everpro

Keterlambatan Pengiriman Shopee? Cari Tahu Penyebabnya!

Pernah terpikir kenapa paket kamu belum juga sampai? Cari tahu jawaban kenapa paket terlembat pada artikel ini!

Sebagai pembeli, datangnya paket dari hasil belanja online merupakan hal yang dinanti-nantikan.

Namun, hal tersebut berubah menjadi kekhawatiran saat mengecek status paket yang masih dalam pengemasan lebih dari ketentuan batas waktu pengiriman oleh penjual.

Maka apa sebenarnya yang menyebabkan keterlambatan pengiriman Shopee terjadi?

Mari kita ketahui bersama-sama apa yang menjadi penyebab, cara menanggulangi, dan cara menghindari terjadinya keterlambatan pengiriman.

Pengertian Keterlambatan Pengiriman Shopee

keterlambatan pengiriman shopee
Sumber: google.com

Melansir dari situs resmi Pusat Edukasi Penjual Shopee, keterlambatan pengiriman Shopee adalah ketika penjual mengirimkan pesanan lewat batas waktu pengiriman. 

Pada dasarnya, Shopee menetapkan batas waktu untuk penjual mengirimkan barang pesanan. Jadi, ketika penjual mengirim melewati batas waktu tersebut maka dianggap terlambat.

Adapun ketentuan batas waktu pengiriman untuk produk non-Pre Order menurut Shopee adalah:

  • 2 hari untuk kirim pesanan menggunakan jasa pengiriman reguler. Waktu tersebut terhitung dari penjual menerima pesanan di platform Shopee.
  • 1 hari untuk pengiriman menggunakan layanan Next Day, Same Day, dan Instant. Batas waktu terhitung dari penerimaan pesanan oleh penjual.

Maka, penjual yang mengirimkan pesanan lewat batas waktu tersebut dianggap sebagai pesanan terlambat.

Hal ini perlu penjual perhatikan dengan lebih baik. Pasalnya, semakin banyak pesanan yang terlambat dapat meningkatkan Tingkat Keterlambatan Pengiriman

Dengan tingginya tingkat keterlambatan, penjual bisa mendapatkan poin penalti. Hal ini tentu buruk untuk reputasi Toko penjual. 

Baca juga: Kenapa Shopee Tidak Bisa COD Ini Alasan dan Solusinya!

Penyebab Keterlambatan Pengiriman Shopee

keterlambatan pengiriman shopee
Sumber: google.com

Setelah memahami pengertiannya, maka secara garis besar penyebab keterlambatan pengiriman Shopee ialah penjual yang belum mengirimkan pesanan.

Alasan mengapa penjual belum segera mengirimkan pesanan bisa bermacam-macam, seperti:

  • Proses pengemasan yang lama
  • Banyaknya pesanan masuk, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa mengirimkan pesanan
  • Terjadi masalah internal terkait pesanan
  • Tenaga kerja yang kurang
  • Stok pesanan yang ternyata tidak ada

Beberapa penyebab tersebut menjadikan pesanan Shopee tertunda. Tentu hal ini dapat menimbulkan kekecewaan pelanggan. 

Oleh karena itu, penjual harus lebih memperhatikan dan sigap saat mendapat notifikasi pesanan masuk.

Di samping itu, keterlambatan pengiriman Shopee juga bisa karena proses pengiriman yang lama. Maka hal ini berkaitan dengan jasa pengiriman.

Adapun beberapa kemungkinan pesanan telat sampai ke penerima oleh kurir, yaitu karena:

  • Kesalahan teknis pengiriman
  • Kesalahan penulisan alamat atau alamat yang tidak jelas, sehingga menyebabkan kurir sulit mengantarkan ke penerima
  • Terjadi hal yang diluar kendali, seperti bencana alam, kecelakaan, dan sebagainya. 

Penyebab Pesanan Shopee Tertunda

pesanan shopee tertunda
Sumber: google.com

Seperti pada pembahasan sebelumnya, pesanan Shopee tertunda dapat menyebabkan keterlambatan pengiriman. 

Adapun pengertian pesanan tertunda menurut Shopee adalah pesanan yang telah terverifikasi pembayarannya, namun masih dalam proses pengecekan oleh pihak Shopee.

Sebagai penjual, bisa melihat adanya pesanan tertunda melalui menu Pengiriman Saya di Seller Center. Bisa juga melalui menu Penjualan Saya di aplikasi Shopee toko anda.

Memang terdapat beberapa faktor yang menyebabkan pesanan tertunda, namun jika melihat tersebut dari sisi Shopee, maka penyebabnya adalah masih dalam proses pengecekan yang membutuhkan waktu lebih lama hingga 4 jam.

Hal yang Bisa Pembeli Lakukan Terkait Keterlambatan Pengiriman

cara mengatasi penjual telat kirim barang
Sumber: google.com

Terjadinya keterlambatan memang bisa menjadi hal yang mengkhawatirkan. Sebagai pembeli, tentu ingin barang pesanannya sampai dengan cepat, minimal sesuai estimasi.

Lantas, apa yang bisa pembeli lakukan jika terjadi keterlambatan pengiriman Shopee?

