Simak ulasan lengkap cara membuat iklan di Facebook yang efektif dan menghasilkan hanya di Blog Everpro di bawah ini!
Beriklan di Facebook merupakan salah satu yang bisa dilakukan agar bisnis online dapat meraup untung yang lebih besar lagi. Namun, kenyataannya belum banyak yang paham soal ini, padahal beriklan di Facebook adalah hal yang cukup penting.
Selain untuk meraup keuntungan, beriklan di Facebook juga bisa meningkatkan brand awareness. Ini sangat penting bagi bisnis agar semakin banyak orang yang tahu dan mengenal tentang brand tersebut.
Nah, untuk memaksimalkan bisnis, beriklan di Facebook merupakan hal yang harus kamu lakukan jika kamu memiliki bisnis. Pada artikel ini kami akan membahas bagaimana cara membuat iklan di Facebook untuk meningkatkan penjualan.
Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini sampai habis!
Baca juga: Cara Kerja Facebook Ads, Panduan Mudah untuk Pemula!
Apa itu Iklan di Facebook?
Facebook adalah media sosial yang sangat populer sejak didirikan pertama kali pada tahun 2004. Media sosial ini menyediakan platform periklanan digital yang sebelumnya bernama Facebook Ads kemudian kini bernama Meta.
Umumnya iklan yang muncul di Facebook merupakan iklan dari Meta. Platform periklanan dalam Facebook ini bisa membantu pengiklan dalam mempromosikan produk atau layanan bisnis melalui Facebook dan jaringan afiliasinya seperti Instagram dan Messenger.
Iklan tersebut dapat kamu pilih sesuai jenisnya, mulai dari menggunakan gambar, video atau carousel dapat menampilkan beberapa gambar dan video dalam satu posting iklan. Saat ini, Meta Ads menjadi platform periklanan paling populer dan efektif bagi banyak bisnis.
Keuntungan Menggunakan Iklan Facebook
Beriklan di Facebook dapat memiliki kegunaan yang sangat penting bagi bisnis:
- Targeting yang Tepat dan Terinci
- Biaya Efektif
- Tersedia Berbagai Format Iklan
- Analisis dan Pelaporan yang Kuat
- Jangkauan Luas
- Interaksi dan Engagement
- Retargeting
- Mobile Friendly
- Integrasi dengan Instagram
Menggunakan Facebook sebagai platform periklanan dapat memberikan banyak manfaat di atas. Karena banyaknya manfaat dari Facebook Ads, tak ayal platform ini menjadi platform periklanan terpopuler.
Tujuan Iklan
Berikut beberapa tujuan iklan yang sangat penting bagi bisnis:
-
Meningkatkan Kesadaran Merek
Tujuan dari iklan yang pertama adalah meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness. Ini sangat penting bagi bisnis. Terutama bagi bisnis yang baru berkembang.
-
Mengarahkan Traffic ke Situs Web
Dengan beriklan kamu dapat mengarahkan lalu lintas atau traffic ke situs web bisnis. Dengan begitu, pelanggan memiliki potensi besar untuk melakukan transaksi pada website tersebut.
-
Meningkatkan Penjualan atau Konversi
Tujuan utama dari beriklan adalah dapat meningkatkan penjualan atau konversi. Dengan begitu, bisnis dapat berkembang dan meraup keuntungan yang lebih besar.
Mengenali Target Audience
Untuk beriklan kamu harus mengenali terlebih dahulu target audience dari bisnis tersebut seperti berikut:
- Umur, jenis kelamin, lokasi
- Minat dan hobi
Menyiapkan Materi Iklan
Sebelum membuat iklan di Facebook, pastikan kamu telah menyiapkan materi iklan yang meliputi:
- Gambar atau video
- Teks iklan
- Call to action (CTA) yang jelas
3 unsur tersebut sangat penting dan harus dimasukkan ke dalam iklan agar iklan yang terpasang dapat produktif.
Langkah-Langkah Membuat Iklan
Berikut langkah-langkah dalam membuat iklan di Facebook:
1. Membuat Akun Facebook Business Manager
- Daftar akun Facebook Business Manager
- Menghubungkan halaman Facebook dan akun iklan
2. Buka Facebook Ads Manager
- Mengakses Ads Manager
- Mengetahui dashboard Ads Manager
3. Buat Kampanye Iklan
- Pilih tujuan kampanye
- Beri nama kampanye
4. Atur Set Iklan (Ad Set)
- Tentukan audiens target
- Pilih lokasi penempatan iklan
- Atur anggaran dan jadwal
5. Buat Iklan (Ad)
- Pilih format iklan (gambar, video, dll.)
- Unggah materi iklan
- Tulis teks iklan dan CTA
- Lihat pratinjau iklan
Baca juga: Kelas Belajar Facebook Ads Online 2024, Diajarin Sampai Jago Ngiklan!
Mengoptimalkan Iklan
Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan iklan:
1. Melakukan A/B Testing
- Buat beberapa versi iklan
- Analisis hasilnya
2. Pantau Kinerja Iklan
- Gunakan tools Ads Manager untuk melihat hasil
- Lihat metrik penting (klik, biaya per klik, dll.)
3. Sesuaikan Anggaran
- Atur anggaran berdasarkan kinerja iklan
Tips Tambahan dalam Membuat Iklan di Facebook
- Buat konten yang menarik
- Gunakan retargeting
- Ikuti perkembangan terbaru di Facebook
Itulah ulasan lengkap seputar cara membuat iklan di Facebook lengkap dengan langkah-langkahnya. Pastikan untuk mengenali target audience terlebih dahulu sebelum membuat iklan.
Kemudian juga yang tidak kalah penting adalah menyiapkan materi iklan. Materi dalam iklan dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan iklan itu sendiri. Pastikan juga melakukan semua langkah-langkah membuat iklan di Facebook dengan benar.
Setelah berhasil memasang iklan, kamu tetap harus menganalisis dan tetap mempelajari terkait periklanan. Jangan berhenti mencoba agar hasil iklan yang dipasang dapat berbuah manis untuk bisnis kamu.
Nah, jika kamu masih bingung gimana caranya membuat iklan yang efektif dan langsung bisa memberikan dampak positif bagi bisnis kamu, ada layanan belajar dari Everpro yang bisa jadi referensi dan sumber belajar untuk beriklan dengan efektif.
Layanan pembelajaran ini bernama Everpro Academy yang bisa bikin kamu jago jualan online dengan ilmu digital marketing dari mentor pro. Ayo mulai dan kembangkan bisnis onlinemu dengan program edukasi digital marketing yang intensif dan komprehensif.
Benefit Everpro Academy
Dapatkan keuntungan dari Everpro Academy seperti berikut:
- Akses ke 50+ materi pembelajaran
- Gabung komunitas belajar suportif
- Akses eksklusif produk terkurasi
Yuk, segera bergabung dengan ribuan orang yang sudah membuktikan sukses dengan Everpro Academy hanya dengan harga Rp. 650.000 dengan bonus langganan Everpro CRM dan Funnel selama 3 bulan. Buat manfaat 3 bulan, segitu gak sampe Rp7.500 perak per hari. Sekali makan aja lebih mahal, murah banget!