Kenali Fitur dan Cara Membuat Akun WhatsApp Business

Ingin meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan mengelola bisnis online kamu dengan lebih efisien? Kamu bisa menggunakan WhatsApp Business! 

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk keperluan bisnis online yang bisa memudahkan kamu dalam berinteraksi dengan pelanggan dan calon pelanggan.

WhatsApp Business banyak digunakan oleh banyak bisnis online sekarang ini karena memiliki fitur-fitur canggih yang bermanfaat untuk mengembangkan bisnis online kamu. 

Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui cara membuat akun WhatsApp Business dan ulasannya untuk bisnis online.

Bagaimana WhatsApp Business Membantu Bisnis?

cara membuat whatsapp business
Sumber: pexels.com

WhatsApp merupakan aplikasi yang sangat berguna bagi bisnis untuk meningkatkan interaksi dan hubungan dengan pelanggan. Berikut beberapa cara WhatsApp Business yang dapat membantu bisnis:

1. Komunikasi yang Lebih Cepat dan Efisien

Dengan menggunakan WhatsApp Business kamu bisa berkomunikasi dengan lebih cepat dan efisien. Hal ini karena WA Business memiliki fitur pesan otomatis, chat yang sudah dipersonalisasi, serta bisa menampilkan produk yang lengkap pada calon pembeli.

2. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Dengan menggunakan WA Business pemilik bisnis online dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan memberikan notifikasi terkait promosi, pesanan dan informasi penting lainnya.

Selain itu kamu juga bisa mengumpulkan feedback dari pelanggan secara langsung sehingga mengetahui apa yang mereka sukai dan meningkatkan produk serta layanan yang kamu tawarkan.

3. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan efisiensi operasional dengan bantuan WA bisnis. Ada banyak fitur seperti otomatisasi, laporan dan juga integrasi dengan alat lain yang bisa meningkatkan efisiensi operasional.

4. Meningkatkan Penjualan

Dengan bantuan WA bisnis kamu bisa meningkatkan penjualan dengan promosi, metode pembayaran lewat WA serta dukungan pelanggan yang baik yang berujung kepada penjualan.

Cara Membuat Akun WhatsApp Business 

cara membuat whatsapp business
Sumber: pexels.com

Setelah mengetahui beberapa keuntungan dari penggunaan WhatsApp Business, mari kita simak bagaimana cara membuat WhatsApp Business:

  1. Download aplikasi WhatsApp Business di Google Play Store atau App Store
  2. Verifikasi nomor telepon bisnis
  3. Perhatikan secara seksama Ketentuan Layanan kemudian Setuju
  4. Pilih negara dan masukkan nomor telepon bisnis kamu dalam format internasional
  5. Masukkan kode 6 digit yang kamu terima melalui SMS atau panggilan telepon
  6. Izinkan akses ke kontak, foto, video dan file
  7. Buat profil bisnis dengan mengisi nama bisnis, kategori bisnis dan memilih foto profil bisnis
  8. Tambahkan informasi pendukung seperti alamat, deskripsi, jam operasional, dan lainnya
  9. Kamu jelajahi fitur-fitur WA Bisnis yang tersedia

Fitur WhatsApp Business dan Cara Kerjanya

cara membuat whatsapp business
Sumber: pexels.com

Berikut beberapa fitur yang bisa kamu manfaatkan pada WhatsApp Business serta penjelasan cara kerjanya:

1. Profil Bisnis

Fitur yang pertama yaitu profil bisnis dimana kamu bisa mencantumkan informasi penting seperti alamat, jam operasional, deskripsi bisnis, dan tautan situs web.

2. Kategori Pelanggan

Fitur selanjutnya yang bermanfaat pada WA Bisnis adalah memberikan label atau kategori pelanggan. Dengan begitu kamu bisa mengelompokkan pelanggan berdasarkan kategori yang kamu buat tadi.

3. Auto Reply

Fitur auto reply merupakan fitur yang memungkinkan kamu untuk memberikan pesan selamat datang otomatis atau pesan otomatis untuk pelanggan yang menghubungi di luar jam kerja. Kamu bisa mengatur sendiri pesan yang ingin kamu kirimkan melalui fitur auto reply ini.

4. Broadcast Message

Kamu bisa mengirim pesan yang sama ke 256 penerima sekaligus berkat fitur yang bernama broadcast message.

5. Quick Reply

Terdapat fitur yang memungkinkan kamu untuk mengirim pesan dengan cepat dengan menyimpan balasan populer untuk pelanggan dan menggunakannya kembali di chat.

6. Katalog Produk

Melalui WA Bisnis kamu bisa menampilkan produk atau layanan dalam bentuk katalog yang tersusun rapi dan tampilan yang menarik.

7. Statistik

WA Bisnis bisa memberikan data berupa statistik chat yang dikirim, diterima dan dibaca oleh pelanggan yang bisa kamu analisa untuk meningkatkan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

8. Tautan

Kamu bisa membuat tautan yang bisa dibagikan dengan pelanggan untuk memulai obrolan atau langsung ke pesan tertentu.

9. Akses ke Maksimal 10 Perangkat

Dengan WA Bisnis Premium kamu bisa menghubungkan akun bisnismu sampai 10 perangkat. Kamu bisa menetapkan obrolan ke agen tertentu untuk balasan yang lebih cepat.

Integrasikan Bisnis Kamu dengan Everpro Chat

Selain fitur-fitur di atas kamu juga bisa mengintegrasikan bisnis kamu dengan Everpro Chat melalui WA Bisnis. 

Mengapa harus Everpro Chat? Karena dengan Everpro Chat kamu bisa memaksimalkan cuan dengan kelola semua obrolan lewat 1 akun WhatsApp Official yang bisa digunakan oleh semua anggota tim.

Everpro Chat juga punya banyak fitur yang sudah kompatibel dengan WA Bisnis seperti kelola dan kirim pesan broadcast dengan aman, bisa buka sesi chat baru untuk closing yang lebih mudah, chat tracking, WhatsApp API dan masih banyak lagi!

Kamu bisa membuat penggunaan WhatsApp Business jadi makin professional untuk bisnis dengan mengintegrasikannya dengan Everpro Chat. Pelajari lebih lanjut Everpro Chat untuk mengetahui semua keunggulan biar bisnis kamu makin cuan!

Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya