everpro

5+ Jasa Pengiriman Barang Terbaik di Indonesia

Sedang mencari rekomendasi jasa pengiriman barang murah? Simak artikel tentang jasa pengiriman barang ini yang akan memberi rekomendasi terbaik untuk anda.

Kemajuan teknologi telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, salah satunya dalam menjalankan bisnis. Sistem jual beli telah mengalami perubahan signifikan, yaitu secara online.

Hal tersebut berdampak pada semakin banyaknya jasa pengiriman yang tentu dibutuhkan oleh para pelaku bisnis online. Jasa kirim barang berperan penting dalam bisnis online karena menjadi sarana pendistribusian dari penjual ke pembeli.

Dahulu hanya ada POS Indonesia dan TIKI saja sebagai perusahaan ekspedisi. Kini telah tersedia banyak pilihan jasa pengiriman untuk mengirimkan barang dengan berbagai layanan dan tarif yang bersaing.

Dengan memilih perusahaan ekspedisi terbaik dapat membantu dalam mengembangkan bisnis. Ingin tahu apa saja jasa pengiriman barang murah dan berkualitas? Baca artikel ini sampai selesai ya!

Baca juga: Sederet Perusahaan Ekspedisi Terbaik Saat Ini, Cek Disini!

Pentingnya Jasa Pengiriman Barang untuk Bisnis

jasa pengiriman barang
Sumber: pexels.com

Jasa pengiriman semakin tak terpisahkan dalam operasional perusahaan, terutama bisnis online. Hadirnya jasa ekspedisi membantu penjual dalam mengirimkan barang pesanan ke pembeli.

Begitupun dengan kebutuhan operasional bisnis seperti memindahkan barang ke warehouse dan lainnya. Banyak hal yang mendasari pentingnya menggunakan jasa ekspedisi, salah satunya adalah kemudahan dalam mengirimkan barang dengan cepat dan tepat.

Berbagai alasan lain pentingnya jasa pengiriman barang untuk bisnis adalah sebagai berikut:

  • Jasa Pengiriman Barang Dapat Menghemat Waktu

Ada banyak hal yang perlu diurus saat menjalankan bisnis, mulai dari menyiapkan produk, membuat promosi, merespon pelanggan, mempersiapkan pesanan, dan sebagainya.

Apalagi jika bisnis baru anda rintis seorang diri, tidak akan cukup jika harus mengirimkan barang sendiri ke pembeli. Hadirnya jasa pengiriman barang tentu dapat menghemat waktu sehingga anda bisa lebih fokus ke hal lainnya.

Anda cukup menyerahkan barang pesanan kepada kurir, dan tanggung jawab pengiriman sepenuhnya berada di pihak kurir untuk sampai ke pelanggan dengan aman.

  • Efisiensi Biaya

Selain dapat menghemat waktu, dengan menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirim barang pesanan anda juga dapat menghemat biaya. Karena anda tidak perlu lagi memikirkan bensin hingga perawatan kendaraan khusus untuk kirim barang.

Anda cukup membayar ongkos pengiriman sesuai dengan yang telah pihak jasa ekspedisi tentukan. Bahkan anda bisa bekerja sama menjadi mitra dan mendapatkan harga khusus dan diskon, dengan begitu biaya pengiriman lebih efisien.

  • Menjangkau Pasar Lebih Luas

Saat ini tersedia berbagai jasa pengiriman yang telah beroperasi di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini tentu memberi anda kesempatan untuk mengembangkan bisnis karena dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Terutama bagi pebisnis online, dengan dukungan jasa pengiriman dapat memudahkan anda kirim barang ke lokasi pembeli di berbagai tempat.

  • Memberikan Kepuasan Pelanggan

Jasa ekspedisi membantu anda mengirimkan produk ke pelanggan dengan cepat. Jika pelanggan menerima produk dengan cepat, mereka pasti akan puas.

Bagaimanapun, pengiriman adalah salah satu hal yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Ketika pelanggan puas, pesanan berulang dari mereka bahkan akan lebih mungkin terjadi.

Namun, perlu anda perhatikan juga bahwa kepuasan pelanggan juga berkaitan dengan faktor lainnya. Faktor tersebut antara lain konsistensi kualitas produk, responsif saat melayani pelanggan, hingga pengemasan produk yang aman. 

Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang Terbaik

perusahaan ekspedisi
Sumber: pexels.com

Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan jasa ekspedisi barang dalam pendistribusian pesanan ke pelanggan. Besarnya kebutuhan kirim barang menyebabkan semakin banyak jasa ekspedisi yang tersedia saat ini.

Namun tentu anda harus bisa pintar-pintar memilih jasa ekspedisi yang tepat. Karena setiap jasa ekspedisi memiliki layanan dan tarif yang berbeda. Berikut adalah tips memilih jasa pengiriman barang terbaik untuk anda.  

  • Memastikan Waktu Pengiriman yang Tepat

Poin pertama yang perlu anda perhatikan dalam memilih jasa ekspedisi terbaik adalah ketepatan waktu pengiriman berdasarkan estimasinya. Sebelum mengirim barang anda bisa melihat estimasi waktu kirim dengan cara cek ongkir. 

Dari estimasi pengiriman tersebut anda bisa memperkirakan apakah waktu tersebut sesuai dengan jarak tempuh lokasi tujuan. Selain itu, anda juga bisa melihat ulasan dari yang pernah menggunakan layanan jasa kirim tersebut.

Perlu anda perhatikan juga bahwa estimasi pengiriman bergantung pada jenis layanan dan tarif ongkir.

  • Memiliki Jaminan Keamanan

Selain kecepatan, anda juga perlu memperhatikan keamanan pengiriman barang. Faktor keamanan sangat penting karena dapat berpengaruh pada kondisi produk.

Tentu anda ingin produk sampai ke tangan pelanggan dengan kondisi yang baik seperti saat anda membungkusnya. Maka dari itu, pastikan untuk memilih jasa pengiriman barang yang menyediakan layanan asuransi. 

Dengan menggunakan asuransi, barang kiriman mendapat jaminan keamanan jika terjadi cacat atau hilang akibat proses pengiriman. 

  • Dapat Lacak Paket Secara Real-Time

Menerima paket menjadi hal yang sangat dinantikan oleh pelanggan. Jadi tak heran jika banyak pelanggan yang menanyakan nomor resi pengiriman untuk dapat melacaknya.

Oleh karena itu anda perlu memastikan bahwa jasa ekspedisi pilihan anda memiliki fitur cek resi, atau setidaknya nomor resi dapat dilacak melalui fitur pelacakan di situs lainnya.

Dengan cara ini, baik penjual maupun pembeli dapat melacak lokasi barang secara mandiri.

  • Tarif Ongkir Kompetitif

Tips selanjutnya dalam memilih jasa ekspedisi terbaik adalah dengan melihat tarif ongkir pengiriman. Tarif ongkir perlu anda pertimbangkan dengan baik karena dapat mempengaruhi keputusan calon pembeli.

Karena tentu calon pelanggan lebih menyukai biaya pengiriman yang murah. Bahkan, tak jarang calon pembeli batal checkout karena ongkos kirim yang terlalu mahal.

Bandingkan beberapa ekspedisi sekaligus, terutama untuk jenis layanan yang sama. Lalu pilih yang harganya paling murah. 

Anda bisa membandingkan tarif ongkir dari berbagai jasa pengiriman untuk memilih yang menawarkan harga kompetitif melalui fitur cek ongkir di Everpro.

  • Tersedia Layanan yang Beragam

Biasanya jasa ekspedisi menawarkan lebih dari satu jenis layanan. Layanan tersebut sesuai dengan waktu pengiriman. Semakin cepat waktu kirim, maka biaya ongkir juga akan semakin mahal.

Dengan menawarkan layanan pengiriman yang beragam dapat membantu pembeli dalam memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka.

  • Melihat Review Pengguna Layanan

Tips terakhir sebelum memilih jasa pengiriman adalah dengan membaca ulasan atau review dari yang pernah menggunakan jasa ekspedisi tersebut. 

Dari membaca ulasan anda akan mendapatkan gambaran tentang kualitas pengiriman, tarif, dan keamanan berdasarkan pengalaman pelanggan lainnya. 

Untuk mengetahui review pengguna layanan anda bisa mencari di browser, karena saat ini telah banyak artikel yang memberi review jasa ekspedisi.

Rekomendasi Jasa Pengiriman Barang Murah dan Berkualitas

rekomendasi jasa pengiriman barang
Sumber: pexels.com

Memang saat ini tersedia banyak pilihan jasa ekspedisi untuk memenuhi kebutuhan pengiriman. Begitupun dengan layanan yang beragam serta tarif kompetitif. Tentunya anda ingin memilih yang bisa mengirimkan dengan cepat, aman, dengan tarif ongkir yang murah.

Berikut adalah rekomendasi jasa pengiriman barang murah dan berkualitas yang bisa anda pilih:

  • Jasa Pengiriman Barang – SiCepat

Rekomendasi pertama adalah jasa pengiriman SiCepat yang telah hadir di Indonesia sejak tahun 2014. Jasa ekspedisi ini menawarkan layanan yang variatif dan inovatif.

Salah satunya adalah dengan layanan SiCepat Halu yang menawarkan tarif ongkir mulai dari Rp 5 ribu saja. Tak hanya murah, kualitas pengiriman juga banyak mendapat review positif karena relatif cepat dan aman.

Bahkan SiCepat juga bisa menjadi sarana untuk metode pembayaran COD. Jadi jika pelanggan anda ingin membeli dengan COD, anda bisa melakukannya dengan bantuan SiCepat.

  • Jasa Pengiriman Barang – JNE

Salah satu jasa ekspedisi populer yang telah lama hadir di Indonesia, yaitu JNE juga merupakan pilihan tepat untuk kirim murah dan berkualitas. 

Tersedia berbagai layanan pengiriman, salah satunya adalah OKE atau Ongkos Kirim Ekonomis yang menawarkan tarif pengiriman hemat. 

Selain itu tersedia layanan lain jika anda butuh kirim cepat, seperti layanan YES (Yakin Esok Sampai) atau SS (Super Speed). 

Soal keamanan anda tidak perlu khawatir, kehadirannya selama puluhan tahun menjadi bukti bahwa jasa pengiriman ini dapat dipercaya.

Baca juga: 7 Cara Cek Resi JNE Express (JTR, Reg, Cargo) Terlengkap 2022

  • JNT

Rekomendasi jasa pengiriman barang selanjutnya adalah JNT Express. Tersedia 3 jenis layanan yang dapat memenuhi kebutuhan kirim barang anda seperti EZ (estimasi 2 -3 hari), Super (1 – 2 hari), dan ECO atau ekonomis (5 – 14 hari).

Jasa ekspedisi ini telah menjadi mitra pengiriman di berbagai marketplace. Selain itu, JNT Express beroperasi selama 365 hari tanpa libur sehingga dapat mendukung kebutuhan pengiriman bisnis anda. 

  • TIKI

TIKI merupakan salah satu perusahaan ekspedisi pendahulu, yakni telah berdiri sejak tahun 1970. Tersedia berbagai jenis layanan mulai dari pengiriman lokal, hingga luar negeri.

Tarif ongkirnya pun beragam tergantung layanan yang anda pilih. Anda bisa memilih layanan ECO atau economy service untuk kiriman hemat ongkir.

  • POS Indonesia

POS Indonesia yang dahulu hanya dikenal sebagai perusahaan untuk kirim surat, juga menawarkan jasa kurir sekaligus logistik. Bahkan anda bisa mengirim barang ke luar negeri menggunakan jasa ekspedisi ini. 

  • Anteraja

Perusahaan ekspedisi ini memang terbilang baru yaitu berdiri sejak tahun 2019. Namun kehadirannya cukup diperhitungkan, karena telah banyak menjadi partner pengiriman untuk berbagai marketplace maupun ecommerce.

Salah satu keunggulannya adalah harganya yang relatif murah, dan aman pastinya. Anda bisa melihat estimasi pengiriman dan tarif ongkir jasa ekspedisi ini dengan cara cek ongkir.

  • RPX

Satu lagi pilihan jasa pengiriman barang murah dan berkualitas adalah dengan menggunakan RPX. RPX adalah jasa ekspedisi yang sudah berpengalaman mengirimkan barang ke seluruh Indonesia hingga dunia.

Anda dapat mengirimkan barang hingga lebih ke 220 negara. Selain itu tarif pengirimannya pun bersaing dengan layanan serupa dari jasa ekspedisi lainnya.

Demikian penjelasan dan rekomendasi jasa pengiriman barang yang ada di Indonesia untuk kirim barang murah dan berkualitas.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya hanya dari Everpro!

Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya