Daftar Harga Layanan WhatsApp Business API Terbaru

Dengan harga WhatsApp Business API yang bervariasi mulai dari yang termurah hingga termahal, layanan ini masih jadi unggulan pebisnis online menengah hingga besar.

Untuk menjalankan strategi chat marketing, WhatsApp Business API memberikan kemudahan dalam pengiriman pesan secara praktis ke pelanggan dengan skala yang luas.

Didukung oleh fitur-fitur lainnya, sudah banyak pebisnis yang meraih kesuksesan dalam penjualan ketika menggunakan WhatsApp Business API.

Kira-kira, berapakah harga WhastApp Business API saat ini? Mari simak rinciannya berikut ini!

Ketentuan Harga WhatsApp Business API Terbaru

whatsapp business api
Sumber: google.com

WhatsApp Business API adalah antarmuka pemrograman aplikasi (API) yang memungkinkan pebisnis untuk berinteraksi dan mengirim pesan pemasaran kepada pelanggan.

Terdapat dua pembagian harga WhatsApp Business API, yaitu harga berbasis percakapan dan berbasis pihak yang memulai percakapan. Berikut ini rincian harga dan ketentuannya:

Harga Berbasis Kategori Percakapan

  • Percakapan Marketing

Percakapan marketing ini mencakup bisnis, merek, produk, atau layanan yang ditawarkan.

Contoh pesan percakapan yang dikirim kepada pelanggan yaitu penawaran dan promo, rekomendasi produk, pesan untuk produk yang ditinggalkan pelanggan di keranjang mereka, atau percakapan apapun yang tidak memenuhi syarat kategori utilitas dan autentifikasi.

Harga percakapan kategori marketing terbaru yaitu Rp586.33 per percakapan.

  • Percakapan Utilitas

Percakapan utilitas (utility) berkaitan dengan transaksi atau pembelian, termasuk notifikasi setelah pelanggan melakukan pembelian dan laporan tagihan yang berulang.

Harga percakapan kategori utilitas ini yaitu Rp285.32 per percakapan.

  • Percakapan Autentikasi

Parcakapan autentikasi (authentication) yaitu pesan untuk memberikan kode sandi satu kali atau kode token kepada pelanggan yang ingin autentikasi.

Percakapan ini bisa muncul kapan saja secara otomatis di setiap proses pelanggan, contohnya saat pendaftaran akun, pemulihan akun, log in akun, hingga tantangan integritas.

Harga percakapan autentikasi ini yaitu Rp427.97 per percakapan.

  • Percakapan Service

Berbeda dengan ketiga kategori di atas, percakapan layanan (service) ini dimulai oleh pelanggan yang umumnya mengirimkan pertanyaan terkait produk/jasa.

Pebisnis dapat merespon percakapan ini dalam kurun waktu 24 jam layanan pelanggan.

Harga untuk percakapan layanan yaitu Rp270.48 per percakapan.

Harga Berbasis Pihak yang Memulai Percakapan

  • Inisiasi oleh Pelanggan

Contoh pesan yang diawali oleh pelanggan yaitu, pertanyaan umum, permintaan informasi produk/jasa, pengaduan atau masukan, pemesanan atau reservasi, konfirmasi atau pembatalan, dan pesan-pesan penting lainnya.

Tarif pesan yang diinisiasi oleh pelanggan yaitu Rp271 per percakapan.

  • Inisiasi oleh Pebisnis

Adapun jika pesan diawali oleh pebisnis, biasanya percakapan yang dikirim yaitu pemberitahuan pemesanan, pesan promosi, pengingat reservasi, survei umpan balik, informasi layanan pelanggan, hingga kampanye pemasaran.

Tarif pesan yang diinisiasi oleh pebisnis yaitu Rp465 per percakapan.

Fitur WhatsApp Business API

harga whatsapp business api
Sumber: google.com/bersosial

1. Centang Hijau

Centang hijau merupakan fitur yang memungkinkan pemilik akun mengajukan verifikasi kepada pihak WhatsApp untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan atas kredibilitas akun.

Untuk cara mengajukan centang hijau, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi salah satunya yaitu menggunakan Business Sulution Provider (BSP) WhatsApp.

Jadi, fitur ini tidak langsung tersedia melainkan perlu jasa seperti Everpro Chat yang akan membantu mengurus proses registasi untuk memperoleh centang hijau dengan cepat.

2. Chatbot atau Balasan Otomatis

Chatbot adalah program komputer yang bisa berinteraksi dengan manusia lewat percakapan lisan dan tertulis secara real-time.

Fitur ini memungkinkan bisnis mengatur pesan secara otomatis untuk menjawab pertanyaan umum pelanggan ataupun menyambut pelanggan baru.

Sehingga, pelanggan bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan responsif selama 24 jam tanpa menunggu kamu aktif di WhatsApp.

3. Integrasi Sistem CRM

Fitur ini memudahkan akun WhatsApp Business kamu terhubung dengan customer ralationship management (CRM) untuk melacak interaksi dan menyimpan informasi penting pelanggan.

4. Template Pesan

WhatsApp Business API juga menyediakan template pesan yang telah disetujui oleh pihak WhatsApp untuk mengirim pesan-pesan penting, seperti konfirmasi pesanan atau pengingat.

Dengan template ini, pesan yang dikirim sudah terjamin standarnya dan tidak dianggap spam oleh WhatsApp. Jadi, kemungkinan akun WA Bisnis diblokir atau di banned juga kecil.

5. Broadcast Message

Salah satu fitur unggulan yang dapat dinikmati dari WA Bisnis API yaitu broadcast message. Fitur ini memungkinkan kamu mengirim pesan yang sama secara massal kepada banyak kontak.

Ini sangat berguna untuk menginformasikan promosi, produk baru, follow up, dan pembaruan penting lainnya kepada pelanggan dengan skala yang besar.

6. Laporan Analitik

WhatsApp Business API juga memiliki fitur analitik, yaitu laporan yang menggabungkan seluruh interaksi pelanggan dalam satu dashboard, mulai dari tren penjualan, transaksi, dan lainnya.

Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk memahami kebutuhan dan ketertarikan pelanggan, sehingga kampanye pemasarna yang dilakukan lebih efektif.

7. Multiple Customer Service (CS) Management

Multiple CS Management merupakan fitur yang menghubungkan pelanggan dengan bisnis melalui berbagai platform berbeda. Sayangnya fitur ini tidak tersedia di WA Business API.

Tapi kamu bisa mendapatkan fitur ini di Everpro Chat. Sebagai platform yang telah terintegrasi dengan WA Bisnis API, fitur ini dijamin akan memaksimalkan fungsi fitur-fitur lainnya.

Berlangganan Everpro Chat gratis untuk nikmati fitur ini segera!

Pertanyaan Seputar Harga WhatsApp Business API

WhatsApp Business API untuk apa?

WhatsApp Business API berfugsi untuk mendukung aktivitas bisnis dengan mengotomatiskan dan mengelola percakapan di WhatsApp.

Dengan WhatsApp Business API, kamu dapat meningkatkan layanan pelanggan, memperluas jangkauan pemasaran, meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan meraih target penjualan.

Apakah API WhatsApp gratis?

Tidak, WhatsApp Business API bukan termasuk layanan gratis. Untuk menggunakan layanan ini, kamu perlu berlangganan dengan biaya menyesuaikan dengan kriteria percakapan.

WhatsApp API merupakan layanan berbayar karena menawarkan fitur dan integrasi lanjutan untuk bisnis yang tidak dapat ditemukan di aplikasi WhatsApp biasa.

Bagaimana cara cek harga tarif WhatsApp Business API?

Untuk mengetahui tarif WhatsApp Bisnis API secara spesifik, kamu bisa mencarinya di situs web resmi WhatsApp Business, pada bagian Tarif Percakapan.

Bagaimana cara membayar WhatsApp Business API?

Untuk membayar WhatsApp Business API, kamu perlu memberikan nomor telepon yang belum digunakan di akun WhatsApp manapun.

Kemudian, cari layanan BSP WhatsApp yang terpercaya. Kamu bisa mendaftar gratis di Everpro Chat karena akan langsung terhubung dengan WhatsApp Business API.

Setelah terdaftar dan masuk ke dashboard Everpro Chat, kamu bahkan bisa menikmati fitur-fitur WhatsApp API lainnya, seperti broadcast message, chatbot, template brodacst, dan banyak lagi.

Saatnya maksimalkan strategi WhatsApp Marketing kamu bersama Everpro Chat. Yuk, daftar gratis sekarang juga dan nikmati fitur-fitur unggulannya!

Picture of Sania Majida

Sania Majida

Sania is a SEO Content Writer with experience in the technology, retail, and finance industries. Sania support businesses in increasing sales through the top funnel (brand awareness) by creating content for the right audience.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Cara Mendapatkan Centang Hijau di WA Bisnis

Ketika pebisnis online ingin meningkatkan kepercayaan pelanggan, mengetahui cara mendapatkan centang hijau di WA Bisnis merupakan langkah yang sangat penting. Centang hijau pada akun WhatsApp