everpro

Distributor Adalah? Simak Untuk Mengetahui Jawabannya!

Kamu masih bingung dengan istilah distributor? Pada artikel ini kami akan membahas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak artikel ini untuk mengetahui ulsaan lengkap soal topik distributor yang menarik untuk kita bahas. Check it out!

Distributor adalah salah satu topik yang menarik untuk dibahas terutama bagi kamu yang bergerak di bidang bisnis atau perdagangan. Distributor atau bisa disebut penyalur memiliki peranan penting dalam rantai pasokan produk. Oleh sebab itu, penyalur menjadi salah satu topik yang menarik untuk kita bahas.

Apa itu Distributor? Apakah sama dengan supplier, agen, dan lainnya? Di bawah ini kami akan memberikan penjelasan mudahnya supaya kamu dapat mengerti.

Baca juga: 6 Distributor Parfum Terbaik Untuk Bisnis Parfum Kamu!

Distributor Adalah

distributor adalah
Sumber: unsplash.com

Distributor sendiri merupakan perantara yang menjembatani produsen dan konsumen, bertugas untuk menyetok dan menyalurkan barang atau jasa dari pihak produsen agar sampai ke tangan konsumen.

Kemudian, seperti yang sudah kami singgung jika penyalur memegang peranan yang penting dalam rantai pasokan produk. Hal ini karena mereka dapat membantu meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan profitabilitas bisnis.

Perbedaan Distributor 

distributor adalah
Sumber: unsplash.com

Namun, sebenarnya masih banyak orang yang menganggap jika distributor memiliki kesamaan dengan supplier, agen, reseller atau dropshipper. Nyatanya istilah dalam bisnis tersebut memiliki perbedaan yang mendasar dengan distributor seperti:

  • Supplier merupakan pihak yang menyediakan bahan baku atau barang mentah yang dibutuhkan oleh produsen untuk membuat produk jadi.
  • Agen merupakan pihak yang mewakili produsen untuk menjual produknya kepada konsumen atau pengecer, tetapi tidak memiliki stok produksi sendiri.
  • Reseller merupakan pihak yang membeli produk dari produsen atau distributor dengan harga grosir, kemudian menjualnya kembali dengan harga eceran.
  • Dropshipper adalah pihak yang menjual produk tanpa memiliki stok produk sendiri, tetapi mengandalkan distributor atau supplier untuk mengirimkan produk langsung ke konsumen atas nama dropshipper.

Setelah mengetahui penjelasan serta perbedaannya dengan supplier, agen, reseller atau dropshipper, selanjutnya kita akan membahas lebih lanjut terkait jenis distributor.

Baca juga: 10 Rekomendasi Distributor Barang Import Murah dan Berkualitas dari China

Jenis Distributor

distributor adalah
Sumber: unsplash.com

Jenis distributor sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan kriteria. Salah kriterianya yakni jenis penyalur berdasarkan kriteria paling umum. Berikut adalah beberapa jenis penyalur berdasarkan kriteria tersebut:

  • Distributor Langsung

Jenis distributor yang pertama yaitu penyalur langsung. Penyalur langsung adalah jenis penyalur yang membeli produk dari produsen dan menjualnya langsung kepada konsumen. Penyalur jenis ini biasanya memiliki toko ritel sendiri, atau mereka dapat menjual produknya secara online.

  • Distributor Grosir

Berikutnya yaitu jenis penyalur grosir. Penyalur jenis ini merupakan penyalur yang membeli produk dari produsen dan menjualnya kepada pengecer.

Penyalur grosir umumnya memiliki gudang yang berguna untuk penyimpanan produk, dan mereka dapat mengirimkannya ke pengecer dengan cepat dan efisien.

  • Distributor Agen

Jenis penyalur yang terakhir yaitu penyalur agen. Jenis penyalur ini merupakan yang mewakili produsen dan menjual produknya kepada konsumen. Penyalur agen biasanya tidak memiliki stok produk, tetapi mereka dapat membantu produsen untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Nah, itulah beberapa jenis penyalur berdasarkan kriteria yang paling umum. Setelah mengetahui jenis-jensinya mari selanjutnya kita mengetahui fungsi dari penyalur.

Baca juga: 10 Rekomendasi Distributor Snack Termurah di Indonesia

Fungsi Distributor

distributor adalah
Sumber: unsplash.com

Fungsi penyalur yaitu untuk membantu produsen mendistribusikan produknya ke konsumen. Penyalur memiliki peran penting dalam rantai pasokan, karena mereka membantu untuk memastikan bahwa produk tersedia di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, dan dengan harga yang tepat.

Berikut adalah beberapa fungsi dari penyalur:

  • Pembeli

Fungsi yang pertama dari penyalur yaitu penyalur berfungsi sebagai pembeli. Artinya adalah penyalur membeli barang atau jasa dari produsen secara langsung kemudian disalurkan kepada agen, pengecer atau konsumen.

  • Penyimpan

Fungsi selanjutnya yaitu sebagai penyimpan. Penyalur berfungsi sebagai penyimpan barang atau jasa di gudang atau tempat lain yang aman dan sesuai dengan standar kualitas produk. Hal ini membantu produsen untuk mengurangi biaya penyimpanan.

  • Mendistribusikan

Berikutnya penyalur memiliki fungsi untuk mendistribusikan barang atau jasa ke pelanggan atau pengecer. Distribusi ini menggunakan transportasi dan logistik yang efisien dan efektif. Distribusi ini melalui berbagai saluran seperti toko ritel, toko grosir, dan online.

  • Pemasar

Kemudian penyalur juga memiliki fungsi sebagai pemasar barang atau jasa kepada pelanggan atau pengecer. Hal ini dilakukan dengan melakukan promosi dan penjualan.

  • Pelayan

Penyalur juga memiliki fungsi sebagai pelayan pelanggan atau pengecer. Hal ini dengan memberikan layanan purna jual dan menangani keluhan atau masalah terkait denga produk yang mereka jual.

  • Klasifikator

Fungsi berikutnya yaitu sebagai klasifikator. Artinya adalah penyalur mengklasifikasikan produk berdasarkan jenis, kualitas dan ukuran.

  • Informator

Kemudian fungsi penyalur yang terakhir yaitu sebagai informator. Penyalur berfungsi sebagai pemberi informasi terkait produk kepada pelanggan atau pengecer. Hal ini dengan cara menjelaskan secara rinci terkait harga dan juga kualitas produk.

Tips Menjadi atau Bekerja sama dengan Distributor

Jika kamu tertarik untuk menjadi atau bekerja sama dengan distributor, berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

  • Memilih produk yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan pasar kamu.
  • Mencari produsen yang terpercaya, berkualitas, dan memberikan harga yang kompetitif.
  • Menyiapkan modal, tempat, peralatan, dan sumber daya manusia yang cukup untuk menjalankan bisnis distribusi.
  • Membuat strategi pemasaran yang efektif untuk menarik dan mempertahankan pelanggan atau pengecer.
  • Memberikan layanan yang prima kepada pelanggan atau pengecer, termasuk mengurus pengiriman, pembayaran, dan purna jual.
  • Membangun hubungan baik dengan produsen, pelanggan, pengecer, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Banyaknya daftar yang menawarkan harga termurah, untuk dijadikan sebagai produsen terpercaya dalam bisnis kamu. 

Susah-susah gampang, sebelum memilih distributor termurah kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal. 

Karena, yang menyediakan harga murah banyak, namun perhatikan juga faktor lainnya, seperti kualitas barang, branding, sistem pembelian dan pembayaran, hingga pengirimannya. 

Selalu berhati-hati karena terdapat distributor penipu yang harus kamu waspadai.

Demikianlah artikel tentang distributor yang telah kita bahas bersama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Ingin memulai bisnis tanpa ragu dan khawatir? Coba pake Everpro Product Sourcing, kamu dapat mencari produk termurah dari supplier tangan pertama di Everpro Product Sourcing!

Benefit Everpro Product Sourcing

  • Jualan Produk Terkurasi
  • Stok Terjamin
  • Margin Tebal
  • Bisa Dropship
  • Marketing Kit Lengkap
  • Terintegrasi dengan Sistem Everpro

Ayo daftar sekarang karena lagi ada promo Membership Fee hanya dengan Rp. 250.000 untuk 3 bulan!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya