Syarat, Cara Kerja TikTok Affiliate dan Keuntunganya

Yuk, cari tahu cara kerja TikTok Affiliate dan keuntungannya lewat artikel berikut ini.

Apakah Kamu tahu Natasya Surya?, Beliau adalah seorang konten kreator TikTok dengan 1,7 juta pengikut, kerap membagikan konten video daily aktivitas dan review produk, termasuk makeup. 

Dari review produk tersebut, Natasya mendapatkan hasil pembayaran atau komisi dari brand atau merek, pekerjaan yang mendapatkan pembayaran dari brand atau merek disebut sebagai TikTok Affiliate.

Berdasarkan data.goodstats.id, para affiliate TikTok menghasilkan penjualan sebesar 17% untuk e-commerce, yang berada di posisi kedua setelah Shopee. 

Hal ini menunjukkan bahwa TikTok Affiliate memiliki potensi untuk menghasilkan penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pekerjaan lainnya.

Jika Kamu tertarik untuk berkarir sebagai TikTok Affiliate, simak penjelasan tentang syarat, cara kerja, dan keuntungannya di artikel ini.

Baca Juga : Trik Mudah Cara Menambahkan Link Shopee di Bio Tiktok, Cocok untuk Pemula!

Syarat Mendaftar Tiktok Affiliate

cara kerja tiktok affiliate
Sumber. Freepik.com

Untuk mendaftar TikTok Affiliate tidak bisa sembarangan karena ini berkaitan dengan ranah profesional dan juga untuk melindungi dari sesuatu yang tidak diinginkan, Kamu harus memenuhi syarat-syarat berikut:

1. Usia Minimal 18 tahun

TikTok Affiliate adalah program yang memungkinkan pengguna TikTok untuk mempromosikan produk atau layanan dari merchant tertentu dan akan mendapatkan komisi dari penjualan yang dihasilkan.

Oleh karena itu, TikTok menetapkan syarat usia minimal 18 tahun untuk memastikan bahwa pengguna yang mendaftar program ini telah memiliki pemahaman yang baik tentang program dan tanggung jawabnya karena mereka juga akan meminta melampirkan file KTP.

Mengikuti kebijakan TikTok juga Anda wajib mengubah tanggal lahir di TikTok agar melindungi penggunanya juga.

2. Akun TikTok Terverifikasi dan Minimal 100 Followers

TikTok Affiliate adalah program yang mengandalkan pengaruh dari konten kreator untuk mempromosikan produk atau layanan.

Oleh karena itu, TikTok menetapkan syarat memiliki akun TikTok yang aktif dan memiliki setidaknya 100 pengikut untuk memastikan bahwa konten kreator memiliki basis audiens yang cukup untuk mempromosikan produk atau layanan.

Namun yang perlu kamu pertimbangkan adalah ketika mendaftarkan akun TikTok Shop kamu harus minimalnya punya 1000-2000 ribu followers.

3. Memiliki Rekening Bank

TikTok Affiliate akan membayar komisi kepada konten kreator melalui rekening bank.

Oleh karena itu, TikTok menetapkan syarat memiliki rekening bank untuk memastikan bahwa konten kreator dapat menerima pembayaran komisi.

Baca Juga : Cara Jualan di TikTok Tanpa Stok Barang, Ini Trik & Tipsnya

Cara Kerja TikTok Affiliate

cara kerja tiktok affiliate
Sumber. Everpro.id

Proses cara kerja TikTok Affiliate dapat digambarkan dalam gambar di atas, dengan mengikuti penjelasan sebagai berikut :

1. Daftar Program TikTok Affiliate

Jika Kamu sudah memenuhi persyaratan di atas sebagai konten kreator  cobalah untuk mendaftarkan diri ke program TikTok Affiliate, sebelumnya Kamu harus sudah mengaktifkan fitur monetisasi pada Akun TikTok.

2. Dapatkan Undangan Merchant

Setelah pendaftaran diterima, konten kreator akan mendapatkan kode unik dari merchant yang ingin dipromosikan.

Kode unik ini akan digunakan untuk melacak penjualan yang dihasilkan dari promosi konten kreator yang bisa disebarkan dalam bentuk link. 

Link ini tentunya memiliki batas sehingga tidak bisa selamanya menghasilkan karena setiap brand punya batas waktu campaign.

3. Buat Konten Promosi

Konten kreator membuat konten promosi yang berisi kode unik tersebut. Konten promosi tersebut dapat berupa video, foto, atau teks bisa secara hard selling ataupun soft selling selama tidak melanggar Peraturan Komunitas TikTok.

Dalam konten promosinya, konten kreator menjelaskan keunggulan produk atau layanan merchant dan mengajak para pengikutnya untuk membeli produk atau layanan tersebut.

4. Followers TikTok Mengklik Tautan Link

Ketika para Followers ataupun pengguna TikTok yang lain mengklik tautan kode unik tersebut akan diarahkan langsung ke halaman produk atau layanan merchant.

5. Followers Melakukan Pembelian

Jika followers atau pengguna TikTok tersebut melakukan pembelian, Maka Konten Kreator akan akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Komisi ini akan dibayarkan oleh merchant kepada Konten Kreator.

6.Komisi TikTok Affiliate Cair Setiap Bulan

Komisi untuk Konten kreator yang memenuhi syarat untuk mencairkan komisi akan menerima pemberitahuan melalui email, dan komisi tersebut dapat dicairkan setiap bulan melalui rekening bank yang telah didaftarkan. 

Baca Juga : [TERBARU] Ini Dia Rincian Biaya Admin TikTok Shop dan Cara Hitungnya

Cara Menghitung Keuntungan TikTok Affiliate

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja seorang TikTok Affiliate, Kamu juga harus tahu berapa persentase keuntungannya.

Menurut informasi dari website TikTok, bahwa persentase keuntungan  TikTok Affiliate ditentukan oleh merchant yang dapat berupa persentase atau nominal.

Umumnya, persentase komisi TikTok Affiliate berkisar antara 5% hingga 10%. Namun, ada juga merchant yang menetapkan komisi lebih tinggi, yaitu hingga 20%.

Berikutnya adalah cara menghitung keuntungan TikTok Affiliate dengan menggunakan Rumus Keuntungan = Komisi * Jumlah Penjualan

Komisi adalah persentase atau nominal yang ditetapkan oleh merchant untuk setiap penjualan. Sedangkan jumlah Penjualan adalah jumlah produk atau layanan yang terjual dari promosi Konten Kreator.

Untuk mempermudahnya Everpro akan memberikan  contoh cara kerja penghitungannya. Pada bulan Januari, Ayu berhasil menjual produk kosmetik dari brand “Wardah” sebanyak 100 produk dengan total penjualan sebesar Rp10.000.000.

Dengan demikian, keuntungan TikTok Affiliate yang didapatkan Ayu adalah sebesar, Keuntungan = 10% * Rp10.000.000 = Rp1.000.000

Jadi, Ayu mendapatkan keuntungan sebesar Rp1.000.000 dari promosi produk kosmetik “B” pada bulan Januari.

Demikianlah penjelasan tentang syarat, cara kerja hingga cara menghitung keuntungan dari program TikTok Affiliate di Indonesia. 

Jika kamu belum punya pengalaman affiliate, tapi punya akun TikTok dan ingin jualan tanpa stok barang, Everpro Affiliate Program bisa jadi solusi. Bergabunglah secara “Gratis” di situs web Everpro.

Semoga Artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk membaca artikel lainnya dengan mengunjungi blog Everpro.id.

Picture of Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya
Menu
© 2024 Everpro by Evermos.