Cara Monetisasi TikTok Lebih Cepat, Coba Sekarang Juga !

Ingin menghasilkan uang dari TikTok? Simak cara monetisasi TikTok dengan lebih cepat di artikel ini!

TikTok, yang merupakan salah satu platform media sosial yang populer di dunia, termasuk di Indonesia, tidak hanya digunakan untuk hiburan, tetapi juga dapat menjadi sumber penghasilan bagi para kreator.

Artikel ini akan membahas cara mengaktifkan monetisasi akun TikTok. Dari peningkatan visibilitas hingga kemitraan dengan merek atau brand untuk menghasilkan pendapatan lebih cepat melalui platform media sosial ini. 

Baca Juga : Cara Live di TikTok Tanpa 1000 Followers? Bisa Banget!

Persyaratan Monetisasi TikTok

Cara Monetisasi TikTok
Sumber. Freepik.com

Persyaratan untuk monetisasi akun TikTok adalah aturan yang mengatur bagaimana kreator TikTok dapat menghasilkan uang dari platform tersebut.

Aturan ini mencakup beberapa ketentuan untuk mengaktifkan monetisasi, jenis konten yang dapat dimonetisasi, dan cara pembayaran yang digunakan.

Persyaratan untuk Mengaktifkan Monetisasi

Untuk mengaktifkan monetisasi akun TikTok, kreator harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Berumur minimal 18 tahun.
  • Memiliki akun TikTok yang telah terverifikasi.
  • Memiliki setidaknya 10.000 pengikut.
  • Akun TikTok tidak memiliki pelanggaran kebijakan TikTok.

Jenis Konten yang Dapat Dimonetisasi

TikTok menawarkan berbagai fitur monetisasi yang dapat digunakan oleh kreator untuk menghasilkan uang. Jenis konten yang dapat dimonetisasi melalui fitur-fitur tersebut meliputi:

  • Live streaming, Kreator dapat menghasilkan uang dari live streaming dengan menerima tip dari penonton.
  • Video pendek,  Kreator dapat menghasilkan uang dari video pendek dengan memasang iklan di video tersebut.
  • Kreator dapat menghasilkan uang dari koleksi dengan menjual produk atau layanan mereka.

Cara Monetisasi Akun TikTok

Cara Monetisasi TikTok
Sumber. Freepik.com

Untuk bisa mendapatkan penghasilan, Anda perlu mengaktifkan fitur monetisasi pada Akun TikTok dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi TikTok di perangkat Anda.
  • Ketuk ikon profil Anda di sudut kanan bawah layar.
  • Ketuk Tentang.
  • Gulir ke bawah dan ketuk Monetisasi
  • Ketuk Buat Akun Creator.
  • Ikuti instruksi di layar untuk membuat akun Creator.
  • Setelah akun Creator Anda dibuat, ketuk Lanjutkan.
  • TikTok akan memeriksa persyaratan monetisasi Anda.
  • Jika Anda memenuhi persyaratan, TikTok akan mengaktifkan monetisasi untuk akun Anda.

Program Monetisasi di TikTok

TikTok menawarkan berbagai cara bagi kreator untuk menghasilkan uang dari konten mereka. Berikut penjelasan singkat tentang beberapa jenis program atau fitur platform monetisasi yang populer

1. TikTok Pulse

TikTok Pulse ini baru diluncurkan dalam versi beta, program ini menghubungkan kreator dengan brand. Brand dapat mensponsori konten kreator, seperti menyebutkan produk atau layanan mereka di video. Kemudian Kreator akan menerima komisi berdasarkan kinerja konten yang disponsori.

2. TikTok Creator Fund

TikTok Creator Fund adalah program monetisasi resmi TikTok untuk video pendek, sekaligus sistem untuk membayar kreator yang memenuhi persyaratan monetisasi. Pembayaran tersebut akan setiap bulan berdasarkan jumlah penonton dan interaksi yang konten kreator dapatkan.

Sistem ini akan secara default aktif bagi Kreator yang memenuhi persyaratan usia pengguna 18+, akun terverifikasi, 10.000+ pengikut, konten sesuai kebijakan TikTok.

TikTok akan menayangkan iklan di video kreator dan mereka mendapat bagian dari pendapatan iklan berdasarkan jumlah penonton dan interaksi.

3. TikTok Creator Marketplace

Berikutnya yaitu TikTok Creator Marketplace yang merupakan platform resmi TikTok untuk menghubungkan kreator dengan brand untuk kolaborasi dan kampanye.

Brand dapat mencari kreator sesuai keahlian dan audiens mereka untuk membuat konten sponsored.

Lalu Kreator dapat mengajukan proposal atau menerima tawaran langsung dari brand.

4. TikTok Shopping

TikTok Shopping adalah fitur e-commerce yang memungkinkan kreator menjual produk langsung di profil mereka.

Kreator dapat menambahkan link di bio agar nantinya menuju ke toko online mereka atau menjual produk secara langsung melalui TikTok Shop. Kemudian Kreator akan mendapat komisi dari setiap penjualan yang terjadi melalui TikTok.

5. TikTok Ads

TikTok Ads adalah platform iklan mandiri TikTok yang memungkinkan untuk brand dan kreator membuat dan mengelola kampanye iklan.

Jadi para Kreator juga dapat menggunakan TikTok Ads untuk mempromosikan produk mereka sendiri atau brand lain. Pendapatan berasal dari biaya iklan dari bayaran brand.

6. TikTok Live Streaming

Kreator dapat melakukan live streaming dan menerima tip atau hadiah virtual dari penonton, hadia ini virtual ini dapat di tukar dengan uang tunai. Popularitas dan engagement live streaming berpengaruh pada jumlah tip dan pendapatan.

7. Affiliate Marketing

Terakhir yaitu dengan mendaftar tiktok affiliate, sehingga Kreator dapat mempromosikan produk atau layanan orang lain dengan menyertakan link afiliasi di bio atau video mereka.

Kreator akan mendapat komisi jika seseorang membeli produk melalui link afiliasi mereka. Untuk bisa sukses Anda perlu memilih produk atau brand yang relevan dengan audiens atau followers Anda.

Baca Juga : Yuk, Intip! Ini Cara Meningkatkan Penjualan di TikTok Shop

Tips Meningkatkan Peluang Monetisasi TikTok

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan peluang kreator untuk mendapatkan monetisasi TikTok:

1. Buatlah Konten yang Berkualitas dan Menarik

Konten yang berkualitas dan menarik akan lebih berpeluang untuk mendapatkan banyak penonton dan interaksi.

Lalu perhatikan juga kapan waktu FYP dan jam yang tepat untuk upload konten yang pada akhirnya akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan monetisasi.

2. Buatlah Konten yang Relevan dengan Audiens Anda 

Konten yang relevan dengan audiens akan lebih berpeluang untuk menarik perhatian mereka dan mendorong mereka untuk berinteraksi dengan konten Anda.

Selain itu juga dengan membuat konten yang sesuai dengan target audience memudahkan konten Anda untuk muncul di beranda mereka lewat algoritma TkTok.

3. Gunakan Hashtag 

Dengan menggunakan hashtag yang relevan untuk meningkatkan visibilitas konten Anda. Hashtag adalah cara yang bagus untuk membuat konten Anda lebih mudah ditemukan oleh pengguna TikTok lainnya.

4. Promosikan Konten ke Media Sosial Lainnya

Untuk menjangkau audiens di platform media sosial lainnya dapat membantu Anda untuk menjangkau lebih banyak orang dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan monetisasi.

5. Ikuti Tren yang Populer di TikTok

Mengikuti tren mulai dari backsound, filter yang sedang populer adalah cara cepat FYP di Tiktok  agar Anda mendapatkan lebih banyak penonton dan interaksi lewat tren dan algoritma juga bisa.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, kreator TikTok dapat meningkatkan peluang untuk menghasilkan uang dari platform tersebut.

Semoga penjelasan dalam artikel ini membantu!. Jangan lupa untuk membaca artikel tentang bisnis, digital marketing, shipping dan  lainnya di blog Everpro.id.

Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya