Everpro

9 Cara Memasarkan Produk di Google, Dari Gratis Hingga Iklan Berbayar!

Mau manfaatin Google sebagai media promosi? Artikel ini bakal kasih tahu kamu panduan lengkap cara memasarkan produk di Google yang ampuh!

Siapa sih yang nggak tahu sama Google. Selain sebagai mesin pencari, Google adalah salah satu alat periklanan yang paling ampuh dan mudah dikuasai oleh para pebisnis.

Nggak heran lagi, karena setiap harinya ada miliyaran orang yang melakukan pencarian di Google untuk cari tahu informasi produk yang lagi mereka butuhkan.

Karena itu, kalau kamu adalah pebisnis online, cara memasarkan produk di Google sangat layak untuk kamu coba terapkan.

Cara Memasarkan Produk di Google yang Efektif

cara memasarkan produk di google
Sumber: freepik.com

Membangun Website Bisnis 

Cara memasarkan produk di Google yang pertama adalah membuat website untuk bisnis. Website bisnis adalah tempat utama untuk menunjukkan produk atau jasa yang kamu tawarkan di Google.

Dengan punya website ini, kamu memiliki kontrol penuh atas konten dan tampilan websitenya. Ini juga bakal membantu kamu membangun kredibilitas bisnis dan menarik pelanggan yang potensial.

Untuk membuat website bisnis, kamu bisa manfaatkan layanan gratis hingga berbayar seperti WordPress, Shopify, Wix, dan banyak lagi.

Baca Juga: Ini Cara Membuat Website Toko Online Dengan Mudah

Tentukan Tujuan Website 

Tapi, sebelum membuat website, ada satu tahap yang harus kamu selesaikan dulu nih, yaitu menentukan tujuan utama dari website tersebut.

Kamu pasti pengen website bisnis tersebut bisa ningkatin penjualan kamu dan meraih keuntungan sebanyak mungkin, kan? Tapi kamu bisa tentukan tujuan yang lebih spesifik lagi.

Misalnya, untuk mendapatkan leads, meningkatkan brand awareness, atau hanya sekedar untuk portfolio bisnis. Nah dengan tujuan yang jelas, kamu bisa rancang strategi dan konten yang tepat.

Tentukan Target Audiens Website

Paham dan tahu siapa target audiens kamu adalah langkah yang paling penting dalam memasarkan produk kamu di Google.

Kamu perlu ketahui demografi, minta, dan kebutuhan target audiens sekaligus target pasar kamu. Sehingga, ini bakal bantu kamu dalam menyusun konten dan desain website yang menarik.

Dengan memahami target audiens website, kamu juga lebih mudah menjangkau dan mempengaruh mereka, termasuk ketika menentukan target untuk iklan berbayar (Google Ads) yang kamu lakukan.

Lakukan Riset Kata Kunci 

Memasarkan produk di Google sangat erat kaitannya sama kata kunci. Tanpa kata kunci, produk yang kamu pasarkan di Google nggak akan bertemu dengan target audiens nya.

Simpelnya, riset kata kunci adalah proses menemukan kata atau frasa yang diketik orang saat mereka cari produk yang kamu tawarkan di Google.

Ada banyak alat gratis untuk kamu riset kata kunci hingga volume pencariannya, seperti Google Keyword Planner, Ahrefs, atau SEMrush, dan banyak lagi.

Penggunaan kata kunci yang tepat dalam konten website kamu bakal ningkatin peluang website kamu muncul di hasil pencarian Google.

Desain Struktur yang Menarik 

Selanjutnya jangan lupa juga desain website kamu semenarik mungkin. Struktur website yang baik pastinya akan memudahkan pengunjung untuk menemukan informasi yang mereka cari.

Pastikan navigasi website kamu mudah digunakan, desainnya responsif alias bisa diakses di mobile dan desktop, dan tampilannya profesional.

Pakai juga elemen visual seperti gambar, video, dan grafis untuk membuat website kamu lebih menarik dan interaktif.

Baca Juga: 10 Struktur Landing Page yang Baik, Bikin Konversi Tinggi!

Jalankan Iklan Berbayar (Google Ads)

Nah masuk ke cara memasarkan produk di Google yang berbayar, saatnya kamu manfaatkan Google Ads untuk beriklan. Google Ads adalah fitur iklan berbayar yang sediakan oleh Google.

Beriklan dengan Google Ads ini bisa jadi cara efektif untuk website kamu bisa muncul di halaman pertama pencarian di Google.

Dengan Google Ads, kamu bisa targetkan kata kunci, lokasi, demografi, hingga minat pengguna yang lebih spesifik. Selain itu, kamu juga bisa menjangkau audiens yang lebih luas.

Jadi, hasil yang kamu dapatkan termasuk jika tujuanmu adalah penjualan bakal lebih cepat dibandingkan dengan metode organik atau tidak berbayar.

Buat Landing Page yang Efektif

Selain website, landing page juga penting banget. Landing page adalah halaman khusus yang dirancang untuk konversi tertentu, contohnya untuk ngumpulin leads atau ningkatin penjualan.

Pastikan landing page kamu punya headline yang menarik, deskripsi produk yang jelas, call-to-action (CTA) yang menonjol, dan desain yang sederhana namun menarik.

Semua elemen ini harus bekerja sama supaya bisa mendorong audiens melakukan tindakan yang kamu inginkan. Kalau kamu masih bingung beda landing page dan website, yuk baca disini.

Implementasikan Tracking untuk Konversi

Cara memasarkan produk di Google selanjutnya yaitu dengan pasang tracking. Tracking adalah cara untuk mengukur efektivitas campaign Google Ads yang kamu jalankan.

Untuk pasang tracking dan lacak datanya, kamu bisa pakai alat pendukung seperti Google Analytics dan Google Tag Manager.

Selain lacak konversi, kamu juga bisa tahu perilaku pengunjung dan performa iklan dari dua alat di atas. Nah data ini bisa bantu kamu tahu strategi yang ampuh dan tidak ampuh untuk kamu lakukan.

Rajin Melakukan Optimasi 

Cara terakhir yang tidak kalah penting adalah rajin melakukan optimasi. Optimasi adalah proses yang terus menerus harus kamu lakukan untuk meningkatkan performa website dan campaign kamu.

Untuk website, kamu bisa lakukan audit SEO secara berkala, perbarui konten, uji A/B untuk landing page, dan analisis data konversi untuk menemukan area yang bisa ditingkatkan.

Kalau kamu terus melakukan optimasi, dijamin deh strategi pemasaran kamu semakin lama akan semakin efektif dan kasih hasil yang maksimal untuk bisnis kamu.

Nah itulah dia beberapa cara memasarkan produk di Google yang bisa kamu coba terapkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa mencapai tujuan bisnis yang lebih baik melalui pemasaran yang gratis hingga berbayar.

Tapi tahu nggak sih kalau kamu bisa menjalankan cara-cara di atas cuma pakai satu layanan aja?

Layanan Google Ads di Everpro bisa jadi solusi untuk kamu para pebisnis online yang mau optimasi dan ningkatin penjualan bisnis di Google tanpa perlu ribet.

Ini dia keuntungan yang bakal kamu dapetin dari layanan Google Ads Everpro.

Benefit Everpro Google Ads Whitelisted

  • Edukasi beriklan Google Ads lengkap dari tim ahli Everpro
  • Akses prioritas dari Google jika akun kamu bermasalah
  • Transaksi dan credential akun aman dengan metode pembayaran khusus dari Everpro
  • Terhubung dengan ekosistem Everpro untuk dukung semua kebutuhan bisnismu

Selain lengkap dan aman, layanan Google Ads Whitelisted Account Everpro juga terjangkau!

Dengan top-up saldo minimal Rp5.000.000 kamu bisa mulai beriklan dan dapat GRATIS SEMUA BIAYA selama 2 bulan pertama!

Ayo segera daftar Everpro Google Ads Whitelisted!

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kesukesan bisnis online kamu ya! Nantikan informasi bermanfaat lainnya seputar bisnis hanya di Everpro.id!

Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya