Cargo: Pengertian, Jenis, Klasifikasi Barang dan Contohnya

Cargo adalah pengiriman barang-barang dengan muatan besar melalui jalur darat, laut, dan udara. Seperti pengiriman SN Cargo Adalah layanan logistik cargo populer menunjang opsi akomodasi door to door ke seluruh wilayah Indonesia, sedangkan Cargo Shopee adalah layanan pengiriman paket khusus barang berukuran besar yang memiliki berat barang di atas 10 kilogram.
cargo

Brand owner wajib tahu, seputar pengiriman cargo guna memberikan kemudahan dalam melakukan pengiriman barang produk sampai ke tangan konsumen. Apalagi Indonesia merupakan negara kepulauan, sehingga tidaklah mudah untuk melakukan pengiriman.

Apabila Anda belum mengetahui lebih lengkap informasi tersebut, langsung simak saja artikel hingga tuntas. Sehingga Anda mendapatkan gambaran lebih jelas maupun detail mengenai pengiriman kargo.

Pengertian Cargo Adalah

cargo
Sumber: google.com

Pengertian kargo adalah pengiriman barang-barang dengan muatan besar melalui jalur darat, laut, dan udara. Jarak tempuh yang dilalui cukup jauh mulai dari antar kota, antar provinsi, bahkan bisa antar negara.

Saat ini sudah banyak jasa ekspedisi yang menyediakan layanan kargo beserta variasi layanan tambahan lainnya. Sehingga pengiriman jarak jauh dengan muatan besar bukan menjadi penghalang bagi para pebisnis.

Apa Itu Cargo Beserta Jenis Pengirimannya?

cargo
Sumber: google.com

Sebagian masyarakat, mungkin belum mengetahui apa itu kargo beserta jenis pengirimannya dalam dunia jasa ekspedisi yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya, pengiriman kargo memiliki 3 (jenis) melalui jalur udara, laut, dan darat.

Baca juga: JNT Cargo: Solusi Kirim Paket Besar Tercepat dan Termudah

Kargo Melalui Darat

Kargo melalui darat menggunakan transportasi berupa truk, mobil besar, atau kereta api logistik yang sudah disediakan oleh pihak ekspedisi. Jenis pengiriman ini, biasanya untuk kiriman barang dengan jarak tempuh yang masih terbilang cukup dekat.

Contohnya seperti pelaku bisnis melakukan pengiriman antar pulau Jawa maupun pengiriman antar Kota di Indonesia, untuk mengantarkan hasil produksi. Selain itu, banyak anggapan bahwa kargo darat lebih murah dan mudah di tracking.

Kargo Melalui Laut

Pengiriman melalui laut merupakan jenis pengiriman barang volume besar dan lokasi tujuan barang cukup jauh untuk ditempuh melalui jalur darat. Sebagai contoh, pengiriman mesin atau zat kimia antar pulau atau pengiriman transportasi antar negara.

Everpro

Hampir tidak ada batasan untuk pengiriman melalui kapal laut, sebab di kapal tersedia banyak ruangan. Dari segi biaya ongkos kirim, kargo laut memang lebih murah daripada melalui darat maupun udara. Akan tetapi jenis ini memiliki durasi pengiriman lama.

Kargo Melalui Udara

Berbeda dengan kedua penjelasan di atas, kargo melalui udara menggunakan pesawat terbang dengan perlengkapan dokumen pengiriman barang seperti Surat Muatan Udara (SMU) atau surat Air WayBill (AWB).

Kelebihan jenis pengiriman udara yaitu barang kiriman Anda akan tiba pada 2 (dua) sampai 3 (tiga) hari saja. Namun dari kekurangannya, adalah biaya ongkos kirim relatif mahal dan muatan barang terbatas juga tidak bisa muatan besar.

Klasifikasi Barang Pengiriman Cargo Itu Apa?

cargo
Sumber: google.com

Jadi klasifikasi pengiriman cargo itu apa? Yaitu pembagian barang berdasarkan 2 (dua) golongan General dan Special. Karena pengiriman melewati jarak tempuh jauh, sehingga membutuhkan perhatian khusus.

General Kargo

Barang kiriman tidak perlu penanganan khusus, akan tetapi Anda wajib memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Special Kargo

Sebaliknya dari penjelasan di atas, barang kiriman membutuhkan penangan khusus. Agar tidak membahayakan atau mengganggu saat perjalanan.

Contoh Pengiriman Cargo Adalah 

Para pelaku bisnis memanfaatkan layanan pengiriman ini, guna produk industri sampai ke lokasi tujuan dengan tarif pengiriman murah. Supaya Anda lebih memahaminya, berikut penjelasan mengenai contoh pengiriman kargo adalah:

Baca juga: Pengusaha Wajib Tahu! Keunggulan Pengiriman JNE Cargo

Pengiriman SN Cargo Adalah 

cargo
Sumber: google.com

Layanan logistik populer melalui jalur udara dan laut, serta menunjang opsi akomodasi door to door ke seluruh wilayah Indonesia. Sebagai tambahan, SN kargo berpengalaman dalam menangani barang-barang tertentu.

Seperti pengiriman makanan minuman mudah basi, komoditas garmen dan tekstil, produk pengemasan, bahan-bahan farmasi, bahkan barang pindahan berukuran besar. Jasa ini menjadi pilihan bagi para pemilik bisnis di Indonesia.

Pengiriman Cargo Shopee Adalah

cargo
Sumber: google.com

Kargo Shopee adalah layanan pengiriman paket khusus barang berukuran besar yang memiliki berat barang di atas 10 kilogram. Sehingga pelanggan tidak merasa terbebani dengan tarif ongkos kirim mahal apabila pengiriman menggunakan ekspedisi biasa.

Dengan adanya layanan shopee ini, tarif ongkir cenderung lebih terjangkau daripada pengiriman regular pada umumnya. Shopee telah bekerjasama dengan 3 (tiga) jasa ekspedisi terpercaya khusus barang besar.

Mengenai tarif layanan, biasanya bervariasi tergantung jarak antar lokasi dan kebijakan dari pihak Shopee. Berikut ini merupakan gambaran tarif pengiriman berdasarkan ketiga ekspedisi yang telah bekerjasama dengan pihak Shopee.

JNE Trucking atau JTR

Memiliki tarif ongkos kirim yang standar mulai dari Rp30.000 per 10 Kilogram, itupun menyesuaikan lokasi tujuan barang kiriman.

JNT Kargo

Tarif pengiriman JNT Kargo bisa sangat variatif, sebab menyesuaikan dengan lokasi pengiriman. Contohnya, pengiriman Jakarta Yogyakarta yaitu Rp50.000 per 10 Kg.

SiCepat Gokil atau Kilat Kargo

Untuk pengiriman kilat dari SiCepat, dari segi biaya menjadi penentu mahal atau tidaknya tarif ongkir. Biasanya mulai dari Rp15.000 per 10 Kg.

Demikian ulasan mengenai kargo meliputi pengertian, jenis pengiriman, klasifikasi, dan contohnya. Informasi di atas, tentu dapat memudahkan Anda dalam melakukan pengiriman maupun penerimaan barang berukuran besar.

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi. Terima kasih sudah membaca! Nantikan juga artikel Everpro berkualitas lainnya, yang pastinya membantu perkembangan bisnis Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?