everpro

Cara Mudah Menggunakan JNT COD Bagi Penjual dan Pembeli

Bagaimana cara menggunakan JNT COD untuk penjual dan pembeli? Tenang, simak penjelasan lengkapnya seputar JNT COD di bawah ini!

Bagaimana cara menggunakan JNT COD? Kali ini, Everpro mengulas secara lengkap dan ringkas bagi Anda selaku penjual atau pembeli. Dapat dengan mudah, menggunakan salah satu fitur layanan unggulan dari jasa ekspedisi JNT.

JNT menjadi salah satu jasa ekspedisi terbaik dan terkemuka di Indonesia, tak heran banyak masyarakat yang memilihnya. Layanan ini tersedia juga di beberapa marketplace ataupun e-commerce untuk memberikan kemudahan bagi Anda.

Apa Itu COD JNT?

jnt cod
Sumber: google.com

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu COD JNT, merupakan metode pembayaran Cash On Delivery (COD) atau bayar di tempat. Setelah barang kiriman diterima oleh pihak kurir, pembayaran akan terjadi ketika penerima/pembeli menerima barang.

Sebelum menggunakan fitur COD, Anda wajib daftar terlebih dahulu untuk membuat akun di JNT Express. Apabila akun Anda sudah terdaftar, maka bisa langsung menggunakan fitur integrasi kurir untuk melakukan metode COD.

Selama mencoba layanan ini, Anda tidak perlu keluar rumah untuk melakukan transfer ke bank maupun mini market. Sebab pihak JNT akan membantu pengiriman barang dan metode pembayaran di tempat.

Baca juga: Kirim Paket Cepat dengan JNT Express

Sistem COD JNT Untuk Penjual

jnt cod
Sumber: google.com

Sebenarnya sistem COD JNT untuk penjual dapat dilakukan tanpa marketplace atau sebaliknya. Selain itu, jasa pengiriman ekspedisi lain pun telah menerapkan sistem seperti JNT COD. Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor yang mempengaruhinya.

Apabila Anda sebagai penjual yang belum menggunakan marketplace, tak perlu khawatir. Sebab JNT COD sangatlah mudah, Anda hanya perlu menyampaikan ke bagian agen bahwa Anda akan melakukan pengiriman barang dengan sistem COD JNT.

3 Keuntungan Menggunakan Fitur JNT COD

jnt cod
Sumber: google.com

Beragam keuntungan menggunakan fitur JNT yang selalu mengutamakan kemudahan bagi penjual maupun pembeli. Tak heran, hal ini juga dapat menghindarkan Anda dari unsur penipuan marak terjadi.

Bebas Biaya Tambahan

Selama pengiriman, Anda terbebas dari biaya tambahan maupun biaya penanganan dari layanan ini. Pihak JNT sama sekali tidak meminta biaya tambahan, kurir cukup menerima uang sesuai harga barang serta ongkir dari penerima barang.

Terhindar Dari Penipuan 

Metode pembayaran COD ditangani langsung oleh pihak ekspedisi, sehingga kurir dapat langsung menarik kembali pesanan. Apabila produk tersebut berbeda dari deskripsi yang tercantum di online shop.

Kecepatan dan Kemudahan

Keuntungan lainnya yaitu pihak JNT tidak melibatkan perantara pihak lain. Jadi kurir akan langsung menerima uang COD, dan Anda cukup menunggu dana pencairan terjadi dengan cepat dan mudah.

Baca juga: Pengiriman Paket Makin Lancar Melalui 4 Jenis Layanan JNT

4 Cara Mudah Menggunakan JNT COD Bagi Penjual

jnt cod
Sumber: google.com

Di awal telah ada penjelasan, sebelum melakukan metode pembayaran COD, Anda wajib mendaftarkan diri untuk membuat akun. Jika sudah, mari langsung simak langkah-langkah cara menggunakannya secara mudah dan cepat.

  1. Kunjungi halaman Tokopedia Seller
  2. Klik Pengaturan Toko lalu pilih menu Layanan
  3. Setelah itu centang semua kolom Syarat dan Ketentuan
  4. Tekan tombol Aktifkan Layanan

Keuntungan menggunakan layanan bayar di tempat (COD) memberikan kemudahan bagi Anda selaku penjual. Fitur akan langsung otomatis aktif di toko online dan terdapat ekspedisi lainnya yang dapat menjadi pilihan konsumen.

Cara Mudah Menggunakan JNT COD Bagi Pembeli

jnt cod
Sumber: google.com

Kenyamanan pelanggan berkurang karena adanya pembayaran awal tanpa melihat pesanan produk terlebih dahulu. Belum lagi, repot harus keluar rumah untuk melakukan transfer melalui bank maupun mini market.

  1. Buka aplikasi Tokopedia
  2. Pastikan produk menyediakan Layanan COD
  3. Pilih menu Metode Pembayaran setelah checkout barang
  4. Lalu tekan tombol Bayar di Tempat (COD)
  5. Terakhir klik Buat Pesanan dan tunggu barang akan dikirim

Produk pesanan Anda terjamin keamanannya selama perjalanan, sebab JNT selalu menjaga keamanan serta kecepatan pengiriman barang. Selain itu pula terdapat keuntungan lainnya bagi kedua belah pihak.

Demikian ulasan mengenai JNT COD mulai dari pengenalan layanan, keuntungan fitur, dan cara menggunakan fitur bagi penjual serta pembeli. Informasi di atas dapat memudahkan Anda dalam melakukan pengiriman maupun penerimaan barang, agar lebih mudah dalam pengiriman yuk coba rekomendasi terbaru layanan jasa pengiriman dari Everpro.

Benefit Everpro Shipping 

Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!

  • Kirim paket murah dengan Cashback hingga 35%
  • Gratis biaya retur paket
  • 15+ pilihan ekspedisi favorit ke seluruh Indonesia, bebas pilih!
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Bebas tentukan jadwal dan lokasi penjemputan
  • Mendapat laporan aktivitas penjualan
  • Menyediakan fitur courier scoring, buyer scoring, WA checker

Sudah siap mengepakkan sayap bisnis kamu? Mari perluas jangkauan bisnis dengan mendaftar layanan Everpro Shipping!

Daftar Sekarang

Picture of Nazma Fitria

Nazma Fitria

Nazma Fitria adalah seorang SEO Content Writer di blog Everpro dengan menulis artikel berbagai category seperti jasa ekspedisi, tips bisnis/usaha, glosarium pengiriman dan digital marketing.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan