melakukan checklist pada “Terapkan harga ke semua varian”.

Pada bagian sebelah kanan dari tampilan anda, akan terdapat preview berupa simulasi rincian margin sehingga anda bisa melihat margin profit yang bisa anda dapatkan ketika anda melakukan setting harga jual sesuai dengan yang anda tentukan. Perlu diperhatikan bahwa rincian margin yang ditampilkan adalah berupa simulasi dan tidak mencerminkan biaya yang sebenernya karena bisa terdapat perbedaan dari beberapa komponen biaya. Simulasi rincian margin yang ditampilkan juga tergantung dari pilihan anda di Pilihan Pembayaran

 

3.c Pilihan Pembayaran

Terdapat dua pilihan pembayaran yang disediakan yaitu COD dan Non-COD. Secara default, sistem akan mendeteksi apakah anda eligible untuk kedua pilihan pembayaran tersebut. Jika anda belum mengaktifkan pembayaran melalui COD maka sistem akan menetapkan pilihan Non-COD sebagai default pilihan pembayaran bagi anda.

 

Jika anda belum pernah mengatur nomor rekening sebelumnya sebagai salah satu syarat untuk pembayaran non-COD maka alert akan muncul untuk memandu anda agar mengisi terlebih dahulu nomor rekening untuk pencairan pembayaran. Silakan anda klik “di sini” untuk menuju ke pop up pengisian nomor rekening. Silakan anda isi seluruh field yang ada kemudian click Simpan.

Jika anda sudah mengaktifkan layanan pilihan pembayara COD maka anda melakukan pengaturan untuk COD fee yang anda ingin terapkan. 

Anda dapat menentukan siapa yang akan membayar COD Fee (3%).

  1. Penjual: Biaya COD fee akan dipotong dari pencairan margin anda.
  2. Pembeli: Biaya COD fee akan ditambahkan ke nilai total COD yang harus dibayar pelanggan anda.

Secara default, biaya COD yang diterapkan adalah sebesar 3% dan ditanggung oleh Pembeli. Harap menjadi perhatian juga bahwa pada saat nanti pencairan pembayaran maka pihak penjual juga akan dikenakan biaya COD sebesar 3% untuk biaya penanganan COD dari kurir yang dipilih. Untuk lebih jelasnya, anda dapat click pada Contoh Simulasi Pencairan untuk mendapatkan gambaran lebih lanjut.

 

 

Jika anda sudah mengatur seluruh Pilihan Pembayaran maka akan tampil previewnya pada bagian kanan dari layar anda.

 

3.d Pilihan kurir & Alamat pengirim

  1. Setelah selesai anda bisa langsung mempublish produk atau simpan sementara sebagai draft.

  1. Pilihan kurir: Pengaturan pilihan kurir untuk produk tersebut,
  2. Alamat Pengirim: Anda dapat menentukan nama dan no telpon pengirim yang akan dicantumkan di dalam resi. 
  3. Anda dapat membuat alamat baru dengan klik Tambah Alamat:

    a. Anda hanya dapat mengganti Nama dan No Telpon, untuk detail alamat Pengirim akan otomatis terisi dengan alamat gudang Everpro untuk pengiriman barang tersebut.
    b.
    Alamat yang ada tambahkan ini nantinya akan tersimpan pada menu Buku Alamat.
  4. Harap pastikan data Alamat Pengirim sudah sama dengan lokasi gudang kami yang terdapat pada kolom Lokasi Pengiriman.

 

3.e Publish Produk

Setelah anda mengatur data produk, anda bisa langsung mempublish produk atau simpan sementara sebagai draft.

Jika anda click “Publikasikan” maka pop up konfirmasi akan muncul sehingga anda bisa melakukan pengecekan lebih lanjut apakah pengaturannya sudah sesuai dengan keinginan anda. Jika anda sudah yakin maka anda bisa click “Ya, Publikasikan Sekarang”


3.f Melihat Checkout Form

  1. Setelah mempublish anda dapat melihat checkout form produk anda dengan klik icon tombol Form Pemesanan pada menu Produk Saya atau klik tombol Lihat Halaman Checkout pada halaman pengaturan produk

  2. Anda dapat menonaktifkan halaman checkout form anda dengan klik tombol Disable pada halaman Edit Produk. Maka checkout form tersebut tidak dapat diakses oleh pelanggan anda.
  3. Anda juga dapat memasukan halaman Checkout Form anda ke dalam Landing Page anda dengan cara embed kode checkout form (klik Salin Embed Code)

3g. Memberikan Alamat / URL checkout form

Anda dapat melihat alamat checkout form anda pada informasi url di browser anda ketika anda membuka checkout form anda.

4. Menu Panduan

Jika anda ingin mengakses panduan penggunaan lebih lanjut maka anda bisa melakukannya dengan klik tombol Playlist di atas halaman pengaturan produk.