Everpro

12 Cara Promosi di Instagram yang Bikin Penjualan Meroket

Punya bisnis online tapi nggak dipromosiin di Instagram itu sia-sia banget! Sebagai seller, kamu harus tahu cara promosi di Instagram yang ampuh menaikkan penjualan. 

Instagram saat ini tak hanya dimanfaatkan sebagai media hiburan aja, tapi juga potensial banget untuk memasarkan produk atau jasa dari jenis bisnis apapun.

Pastinya karena Instagram jadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak dan berasal dari berbagai kalangan, anak muda, dewasa, orang tua, hingga kelompok audiens lainnya.

Tapi promosi di Instagram ini memang tidak semudah yang dibayangkan, apalagi kalau mau hasil yang sangat maksimal dan ngaruh ke penjualan.

Untuk itu, artikel ini bakal bantu kamu membuat promosi di Instagram dengan mudah!

Cara Promosi di Instagram untuk Menaikkan Penjualan

cara promosi di instagram
Sumber: google.com

Pahami Target Audiens Kamu

Mengetahui siapa yang akan menonton konten promosi bisnis di Instagram kamu itu penting banget. Ketika tahu target audiensnya, maka kamu akan mudah merancang dan membuat konten nantinya.

Untuk mengetahui target audiens di Instagram, kamu bisa melakukan riset pasar. Baca disini untuk tahapan riset pasar: Cara Melakukan Riset Pasar.

Buatlah Akun Instagram Bisnis

Karena kamu ingin mempromosikan sebuah bisnis, maka akan kurang optimal kalau kamu pakai akun Instagram pribadi.

Buatlah akun Instagram bisnis. Dengan fitur ini, akun bisnismu akan lebih mudah menjalankan cara-cara promosi untuk ningkatin penjualan.

Kalau perlu kamu juga bisa beralih ke akun IG Business API yang lebih banyak punya fitur untuk mengembangkan usaha dan melakukan promosi.

Baca Juga: Cara Buat Instagram Bisnis untuk Pemula

Maksimalkan Profil IG Bisnis 

Ibarat perkarangan rumah, profil Instagram adalah tampilan pertama yang dilihat seseorang ketika mereka mengunjungi akunmu.

Buatlah profil Instagram bisnis yang menarik dan jelas agar audiens penasaran hingga mencari tahu lebih lanjut tentang bisnismu.

Memaksimalkan profil Instagram bisa kamu mulai dari nama Instagram bisnis, foto profil, dan bio bisnis yang menarik serta informasional.

Buatlah Konten Berkualitas 

Content marketing adalah kunci utama untuk menarik perhatian audiens dan meningkatkan keberhasilan promosi kamu di IG.

Berikut ini beberapa aspek yang harus kamu perhatikan untuk membuat konten yang menarik dan berkualitas:

  • Buatlah konten yang relevan dengan apa yang ingin kamu tawarkan.
  • Desain konten dengan visual yang menarik dan eye cacthing.
  • Sesuaikan gaya bahasa di konten dengan karakteristik target audiens.
  • Pilih jenis konten promosi Instagram yang tepat (video, gambar, dll).

Cek contoh konten promosi yang menarik disini: Contoh Content Marketing Menarik untuk Promosi.

Berikan Caption yang Menarik 

Promosi bisnis di IG yang efektif nggak hanya mengandalkan konten visual aja, tapi juga caption dengan kata-kata promosi yang kreatif.

Pahami bagaimana teknik copywriting bisa mempengaruhi ketertarikan audiens terhadap bisnis yang kamu tawarkan di konten promosi Instagram.

Mulai dari bahasa yang mudah dipahami, kata-kata yang relevan, penawaran yang menarik, kalimat persuasif, hingga kalimat ajakan atau Call to Action.

Berikan Hashtag yang Relevan

Efektivitas hashtag memang agak jarang dibicarakan sebagai cara promosi di Instagram yang ampuh jangkau target audiens. Tapi tak ada salahnya pakai hashtag untuk ningkatin kualitas konten.

Gunakan hashtag yang relevan dengan konten promosi yang kamu posting. Tak hanya relevan, supaya konten kamu ditemukan audiens lewat hashtag, pakailah hashtag yang sudah banyak dipakai.

Pahami Algoritma Dasar Instagram 

Instagram juga punya algoritma yang punya andil besar untuk menampilkan konten promosi bisnis kamu ke layar pengguna.

Menurut survei dari Cosmos, ada 3 dasar alogoritma Instagram yang bikin konten kamu tepat sasaran ke target audiens, yaitu:

  • Minat: Konten promosi yang mirip dengan konten yang pernah diminati oleh target audiens.
  • Keterbaharuan: Postingan terbaru yang fresh akan jadi prioritaskan untuk muncul dibandingkan konten lama.
  • Hubungan: Postingan dan akun yang sering jadi tempat audiens untuk berinteraksi.

Posting Konten di Jam yang Tepat

Melanjutkan dari algoritama Instagram, kamu juga perlu memperhatikan waktu publikasi konten promosi di platform ini.

Berikut beberapa waktu potensial yang bisa kamu jadikan pilihan untuk posting konten promosi:

  • Sebelum jam kerja: pukul 6 – 9 pagi
  • Sesudah jam kerja: pukul 5 – 6 sore
  • Jam makan siang: pukul 12 – 2 siang

Selain itu, kalau mau posting Instagram Ads, hari minggu kurang direkomendasikan karena jika melihat dari kebiasaan pengguna, intensitas mengakses IG di akhir pekan cukup menurun.

Manfaatkan Berbagai Fitur Instagram 

Cara promosi di Instagram selanjutnya yaitu dengan manfaatkan berbagai fitur yang udah tersedia di Instagram. Seperti yang kamu tahu, fitur konten di IG tidak cuma di feed saja.

Gunakanlah fitur Instagram Story, Reels, dan berbagai jenis konten lainnya. Dengan begitu, kamu juga bisa membuat konten yang lebih beragam lagi, seperti video dengan durasi yang panjang di reels.

Unggah konten yang mengajak audiens untuk berinteraksi di Instagram Story. Misalnya, dengan bertanya kira-kira apa yang audiens kamu butuhakn saat ini. Lalu, hubungkan dengan bisnismu.

Buat Promosi dengan Penawaran Menarik

Promosi yang menarik biasanya akan memberikan penawaran yang menarik pula, seperti diskon, cashback, dan promo-promo lainnya.

Ketika kamu membuat konten promosi di Instagram, pertimbangkan untuk membuat penawaran seperti ini. Audiens akan lebih tertarik jika mereka bisa mencoba produk atau jasamu dengan harga murah.

Baca Juga: 15 Ide Promo yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan

Maksimalkan Promosi dengan Instagram Ads

Cara promosi di Instagram yang kamu lakukan bakal kasih hasil yang lebih maksimal lagi untuk penjualan jika kamu pakai iklan berbayar atau Instagram Ads.

Untuk membuat iklan di Instagram Ads, kamu perlu persiapan yang cukup matang supaya tidak boncos. Mulai dari menentukan budget yang ideal, tujuan iklan, jenis iklan, dan lain-lain.

Kalau kamu penasaran cara buat iklan berbayar di Instagram Ads, yuk baca disini: Mau Tahu Cara Bayar Iklan di Instagram? Cek Disini!

Sebarkan Konten Promosi di Platform Lain

Last but not least, menyebarkan konten promosi di Ig ke platform lain itu jadi cara promosi yang nggak kalah ampuh untuk membuat penjualan bisnismu meroket.

Sebarkan konten promosi tersebut di Facebook, TikTok, WhatsApp, dan berbagai marketplace lainnya. Sehingga promosi kamu akan menjangkau target audiens yang lebih luas lagi.

Nah, itulah beberapa cara promosi di Instagram yang bisa kamu lakukan satu persatu. Semoga panduan di atas bermanfaat untuk kesuksesan bisnis kamu, ya!

Maksimalkan Bisnis dengan Marketplace Enabler Everpro

Instagram memang ampuh untuk mempromosikan bisnismu, tapi untuk melakukan aktivitas jual beli yang lebih mudah dan praktis, menggunakan marketplace adalah pilihan yang tepat.

Jika kamu pakai marketplace untuk kelola bisnis, yuk saatnya optimalkan marketplace kamu bareng Everpro! Lewat layanan MPEnabler, Everpro bakal bantu kamu tingkatkan penjualan di marketplace.

Benefit Everpro Marketplace Enabler

Ini beberapa kemudahan yang bakal kamu dapatkan di layanan Everpro Marketplace Enabler:

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Toko Gampang Dicari Pembeli
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Tunggu apalagi? Buat tokomu semakin bagus lagi dengan Everpro Marketplace Enabler biar bisa dapet untung yang banyak!

Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Cara Cek Resi KGXpress

Cara cek resi KGXpress untuk tahu posisi dan status paket sangatlah mudah. Hanya perlu salin no. resi KGXpress, lalu masukkan ke “Nomor Resi Pengiriman” pada

Cara Cek Resi Wahana Express

Lacak paket Wahana Express kini jadi lebih mudah dengan fitur Cek Resi Everpro. Cukup dengan salin nomor resi pengiriman, kemudian masukkan ke “Nomor Resi Pemesanan”

Cara Cek Resi Tokopedia

Ketika belanja di Tokopedia, ada banyak pilihan kurir ekspedisi untuk mengirim paket. Meskipun ekspedisinya berbeda-beda, namun tetap bisa cek resi Tokopedia di satu fitur aja. 

Cek Resi JNE

Lacak paket JNE untuk tahu posisi dan status pengiriman JNE sudah sampai mana dengan fitur Cek Resi JNE di Everpro. Cukup pakai nomor resi dan