Salah satu hal yang bisa pembeli lakukan adalah langsung menanyakannya kepada penjual. Dengan begitu, pembeli bisa mendapatkan jawaban terkait adanya keterlambatan tersebut.

Namun, jika penjual belum merespon untuk waktu yang lama, maka sebaiknya pembeli langsung menghubungi pihak customer service Shopee.

Cara menghubungi CS Shopee melalui aplikasi adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Shopee yang terpasang di smartphone anda
  • Kemudian masuk ke menu Saya
  • Lalu scroll kebawah dan klik menu Chat dengan Shopee
  • Selanjutnya tuliskan pesanan maksimal dalam 30 kata

Cara lainnya yang bisa pembeli lakukan untuk menghubungi customer service Shopee adalah dengan mengakses portal help.shopee.co.id.

5 Cara Menghindari Keterlambatan Pengiriman (Penjual)

keterlambatan pengiriman shopee
Sumber: google.com

Adanya keterlambatan dalam pengiriman dapat menimbulkan kekecewaan pada pelanggan. Jika terus terjadi, hal ini bisa berdampak pada nilai toko.

Maka dari itu, penjual Shopee harus segera menanggulangi hal tersebut agar tidak terjadi lagi. Melansir dari laman Pusat Edukasi Penjual Shopee cara menghindari keterlambatan pengiriman Shopee adalah dengan menetapkan proses pemenuhan pesanan secara tepat, dan meningkatkan sumber daya untuk memenuhi pesanan.

Berikut adalah penjelasan dari kedua cara tersebut:

  • Pengelolaan Stok

Cara pertama untuk menghindari keterlambatan pengiriman adalah dengan mengelola stok dengan tepat. Lakukan pemantauan dan perbarui stok secara berkala. 

Pastikan bahwa ketersediaan stok fisik sesuai dengan yang ada di Seller Center Shopee. Cantumkan jumlah stok yang sesuai untuk menghindari adanya pembatalan pesanan karena stok habis.

  • Memantau Batas Waktu Pengiriman

Lakukan pemantauan melalui menu Pesanan Saya untuk bisa mengurutkan pesanan dari yang paling lama ke paling baru, atau sebaliknya.

Dengan begitu, penjual bisa mengatur prioritas pesanan yang harus terlebih dahulu dikirim.

  • Menetapkan Proses Pengemasan dengan Tepat

Langkah lain yang tak kalah pentingnya adalah memastikan proses pengemasan yang baik. Agar isi paket tetap aman, kemas produk dengan melapisinya menggunakan bubble wrap, minimal 3 lapis.

Ketahui daftar pesanan yang masuk agar segera memproses pengemasan dengan lebih cepat pada menu Pengiriman Massal. Dengan mengakses menu ini, penjual dapat mengemas produk lebih efisien untuk mencegah kesalahan pengemasan.

  • Menggunakan Fitur Bisnis Saya

Selanjutnya pantau performa setiap produk di halaman Bisnis Saya. Dengan mengakses fitur ini, penjual bisa melihat produk berdasarkan unit, penjualan, dan tingkat konversi.

Maka, hal tersebut dapat membantu penjual dalam ketersediaan stok untuk produk terlaris.

  • Mempekerjakan Lebih Banyak SDM

Ketika pesanan yang masuk membludak, tenaga kerja menjadi faktor penting yang harus penjual pertimbangkan. Tentu anda tidak ingin pelanggan kecewa karena pesanan yang datang terlambat bukan?

Maka dari itu, hire tenaga kerja dengan jumlah yang cukup untuk memastikan pesanan dapat selesai tepat waktu. Pastikan juga anggota tim telah terlatih untuk dapat mengemas dan mengelola produk dengan hati-hati dan efisien.

Baca juga: Pengiriman Cargo Shopee Aman atau Tidak Cara Tahu Disini!

Berapa Lama Batas Waktu Konfirmasi Terima Barang?

Jika kamu sudah menerima paket yang kamu beli, kamu memiliki waktu paling lama 1×24 jam terhitung dari saat pihak jasa kirim menyatakan barang sudah kamu terima untuk mengkonfirmasi penerimaan barang.

Selain itu, kamu juga bisa mengajuka pengembalian barang selama transaksi pembelian masih dalam dalam proses pengiriman. Ini bisa kamu lakukan jika kamu mendapati barang yang kamu terima berbeda atau rusak dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan mengenai keterlambatan pengiriman Shopee, mulai dari definisi, penyebab, hingga cara menghindarinya.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Nah, biar bisnis kamu tidak mengalami keterlambatan pengiriman baiknya menggunakan layanan pengiriman dari Everpro Shipping!

Dijamin pengiriman kamu akan minim mengalami keterlambatan ke konsumen, selain itu kamu juga akan mendapatkan banyak keuntungan.

Apa aja keuntungannya? simak di bawah ini

Benefit Everpro Shipping

  • Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 30% untuk metode pengiriman reguler.
  • Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 15+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Jemput paket di mana saja dan bebas tentukan jadwalnya kapan saja.
  • Butuh data aktivitas penjualan? Tenang, semua orderan bisa diunduh dalam bentuk laporan.

Tunggu apalagi? Segera beralih ke layanan Shipping Everpro sekarang juga dengan klik Daftar di bawah ini!

Daftar Sekarang

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya