everpro

Pahami Perbedaan Shopee Mall dan Star Seller Sebelum Jualan

Perbedaan Shopee Mall dan Star Seller bisa mempengaruhi kesuksesan bisnismu. Pahami keduanya sebelum jualan!

Marketplace adalah platform yang cocok untuk para penjual pemula karena memiliki ekosistem yang sangat membantu.

Ekosistem ini menyediakan banyak kemudahan yang bisa disesuaikan berdasarkan kategori seller.

Artikel ini akan memberikan penjelasan terkait perbedaan Shopee Mall dan Star Seller, yang perlu kamu tahu berdasarkan keuntungan dan kekurangannya.

Baca Juga : Jangan Asal Boost! Kenali Shopee Ads yang Bikin Penjualan Meroket

Apa itu Seller Shopee Mall , Star Seller dan Seller Biasa ?

perbedaan shopee mall dan star seller
Sumber. Freepik.com

Saat menggunakan aplikasi Shopee, kita sering melihat berbagai macam toko penjual, mulai dari seller Shopee Mall, star seller hingga penjual tanpa label tertentu yang disebut selller biasa yang ketiganya memiliki perbedaan, yaitu:

  • Shopee Mall adalah penjual yang memenuhi kriteria tertentu, seperti memiliki badan usaha berbadan hukum, produk yang 100% original, dan kualitas produk yang terjamin.
  • Star Seller adalah penjual yang memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Shopee, seperti memiliki reputasi yang baik, produk yang berkualitas, dan pelayanan yang memuaskan.
  • Seller biasa adalah penjual yang belum memenuhi syarat untuk menjadi Star Seller atau Shopee Mall. Seller biasa tidak mendapatkan manfaat khusus seperti yang diberikan kepada Star Seller atau Shopee Mall.

Baca Juga : Pasti Ampuh! 5+ Tips dan Cara Membalas Ulasan Pembeli di Shopee

Perbedaan Shopee Mall dan Star Seller

perbedaan shopee mall dan star seller
Sumber. Google.com/bersosial

Pembahasan ini akan fokus membahas perbedaan Shopee Mall dan Star Seller.

Hal ini penting untuk diketahui oleh para penjual Shopee, terutama bagi yang baru memulai.

Sebab, seller biasa pun pastinya akan menjadi Star Seller nantinya.

Dengan memahami perbedaan kedua program ini, penjual dapat memilih program yang paling sesuai dengan bisnisnya.

Shopee Mall dan Star Seller adalah dua program khusus yang ditawarkan oleh Shopee kepada para penjual.

Kedua program ini memiliki sejumlah perbedaan, baik dari segi syarat dan ketentuan, manfaat, hingga biaya yang dikenakan.

1. Bentuk Usaha

Pertama berdasarkan bentuk atau jenis usaha para penjual dimana program Shopee Mall untuk penjual harus memiliki badan usaha punya surat legalitas secara hukum, seperti CV atau PT punya brand atau merek usaha sendiri.

Sehingga Tokonya bisa menjadi official store di Shopee.

Sedangkan Star Seller adalah penjual dapat berupa perorangan atau badan usaha biasa yang tidak punya legalitas hukum.

2. Persyaratan

Perbedaan berikutnya berdasarkan persyaratan untuk bisa mengikuti kedua program Shopee tersebut.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar di program Shopee Mall diantaranya seperti memiliki badan usaha berbadan hukum, punya produk hasil produksi sendiri.

Lalu  kualitas produk yang terjamin 100% original serta memiliki pelayanan yang memuaskan dan reputasi yang baik di pasaran.

Sedangkan persyaratan mengikuti program Star Seller seperti, memiliki reputasi brand yang baik, produk dan layanan baik yang berkualitas berdasarkan hasil review customer.

Kemudian memiliki penjualan minimal 500 item/ bulan, memiliki rating toko minimal bintang 4,5, dan terakhir memiliki tingkat pengembalian barang yang rendah.

3. Biaya Administrasi

Perbedaan yang ketiga yaitu tentang biaya administrasi untuk Shopee Mall Biaya antara 8,5% – 2,5% dari nilai transaksi dari berbagai kategori produknya yang pastinya akan berbeda-beda. 

Sedangkan biaya administrasi untuk Star Seller antara 6,5% – 4,0% dari nilai transaksi.

Ingat jangan lupa untuk periksa kembali terkait biaya admin di website panduan shopee seller khawatirnya ada informasi yang telah diperbaharui. ‘

Jika mengalami kesulitan jangan khawatir untuk bisa menghubungi Customer Service Shopee.

Baca Juga : Contoh Iklan Shopee yang Bikin Banjir Klik dan Penjualan!

Keuntungan Shopee Mall dan Star Seller

Setelah mengetahui perbedaan Shopee Mall dan Star Seller, maka penting untuk mengetahui keuntungan dari masing-masing program tersebut sebagai pertimbangan.

Keuntungan Program Shopee Mall

Penjual yang menjadi Shopee Mall akan mendapatkan sejumlah keuntungan, antara lain:

  1. Produk Shopee Mall akan ditampilkan di halaman khusus Shopee Mall, yang lebih mudah ditemukan oleh pembeli seperti banner iklan di halaman utama Shopee. Hal ini dapat meningkatkan visibilitas produk dan peluang untuk terjual.
  2. Produk Shopee Mall akan mendapatkan logo Shopee Mall, yang menunjukkan bahwa produk tersebut 100% original dan berkualitas. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pembeli dan mendorong mereka untuk membeli produk tersebut. Jika ternyata produk tidak original bisa mengajukan pengembalian yang akan diproses selama 7 hari.
  3. Penjual Shopee Mall akan mendapatkan layanan khusus dari Shopee, seperti layanan foto produk profesional gratis ongkir, program cashback, diskon, harga coret yang dapat membantu penjual untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan.

Keuntungan Program Star Seller

Penjual yang menjadi Star Seller akan mendapatkan sejumlah keuntungan, antara lain:

  1. Produk Star Seller akan mendapatkan logo Star Seller, yang menunjukkan bahwa produk tersebut berkualitas dan memiliki pelayanan yang memuaskan. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pembeli dan mendorong mereka untuk membeli produk tersebut.
  2. Penjual Star Seller akan mendapatkan layanan khusus dari Shopee namun terbatas seperti diskon dan gratis ongkir.

Baca Juga : Cara Mencari Supplier Tangan Pertama di Shopee untuk Pemula

Kekurangan Shopee Mall dan Star Seller

Setelah mengetahui keuntungan Shopee Mall dan Star Seller, maka kamu juga harus mengetahui kekurangannya sebagai berikut :

Kekurangan Shopee Mall

Shopee Mall memiliki sejumlah kekurangan, antara lain:

  1. Syarat dan ketentuan Shopee Mall yang ketat dapat menjadi hambatan bagi penjual yang ingin menjadi Shopee Mall. Syarat dan ketentuan tersebut meliputi kepemilikan badan usaha berbadan hukum, produk 100% original, dan kualitas produk yang terjamin.
  2. Biaya administrasi Shopee Mall lebih tinggi daripada Star Seller. 
  3. Penjual Shopee Mall akan dipantau secara ketat oleh Shopee. Jika penjual melanggar syarat dan ketentuan Shopee Mall, maka penjual tersebut dapat dikenakan sanksi, seperti pencopotan status Shopee Mall.

Kekurangan Star Seller

Star Seller juga memiliki sejumlah kekurangan, antara lain:

  1. Syarat dan ketentuan Star Seller yang lebih ringan dapat membuat persaingan menjadi lebih ketat. Hal ini karena lebih banyak penjual yang memenuhi syarat untuk menjadi Star Seller.
  2. Keterbatasan untuk mengikuti program promosi dari Shopee
  3. Peluang visibilitas untuk ditampilkan di halaman depan Shopee yang lebih kecil

Baca Juga : 5 Cara Riset Produk Terlaris di Shopee, Pasti Laku!

Tips Jualan Laku di Shopee

perbedaan shopee mall dan star seller
Sumber. Google.com/bersosial

Berikut adalah tips jualan laku di Shopee untuk pemula:

  • Pertama pilihlah produk yang tepat untuk dijual seperti, produk yang memiliki permintaan tinggi, harga yang kompetitif, dan mudah dijual.
  • Setelah memilih produk, lakukan riset pasar untuk mengetahui harga produk yang dijual oleh pesaing, serta kualitas produk yang mereka tawarkan.
  • Buat deskripsi produk yang menarik dan informatif, serta menyertakan foto produk yang berkualitas yang menentukan apakah produk Kamu akan dibeli oleh pembeli.
  • Set harga produk yang kompetitif agar lebih menarik bagi pembeli. Namun, jangan sampai harga yang terlalu murah, karena dapat menurunkan kualitas produk Kamu di mata pembeli.
  • Berikan layanan yang cepat, ramah, dan responsif terhadap pertanyaan dan keluhan pembeli.
  • Promosikan toko Kamu melalui berbagai saluran, seperti media sosial, forum, dan blog.
  • Manfaatkan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Shopee yang dapat membantu Kamu meningkatkan penjualan, seperti fitur gratis ongkir, fitur diskon, dan fitur flash sale, iklan shopee, live shopee dan dekorasi toko.

Baca Juga : Dekorasi Toko Shopee, Ampuh Tingkatkan Penjualan!

Demikianlah penjelasan dari perbedaan shopee mall dan star seller yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kesimpulannya Shopee Mall lebih cocok untuk penjual yang menjual produk original dan berkualitas tinggi, tetapi memiliki syarat dan ketentuan yang lebih ketat serta biaya administrasi yang lebih tinggi.

Star Seller lebih cocok untuk penjual yang menjual produk berkualitas dengan harga yang terjangkau, tetapi persaingannya lebih ketat dan layanan khusus yang terbatas.

Untuk bantu kelola toko online di marketplace Kamu bisa gunakan layanan Everpro MP Enabler yang nantinya akan bantu Kamu untuk menentukan strategi penjualan yang untung agar tidak kalah dari Shopee Mall dengan benefit berikut 

Benefit Everpro MP Enabler

Dengan harga yang terjangkau Kamu bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dalam mengoptimalkan strategi pemasaran online, termasuk:

  • Sesi Konsultasi dengan Tim Profesional
  • Performa iklan terbaik yang akan meningkatkan visibilitas produk dan toko
  • Memaksimalkan penjualan dengan jenis campaign yang efektif 
  • Optimasi desain dekorasi toko agar lebih menarik dan profesional
  • Bisa pilih Paket Satuan atau Lengkap

Yuk, buktikan sendiri manfaat Everpro MP Enabler dengan Daftar Sekarang Juga!

DAFTAR SEKARANG

Picture of Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya