Cara Bisnis Online Untuk Raih Keuntungan, Simak Disini!

cara bisnis online

Ingin menambah penghasilan tapi bingung bagaimana cara memulai bisnis online? Simak penjelasan tentang cara bisnis online berikut ini.

Semakin bergesernya aktivitas ke sistem yang serba digital, dapat memberi peluang baru dalam menambah penghasilan. Salah satunya adalah dengan memulai bisnis online.

Siapapun bisa memulainya dengan memanfaatkan device seperti laptop atau PC yang telah terhubung dengan internet. Termasuk anda!

Meskipun belum memiliki pengalaman, tidak menjadi halangan untuk mulai berbisnis online. Hal terpenting adalah niat dan kemauan belajar yang tinggi. Dengan panduan cara bisnis online yang tepat anda dapat dengan mudah meraih keuntungan.

Apa anda sudah siap? Baca ulasan berikut hingga selesai untuk mendapatkan penjelasannya.

Sekilas Tentang Bisnis Online

cara bisnis online
Sumber: pexels.com

Sebelum mulai melakukan bisnis online kita perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertiannya. Bisnis online adalah usaha yang cara menjalankannya adalah dengan memanfaatkan internet. 

Dalam menjalankan usahanya anda tidak perlu bertatap muka secara langsung dengan klien atau konsumen anda. Karena semuanya dapat anda jalankan melalui jaringan internet.

Terdapat beberapa keuntungan dalam menjalankan bisnis secara online, diantaranya adalah:

  • Tidak memerlukan modal besar.
  • Mudah untuk dilakukan.
  • Menjangkau konsumen secara luas.
  • Waktu kerja yang fleksibel.
  • Pemasaran yang murah dan bervariasi.

Baca juga: Mulai Bisnis Online Untung Tanpa Modal, Begini Caranya!

Everpro

Medium Penyaluran Bisnis Online

cara bisnis online
Sumber: pexels.com

Setelah memahami pengertian dan keuntungan yang bisa anda dapatkan dari bisnis online, selanjutnya anda perlu memperhatikan media apa yang akan anda manfaatkan. Anda bisa memilih berbisnis melalui website, media sosial, atau marketplace. Berikut penjelasannya:

1. Bisnis Online Melalui Website

Media pertama yang bisa anda gunakan adalah website. Seperti brand-brand ternama yang pernah anda lihat selalu memiliki website sebagai pilihan platform penjualannya.

Contohnya adalah NIKE, Adidas, H&M, dan masih banyak lagi. Anda bisa mengikutinya dengan membuat website sebagai tempat berbisnis anda.

Memang biayanya tidak selalu murah, namun dengan memiliki website makan brand anda akan terlihat lebih profesional dan kredibel, selain itu pembeli juga bisa mengetahui detail tentang perusahaan dan produk/jasa yang anda tawarkan.

2. Bisnis Online Melalui Media Sosial

Media lain yang bisa anda manfaatkan adalah sosial media. Pada awalnya, platform ini hanya digunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi. Namun saat ini pebisnis dapat memanfaatkannya untuk menawarkan usahanya.

Contoh dari media sosial yang bisa anda manfaatkan antara lain: Instagram, Facebook, TikTok, dan Twitter. Setiap sosial media tersebut memiliki keunggulan dan segmentasi yang berbeda.

Anda bisa menyesuaikan media sosial tersebut dengan jenis usaha yang anda tawarkan.

3. Bisnis Online Melalui Marketplace

Media terakhir yang bisa anda gunakan untuk memulai usaha online adalah melalui marketplace. Platform ini menjadi wadah para penjual menawarkan produk atau jasa secara online di satu tempat.

Caranya juga cukup mudah, anda hanya perlu mendaftar sebagai penjual, memasang produk, dan menunggu dapat pembeli untuk bertransaksi. Kelebihan dari marketplace adalah platform ini merupakan tempat berkumpulnya target konsumen potensial.

Beberapa contoh marketplace terbesar dan memiliki banyak pengguna antara lain Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan Blibli.

Cara Memulai Bisnis Online

cara bisnis online
Sumber: pexels.com

Setelah memahami pembahasan sebelumnya kini tiba saatnya untuk anda mula berbisnis online. Berikut beberapa cara untuk memulainya:

  • Melakukan Riset Pasar

Tahapan ini adalah teknik untuk mengumpulkan dan menganalisis data juga informasi mengenai target pasar. Dengan begitu, anda dapat mengetahui bagaimana perilaku konsumen, juga apakah produk atau layanan yang anda tawarkan dapat menjawab kebutuhan mereka.

Caranya adalah dengan wawancara, diskusi kelompok, atau survei online. Anda juga bisa menguji coba produk/layanan dengan menawarkan langsung ke target pasar dan melakukan riset, yaitu dengan meminta pendapat dari yang mencobanya.

  • Menentukan Produk/Jasa Untuk Dijual

Setelah melakukan riset dan menemukan apa yang menjadi kebutuhan target konsumen, anda bisa mulai menentukan produk/jasa apa yang akan dijual. 

Jika anda telah melakukan percobaan dengan menawarkan dan meminta tanggapan dari yang mencobanya, anda bisa melakukan penyempurnaan akan produk atau layanan sebelum secara komersial menjualnya.

  • Menentukan Strategi Penjualan

Selanjutnya, anda mulai menetapkan strategi penjualan meliputi target konsumen, penentuan harga, cara memasarkan produk atau jasa anda.

  • Membuat Visi Misi

Hal penting yang harus anda lakukan selanjutnya adalah menentukan visi dan misi dari bisnis yang anda jalankan. Karena hal inilah yang menjadi acuan untuk terus menjalankan bisnis, selain itu juga bisa menjadi keunggulan yang anda miliki dibandingkan kompetitor.

  • Menentukan Metode Pembayaran

Sebelum menjual atau menjalankan bisnis anda harus sudah menentukan proses pembayaran dengan cara apa. Tentu anda tidak ingin terlihat bingung ketika proses deal dengan konsumen tapi tidak tahu bagaimana cara menyelesaikan transaksinya.

Anda bisa memberikan beberapa pilihan yang memudahkan proses transaksi bisnis online, misalnya dengan transfer, e-payment, atau COD.

  • Menentukan Proses Pengiriman

Apabila jenis bisnis yang anda jalankan adalah dengan menjual produk, maka anda harus menentukan proses pengirimannya terlebih dahulu.

Saat ini sudah banyak jasa pengiriman yang bisa menjadi mitra dan anda juga bisa lebih hemat dengan layanan yang ditawarkan.

Baca juga: Ide dan Tips Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Cara Bisnis Online Tanpa Modal

cara bisnis online
Sumber: google.com

Sudah memahami cara berbisnis online tapi khawatir karena tidak punya modal? Tidak perlu takut, berikut cara yang bisa anda lakukan meski tanpa modal:

1. Membuat Daftar Kemampuan yang Berpotensi Menjadi Cuan

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah membuat daftar kemampuan apa saja yang bisa anda lakukan dan berpotensi untuk menghasilkan pendapatan. Hal tersebut tidak perlu yang harus mengeluarkan biaya.

Misalnya anda memiliki kemampuan menulis dengan mengaplikasikan teknik SEO, maka anda bisa menjadikan hal tersebut lahan bisnis dengan menjadi freelancer atau semacamnya.

2. Ide Bisnis Online yang Bisa Dimulai Tanpa Modal

Berikut beberapa ide yang bisa anda ikuti untuk mulai berbisnis tanpa modal:

  • Menjadi freelancer, ada banyak jenisnya seperti copywriter, editor, desainer, dan banyak lagi. Anda bisa mengakses website freelancer.com untuk mencari tahu lebih lanjut.
  • Menjadi Blogger.
  • Dropshipper.
  • Memberi Jasa Konsultasi.
  • Membuka Kursus Online.
  • Menjadi Translator.
  • Menjadi Virtual Assistant.
  • Paid Surveyor.

Cara Bisnis Online Pemula

cara bisnis online
Sumber: pexels.com

Walaupun anda baru akan memulai bisnis online tentu peluang mendapatkan untung tetap ada. Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang ada pada bagian cara memulai bisnis online dalam artikel ini. 

Selanjutnya ikuti langkah berikut ini:

  • Menentukan Platform Tempat Berjualan

Seperti pembahasan sebelumnya terdapat medium dalam menjalankan bisnis online, selanjutnya anda tentukan melalui apa anda akan berjualan.

Sebagai pemulai akan lebih aman dan mudah jika anda memulai bisnis dengan memanfaatkan media sosial dan marketplace, karena kedua hal tersebut memiliki fitur keunggulan tersendiri dan tidak perlu mengeluarkan modal untuk membuka tokonya.

  • Mencari Supplier Bagus dan Terpercaya

Apabila anda hendak menjadi dropshipper atau reseller, anda dapat menjual kembali barang dari supplier. Tapi pastikan untuk mendapatkan barang dari supplier yang terpercaya, yaitu dari tangan pertama (brand utama).

Selain itu dalam memenuhi bahan baku untuk menjual juga pasti anda akan membutuhkan distributor, maka anda juga perlu memperhatikan dan menelusuri track record nya terlebih dahulu untuk memastikan bahwa anda mendapatkan barang dari distributor terpercaya dan terhindar dari penipuan.

  • Menentukan Tema dan Desain Online Shop

Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah tema dan desain dari toko online anda. Untuk menentukannya anda bisa menyesuaikan dengan jenis produk dan target konsumen.

Misalnya, produk yang anda tawarkan adalah perlengkapan pria anda bisa memilih warna abu-abu, hitam, atau navy untuk tema produk dan toko anda. 

Dengan menentukan tema dan desain yang sesuai juga akan memberikan visual yang menarik target konsumen untuk mampir ke toko online anda.

  • Menambahkan Produk 

Setelah anda menentukan tema, anda bisa mulai menambahkan produk di etalase toko anda. Pastikan anda memperhatikan beberapa aspek seperti: foto produk orisinil dan menarik, memberi informasi dan deskripsi produk yang jelas, menetapkan harga yang kompetitif.

  • Membuat Strategi Pemasaran

Langkah terakhir untuk memulai berbisnis adalah membuat strategi pemasaran untuk produk dan brand anda. Pada awal mula mendirikan usaha, anda perlu berfokus dalam pengenalan kepada target konsumen.

Anda bisa memanfaatkan media sosial dan Ads berbayar. Pelajari strategi digital marketing untuk mengoptimalkan strategi pemasaran anda. Dengan begitu anda juga bisa lebih mudah meraih keuntungan.

Demikian penjelasan lengkap mengenai cara bisnis online yang bisa anda lakukan untuk mulai meraup keuntungan.

Semoga informasi artikel ini bermanfaat untuk anda.

Nantikan artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?