4 Cara Mudah Membuat Link WhatsApp Business

Bagaimana cara membuat link WhatsApp Business yang bisa dibagikan untuk calon pelanggan? Simak ulasan cara membuat link WhatsApp Business dengan mudah selengkapnya di bawah ini!

WhatsApp Business merupakan salah satu tools yang bisa membantu bisnis kamu lebih optimal dan menjangkau lebih banyak pelanggan.

Agar lebih mudah pelanggan menghubungi bisnis yang kamu punya sebaiknya kamu menggunakan link WhatsApp Business. 

Link ini berguna agar pelanggan bisa langsung terhubung melalui WhatsApp hanya dengan sekali klik. Cara ini sangat memudahkan pelanggan sehingga mereka tidak perlu repot mencari nomor telepon atau menyimpannya di kontak.

Cara pembuatan link WA Bisnis juga sangat mudah dan cepat, bahkan buat pemula sekalipun. Penasaran gimana cara membuatnya? Simak sampai habis artikel ini untuk mengetahuinya!

Apa itu Link to WhatsApp Business?

cara membuat link whatsapp business
Sumber: freepik

Link WhatsApp Business merupakan sebuah tautan khusus yang dapat kamu buat untuk memudahkan calon pelanggan untuk langsung menghubungi bisnis kamu melalui aplikasi WA.

Pelanggan bisa langsung terhubung hanya dengan satu klik saja untuk berkomunikasi dengan kamu. Ini merupakan cara yang efektif agar pelanggan bisa berkomunikasi dengan kamu tanpa perlu mencari kontak bisnis kamu.

Cara Membuat Link ke Business Berbagai Kebutuhan

Berikut beberapa cara membuat link to business berbagai kebutuhan yang bisa kamu gunakan untuk bisnis:

1. Cara Membuat Link ke Nomor WA Business Only

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat link ke nomor WA Business Only adalah dengan cara manual. 

  • Caranya adalah dengan ketik format https://wa.me/nomor_telepon 
  • Lalu menggantinya dengan nomor telepon WA Business kamu dalam format internasional tanpa tanda + atau spasi. Contoh: https://wa.me/6281234567890 
  • Kemudian ketik enter maka kamu akan diarahkan ke WA dan memulai chat dengan nomor tersebut

2. Cara Membuat Link ke WA dengan Template Pesan

Cara kedua kamu tidak cuma bisa membuat link ke WA saja namun bisa menambahkan pesan. Dengan cara ini kamu bisa memberikan pesan atau informasi spesifik kepada calon pelanggan saat mereka klik link tersebut.

Caranya adalah sebagai berikut: 

  • Tuliskan format link https://wa.me/nomor_telepon?text=pesan%20 
  • Nomor telepon bisa kamu ganti dengan nomor telepon WA bisnis yang digunakan dengan kode internasional didepan tanpa tanda ‘+’ dan diakhiri dengan tanda ‘?’
  • Setelah itu tambahkan kata ‘text=’ dan tulis pesan yang ingin kamu sampaikan. Gunakan tanda ‘%20’ sebagai spasi untuk pemisah pesan.
  • Contohnya seperti https://wa.me/628131234567?text=Halo,%20apakah%20ready%20stock

Nah, dengan menggunakan pesan pada link yang kamu buat kepada pelanggan kamu bisa membuat pelanggan menjadi lebih tertarik dan langsung kepada poin yang ingin mereka ketahui. 

Layanan Everpro Chat punya banyak template pesan yang bisa kamu atur sendiri yang bisa bikin bisnis kamu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan karena pesannya personal.

Selain itu, Everpro Chat juga memungkinkan CS untuk bisa membuka percakapan rahasia untuk saling membantu convert pelanggan menjadi leads. Pelajari lebih lanjut Everpro Chat biar bisnis kamu makin optimal!

3. Menggunakan Tools dari WA.link 

Cara ketiga kamu bisa menggunakan tools bernama WA.link. Tools ini memungkinkan kamu untuk membuat link yang lebih rapi dan mudah diingat.

Berikut cara membuatnya

  • Buka situs https://create.wa.link/
  • Isi nomor telepon dan pesan yang ingin kamu inginkan
  • Klik Create Link
  • Salin link yang dihasilkan

4. Membuat Link WA dengan WA Business

Kamu juga membuat link WA Business menggunakan fitur yang ada di WhatsApp Business bernama Short Link. Caranya adalah sebagai berikut: 

  • Buka aplikasi WhatsApp Business 
  • Masuk ke Pengaturan > Alat Bisnis > Tautan Pendek
  • Ikuti petunjuk untuk membuat tautan pendek

Jangan lupa biar komunikasi menggunakan WhatsApp Business dengan pelanggan menjadi lebih efektif dan optimal, kamu bisa menggunakan layanan Everpro Chat

Layanan Everpro Chat memiliki banyak fitur unggulan yang bisa bikin chat kamu tidak akan terhapus dalam 3×24 jam, selain itu kamu juga bisa custom template supaya respon chatnya lebih natural. 

Benefit Menggunakan Link ke WhatsApp Business

cara membuat link whatsapp business
Sumber: freepik

Penggunaan link langsung ke WhatsApp Business memberikan sejumlah keuntungan bagi bisnis, baik dalam meningkatkan interaksi dengan pelanggan maupun efisiensi operasional.

Berikut beberapa manfaat utama menggunakan link ke WhatsApp Business:

  • Akses mudah hanya dengan satu klik
  • Meningkatkan interaksi dengan pelanggan
  • Meningkatkan Efisiensi Bisnis
  • Meningkatkan Konversi Penjualan
  • Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Dimana Meletakkan Link ke WhatsApp Business?

Dimana kita seharusnya meletakkan link untuk terhubung ke WhatsApp Business? Jawaban yang tepat adalah kamu harus meletakkannya di tempat yang mudah diakses calon pelanggan.

Meletakkan link WA Bisnis pada tempat yang strategis merupakan kunci sukses untuk meningkatkan interaksi dan penjualan. 

Berikut beberapa tempat strategis untuk meletakkan link tersebut:

  • Instagram: Bio, Story, Highlights
  • Facebook: Tautkan pada tombol WA, Bio
  • Twitter: Bio, Post, Thread
  • Website: Footer, Kontak, Popup, Tombol Floating
  • Profil Google: Google My Business, Google Ads

Posisi penempatan memang sangat penting dalam meletakkan Link WhatsApp Business, namun biar makin optimal lagi kamu bisa menggunakan Everpro Chat yang bisa kasih kamu banyak kemudahan tadi.

Pelajari Everpro Chat lebih lanjut sekarang agar bisnis kamu makin optimal dan bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Cara Mendapatkan Centang Hijau di WA Bisnis

Ketika pebisnis online ingin meningkatkan kepercayaan pelanggan, mengetahui cara mendapatkan centang hijau di WA Bisnis merupakan langkah yang sangat penting. Centang hijau pada akun WhatsApp