everpro

Penuh Inovasi dan Tantangan! Aplikasi Pengiriman Barang Online Masa Kini

Dengan adanya aplikasi pengiriman barang online, hal ini menggambarkan inovasi terkini dalam industri pengiriman barang serta tantangan yang di hadapi oleh penyedia layanan. Dengan adanya perkembangan teknologi dan meningkatnya permintaan pengiriman barang secara online, aplikasi pengiriman barang online telah menjadi sarana yang penting bagi perusahaan dan konsumen. Kali ini kita akan menguraikan komponen utama dalam kerangka aplikasi pengiriman barang online, mulai dari proses pemesanan hingga pengiriman dan pelacakan barang.

Dalam beberapa tahun terakhir, pengiriman barang secara online telah mengalami pertumbuhan yang pesat. Perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen telah memicu peningkatan permintaan akan layanan pengiriman barang online. Aplikasi pengiriman barang online telah menjadi platform yang vital bagi perusahaan dan konsumen untuk mempermudah proses pengiriman barang dari penjual ke pembeli. Namun, untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis ini, di perlukan pemahaman yang mendalam tentang kerangka aplikasi pengiriman barang online yang efektif. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: 70+ Nama Sorotan Ig Aesthetic, Wajib Coba!

Registrasi Pengguna

Pengguna harus mendaftar atau membuat akun di aplikasi pengiriman barang online. Registrasi ini melibatkan pengisian informasi pribadi seperti nama, alamat pengiriman, nomor telepon, dan alamat email. Beberapa aplikasi juga dapat menggunakan integrasi dengan media sosial atau akun Google untuk mempermudah proses registrasi.

Pemilihan Layanan Pengiriman

Setelah registrasi, pengguna memilih jenis layanan pengiriman yang mereka inginkan. Ini dapat mencakup opsi seperti pengiriman reguler, pengiriman kilat, pengiriman dalam waktu tertentu, atau pengiriman dengan layanan khusus lainnya. Setiap layanan mungkin memiliki biaya dan waktu pengiriman yang berbeda.

Pengisian Informasi Pengiriman

Pengguna harus mengisi informasi terkait pengiriman barang, seperti alamat pengirim dan penerima, besaran dan berat barang, serta instruksi khusus jika diperlukan. Informasi ini penting untuk memastikan bahwa barang di kirim dengan benar dan tepat waktu.

Pembayaran

Setelah mengisi informasi pengiriman, pengguna akan melanjutkan ke proses pembayaran. Aplikasi pengiriman barang online biasanya menyediakan berbagai pilihan pembayaran, termasuk kartu kredit, transfer bank, dompet digital, atau sistem pembayaran online lainnya. Pengguna harus memasukkan informasi pembayaran yang valid dan mengonfirmasi pesanan sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Setelah langkah-langkah di atas selesai, aplikasi pengiriman barang online akan memproses pesanan pengguna. Selanjutnya, pengguna akan menerima konfirmasi pesanan yang berisi detail pesanan, nomor pelacakan, dan estimasi waktu pengiriman. Proses pemesanan ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah dan efisien memesan barang dan mengatur pengiriman dengan beberapa langkah sederhana melalui aplikasi.

Pengolahan Pesanan

aplikasi pengiriman barang online
Sumber: Pexels.com

Setelah proses pemesanan barang selesai, pesanan tersebut akan masuk ke tahap pengolahan. Berikut adalah komponen utama dalam pengolahan pesanan pada aplikasi pengiriman barang online:

Verifikasi Pesanan

Pada tahap ini, pihak penyedia layanan akan melakukan verifikasi terhadap pesanan yang masuk. Hal ini meliputi pengecekan ketersediaan barang, validitas informasi pengiriman, dan verifikasi pembayaran. Jika ada masalah atau ketidaksesuaian, pengguna atau penyedia layanan akan melakukan komunikasi untuk memperbaiki atau mengklarifikasi pesanan.

Pengemasan Barang

Setelah verifikasi pesanan selesai, langkah selanjutnya adalah pengemasan barang. Barang yang di pesan akan di kemas dengan baik dan aman agar dapat bertahan selama proses pengiriman. Pihak penyedia layanan akan memastikan bahwa barang terlindungi dengan baik agar tidak rusak atau pecah selama pengiriman.

Label Pengiriman

Setelah barang di kemas, label pengiriman akan di pasang pada paket. Label ini berisi informasi penting seperti alamat pengirim, alamat penerima, nomor pelacakan, dan informasi lain yang di perlukan untuk pengiriman yang akurat. Label pengiriman ini memastikan bahwa paket dapat di identifikasi dengan jelas selama proses logistik dan pengiriman.

Penjadwalan Pengiriman

Setelah pengemasan selesai, penyedia layanan akan menjadwalkan pengiriman barang. Hal ini melibatkan penentuan waktu pengiriman yang sesuai dengan jenis layanan yang di pilih oleh pengguna. Penjadwalan ini dapat mencakup pengaturan pengiriman reguler, pengiriman kilat, atau waktu pengiriman yang telah di tentukan sesuai kebutuhan pengguna.

Selama proses pengolahan pesanan ini, pengguna dapat menerima pembaruan status pesanan melalui aplikasi, seperti konfirmasi bahwa pesanan sedang di proses atau bahwa pesanan telah di kemas dan siap untuk di kirim. Pengolahan pesanan yang efisien memastikan bahwa barang siap untuk di kirim dengan cepat dan akurat kepada penerima yang di tuju.

Baca juga: Kepo! Inilah Biaya Kirim Laptop via JNE 

Logistik dan Pengiriman

aplikasi pengiriman barang online
Sumber: Pexels.com
Setelah proses pengolahan pesanan selesai, barang siap untuk masuk ke dalam tahap logistik dan pengiriman. Berikut adalah komponen utama dalam tahap ini pada aplikasi pengiriman barang online:

Pengoptimalan Rute

Pihak penyedia layanan akan menggunakan teknologi dan algoritma untuk mengoptimalkan rute pengiriman. Tujuan utamanya adalah meminimalkan jarak perjalanan, menghindari kemacetan, dan memastikan efisiensi dalam pengiriman barang. Dengan mengoptimalkan rute, waktu pengiriman dapat dipercepat dan biaya operasional dapat di kurangi.

Penugasan Pengiriman

Setelah rute di optimalkan, penyedia layanan akan menugaskan pengiriman kepada kurir atau pengemudi yang sesuai. Mereka akan menerima informasi lengkap tentang pesanan, alamat pengiriman, dan petunjuk khusus yang di berikan oleh pengguna. Penugasan ini dapat di lakukan melalui aplikasi khusus untuk kurir atau pengemudi.

Pelacakan Pengiriman secara Real-time

Aplikasi pengiriman barang online menyediakan fitur pelacakan pengiriman secara real-time bagi pengguna. Pengguna dapat melacak posisi dan status pengiriman barang mereka dengan menggunakan nomor pelacakan yang di berikan oleh penyedia layanan. Informasi ini memberikan kejelasan dan transparansi kepada pengguna mengenai lokasi barang mereka dan perkiraan waktu pengiriman.

Interaksi dengan Kurir atau Pengemudi

Pengguna dapat berinteraksi dengan kurir atau pengemudi melalui aplikasi. Mereka dapat berkomunikasi untuk memberikan instruksi khusus, mengklarifikasi alamat pengiriman, atau memberikan pembaruan terkait pengiriman. Interaksi ini membantu memastikan komunikasi yang lancar antara pengguna dan pelaksana pengiriman.

Selama tahap logistik dan pengiriman ini, pengguna dapat memantau perjalanan barang mereka dan mengharapkan pengiriman yang tepat waktu. Pelacakan pengiriman secara real-time dan interaksi dengan kurir atau pengemudi memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna, memastikan bahwa barang sampai dengan aman dan tepat waktu kepada penerima yang di tuju.

Demikian penjelasan mengenai Selain jasa ekspedisi di atas, kini ada rekomendasi layanan pengiriman terbaik untuk teman-teman yang terpercaya dan bebas hambatan. Dengan layanan ini, teman-teman bisa mengatur orderan dengan mudah dan cepat dalam sistem yang terintegrasi langsung ke pengiriman dengan fitur pengiriman di Everpro. 

Mari gunakan layanan Shipping Everpro dengan benefit:

  • Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 30% untuk metode pengiriman reguler.
  • Gratis biaya retur paket 
  • Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 15+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi 
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Jemput paket di mana saja dan bebas tentukan jadwalnya kapan saja.
  • Butuh data aktivitas penjualan? Tenang, semua orderan bisa diunduh dalam bentuk laporan. 

Tunggu apalagi? Yuk segera beralih ke layanan Shipping Everpro sekarang juga ! 

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Kirim Kendaraan

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Mobil

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Motor

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Kirim Minuman

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim minuman di Everpro.id. Temukan beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim minuman