Everpro

Kenapa Komisi Shopee Affiliate Tidak Masuk? Inilah Penyebab & Cara Mengatasinya

Shopee Affiliate memang jadi program yang sangat menguntungkan pengguna. Tapi kadang komisi dari afiliasi ini sering terlambat diterima. Kira-kira kenapa komisi Shopee tidak masuk ya?

Mungkin saat ini kamu juga menghadapi kendala yang sama. Komisi yang harusnya masuk ke akun Shopee tepatnya di menu Laporan Komisi belum kunjung diterima tanpa tahu penyebabnya.

Padahal komisi Shopee Affiliate akan muncul ketika sudah ditandai selesai oleh pembeli dan lolos validasi yang memakan waktu hingga kurang lebih 14 hari kerja.

Namun tak perlu khawatir, karena artikel ini akan menjelaskan beberapa penyebab komisi Shopee affiliate tidak masuk dan solusi atau cara mengatasinya.

Baca Juga: Lengkap! Ini Cara Mendapatkan Uang dari Shopee Affiliate

Penyebab Komisi Shopee Affiliate Tidak Masuk dan Cara Mengatasinya 

Kenapa Komisi Shopee Affiliate Tidak Masuk?
‘Sumber: google.com

Ada beberapa alasan mengapa komisi Shopee Affiliate kamu belum masuk. Berikut adalah beberapa penyebab mengapa hal tersebut dapat terjadi:

Sudah Habis Periode Validasi Komisi 

Jika komisi Shopee Affiliate tidak masuk bisa saja penyebabnya karena waktu pembelian yang terbatas dan melewati masa yang ditentukan.

Karena biasnaya program afiliasi Shopee ini punya periode validasi tertentu yang harus dipatuhi para afiliasi dan pembeli. Kalau sudah lewat periodenya, maka komisi afiliasi tidak berlaku lagi.

Karena itu, penting untuk paham dan tahu periode validasi yang ditentukan program Shopee Affiliate.

Pembelian yang Terlambat Diverifikasi

Setelah periode validasi berakhir, ada juga waktu yang dibutuhkan untuk verifikasi pembelian. Proses verifikasi ini dapat memakan waktu, terutama jika ada volume transaksi yang tinggi.

Komisi mungkin tidak masuk secara instan setelah pembelian dilakukan, tetapi akan dikreditkan setelah verifikasi selesai.

Pastikan untuk memahami kebijakan verifikasi yang berlaku untuk program afiliasi Shopee.

Untuk mengatasi permasahan komisi Shopee Affiliate yang tidak masuk karena batasan waktu ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  • Pahami periode dan validasi yang ditetapkan Shopee.
  • Selalu pantau status verifikasi agar komisi bisa diproses dengan lancar.
  • Fokuslah mempromosikan produk untuk program afiliasi ke pembeli dengan kemungkinan pembatalan transaksi yang rendah.

Pembeli Membatalkan atau Mengembalikan Barang 

Jika pembeli membatalkan atau mengembalikan barang yang telah di beli melalui tautan afiliasi kamu, komisi juga dapat dibatalkan atau dikurangi.

Hal ini karena program afiliasi Shopee umumnya mengharuskan transaksi yang selesai dan sukses untuk mendapatkan komisi.

Jika terjadi pembatalan atau pengembalian, komisi yang diharapkan mungkin tidak masuk.

Rekening Belum Terverifikasi

Shopee memproses pembayaran komisi lebih dari Rp 1.000.000 melalui transfer bank. Nah masalahnya banyak affiliator yang lupa untuk memverifikasi rekening bank mereka.

Sehingga tentu saja ini menyebabkan proses pencairan komisi jadi tertunda dan belum kunjung masuk ke akun affiliator.

Untuk mengatasinya, lakukanlah verifikasi rekening bank sesegera mungkin. Untuk melakukan verifikasi, kamu bisa masuk ke Pengaturan Pembayaran di akun Shopee Affiliates Program.

Limit Saldo ShopeePay

Penyebab lainnya juga bisa karena saldo ShopeePay. Jika kamu memperoleh komisi dengan jumlah kurang dari Rp1 juta, maka komisi tersebut dibayarkan ke ShopeePay.

Kalau akun Shopee kamu tidak terhubung dengan ShopeePay, maka menyebabkan komisi tidak masuk.

Tapi kalau akunmu sudah terhubung ke ShopeePay dan komisi juga tak kunjung masuk, bisa jadi penyebabnya karena ShopeePay kamu sudah mencapai limit atau batas transfer.

Karena pihak Shopee membatasi limit ShopeePay per bulan sebesar Rp20 juta untuk akun biasa dan Rp40 juta untuk akun ShopeePay Plus.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menunggu bulan berikutnya untuk memperoleh komisi yang sesuai. Selain itu, kamu juga bisa hubungi Customer Service Shopee untuk menyelesaikan kendalanya.

Baca Juga: Mudah Banget! 8+ Cara Menghubungi CS Shopee 24/7!

Penggunaan Tautan yang Salah

Penyebab komisi shopee affiliate tidak masuk juga bisa karena kamu membagikan tautan yang salah ke pembeli. Tautan yang salah ini bisa disebabkan karena tiga hal, yaitu:

  • Tautan tidak relevan dengan konten atau produk yang kamu promosikan.
  • Tautan afiliasi yang rusak atau tidak valid sehingga tidak bisa dibuka oleh pembeli.
  • Mengirim tautan ke diri sendiri atau orang terdekat tanpa adanya transaksi yang sebenarnya.

Untuk mengatasi masalah di atas, kamu bisa memeriksa kembali apakah tautan yang dikirim sudah benar-benar relevan dengan produk yang dipromosikan.

Selain itu, pastikan menyalin tautan dengan benar agar tidak error dan selalu patuhi kebijakan afiliasi dari Shopee.

Kalau kamu masih bingung cara membuat link Shopee Affiliate, yuk baca disini: 2 Cara Membuat Link Shopee Affiliate Biar Dapet Cuan!

Penyalahgunaan Program Afiliasi

Salah satu penyebab umum lainnya adalah penyalahgunaan program afiliasi.

Beberapa praktik yang melanggar ketentuan Shopee Affiliate, seperti klik palsu atau membeli melalui tautan afiliasi sendiri, dapat menyebabkan komisi di batalkan atau di tunda.

Untuk menghindari masalah ini, penting bagi kamu untuk memahami dan mematuhi pedoman yang ditetapkan oleh Shopee Affiliate.

Terjadi Masalah Pada Pelacakan dan Pelaporan

Terkadang, komisi tidak masuk karena masalah teknis dengan sistem pelacakan dan pelaporan Shopee Affiliate. Ini bisa termasuk gangguan jaringan, pembaruan sistem, atau kesalahan teknis lainnya.

Jika kamu menghadapi masalah ini, sebaiknya menghubungi tim dukungan teknis Shopee Affiliate untuk memperbaikinya.

Promosi yang Kurang Efektif 

Kalau kamu sudah promosi produk dengan tautan afiliasi namun komisi belum kunjung masuk, mungkin penyebabnya karena belum ada yang membeli produk dari tautan kamu.

Tak bisa dipungkiri bahwa konten afiliasi yang menarik sangat berpengaruh kepada efektif atau tidaknya promosi kamu. Pastinya ini juga akan berdampak ke keterlibatan audiens.

Jika tautan afiliasi tidak menarik perhatian pengunjung atau tidak relevan dengan konten yang disajikan, kemungkinan konversi dan penghasilan akan rendah.

Solusi untuk mengatasinya yaitu dengan membuat konten yang lebih berkualitas dan menarik minat audiens. Cari tahu cara menggunakan Shopee Affiliate, lakukan uji coba dan selalu evaluasi. 

Nah, itu dia informasi seputar penyebab dan solusi komisi Shopee Affiliate yang tidak masuk dan semoga informasi artikel ini bisa bermanfaat untuk menjadi solusi dari permasalahanmu.

Jangan lupa share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan artikel menarik berikutnya yang pasti hanya di Everpro, ya!

Baca Juga: Mudah dan Cepat! Ini Cara Mencairkan Komisi Shopee Affiliate

Dapetin Cuan dari Program Affiliate Marketing Everpro

Selain Shopee Affiliate, Everpro memiliki layanan program affiliate marketing yang dapat membantu kamu sebagai pebisnis online untuk meningkatkan penjualan melalui jasa beriklan di Everpro.

Program tersebut adalah PijAds++ yang sangat menjanjikan dan kamu bisa memperoleh komisi besar hingga total hadiah senilai milyaran rupiah, lho!

Apa saja sih keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan program PijAds++ ? 

Benefit Everpro PijAds++ Affiliate Marketing Program

kenapa komisi shopee affiliate tidak masuk
Sumber: Dokumentasi Everpro
  • Komisi yang Menguntungkan
  • Dashboard Monitoring yang Detail
  • Layanan Pro yang Menyeluruh
  • Dukungan Penuh dari Tim Everpro

Yuk, ikuti program PijAds++ dari Everpro yang sangat menguntungkan dengan klik gambar di atas, ya!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya