Everpro

Contoh Iklan Shopee yang Bikin Banjir Klik dan Penjualan!

Ingin meningkatkan penjualan produk di Shopee? Yuk, pelajari contoh iklan Shopee yang banjir klik dan penjualan di artikel ini!

Beriklan di Shopee dapat meningkatkan potensi penjualan yang tinggi. Shopee menyediakan layanan fitur iklan yang gampang digunakan oleh para mitra sellernya.

Namun, ada banyak tipe iklan yang bisa digunakan oleh para seller tersebut. Oleh karena itu, Kamu perlu mengetahui cara menggunakan iklan yang tepat dan hasilnya sesuai.

Setiap iklan memiliki karakteristiknya sendiri, jadi artikel ini akan memberikan informasi terkait jenis, contoh, dan tips membuat iklan yang banjir klik tapi juga untung dengan menggunakan seller center.

Baca Juga : 3 Cara Pasang Iklan di Shopee Agar Tidak Boncos, Tapi Untung!

Jenis Iklan Internal Shopee

Jenis Iklan Internal Shopee
Sumber. Google.com/bersosial

Iklan internal Shopee adalah iklan yang ditampilkan di dalam aplikasi dan situs Shopee.

Cara mengoperasikannya dapat dilakukan melalui sistem aplikasi Shopee yaitu dengan Shopee Seller Center.

Jenis-jenis iklan internal Shopee meliputi:

1. Iklan Pencarian Produk

Iklan pencarian produk adalah iklan yang akan tampil di halaman hasil pencarian produk.

Jenis iklan ini dapat membantu penjual untuk meningkatkan visibilitas produk mereka di halaman hasil pencarian, sehingga produk mereka lebih mudah terakses oleh pembeli.

Tujuan objektif jenis iklan ini  untuk meningkatkan visibilitas produk di halaman hasil pencarian, meningkatkan jumlah klik produk, dan meningkatkan pembelian.

Fungsinya adalah untuk menjangkau pembeli yang sedang mencari produk yang relevan dan meningkatkan kesadaran merek atau toko.

2. Iklan Produk Serupa

Lalu yang kedua iklan produk serupa adalah iklan yang ditampilkan di halaman produk yang serupa.

Iklan ini dapat membantu penjual untuk meningkatkan visibilitas produk mereka di halaman produk yang serupa di berbagai placement shopee. Conothnya di halaman utama ” Rekomendasi” dan “Produk yang Disukai“.

Hingga pada halaman ” Keranjang Pesanan Belanja” dan “Pesanan Sukses” dan pada halaman terkait pembelian dan pesanan pembeli. 

Tujuan objektif dan fungsi dari iklan jenis ini juga kurang lebih sama seperti yang sebelumnya, namun mungkin akan lebih baik ketika Toko mu sudah punya rating dan review yang positif dan punya banyak produk.

Fungsinya agar produk mereka lebih mudah ditemukan oleh pembeli yang tertarik dengan produk serupa.

3. Iklan Pencarian Toko

Berikutnya yang ketiga yaitu iklan pencarian toko, adalah iklan yang akan tampil di halaman hasil pencarian toko.

Iklan ini dapat membantu penjual untuk meningkatkan visibilitas toko mereka di halaman hasil pencarian, sehingga toko mereka lebih mudah  terakses oleh pembeli.

4. Iklan Live

Iklan Live adalah iklan yang ditampilkan saat penjual sedang melakukan live streaming.

Jenis iklan ini dapat membantu penjual untuk menarik perhatian pembeli dan meningkatkan penjualan selama live streaming.

Tujuan objektif dari iklan ini adalah untuk menarik perhatian pembeli selama live streaming, dan meningkatkan jumlah produk yang terjual selama live streaming

5. Iklan Halaman Strategis

Lalu yang terakhir yaitu iklan halaman strategis (Display Ads)  adalah iklan yang akan tampil di halaman strategis, seperti halaman utama, halaman kategori, dan halaman produk tertentu.

Jenis iklan ini dapat membantu penjual untuk menjangkau pembeli yang lebih luas dan meningkatkan penjualan.

Baca Juga : Ini Cara Jualan Produk Digital di Shopee, Yuk Mulai Jualan!

Contoh Iklan Shopee yang Efektif 

Setelah mengetahui jenis-jenis iklan Shopee, berikut ini adalah beberapa contoh iklan Shopee yang terbukti efektif dalam menarik perhatian dan meningkatkan jumlah klik:

1. Contoh Iklan Pencarian Produk Baju Muslim

contoh iklan shopee
Sumber. Shopee.co.id

Gambar di atas adalah contoh iklan pencarian produk baju muslim.

Salah satu cara untuk meningkatkan visibilitas iklan jenis ini agar bisa tampil di bagian pertama adalah dengan menggunakan kata kunci yang relevan, dan referensi dari kunci di kolom search yang muncul ketika mengklik keyword tertentu.

Berdasarkan contoh  iklan tersebut dengan memanfaatkan tren bulan ramadhan dan lebaran tahun 2024.

Bisa dengan menargetkan frasa kata kunci “ Baju Gamis Terbaru 2024 buat lebaran” sehingga memunculkan beberapa produk.

Lalu untuk meningkatkan klik dan juga penjualan pilihlah produk yang memiliki penjualan tinggi di tokomu dengan rating minimal 4.7, membuat harga coret shopee.

Buatlah judul dan deskripsi produk iklan baju yang menarik dan persuasif.

Gunakan kata-kata yang singkat, jelas dan gambar atau video yang menarik.

Unggah gambar atau video produk yang berkualitas dan sebaiknya gunakan foto produk sendiri agar terlihat berbeda.

2. Contoh Iklan Produk Serupa Rekomendasi

contoh iklan shopee
Sumber. Shopee.co.id

Gambar kedua di atas adalah contoh dari iklan produk serupa. Jenis iklan ini akan muncul di beberapa placement di aplikasi shopee.

Contoh di atas adalah iklan yang muncul bagian “Rekomendasi’ pada halaman utama, pada halaman terkait pembelian dan pesanan pembeli.

Gunakan iklan produk serupa dengan iklan pencarian produk secara bersamaan agar produk Kamu tampil di berbagai bagian di Shopee.

Caranya dengan menargetkan lewat kata kunci dan juga behavior customer  yang akan saling berkaitan lewat histori pencarian, produk serupa yang disukai dan lainnya.

3. Contoh Iklan Pencarian Toko Parfum

contoh iklan shopee
Sumber. Shopee.co.id

Gambar ketiga adalah contoh dari iklan pencarian toko dengan produk parfum.

Caranya sama dengan menggunakan kata kunci yang relevan dengan produk dan juga punya tren atau rekomendasi yang muncul di kolom pencarian shopee.

Berikut toko parfum dari brand Mykonos Official Shop yang muncul dengan kata kunci “Parfum Wanita”.

Lalu untuk meningkatkan klik dan juga penjualan sama saja seperti yang sebelumnya.

Namun untuk iklan pencarian toko bisa menambahkan claim voucher diskon atau gratis ongkir hingga cashback seperti yang muncul pada iklan parfum diatas.

4. Contoh Iklan Display Ads Skincare

contoh iklan shopee
Sumber. Shopee.co.id

Gambar terakhir adalah contoh dari iklan halaman strategis (Display Ads), iklan ini hanya bisa untuk toko official resmi yang sudah terverifikasi  dan termasuk kategori Shopee Mall.

Jenis iklan ini cocok ketika Kamu sedang merencanakan campaign iklan khusus serta bisa untuk meningkatkan brand awareness dan juga conversion.

Contohnya seperti iklan brand skincare Cerave yang membuat iklan untuk launch toko official resmi di Shopee.

Jadi saat ini para pelanggan bisa membeli produk skincare yang pastinya original dari toko resmi melalui aplikasi Shopee.

Untuk meningkatkan klik dan juga penjualan bisa dengan menambahkan bonus seperti Free Pouch dan juga diskon.

Gunakan gambar yang jelas dan juga copywriting yang menarik dan persuasif. 

Baca Juga : Daftar Shopee Seller di Website dan Aplikasi Bagi Pemula, Praktis!

Pemilihan Jenis Iklan Shopee

Namun pemilihan jenis iklan Shopee yang tepat harus sesuai dengan tujuan dan target audience penjual.

Berikut adalah beberapa tips dalam memilih jenis iklan Shopee:

  • Pertimbangkan tujuan iklan, apakah Kamu ingin meningkatkan visibilitas produk, meningkatkan jumlah klik produk, atau meningkatkan konversi penjualan atau brand awareness.
  • Pertimbangkan target audience, siapa yang ingin Kamu jangkau dengan iklan tersebut dengan membuat customer persona secara demografi ataupun behavior.
  • Pertimbangkan jumlah anggaran yang ingin Kamu alokasikan untuk iklan sesuai dengan kemampuan.

Dengan memilih jenis iklan Shopee yang tepat, Kamu dapat meningkatkan visibilitas produk dan toko, serta meningkatkan penjualan.

Untuk hasil yang pasti Kamu juga bisa mencoba layanan Everpro MP Enabler.

Adanya Tim profesional Everpro akan membantumu membuat strategi iklan yang cocok sesuai dengan tipe produk dan jenis usahamu.

Dengan strategi iklan yang tepat, Kamu bisa meningkatkan penjualan dan mendapatkan cuan yang terus mengalir dan nikmati benefit berikut. 

Baca Juga : Ini Cara Jualan Produk Digital di Shopee, Yuk Mulai Jualan!

Benefit Everpro MP Enabler

Dengan harga yang terjangkau Kamu bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dalam mengoptimalkan strategi pemasaran online, termasuk:

  • Performa iklan terbaik yang akan meningkatkan visibilitas produk dan toko
  • Memaksimalkan penjualan dengan campaign terbaru dari Shopee
  • Optimasi desain dekorasi toko agar lebih menarik dan profesional
  • Jasa CS dan admin toko yang siap membantumu menjawab pertanyaan dan menyelesaikan pesanan

Yuk, buktikan sendiri manfaat Everpro MP Enabler dengan Daftar Sekarang Juga!

DAFTAR SEKARANG

Picture of Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya