everpro

Wajib Tahu! Cara Kirim Barang Lewat Kargo Pesawat Cepat, Aman, dan Terjamin

Apakah kamu sudah tahu cara kirim barang lewat kargo pesawat? Kalau belum, saat yang tepat untuk membaca artikel Everpro. Yuk, simak sampai habis, ya!

Mengirim barang melalui kargo pesawat tidak hanya menjadi salah satu opsi pengiriman yang memudahkan, namun juga telah menjadi pilihan banyak orang dalam mengatasi kebutuhan pengiriman.

Dalam zaman modern ini, berbagai jasa pengiriman barang telah merajai pasar, memberikan solusi efektif untuk meminimalkan kerepotan dalam mengantar barang ke tujuan.

Banyak orang telah beralih ke layanan pengiriman udara untuk kecepatan dan keamanannya.

Selain pengiriman yang lebih efisien, kargo pesawat juga memungkinkan pengirim untuk mengirimkan barang dalam jumlah besar, menjadikannya solusi yang optimal untuk kebutuhan bisnis dan industri.

Kemampuan untuk mencapai tujuan dengan waktu yang singkat membuat pengiriman kargo pesawat menjadi pilihan utama untuk situasi mendesak atau kebutuhan logistik yang membutuhkan ketepatan waktu.

Apa Bisa Kirim Barang Lewat Pesawat?

kirim barang lewat pesawat
Sumber: Freepik

Tentu saja, kita dapat menggunakan pesawat untuk mengirim barang. Menggunakan pesawat sebagai sarana pengiriman barang menjadi salah satu opsi yang memudahkan proses pengiriman dengan kecepatan dan ketepatan.

Selain itu, penggunaan pesawat sebagai transportasi barang juga dapat mengurangi risiko kerusakan pada barang, karena kecepatan pengiriman yang dapat meminimalkan risiko kerusakan akibat benturan atau faktor lainnya.

Apa itu Kargo Pesawat?

cara kirim barang lewat kargo pesawat
Sumber: Freepik

Dalam pengiriman kargo pesawat, penggunaan transportasi udara seperti pesawat atau helikopter digunakan untuk mengirimkan berbagai jenis barang.

Jenis muatan yang dapat dikirim melibatkan barang bersifat cair, padat, hidup, dan variasi lainnya.

Penting untuk diingat bahwa setiap kargo yang diangkut melalui udara harus dilengkapi dengan dokumen pengiriman yang sesuai, seperti surat muatan udara dan dokumen lainnya.

Dokumen-dokumen ini bukan hanya sebagai persyaratan formal, melainkan juga sebagai jaminan untuk kelancaran dan kepatuhan proses pengiriman sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dengan adanya dokumen tersebut, keamanan dan ketepatan waktu selama pengiriman kargo pesawat dapat terjamin.

Baca Juga: Apa Perbedaan Pengiriman Reguler dan Cargo? Ini 7 Perbedaannya!

Kelebihan dan Kekurangan Pengiriman Kargo Pesawat

cara kirim barang lewat kargo pesawat
Sumber: Freepik

Penggunaan kargo pesawat memungkinkan penggunanya menikmati sejumlah kelebihan yang mungkin tidak dapat diperoleh jika memilih kargo transportasi lain.

Selayaknya, seperti halnya semua aspek dalam dunia ini, pengguna kargo pesawat perlu mempertimbangkan kekurangannya sebelum memutuskan menggunakannya.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan kargo pesawat yang perlu diperhatikan dalam konteks ini.

Kelebihan Kargo Pesawat

1. Dapat Menjangkau Berbagai Wilayah

Meskipun banyak wilayah di dunia sulit diakses oleh alat transportasi, pesawat mampu menjangkau wilayah tersebut, baik dengan landasan darat maupun tanpa landasan.

Keberadaan jaringan penerbangan yang sangat luas memungkinkan pengiriman paket hampir ke semua sudut dunia.

Dengan demikian, pesawat efektif dalam mengatasi kendala aksesibilitas wilayah yang sulit dijangkau oleh transportasi lainnya.

2. Standar Keamanan yang Tinggi

Jalur udara menerapkan standar perlindungan barang yang tinggi untuk mengurangi risiko perampokan, pencurian, dan cedera.

Bandara menerapkan pembatasan dan kontrol keamanan yang sangat ketat untuk menjamin keamanan. Sehingga, jalur udara menjadi pilihan yang aman dan andal untuk mengirimkan barang.

3. Jumlah Pengemasan Barang Lebih Sedikit

Pengiriman barang melalui udara biasanya membutuhkan jumlah pengemasan yang lebih sedikit daripada pengiriman melalui laut.

Keuntungan ini tidak hanya mempercepat proses pengemasan, tetapi juga mengurangi biaya yang terkait dengan layanan pengemasan tambahan.

Dengan demikian, penggunaan kargo via udara menjadi pilihan efisien yang dapat menghemat waktu dan biaya.

Kekurangan Kargo Pesawat

1. Tidak Sesuai untuk Pengiriman Barang Tertentu

Ruangan terbatas di pesawat terbang membuatnya kurang ideal untuk beberapa jenis barang, seperti bahan peledak, gas, baterai, dan bahan bakar.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan jalur pengiriman laut atau darat jika ingin mengirimkan barang-barang tersebut.

2. Kapasitas Terbatas

Seperti yang kita ketahui, pesawat beroperasi dengan prinsip terbang, sehingga beban berat sangat mempengaruhi kinerjanya.

Jika pesawat membawa barang dengan bobot melebihi batas maksimal, risiko kecelakaan dapat meningkat. Di samping itu, keterbatasan ruang di pesawat juga menyulitkan pengangkutan barang berukuran besar.

Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan batasan bobot dan ruang saat mengirimkan barang melalui pesawat.

3. Ketergantungan pada Kondisi Cuaca

Cuaca menjadi faktor penentu dalam pengiriman menggunakan pesawat. Saat cuaca buruk, pesawat tidak dapat terbang, yang berpotensi menyebabkan penundaan dan memengaruhi jadwal pengiriman.

Oleh karena itu, ketergantungan pada kondisi cuaca dapat mempengaruhi kelancaran proses pengiriman.

4. Biaya yang Tinggi

Biaya pengiriman melalui jalur udara lebih mahal dibandingkan dengan pengiriman melalui jalur lainnya.

Kenaikan biaya pengiriman melalui jalur udara disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu kecepatan pengiriman yang terjamin dan cakupan lokasi yang luas.

Cara Kirim Barang Lewat Kargo Pesawat

cara kirim barang lewat kargo pesawat
Sumber: Freepik

Banyak konsumen atau pelanggan memilih layanan kargo pesawat karena kecepatannya, terutama para pelaku bisnis online.

Selain itu, kehadiran layanan kargo ini juga menjadi solusi yang memudahkan pengiriman antar pulau.

Namun, tidak semua orang paham mengenai cara penggunaannya, sehingga mari kita coba bersama-sama untuk memahami lebih lanjut.

1. Syarat dan Ketentuan Pengiriman Kargo

Untuk berhasil dalam mengirim barang melalui kargo pesawat, langkah pertama yang perlu kamu ambil adalah memastikan bahwa barang yang dikirim adalah komoditi, bukan uang, dokumen, atau surat penting lainnya.

Penting untuk diingat bahwa barang yang tidak sesuai dengan Surat Tanda Terima Pengiriman (STTP) atau yang tertera pada Air Way Bill menjadi tanggung jawab pengirim, bukan perusahaan jasa.

Selain itu, perusahaan tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan yang diakibatkan oleh kejadian tidak terduga (Force Majeure).

Jika terjadi kerusakan atau perbedaan barang saat pengiriman, pengirim berhak mendapatkan kompensasi sebesar Rp. 1.000.000 sesuai kesepakatan.

Untuk barang dengan nilai tinggi, kamu dapat menggunakan jasa pengiriman kargo dengan tambahan biaya asuransi yang akan ditanggung oleh pihak pengirim.

2. Ketentuan Berat Barang yang Akan Dikirim

Salah satu aspek penting dalam cara mengirim barang lewat kargo pesawat adalah pemahaman terhadap poin ini.

Layanan pengiriman cargo pesawat umumnya menerapkan dua metode untuk menetapkan tarif pengiriman, yaitu berdasarkan berat atau bobot asli barang dan berdasarkan volume atau ukuran barang.

Pertimbangan tarif biasanya memasukkan kedua faktor, khususnya pada barang-barang yang ringan tetapi memiliki ukuran besar.

Perusahaan ekspedisi akan mengenakan tarif pengiriman berdasarkan kebutuhan ruang penyimpanan, meskipun barang tersebut memiliki bobot ringan.

Perusahaan ekspedisi cenderung memilih metode perhitungan yang menghasilkan biaya lebih tinggi.

Baca Juga: 11 Ekspedisi Murah Untuk Kirim Paket Diatas 10 Kg

3. Ukuran Barang yang Akan Dikirim

Ukuran barang harus sesuai dengan kapasitas pintu pesawat, karena semua barang akan melewati layanan penerbangan.

Umumnya, perusahaan ekspedisi domestik menetapkan ukuran maksimal kargo adalah panjang 150 cm, lebar 110 cm, dan tinggi 80 cm.

Jika ukuran barang melebihi ketentuan tersebut, pengiriman melalui kargo pesawat tidak akan memungkinkan. 

Jika ukuran terlalu besar, membagi barang menjadi dua kemasan bisa menjadi pertimbangan untuk memastikan kelancaran proses pengiriman.

4. Pengisian STTP atau Air Way Bill

Langkah berikutnya dalam prosedur pengiriman barang melalui udara adalah mengisi Surat Tanda Terima Pengiriman (STTP) atau Air Way Bill.

Kurir akan membawa Air Way Bill tersebut ke pabean untuk melakukan pemeriksaan barang, memastikan apakah barang telah lulus uji atau tidak.

Namun, jika kamu menggunakan jasa pengiriman barang, kamu sebagai pengirim hanya perlu memberikan kartu identitas yang masih berlaku dan menyediakan informasi detail mengenai barang yang akan dikirim.

Pihak jasa pengiriman akan mengisi STTP.

5. Pengiriman Barang

Langkah berikutnya dalam prosedur pengiriman barang melalui udara adalah proses pengirimannya.

Setelah barang melewati pemeriksaan dan mendapatkan persetujuan untuk dikirim, serta packing barang dianggap aman, barang akan dibawa ke gudang untuk menunggu waktu keberangkatan menuju lokasi tujuan dalam antrian pengiriman.

Namun, jika barang tidak mendapat persetujuan selama proses pemeriksaan, pihak jasa pengiriman yang membawa barang ke bandara kargo akan mengembalikannya atau memberikan laporan langsung kepada kamu jika tidak menggunakan jasa pengiriman.

6. Pengambilan Barang

Setelah barang kiriman mencapai bandara tujuan, bandara akan melakukan proses pengeluaran barang. Bandara kemudian memberikan informasi bahwa barang telah tiba dan siap untuk diambil.

Penerima barang dapat mengambilnya langsung di bandara dengan menunjukkan nomor Air Way Bill dan SMU (Surat Muatan Udara).

Namun, jika pengirim menggunakan jasa pengiriman door to door, barang akan diantar langsung ke rumah penerima tanpa perlu mengambilnya di bandara.

Apakah Aman Kirim Barang Lewat Kargo Pesawat?

cara kirim barang lewat kargo pesawat
Sumber: Freepik

Mengirim barang melalui kargo pesawat memiliki standar keamanan yang tinggi apabila kamu menggunakan layanan kargo pesawat yang terpercaya dan profesional.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk memastikan keamanan kargo pesawat sebagai berikut.

1. Pilih Layanan Kargo Pesawat Terpercaya

Pilih perusahaan layanan kargo pesawat yang memiliki reputasi baik dan sudah terbukti aman dalam pengiriman barang.

2. Packing yang Baik

Barang yang kamu packing harus memenuhi standar karena packing yang buruk akan meningkatkan risiko kerusakan selama proses pengiriman.

3. Lacak Pengiriman

Kamu dapat memantau posisi dan status pengiriman barang secara real time jika layanan tersebut menyediakan aplikasi sistem pelacakan pengiriman.

4. Asuransi

Asuransi memberikan perlindungan terhadap risiko kehilangan, kerusakan, bahkan pencurian. Oleh karena itu, jika barang kamu memiliki nilai yang tinggi sebaiknya menggunakan layanan asuransi.

5. Pemilihan Jenis Barang

Usahakan jenis barang yang akan kamu kirim sesuai dengan ketentuan pengiriman perusahaan pengiriman tersebut. 

6. Dokumen yang Lengkap

Periksa kembali apakah kamu sudah melengkapi dokumen yang diperlukan seperti Surat Tanda Terima Pengiriman (STTP) atau Air Way Bill dengan benar.

Selesai sudah pembahasan mengenai cara kirim barang lewat kargo. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari informasi mengenai kargo pesawat, ya!

Jangan lupa untuk share artikel ini di media sosialmu dan nantikan artikel selanjutnya yang pastinya menarik hanya di Everpro!

Bingung pilih pengiriman paket yang aman dan terpercaya untuk bisnis onlinemu? Jangan khawatir, kan ada Everpro Shipping yang siap bantu kamu!

Benefit Everpro Shipping

  • Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 35% untuk metode pengiriman reguler. (Ref: Promo Page)
  • Biaya Retur (mostly) gratis, COD fee 3%
  • Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 15+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi (Upload bulk orders)
  • Pencairan dana COD otomatis dalam 1×24 jam setiap hari (Senin-Minggu)
  • Jemput paket di mana saja dan bebas tentukan jadwalnya kapan saja. Tanpa minimal jumlah atau berat.
  • Data penjualan dan pengiriman tersaji dalam satu dashboard lengkap.
  • Mudah klaim bila paket bermasalah dengan fitur Ticketing antara user, tim Everpro, dan tim 3PL.

Daftar sekarang dan pengiriman paket bisnis onlinemu aman terkendali dengan Everpro Shipping!

Daftar Sekarang

Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya