everpro

Ketahui! Affiliate Program: Apa Saja yang Ada, Cara Memulai, Menghasilkan atau Tidak, Program Afiliasi dengan Komisi Tertinggi

Sudahkah kamu tahu mengenai affiliate program? Jika belum, simak artikel ini sampai habis dan pelajari selengkapnya di sini!

Seperti yang sudah diketahui bahwa affiliate program terbukti menjadi strategi marketing yang banyak digunakan perusahaan untuk menjangkau audiens lebih luas yang bisa meningkatkan penjualan.

Program seperti ini membuka peluang bagi orang-orang untuk memperoleh passive income dengan cara mempromosikan produk atau layanan dengan link yang disematkan.

Untuk lebih jelasnya, simak sampai akhir artikel berikut ini dan pelajari serta pahami agar kamu bisa menjalankannya dengan sukses.

Apa yang Ada Dalam Program Afiliasi

Affiliate program atau program afiliasi adalah sistem yang terorganisir yang memungkinkan mitra afiliasi untuk mengarahkan traffic ke kamu melalui link yang menghasilkan konversi.

Mitra afiliasi bermacam-macam bentuk dan mereka mencakup, seperti content creator, influencer, asosiasi keanggotaan, publikasi, atau vendor teknologi.

Program afiliasi merupakan strategi marketing yang hemat dari segi biaya yang dikeluarkan yang berfungsi sangatlah baik untuk brand B2B atau B2C.

Dalam program afiliasi itu sendiri, pedagang online membayar afiliasi untuk mengirim traffic kepada mereka. Terdapat pembayaran atas traffic tersebut kepada afiliasi.

Jika traffic tersebut berhasil membuat orang membeli produk, maka afiliasi menerima komisi sehingga memberikan keuntungan untuk pihak pedagang online dan kamu sebagai afiliasi.

Sebagai contoh, ketika kamu memiliki sebuah blog dan kamu dibayar oleh sebuah perusahaan untuk menempatkan link afiliasi tersebut di blogmu.

Nah, ketika seseorang yang berkunjung ke blog kamu untuk membaca dan klik link lalu membeli produk perusahaan tersebut, maka kamu akan mendapatkan bayaran berupa komisi.

Cara Memulai Program Afiliasi

affiliate program
Sumber: Freepik

Untuk menghasilkan pendapatan pasif (passive income), maka caranya adalah memulai program afiliasi dan mempromosikan produk atau layanan yang kamu suka.

Jika kamu tertarik untuk memulainya, berikut adalah panduan singkat untukmu.

  • Tentukan Niche

Sebagai langkah awal yang perlu kamu mulai adalah menentukan niche atau segmen dari pasar yang lebih besar.

Menurut platform analitik data Coupler ada beberapa niche pemasaran afiliasi teratas yang bisa kamu tentukan, seperti:

  1. Wealth building
  2. Mode dan kecantikan
  3. Teknologi
  4. Kesehatan dan kebugaran
  5. Gaya hidup

Masih banyak pilihan niche yang bisa kamu pilih, namun untuk menemukan niche yang menguntungkan dan menarik minatmu harus mempertimbangkan hal berikut ini.

  1. Apakah kamu ingin belajar lebih mengenai niche tersebut? Seiring berjalannya dari waktu ke waktu kamu pastinya ingin lebih memahami dengan tetap terus mengikuti tren dan belajar 
  2. Dapatkah kamu memecahkan masalah? Pada dasarnya pemasar afiliasi memiliki pelatihan atau pengalaman mengenai niche yang mereka ambil, sehingga hal ini memberikan mereka informasi untuk membantu memecahkan permasalahan yang ada.
  3. Apakah itu menguntungkan? Untuk mengetahuinya, kamu dapat melakukan riset persaingan untuk melihat seberapa viral niche kamu karena jika ramai berarti ada potensi orang tersebut siap membeli.
  • Pilih Platform Afiliasi

Selanjutnya adalah mempertimbangkan platform yang kamu gunakan untuk bisnis karena setiap pemasar afiliasi memiliki platform dengan pendekatan yang berbeda.

Ada dua metode utama yang bisa kamu pilih sebagai pemula, yaitu:

Situs Topik Niche atau Ulasan Produk

Berfungsi untuk meninjau produk perusahaan dengan membandingkan produk satu sama lain untuk audiens tertentu.

Selain itu, situs juga terdapat tutorial produk, ulasan produk, atau panduan untuk membantu pembeli membuat keputusan pembelian.

Konten Digital

Pembuat konten seperti influencer, blogger, atau Youtuber mereka akan membuat konten yang dapat mempengaruhi dan mendorong audiens untuk klik link afiliasi yang tertera.

Jika kamu tidak bisa terhubung dengan audiens, maka kemungkinan besar mereka tidak akan membeli produk yang kamu rekomendasikan. Jadi, pilih platform yang nyaman untuk digunakan, ya!

  • Temukan Program Afiliasi yang Relevan

Jangan hanya berfokus pada program afiliasi yang secara bayaran tinggi juga, namun tawaran afiliasi dan produk yang akan menarik bagi audiens kamu.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih program afiliasi, seperti:

  1. Program afiliasi memiliki reputasi yang baik yang dapat diandalkan dan menguntungkan untuk bekerja sama.
  2. Program afiliasi memiliki tingkat komisi yang baik untuk mendapatkan uang sesuai dengan waktu dan usaha yang kamu keluarkan. Jadi, pilih tingkat yang sesuai denganmu.
  3. Pertimbangkan tingkat EPC (Earnings per click) yang dimiliki karena ini merupakan metrik yang menunjukkan rata-rata pendapatan afiliasi per 100 klik di semua program afiliasi.
  • Membuat Konten yang Memiliki Value

Menurut Statista, orang menghabiskan sekitar 6 jam dan 40 menit per hari online untuk mengonsumsi konten.

Tidak cukup hanya membuat konten yang menautkan link afiliasi saja, namun konten yang kamu buat perlu memiliki value bagi audiens.

Blog merupakan cara terbaik untuk melakukan pemasaran afiliasi karena menghasilkan traffic melalui blog sebesar 65% menurut Findstack.

Akan tetapi, mempromosikan link afiliasi di media sosial bisa kamu lakukan karena mudah dan gratis dalam menyebarkan konten yang menarik.

  • Membangun Audiens 

Dalam membangun audiens kamu perlu mencapai mereka dengan cara membuat daftar email dengan mengirimkan informasi mengenai konten baru, penawaran menarik, dan lain-lain.

Ketika kamu beroperasi di media sosial, maka follow influencer yang sekiranya tertarik dengan niche yang kamu pilih untuk meningkatkan traffic ke situs web atau halaman media sosialmu.

Sekarang, penting sekali untuk membangun kepercayaan antara kamu dengan audiens yang bisa membuat mereka untuk datang kembali.

Apakah Program Afiliasi Menghasilkan Uang?

Pada saat kamu memilih untuk mengikuti program afiliasi tidak ada biaya yang dikenakan untuk bergabung. Setelah kamu melakukan pekerjaan untuk membangun audiens, maka kamu dapat menghasilkan uang. 

Pemasaran afiliasi dapat menghasilkan pendapatan yang relatif ideal melalui komisi, sehingga dapat menjadi passive income kamu.

Program Afiliasi dengan Bayaran Tertinggi

affiliate program
Sumber: Freepik

Banyak sekali program affiliate marketing Indonesia yang bisa kamu coba dan daftar. Maka dari itu, berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa kamu coba.

  • Blibli Affiliate

Salah satu e-commerce terkemuka di Indonesia Blibli.com membuat program afiliasi yaitu Blibli Affiliate.

Komisi yang didapatkan dari program afiliasi ini yakni 12% untuk setiap produk Blibli yang berhasil terjual melalui link afiliasi yang kamu promosikan di media sosial.

Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari program afiliasi ini salah satunya adalah mendapatkan durasi cookie 30 hari yang bisa mendapatkan komisi dalam waktu 30 hari.

  • Lazada Affiliate Program

Platform Lazada membuka peluang besar bagi orang-orang yang ingin memperoleh passive income dengan mengikuti Lazada Affiliate Program.

Kamu akan mendapatkan komisi dengan range sekitar 1% hingga 10% bahkan lebih tergantung dengan kategori produk yang dipromosikan.

Lazada affiliate program memiliki sistem pelacakan yang handal dalam melacak konversi serta penjualan dari link afiliasi.

  • TikTok Affiliate

Media sosial yang banyak disenangi oleh masyarakat karena tontonan video pendeknya yaitu TikTok sekarang memiliki program afiliasi yaitu TikTok Affiliate.

Terdapat dua affiliate program yang ditawarkan oleh TikTok yaitu untuk toko dan juga kreator itu sendiri.

Komisi yang diperoleh dari affiliate program ini berkisar di angka persentase 10% untuk setiap produk yang telah berhasil terjual.

  • Everpro Affiliate Program

affiliate program
Sumber: Dokumentasi Everpro

Affiliate program selanjutnya adalah Everpro Affiliate Program yang bisa memberikanmu keuntungan yaitu total hadiah senilai milyaran rupiah, lho!

Tidak hanya itu saja, banyak sekali keuntungan yang didapat jika kamu memilih Everpro Affiliate Program, seperti:

  1. Komisi yang Menguntungkan
  2. Dashboard Monitoring yang Detail 
  3. Layanan Pro yang Menyeluruh
  4. Dukungan Penuh dari Tim Everpro

Kamu tertarik dengan affiliate program Everpro? Jika iya, klik gambar di atas untuk bergabung bersama Everpro Affiliate Program, ya!

  • Tokopedia Affiliate

Marketplace online terbesar yaitu Tokopedia membuka program afiliasi yakni Tokopedia Affiliate dengan komisi yang besar sebanyak 10%.

Jika kamu bergabung dengan afiliasi ini akan mendapatkan laporan real-time yang akurat dan transparan yang bisa kamu pantau hanya melalui HP saja.

  • Shopee Affiliate

Tidak hanya Tokopedia saja, Shopee juga memiliki afiliasi yaitu Shopee Affiliate yang bisa memberikan penghasilan tambahan bagi content creator.

Untuk komisi yang didapat berkisar sekitar Rp 10.000 hingga Rp 1 juta yang akan dicairkan pembayarannya melalui ShopeePay.

Sampai juga kita di penghujung pembahasan mengenai affiliate program. Pahami dan pelajari isi dari artikel ini agar kamu dapat memahami program afiliasi dengan baik dan benar.

Semoga informasi artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin memulai afiliasi dan menjadikannya passive income untuk memenuhi kebutuhanmu.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial dan nantikan selalu artikel yang informatif dan menarik lainnya hanya di Everpro, ya!

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya