Beriklan di Shopee dapat meningkatkan potensi penjualan yang tinggi. Shopee menyediakan layanan fitur iklan yang gampang digunakan oleh para mitra sellernya. Namun, ada banyak tipe iklan yang bisa digunakan oleh para seller tersebut. Oleh karena itu, Kamu perlu mengetahui cara menggunakan iklan yang tepat dan hasilnya sesuai. Setiap iklan memiliki karakteristiknya sendiri, jadi artikel ini akan memberikan informasi terkait jenis, contoh, dan tips membuat iklan yang banjir klik tapi juga untung dengan menggunakan seller center.
Jenis Iklan Internal Shopee
Iklan internal Shopee adalah iklan yang ditampilkan di dalam aplikasi dan situs Shopee.
Cara mengoperasikannya dapat dilakukan melalui sistem aplikasi Shopee yaitu dengan Shopee Seller Center.
Jenis-jenis iklan internal Shopee meliputi:
1. Iklan Pencarian Produk
Iklan pencarian produk adalah iklan yang akan tampil di halaman hasil pencarian produk.
Jenis iklan ini dapat membantu penjual untuk meningkatkan visibilitas produk mereka di halaman hasil pencarian, sehingga produk mereka lebih mudah terakses oleh pembeli.
Tujuan objektif jenis iklan ini untuk meningkatkan visibilitas produk di halaman hasil pencarian, meningkatkan jumlah klik produk, dan meningkatkan pembelian.
Fungsinya adalah untuk menjangkau pembeli yang sedang mencari produk yang relevan dan meningkatkan kesadaran merek atau toko.
2. Iklan Produk Serupa
Lalu yang kedua iklan produk serupa adalah iklan yang ditampilkan di halaman produk yang serupa.
Iklan ini dapat membantu penjual untuk meningkatkan visibilitas produk mereka di halaman produk yang serupa di berbagai placement shopee. Conothnya di halaman utama ” Rekomendasi” dan “Produk yang Disukai“.
Hingga pada halaman ” Keranjang Pesanan Belanja” dan “Pesanan Sukses” dan pada halaman terkait pembelian dan pesanan pembeli.
Tujuan objektif dan fungsi dari iklan jenis ini juga kurang lebih sama seperti yang sebelumnya, namun mungkin akan lebih baik ketika Toko mu sudah punya rating dan review yang positif dan punya banyak produk.
Fungsinya agar produk mereka lebih mudah ditemukan oleh pembeli yang tertarik dengan produk serupa.
3. Iklan Pencarian Toko
Berikutnya yang ketiga yaitu iklan pencarian toko, adalah iklan yang akan tampil di halaman hasil pencarian toko.
Iklan ini dapat membantu penjual untuk meningkatkan visibilitas toko mereka di halaman hasil pencarian, sehingga toko mereka lebih mudah terakses oleh pembeli.
Baca selengkapnya
4. Iklan Live
Iklan Live adalah iklan yang ditampilkan saat penjual sedang melakukan live streaming.
Jenis iklan ini dapat membantu penjual untuk menarik perhatian pembeli dan meningkatkan penjualan selama live streaming.
Tujuan objektif dari iklan ini adalah untuk menarik perhatian pembeli selama live streaming, dan meningkatkan jumlah produk yang terjual selama live streaming
5. Iklan Halaman Strategis
Lalu yang terakhir yaitu iklan halaman strategis (Display Ads) adalah iklan yang akan tampil di halaman strategis, seperti halaman utama, halaman kategori, dan halaman produk tertentu.
Jenis iklan ini dapat membantu penjual untuk menjangkau pembeli yang lebih luas dan meningkatkan penjualan.
Contoh Iklan Shopee yang Efektif
Setelah mengetahui jenis-jenis iklan Shopee, berikut ini adalah beberapa contoh iklan Shopee yang terbukti efektif dalam menarik perhatian dan meningkatkan jumlah klik:
1. Contoh Iklan Pencarian Produk Baju Muslim
Gambar di atas adalah contoh iklan pencarian produk baju muslim.
Salah satu cara untuk meningkatkan visibilitas iklan jenis ini agar bisa tampil di bagian pertama adalah dengan menggunakan kata kunci yang relevan, dan referensi dari kunci di kolom search yang muncul ketika mengklik keyword tertentu.
Berdasarkan contoh iklan tersebut dengan memanfaatkan tren bulan ramadhan dan lebaran tahun 2024.
Bisa dengan menargetkan frasa kata kunci “ Baju Gamis Terbaru 2024 buat lebaran” sehingga memunculkan beberapa produk.
Lalu untuk meningkatkan klik dan juga penjualan pilihlah produk yang memiliki penjualan tinggi di tokomu dengan rating minimal 4.7, membuat harga coret shopee.
Gunakan kata-kata yang singkat, jelas dan gambar atau video yang menarik.
Unggah gambar atau video produk yang berkualitas dan sebaiknya gunakan foto produk sendiri agar terlihat berbeda.
2. Contoh Iklan Produk Serupa Rekomendasi
Gambar kedua di atas adalah contoh dari iklan produk serupa. Jenis iklan ini akan muncul di beberapa placement di aplikasi shopee.
Contoh di atas adalah iklan yang muncul bagian “Rekomendasi’ pada halaman utama, pada halaman terkait pembelian dan pesanan pembeli.
Gunakan iklan produk serupa dengan iklan pencarian produk secara bersamaan agar produk Kamu tampil di berbagai bagian di Shopee.
Caranya dengan menargetkan lewat kata kunci dan juga behavior customer yang akan saling berkaitan lewat histori pencarian, produk serupa yang disukai dan lainnya.
3. Contoh Iklan Pencarian Toko Parfum
Gambar ketiga adalah contoh dari iklan pencarian toko dengan produk parfum.
Caranya sama dengan menggunakan kata kunci yang relevan dengan produk dan juga punya tren atau rekomendasi yang muncul di kolom pencarian shopee.
Berikut toko parfum dari brand Mykonos Official Shop yang muncul dengan kata kunci “Parfum Wanita”.
Lalu untuk meningkatkan klik dan juga penjualan sama saja seperti yang sebelumnya.
Namun untuk iklan pencarian toko bisa menambahkan claim voucher diskon atau gratis ongkir hingga cashback seperti yang muncul pada iklan parfum diatas.
4. Contoh Iklan Display Ads Skincare
Gambar terakhir adalah contoh dari iklan halaman strategis (Display Ads), iklan ini hanya bisa untuk toko official resmi yang sudah terverifikasi dan termasuk kategori Shopee Mall.
Jenis iklan ini cocok ketika Kamu sedang merencanakan campaign iklan khusus serta bisa untuk meningkatkan brand awareness dan juga conversion.
Contohnya seperti iklan brand skincare Cerave yang membuat iklan untuk launch toko official resmi di Shopee.
Jadi saat ini para pelanggan bisa membeli produk skincare yang pastinya original dari toko resmi melalui aplikasi Shopee.
Untuk meningkatkan klik dan juga penjualan bisa dengan menambahkan bonus seperti Free Pouch dan juga diskon.
Gunakan gambar yang jelas dan juga copywriting yang menarik dan persuasif.
Pemilihan Jenis Iklan Shopee
Namun pemilihan jenis iklan Shopee yang tepat harus sesuai dengan tujuan dan target audience penjual.
Berikut adalah beberapa tips dalam memilih jenis iklan Shopee:
Pertimbangkan tujuan iklan, apakah Kamu ingin meningkatkan visibilitas produk, meningkatkan jumlah klik produk, atau meningkatkan konversi penjualan atau brand awareness.
Pertimbangkan target audience, siapa yang ingin Kamu jangkau dengan iklan tersebut dengan membuat customer persona secara demografi ataupun behavior.
Pertimbangkan jumlah anggaran yang ingin Kamu alokasikan untuk iklan sesuai dengan kemampuan.
Dengan memilih jenis iklan Shopee yang tepat, Kamu dapat meningkatkan visibilitas produk dan toko, serta meningkatkan penjualan.
Iklan yang kamu jalankan di Facebook Ads belum kunjung berhasil? Mungkin ada beberapa elemen yang kurang efektif, seperti salah satunya pada ukuran gambar iklan Facebook. Meskipun manfaat Facebook Ads memang besar untuk bisnis, namun jika tidak memperhatikan kualitas ukuran gambarnya maka akan berpengaruh kepada efektivitas dan performa iklan. Ada banyak
Bingung pilih layanan pengiriman yang terbaik untuk belanja online kamu? Coba pake JNE YES aja! Simak artikel berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut dari layanan YES dari JNE. Semakin tingginya minat masyarakat dalam berbelanja online membuat banyak ekspedisi menawarkan layanan yang dapat mempermudah para pelanggan. Salah satu jasa ternama yang
Meskipun terbilang efektif meningkatkan penjualan, namun tidak semua iklan berhasil mencapai tujuannya walaupun sudah menggunakan berbagai strategi dan budget yang besar. Pada dasarnya iklan yang baik bukan hanya dilihat dari satu aspek saja, seperti kreativitas atau tampilan yang menarik. Tetapi, juga bagaimana kamu menyampaikan pesan kepada audiens dan berbagai aspek