everpro

Update Perubahan Biaya Admin Shopee Mall

Berniat membuka toko resmi di Shopee Mall, pahami biaya admin Shopee Mall  terupdate untuk memaksimalkan keuntungan penjualan!

Apakah kalian punya brand produk sendiri dan berniat untuk menjelaskannya secara online melalui marketplace seperti Shopee. Maka Kamu lebih baik menggunakan program seller Shopee Mall.

Program Shopee Mall adalah program khusus dari platform e-commerce Shopee yang ditujukan untuk brand atau penjual resmi dan terpercaya.

Program ini menawarkan beberapa keunggulan kepada pembeli dan penjual yang berbeda dan lebih unggul sehingga bisa menghasilkan penjualan yang lebih baik.

Artikel ini akan memberikan informasi terkait berapa rincian biaya admin shopee mall beserta cara hitungnya, lalu kategorinya apa saja serta tips menghemat biaya admin. 

Baca Juga : Pahami Perbedaan Shopee Mall dan Star Seller Sebelum Jualan

Berapa Biaya Admin Shopee Mall ?

biaya admin shopee mall
Sumber. Shopee.co.id

Biaya Admin Shopee Mall adalah sejumlah biaya yang dibebankan kepada Kamu ketika produk berhasil terjual.

Biaya ini berlaku sama rata untuk semua Penjual Shopee Mall, namun besarannya bervariasi tergantung pada kategori produk yang dijual.

Shopee memperbaharui biaya admin Shopee Mall mengalami beberapa perubahan setiap kategorinya.

Biaya pembayaran ini tidak akan dikenakan ke ongkir, diskon produk, atau voucher diskon yang dibuat oleh Penjual Shopee Mall.

Biaya Admin ini akan terpotong secara otomatis melalui sistem Shopee saat dana hasil penjualan masuk ke Saldo Penjualan Kamu.

Baca Juga : Jangan Asal Boost! Kenali Shopee Ads yang Bikin Penjualan Meroket

Kategori Produk di Shopee Mall

Biaya admin di Shopee Mall berbeda-beda tergantung kategori produknya.

Kamu bisa lihat tabel di bawah untuk mengetahui besaran biaya adminnya.

Beberapa kategori mungkin ada yang terlihat sama tapi jika dilihat dari sub-kategori untuk lebih lengkap jenis produk atau barangnya bisa  melakukan verifikasi lebih lanjut di website shopee seller center untuk informasi lebih lanjut.

Kategori

Biaya Admin

Contoh Produk

A 8,50% Fashion, Elektronik (Kelistrikan), Kebutuhan Sehari-hari, Aksesoris Handphone, Olahraga & Outdoor, Otomotif, dll.
B 6,00% Elektronik (Peralatan Elektronik, Media Player, Konsol Game, Kamera, Peralatan Komputer, Gadget), Otomotif, dll.
C 4,00% Kesehatan, Aksesoris Fashion, Elektronik, Handphone & Aksesoris, Makanan & Minuman, Ibu & Bayi, Gaming & Konsol, Kamera & Drone, Perlengkapan Rumah, Buku & Alat Tulis, Tiket, Voucher & Layanan, Buku & Majalah, Aksesoris Fashion (Logam Mulia & Perhiasan), Elektronik (Alat-alat Rumah Tangga, Handphone & Gadget, Kamera, dan Komputer), dll.
D 2,50% Aksesoris Fashion, Elektronik, Handphone & Aksesoris, Komputer & Aksesoris

Baca Juga : Pemula Harus Tahu! Cara Buka Toko di Shopee

Cara Hitung Biaya Admin Shopee Mall

Biaya admin dihitung berdasarkan harga jual produk dikurangi total diskon atau voucher diskon.

Biaya tersebut akan terpotong secara otomatis melalui sistem Shopee saat dana hasil penjualan dimasukan ke Saldo Penjual.

Rumus yang bisa Kamu gunakan untuk menghitung biaya pembayaran akhir adalah Shopee Mall = (Harga Asli Produk – Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon dari Penjual Shopee Mall) x Kategori A/B/C/D %.

Sebagai contoh agar mempermudah Kamu untuk membayangkan, bisa gunakan contoh ini jika Kamu berniat menjual Helm KYT Black seharga Rp 540.000.  Berikut ini adalah cara penghitungannya: 

  • Harga Jual Helm KYT Black Rp 540.000 di Shopee Mall.
  • Helm Termasuk Kategori B dari Sub-produk Otomotif maka biaya adminya 6,00%.
  • Kemudian Kamu memberikan diskon sebesar Rp 100.000 kepada pembeli.

Pertama Hitung harga jual produk setelah diskon, setelah itu baru hitung biaya adminnya sebagai berikut: 

Harga jual = Harga asli – Diskon Harga jual 

Rp 540.000 – Rp 100.000 Harga jual = Rp 440.000

Biaya admin = Harga jual setelah diskon x Persentase biaya admin

6,00% x Rp 440.000 Biaya admin = Rp 26.400

Kesimpulan biaya admin untuk penjualan satu produk Helm KYT Black yang terjual seharga Rp 26.400.

Baca Juga : Cara Upload Produk di Shopee Secara Massal dalam 1 Klik

Tips Menghemat Biaya Admin Shopee Mall

biaya admin shopee mall
Sumber. Freepik.com

Berikut adalah beberapa tips untuk menghemat biaya admin Shopee Mall yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Manfaatkan Promo Gratis Ongkir

Promo ini dapat menarik minat pembeli dan meningkatkan penjualan, sehingga meningkatkan keuntungan dan membantu mengimbangi biaya admin.

2. Ikuti Program Promosi Shopee

Program ini dapat membantu meningkatkan visibilitas produk Kamu dan menarik lebih banyak pembeli, yang berpotensi meningkatkan penjualan dan keuntungan.

3. Jaga Performa Penjual

Shopee memberikan potongan biaya admin kepada Penjual dengan performa penjualan yang baik.

Hal ini dapat dicapai dengan menjaga tingkat respon chat yang tinggi, menyelesaikan pesanan tepat waktu, dan menjaga tingkat pembatalan pesanan yang rendah.

4. Gunakan Fitur Iklan Shopee

Fitur iklan Shopee dapat membantu Kamu untuk menjangkau lebih banyak pembeli potensial dan meningkatkan penjualan.

5. Optimalkan Deskripsi dan Foto Produk

Deskripsi dan foto produk yang menarik dan informatif dapat meningkatkan konversi penjualan karena mempermudah pembeli untuk langsung melakukan pembelian tanpa perlu bertanya kepada penjual yang bisanya cukup memakan waktu.

6. Pertimbangkan Harga Produk

Sesuaikan harga produk dengan mempertimbangkan biaya admin. Pastikan harga produk Kamu tetap kompetitif dan memberikan keuntungan yang cukup untuk menutupi biaya admin.

7. Buat Penjualan Bundling Produk

Penjual bundling produk memungkinkan Kamu menawarkan beberapa produk sekaligus dengan harga yang lebih murah.

Hal ini dapat menarik minat pembeli dan meningkatkan penjualan, sehingga membantu menghemat biaya admin secara proporsional.

8. Gunakan Alat Bantu Penjualan

Shopee menyediakan berbagai alat bantu penjual yang dapat membantu Kamu mengelola toko dan meningkatkan penjualan seperti dengan coba berbagai layanan dari Everpro. Gunakan alat bantu dengan bijak untuk memaksimalkan keuntungan dan menghemat biaya admin.

Baca Juga : Dekorasi Toko Shopee, Ampuh Tingkatkan Penjualan!

Memahami besaran biaya admin di Shopee Mall sangat penting bagi penjual untuk menentukan harga jual produk yang kompetitif dan memastikan keuntungan yang optimal.

Tips-tips di atas dapat membantu Kamu menghemat biaya admin Shopee Mall, namun efektivitasnya dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti kategori produk, strategi penjualan, dan performa toko.

Jangan ragu gunakan Layanan Everpro MP Enabler untuk menentukan strategi penjualan yang untung agar tidak kalah dari Shopee Mall dengan benefit berikut.

Benefit Everpro MP Enabler

Dengan harga yang terjangkau Kamu bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dalam mengoptimalkan strategi pemasaran online, termasuk:

  • Sesi Konsultasi dengan Tim Profesional
  • Performa iklan terbaik yang akan meningkatkan visibilitas produk dan toko
  • Memaksimalkan penjualan dengan jenis campaign yang efektif 
  • Optimasi desain dekorasi toko agar lebih menarik dan profesional
  • Bisa pilih Paket Satuan atau Lengkap

Yuk, buktikan sendiri manfaat Everpro MP Enabler dengan Daftar Sekarang Juga!

DAFTAR SEKARANG

Picture of Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya