everpro

3 Cara Melacak Paket JNE dengan Mudah dan Akurat

Masih belum tahu cara cek pengiriman JNE? Berikut artikel untuk mengetahui cara melacak paket JNE dengan mudah dan pastinya akurat.

Saat anda berbelanja online melalui marketplace apapun, baik itu Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lainnya pasti akan mendapatkan nomor resi sebagai cara mengecek paket JNE. Dengan begitu anda bisa mendapatkan update mengenai status pengiriman.

Jika anda mengirim barang langsung ke jasa pengiriman karena keperluan personal juga pasti akan mendapatkan nomor resi tersebut. Hal ini untuk memudahkan pengirim maupun penerima dalam melihat kondisi pengiriman terkini.

Namun, jika anda masih belum memahami bagaimana cara mengecek paket JNE sudah sampai mana, anda tidak perlu bingung. Karena artikel ini akan membahas cara cek pengiriman JNE dengan mudah dan bisa dari mana dan kapan saja.

Sebelumnya baca terlebih dahulu cara mengecek nomor resi JNE dari paket anda.

Cara Mengecek Nomor Resi JNE

cara melacak paket jne
Sumber: pexels.com

Untuk bisa mengetahui cara cek barang JNE sudah sampai atau belum, anda harus tahu nomor resi terlebih dahulu. Karena nomor resi ini berguna untuk proses pelacakan.

Nomor resi adalah kode unik atau nomor pengiriman paket anda yang diberikan oleh pihak jasa kirim. Jika anda menunggu paket dari aktivitas belanja online, makan anda akan otomatis mendapatkannya dari penjual atau marketplace yang anda gunakan. 

Namun, jika anda menanti paket dari pengiriman secara langsung (pribadi), anda bisa meminta nomor resi dari pengirim. Selanjutnya anda bisa menggunakan aplikasi atau website yang menyediakan fitur ‘cek resi’, salah satunya adalah Everpro.

Letak nomor resi JNE biasanya berada dibawah barcode barang. Sedangkan dalam platform marketplace, anda dapat melihat pesanan anda dan pilih ‘detail pesanan’. 

Baca juga: 7 Layanan JNE Untuk Mempermudah Pengiriman Anda

Arti Status Pengiriman JNE

cara melacak paket jne
Sumber: google.com

Saat melacak paket JNE, anda akan melihat istilah atau kode dari status pengiriman. Istilah dari status tersebut yang menjelaskan kondisi pengiriman paket anda.

Agar lebih mudah memahami status setelah melakukan cara cek no resi JNE, berikut arti dari istilah-istilah status pengiriman JNE:

  • Manifest: artinya paket atau barang baru terdaftar di kantor JNE asal pengiriman.
  • On-Process: status ini berarti barang atau paket anda sedang dalam proses pengiriman atau perjalanan.
  • On-Transit: pengiriman barang atau paket anda sedang transit di kota atau kantor cabang tertentu.
  • Received on Destination: paket atau barang anda sudah sampai di kota tujuan dan akan melakukan pengiriman ke alamat tujuan.
  • Delivered: status ini artinya paket atau barang telah sampai ke alamat penerima, biasanya tercantum juga nama penerima barang.

Cara Lacak Paket JNE

cara melacak paket jne
Sumber: google.com

Setelah anda mengerti arti dari status pengiriman, anda akan lebih mudah saat informasi dari hasil lacak paket muncul. Dengan kemudahan teknologi, anda dapat menggunakan device apapun yang sudah terkoneksi dengan internet untuk bisa mengetahui cara cek paket JNE sudah sampai mana.

Anda bisa melacak langsung dari marketplace jika membeli secara online, bisa juga melalui website atau aplikasi resmi jasa pengiriman, dan melalui website lain yang memiliki fitur ‘cek resi’ seperti Everpro.

Baca Juga: Begini Cara Cek Resi JNE Untuk Update Kondisi Paket

Berikut 3 cara mengecek paket dengan mudah dan akurat:

  • Cara Mengecek Paket JNE Sudah Sampai Dimana via Marketplace

Jika anda berbelanja online melalui Shopee, Tokopedia, Lazada, atau lainnya berikut langkah-langkahnya:

  1. Membuka aplikasi atau website marketplace yang anda gunakan untuk melihat pengiriman paket.
  2. Masuk ke menu ‘transaksi’ atau ‘pesanan saya’.
  3. Pilih pesanan yang ingin anda lacak paketnya.
  4. Kemudian klik ‘detail pesanan’ atau ‘dikirim’ 
  5. Maka akan tampil detail kondisi pengiriman paket anda.
  • Cara Mengecek Paket JNE via Website Resmi JNE

Untuk anda yang ingin melacak paket bukan karena sudah berbelanja online, anda dapat cek melalui website atau aplikasi resmi JNE. Siapkan nomor resi dan ikuti langkah berikut ini:

  1. Masuk ke website resmi JNE pada browser yaitu: https://www.jne.co.id/
  2. Di beranda, akan tampil kolom ‘Lacak Kiriman’ kemudian ketik nomor resi yang akan anda cek pada kolom yang tersedia.
  3. Selanjutnya klik ‘Tracking’.
  4. Maka akan tampil ‘History Status’ sebagai informasi status pengiriman paket anda.
  • Cara Melacak Paket JNE via Everpro

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan website alternatif, yaitu Everpro. Fitur cek resi Everpro ini memberi kemudahan dalam update status paket.

Berikut langkah-langkah mudahnya:

  1. Masuk ke website resmi Everpro.
  2. Klik Cek Resi.
  3. Pastikan anda sudah memiliki nomor resi untuk diisi ke kolom Enter tracking number.
  4. Kemudian klik Track dan tunggu hingga mesin pencari menampilkan informasi terkini mengenai paket anda.

Demikian penjelasan mengenai beberapa cara lacak paket untuk melihat informasi terkini status pengiriman. Mudah bukan? Anda tidak perlu khawatir menunggu kedatangan paket. Hanya dari rumah saja anda akan mendapat status update paket anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Nantikan artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya