Ini Dia Cara Mudah Upload Produk di Shopee, Yuk Cobain!

Ingin jualan di Shopee tapi masih belum tahu gimana cara upload produk di Shopee? Simak artikel ini biar ngerti caranya!

Shopee adalah salah marketplace yang sangat populer di Indonesia. Marketplace yang kental dengan warna oranye ini banyak sekali digunakan masyarakat Indonesia.

Hal ini tidak lepas karena kemudahan berbelanja yang Shopee tawarkan, tak hanya itu Shopee juga menawarkan banyak pilihan produk yang bisa kamu pilih untuk memenuhi kebutuhan kamu.

Promosi juga kerap kali Shopee lakukan untuk menarik pelanggan baru ataupun pelanggan setianya. Promosi seperti event, diskon sampai pemberian voucher belanja menjadi salah satu alasan mengapa Shopee sangat populer saat ini.

Nah, karena kepopulerannya tersebut pasti banyak yang ingin meraup keuntungan dengan cara menjadi seller di Shopee.

Tapi karena banyaknya orang yang ingin menjadi seller tersebut membuat tak sedikit juga orang yang tidak mengerti cara mengupload produk di Shopee.

Nah, pada artikel berikut kami akan memberikan cara untuk upload produk Shopee dengan mudah. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini jika kamu juga mengalami hal tersebut!

Baca juga: Dekorasi Toko Shopee dan Tingkatkan Kepercayaan Pelanggan!

Upload Produk Shopee Melalui Aplikasi

cara upload produk di shopee
Sumber: google.com

Sebenarnya ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengupload produk Shopee dengan mudah. 2 cara ini yaitu bisa melalui aplikasi dan melalui Seller Centre di PC.

Keduanya sama-sama mudah kok, kamu hanya perlu menyesuaikan dengan preferensi dan perangkat yang kamu punya.

Pertama kami akan membahas cara mengupload produk Shopee melalui aplikasi Shopee di smartphone. Berikut cara mudah untuk upload produk Shopee melalui aplikasinya:

  • Pertama-tama buka aplikasi Shopee pada smartphone kamu atau download jika belum punya. Link DOWNLOAD 
  • Kemudian pilih tab Saya, lalu buka halaman Toko Saya, selanjutnya pilih Tambah Produk Baru.

1. Kamu dapat meng-upload foto dan video melalui aplikasi Shopee hingga 9 foto dan video termasuk foto sampul dengan cara-cara berikut:

  • Mengambil foto/video melalui kamera
  • Mengambil foto/video melalui galeri handphone
  • Mengambil foto melalui instagram yang telah dihubungkan

Upload foto:

Upload video:

Selain video, kamu juga bisa meng-upload video di produk yang kamu jual jika kamu sudah menambahkan foto produk kamu terlebih dahulu.

Pastikan kamu meng-upload foto/video produk dengan jelas untuk dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Tips: Kamu bisa meningkatkan kunjungan pelanggan ke produk dan toko yang kamu punya di Shopee dengan mengupload foto produk dengan rasio gambar 3:4.

2. Masukan informasi seputar produk seperti nama produk serta deskripsi produk yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Kamu bisa menjelaskan manfaat dari produk kamu secara rinci dan detail dalam deskripsi produk untuk mengurangi pertanyaan dari pembeli.

Penjual terpilih juga dapat meng-upload sampai 12 foto ke deskripsi produk melalui aplikasi Shopee dengan memilih icon Gambar. Foto dan deskripsi yang kamu berikan bisa menunjang rincian produk yang kamu jual.

3. Pilihlah kategori yang sesuai dengan produk yang ingin kamu upload. Kamu juga bisa mencari kategori produk dengan memilih icon Pencarian di sudut kanan atas > masukkan kata kunci yang relevan dengan produk kamu.

4. Lengkapi atribut produk yang bersifat wajib dengan mengisi kolom yang telah Shopee tandai dengan tanda bintang (*). Atribut produk meliputi komponen seperti Merek, Masa Garansi atau Kapasitas Produk.

5. Selanjutnya, kamu bisa mengisi harga jual yang telah kamu tetapkan untuk produk. Tips untuk menentukan harga jual adalah dengan melakukan riset harga kompetitor atau penjual dengan produk serupa.

6. Variasi produk merupakan jenis atau karakteristik yang berbeda yang terdapat pada beberapa produk yang sama. Biasanya variasi ini terdiri atas pilihan warna atau ukuran.

Adanya variasi ini membantu dan memudahkan pelanggan untuk memilih produk berbeda pada satu halaman produk saja.

7. Pada bagian ini kamu bisa mengisi informasi keduanya ketika kamu sudah berhasil mengisi kolom-kolom sebelumnya dengan benar. Kamu bisa mengatur harga dan stok ini lalu klik Simpan untuk menyimpan pengaturan yang kamu buat.

8. Tentukan ongkos kirim yang berlaku untuk pengiriman paket. Untuk mengisinya kamu harus mengisi berat produk dan ukuran paket yang terdiri atas tinggi, panjang, lebar.

9. Kondisi barang untuk menunjukan jika produk yang kamu jual baru atau barang bekas. Kamu juga bisa mengatur sistem pemesanan dengan mengaktifkan Pre Order.

10. Langkah terakhir adalah dengan memilih Simpan atau Tampilkan agar pengaturan dan foto produk yang baru kamu masukkan tersebut bisa tampil pada aplikasi Shopee.

Baca juga: Makin Cuan! 3+ Cara Live di Shopee Bagi Pemula dengan Mudah!

Upload Produk Shopee Melalui Seller Centre di PC

cara upload produk di shopee
Sumber: google.com

Mari kita simak cara kedua yaitu melalui Seller Centre melalui desktop version atau PC. Caranya juga sangat mudah dan simple. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menuju website resmi Shopee.

Setelah itu, kamu bisa mengikut langkah-langkahnya berikut ini:

1. Pertama-tama, masuklah ke dalam Shopee Seller Centre melalui link berikut ini

2. Pada halaman utama Shopee Seller Centre, klik Login menggunakan akun Shopee yang kamu gunakan untuk bisnis online kamu.

3. Setelah berhasil masuk, pilih menu Tambah Produk Baru. Kamu bisa menemukannya pada bagian daftar menu di sebelah kiri layar.

4. Setelah masuk, kamu harus mengisi nama produk dan juga kategori produk sesuai dengan kondisi produk yang kamu akan jual. Jika belum mengetahui kategori produk yang kamu jual, kamu bisa melihat daftar kategori produk dari Shopee.

5. Jika sudah kamu isi, selanjutnya klik Lanjut

6. Setelah itu, kamu memasukkan berbagai informasi yang berkaitan dengan produk yang akan kamu jual. Dan jangan untuk mengatur produk di halaman selanjutnya.

Pada bagian ini kamu harus mengisi deskripsi produk, merk produk, atribut produk, harga produk, stok produk, variasi produk, dimensi produk, ongkos kirim, serta foto dan video produk.

Kamu juga bisa menambahkan informasi lainnya seperti keterangan Pre-Order, SKU Induk, dan lain sebagainya.

7. Selanjutnya pilih opsi pengiriman yang kamu tawarkan kepada pelanggan. Kamu bisa memilih minimal 3 jasa pengiriman agar pembeli bisa memilih ekspedisi sesuai yang mereka inginkan.

8. Jika kamu sudah mengisi semua kolom yang tersedia, terakhir kamu bisa klik Simpan dan Tampilkan agar produk kamu bisa muncul di Shopee.

Demikianlah cara upload produk di Shopee yang kami berikan. Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk upload produk Shopee.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu dan jangan lupa share artikel ini di media sosial kamu. Nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Benefit Everpro Marketplace Enabler

Salah satu bisnis sampingan online adalah jualan online. Ingin meningkatkan penjualan bisnis online di marketplace? Saatnya gunakan Everpro Marketplace Enabler!

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Pembeli Dapat Menemukan Toko dengan Mudah
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Daftar sekarang juga dan tingkatkan penjualan bisnis onlinemu bersama Everpro Marketplace Enabler!

Daftar Sekarang

Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya