Everpro

Inilah 10 Contoh Domain yang Bisa Kamu Pilih!

Sudah tahukah kamu macam-macam domain yang tersedia? Kalau belum tahu coba deh simak artikel ini untuk mengetahui beberapa contoh domain tersedia yang bisa dicoba!

Domain merupakan salah satu unsur yang berguna sebagai alamat website yang kita punya. Nah, domain ini memiliki 2 elemen penting yakni Top Level Domain (TLD) dan juga Second Level Domain (SLD).

TLD sendiri merupakan ekstensi domain sesudah tanda titik seperti .com, .org, dan .edu. Sedangkan SLD adalah nama unik sebelum tanda titik seperti Detik.com, Detik merupakan SLD dari domain tersebut.

Jika kamu sedang membuat website, kamu harus mengetahui penjelasan lengkapnya terkait domain ini. Nah, pada artikel ini kami akan menyajikan beberapa contoh domain yang bisa menjadi inspirasi atau referensi dalam membuat domain.

Penasaran sama beberapa contoh domainnya? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: 10 Contoh Nama Domain Bisnis, Bisa Jadi Referensi!

Apa itu Domain dan Fungsinya

contoh domain
Sumber: pexels.com

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, domain merupakan alamat untuk suatu website. Alamat berguna sebagai identitas bagi para pengguna untuk mengakses website tersebut. Misalnya seperti google.com, domain tersebut adalah kata kunci yang harus kita ketikkan di kolom pencarian untuk mengakses website tersebut.

Cara itu mempermudah para pengguna untuk mengakses website tersebut tanpa harus mengetikkan ip address untuk website tersebut. IP address memiliki bentuk angka-angka yang mana sulit untuk dihapal.

Oleh sebab itu, domain di sini berguna sebagai alamat yang memudahkan para pengguna untuk mengakses suatu website tanpa perlu menghapal ip address dari suatu website tersebut. Nah, inilah fungsi utama dari domain.

10 Contoh Nama Domain atau Website yang Banyak Digunakan

contoh domain
Sumber: pexels.com

Berikut kami sudah mengumpulkan 10 contoh nama domain yang bisa kamu jadikan inspirasi dan referensi dalam membuat domain website:

1. .com

.com adalah ekstensi domain yang paling terkenal dan paling banyak digunakan saat ini. Namun, domain dengan esktensi .com memiliki kekurangan yaitu biayanya yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan ekstensi domain lainnya. Contohnya google.com.

2. .ac.id

ekstensi domain yang selanjutnya ini biasanya digunakan untuk website yang berkaitan dengan institusi pendidikan. ac pada ekstensi ini adalah kepanjangan dari kata academic. Domain dengan esktensi ac.id banyak digunakan oleh universitas di Indonesia. Contohnya seperti ub.ac.id (Universitas Brawijaya)

3. .go.id

Selanjutnya ada ekstensi domain .go.id yang biasanya digunakan oleh website institusi atau lembaga pemerintahan. Go sendiri merupakan kependekkan dari government yang berarti pemerintahan.

4. .biz

Contoh domain yang berikutnya yaitu .biz. Ekstensi domain ini diperuntukkan untuk sebuah bisnis. Domain ini sudah digunakan oleh jutaan bisnis di seluruh dunia. Biz sendiri merupakan singkatan dari bisnis atau business.

5. .id

Ekstensi domain .id merupakan salah satu ekstensi domain yang sangat populer di Indonesia. Ini tidak lepas dari .id yang merupakan domain identitas untuk negara Indonesia.

6. .info

.info adalah salah satu ekstensi domain yang dirilisi pada akhir tahun 2000-an yang membuatnya menjadi salah satu jenis generic Top Level Domain (TLD). .info sendiri merupakan singkatan dari information atau informasi. Biasanya digunakan oleh media informasi untuk menyebarkan informasi melalui internet.

7. .net

Berikutnya ada salah satu domain yang paling banyak digunakan yaitu .net. Ekstensi ini merupakan singkatan dari internet. Nah, domain yang satu ini paling banyak digunakan oleh perusahaan yang bergerak di sektor IT atau website yang berhubungan dengan teknis dan infrastruktur internet.

8. .edu

Memiliki persamaa dengan ekstensi domain .ac, ekstensi domain yang satu ini juga banyak digunakan oleh banyak institusi pendidikan atau yang berhubungan dengan edukasi. Biasanya sih website yang menggunakan domain ini merupakan website yang menyediakan sumber karya tulis ilmiah seperti jurnal, buku ataupun skripsi/thesis.

9. .co.id

Pasti kamu tidak asing dengan ekstensi domain yang satu ini. Yup, ekstensi yang satu ini sering banget digunakan oleh website-website di Indonesia. Namun, untuk menggunakan ekstensi domain yang satu ini, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan. Ini karena ekstensi domain ini cukup eksklusif dan terbatas selain itu kredibilitas ekstensi ini juga sangat tinggi, lho.

10. .org.

Sementara ekstensi domain yang terakhir ini paling banyak digunakan oleh suatu organisasi. Ekstensi domain .org merupakan singkatan dari organisasi. Oleh sebab itu juga jika kamu ingin membuat website organisasi, kamu bisaa menggunakan .org untuk meningkatkan kredibilitas website.

Baca juga: 5 Tempat Beli Domain Murah & Pilih Nama Domain Gratis, Worth It Banget!

Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

Berikut beberapa tips dalam memilih nama domain yang tepat:

  1. Menggunakan nama yang singkat dan mudah diingat
  2. Menggunakan ekstensi yang umum dan mudah diingat
  3. Melakukan riset
  4. Hindari penggunaan tanda hubung dan angka
  5. Mengadopsi SEO
  6. Menggunakan domain generator

Demikianlah akhir dari informasi seputar contoh domain, semoga informasi di atas bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa share artikel ini di media sosial kamu apabila bermanfaat dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di blog Everpro.id!

Daripada bingung ngurusin website sendiri untuk bisnis yang kamu punya, mendingan pakai layanan Everpro Funnel aja!

Apa sih Everpro Funnel itu? Everpro Funnel adalah layanan yang bisa jadi solusi untuk meningkatkan konversi jualan online kamu. Rasakan beberapa keuntungannya seperti berikut ini

Benefit Everpro Funnel

  •  Mudah Buat LP Dari 0, TERBUKTI BISA SELESAI DALAM 3 MENIT
  • Tersedia RATUSAN Template LP Siap Pakai
  • GRATIS Hosting & Custom Subdomain
  • LOADINGNYA CEPAT, GTMetrix Grade Pasti Upper-A
  • Terintegrasi Langsung dengan Ekosistem Everpro

Ayo daftarkan segera untuk merasakan keuntungan dari Everpro Funnel untuk bisnis kamu!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya