everpro

AdWords Adalah: Keuntungannya, Cara Kerja dan Jenis Iklan. Yuk Cari Tahu Sekarang Juga!

AdWords – merupakan salah satu media platform untuk membantu mempromosikan iklan digital marketing. Dikala ingin di lihat oleh banyak orang, kini sudah saatnya teman-teman mengoptimalkan iklan dengan cara menggunakan dan mempelajari lebih dalam tentang platform ini. Yuk simak info selengkapnya di sini.

Baca juga: Inilah Cara Membuat Iklan di Google Ads, Mudah dan Cepat!

Definisi AdWords

Arti dari AdWords adalah platform periklanan digital milik Google yang memungkinkan pengiklan untuk menampilkan iklan mereka di hasil pencarian Google dan jaringan periklanan Google.

Sehingga AdWords memungkinkan pengiklan untuk menentukan kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan mereka dan menampilkan iklan mereka ketika pengguna melakukan pencarian dengan kata kunci yang sama atau mirip. AdWords juga menawarkan berbagai format iklan, termasuk iklan teks, iklan display, iklan video, dan iklan dalam aplikasi.

Sejarah AdWords

adwords adalah
Sumber: pexels.com

AdWords pertama kali di luncurkan oleh Google pada tahun 2000, dengan tujuan untuk memberikan solusi periklanan yang efektif dan efisien untuk bisnis kecil dan menengah. Pada awalnya, AdWords hanya menampilkan iklan teks di samping hasil pencarian Google.

Namun, seiring berjalannya waktu, AdWords terus berkembang dan menambahkan berbagai format iklan baru serta fitur-fitur periklanan lainnya. Pada tahun 2018, Google mengganti nama AdWords menjadi Google Ads.

Keuntungan Menggunakan AdWords

AdWords memiliki beberapa keuntungan yang dapat membantu bisnis meningkatkan visibilitas dan kinerja kampanye periklanan mereka, antara lain:

Targeting yang Efektif

Platform ini memungkinkan pengiklan untuk menargetkan iklan mereka kepada orang yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan mereka, berdasarkan demografi, geografi, perilaku, dan banyak lagi.

Kontrol Biaya yang Tepat

Dapat menentukan budget iklan mereka sendiri dan menentukan berapa biaya yang siap mereka keluarkan untuk setiap klik atau tampilan iklan.

Pengukuran Kinerja yang Akurat

Mampu menyediakan banyak metrik yang dapat membantu pengiklan memantau kinerja kampanye mereka, dan mengetahui hasil yang di capai dari iklan mereka.

Pengoptimalan yang Mudah

Memungkinkan pengiklan untuk mengoptimalkan kampanye mereka dengan mudah, termasuk meningkatkan penawaran, meningkatkan relevansi iklan, dan meningkatkan konversi.

Fleksibilitas

Mampu juga menyesuaikan kampanye mereka dengan cepat, termasuk memperbarui iklan dan menyesuaikan penawaran berdasarkan perubahan dalam pasar dan perilaku konsumen.

Baca juga: Misroute Adalah: Penyebab, Dampak, dan Cara Menghindari, Cari Tahu Sekarang!

Cara Kerja AdWords

adwords adalah
Sumber: pexels.com

Keyword Research

Langkah pertama dalam menggunakan AdWords adalah melakukan riset kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan yang ingin di promosikan. Hal ini penting karena iklan hanya akan ditampilkan ketika pengguna melakukan pencarian dengan kata kunci yang sama atau mirip dengan kata kunci yang telah di tentukan dalam kampanye AdWords.

Struktur Kampanye

Setelah menentukan kata kunci yang relevan, pengiklan harus membuat struktur kampanye yang baik agar iklan mereka dapat di targetkan dengan tepat dan efektif. Struktur kampanye terdiri dari grup iklan dan setiap grup iklan terdiri dari satu atau beberapa kata kunci dan iklan terkait.

Penentuan Biaya dan Penawaran

AdWords memungkinkan pengiklan untuk menentukan budget mereka sendiri dan menentukan berapa biaya yang siap mereka keluarkan untuk setiap klik atau tampilan iklan. Selain itu, pengiklan juga dapat menentukan penawaran maksimum untuk setiap kata kunci.

Targeting

AdWords memungkinkan pengiklan untuk menargetkan iklan mereka berdasarkan demografi, geografi, perilaku, dan banyak lagi. Pengiklan juga dapat menentukan jaringan periklanan yang diinginkan, seperti hasil pencarian Google, situs web terkait, dan video di YouTube.

Setelah semua hal di atas telah di tentukan, iklan akan di tampilkan ketika pengguna melakukan pencarian dengan kata kunci yang relevan dengan kampanye AdWords. Pengiklan akan membayar hanya ketika pengguna melakukan klik pada iklan mereka atau ketika tampilan iklan mereka mencapai batas tertentu.

AdWords juga menyediakan berbagai fitur pengukuran kinerja dan pengoptimalan kampanye yang dapat membantu pengiklan memaksimalkan efektivitas iklan mereka.

Jenis-jenis Iklan di AdWords

Berikut beberapa jenis iklan di Adwords:

1. Iklan Teks

Seperti yang kita ketahui, Iklan teks adalah jenis iklan yang paling umum dan sederhana di AdWords. Iklan ini terdiri dari judul, deskripsi, dan URL tujuan, dan di tampilkan di atas atau di samping hasil pencarian Google ketika pengguna melakukan pencarian dengan kata kunci yang relevan dengan iklan tersebut.

Tak hanya itu, Iklan teks juga dapat di tampilkan di situs web terkait dan aplikasi seluler yang terhubung dengan jaringan periklanan Google.

2. Iklan Display

Berbeda dengan iklan teks, Iklan display adalah jenis iklan visual yang ditampilkan di situs web dan aplikasi seluler terkait di jaringan periklanan Google. Iklan display dapat berupa gambar, video, atau animasi, dan memiliki lebih banyak opsi penargetan seperti menargetkan audiens berdasarkan minat, lokasi geografis, dan bahkan perilaku online.

Sehingga iklan display juga dapat ditampilkan di situs web partner Google, seperti YouTube, Gmail, dan Google Maps.

3. Iklan Video

Adapun iklan video adalah jenis iklan visual yang di tampilkan di platform video Google, seperti YouTube. Iklan video dapat berupa iklan pratinjau yang di tampilkan sebelum video yang di mainkan, iklan overlay yang di tampilkan di bagian bawah video, atau iklan display yang muncul di samping video.

Iklan video juga memiliki opsi penargetan yang lebih luas, seperti menargetkan audiens berdasarkan perilaku menonton video, topik video, dan demografi.

4. Iklan Aplikasi

Yang dimaksud dengan iklan aplikasi adalah jenis iklan yang ditampilkan di aplikasi seluler di jaringan periklanan Google. Iklan aplikasi dapat berupa iklan tayangan atau iklan tindakan, yang dapat mengarahkan pengguna ke toko aplikasi untuk mengunduh aplikasi atau langsung ke aplikasi yang telah di instal.

Namun iklan aplikasi juga memiliki opsi penargetan yang luas, seperti menargetkan pengguna berdasarkan tipe perangkat dan perilaku pengguna aplikasi.

Cara mudah lainnya dengan mengoptimalkan performa iklan Google secara mudah, cepat, dan aman dengan akses Ads Account bersama Everpro dan dapatkan kenyamanan berikut:

  • Edukasi beriklan dari tim Everpro
  • Scale up iklan tanpa batasan budget harian
  • Transaksi dan Credential akun terjamin aman
  • Minimal top up Rp5.000.000

Jadi yuk manfaatkan segera fasilitas yang akan membantu teman-teman dalam mengaplikasikan Google Ads pada bisnis impianmu!

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya