Everpro

Keterlambatan Pengiriman Barang di Shopee? Ini Penyebab dan Solusinya!

Kenapa pengiriman shopee lama sampai ke alamat tujuan? Mungkin paketmu mengalami keterlambatan pengiriman Shopee karena beberapa alasan tertentu.

Untuk tahu paketmu terlambat dikirim, aplikasi Shopee memunculkan notifikasi “pengiriman pesanan membutuhkan waktu lebih lama mohon cek status pesanan secara berkala”.

Sebenarnya kenapa paket Shopee lama dikirim dan diluar estimasi? Artikel ini bakal kasih tahu kamu penyebabnya dan solusi bagaimana jika pengiriman Shopee melewati batas waktu.

Memahami Penyebab Keterlambatan Pengiriman Pesanan di Shopee

keterlambatan pengiriman shopee
Sumber: google.com

Status pesanan “Keterlambatan Pengiriman” adalah kondisi ketika penjual mengirimkan pesanan pembeli kepada kurir melewati batas waktu yang sudah ada di aplikasi Shopee.

Untuk ketentuan batas waktu pengiriman untuk barang selain sistem PO (Pre Order) di Shopee yaitu:

  • Layanan pengiriman reguler: 2 hari sejak penjual penerima pesanan di Shopee.
  • Layanan pengiriman Next Day, Same Day, dan Instan: 1 hari sejak penjual menerima pesanan.

Jadi, kalau penjual belum menyerahkan pesanan ke kurir lewat dari batas di atas, tandanya pesanan dianggap mengalami keterlambatan pengiriman. Berikut beberapa penyebabnya:

  1. Proses pengemasan paket yang lama.
  2. Pesanan yang overload atau terlalu banyak.
  3. Terjadi masalah internal terkait pesanan.
  4. Tenaga kerja yang kurang.
  5. Stok pesanan yang ternyata sudah tidak ada.
  6. Kesalahan teknik pengiriman.
  7. Ada kendala internal atau eskternal yang dialami kurir.

Nggak cuma menurunkan kepuasan pelanggan, tapi keterlambatan pengiriman juga akan memperburuk reputasi toko seller di Shopee. Karena itu, penting banget untuk kirim paket tepat waktu!

Baca juga: Kenapa Shopee Tidak Bisa COD Ini Alasan dan Solusinya!

Cara Mengatasi Keterlambatan Pengiriman Shopee untuk Pembeli

Barang yang mengalami keterlambatan pengiriman emang bikin khawatir. Sebagai pembeli, kami pasti mau paketmu sampai dengan cepat dan sesuai dengan estimasi.

Lalu, apa sih yang solusi yang bisa kamu lakukan? Ini beberapa pilihannya:

Menghubungi Penjual di Fitur Chat Shopee

Solusi pertama yaitu dengan bertanya langsung ke penjual atau seller di fitur Chat Shopee.

Tanyakan kepada seller kendala apa yang membuat pesanan kamu belum kunjung dikirim dan sudah melewati estimasi dari pihak Shopee.

Untuk mengirim pesan ke seller, kamu bisa langsung masuk ke Pesanan Saya > Hubungi Penjual.

Menghubungi Customer Service Shopee

Namun, jika penjual belum merespon untuk waktu yang lama, maka sebaiknya pembeli langsung menghubungi pihak customer service Shopee.

Cara menghubungi CS Shopee melalui aplikasi adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Shopee yang terpasang di smartphone anda
  • Kemudian masuk ke menu Saya
  • Lalu scroll kebawah dan klik menu Chat dengan Shopee
  • Selanjutnya tuliskan pesanan maksimal dalam 30 kata

Baca Juga: 8+ Cara Menghubungi CS Shopee 24/7!

Cara Antisipasi Keterlambatan Pengiriman untuk Penjual

keterlambatan pengiriman shopee
Sumber: google.com

Adanya keterlambatan dalam pengiriman dapat menimbulkan kekecewaan pada pelanggan. Jika terus terjadi, hal ini bisa berdampak pada nilai toko.

Karena itu, sebagai seller kamu harus mengantisipasi hal tersebut agar tak terjadi lagi. Berikut beberapa cara yang perlu kamu lakukan:

  • Kelola Stok Barang dengan Efektif

Cara pertama untuk menghindari keterlambatan pengiriman adalah dengan mengelola stok dengan tepat. Lakukan pemantauan dan perbarui stok secara berkala. 

Pastikan bahwa ketersediaan stok fisik sesuai dengan yang ada di Seller Center Shopee. Cantumkan jumlah stok yang sesuai untuk menghindari adanya pembatalan pesanan karena stok habis.

Baca Juga: Cara Mengelola Stok Barang di Toko Online dan Offline

  • Memantau Batas Waktu Pengiriman

Lakukan pemantauan melalui menu Pesanan Saya untuk bisa mengurutkan pesanan dari yang paling lama ke paling baru, atau sebaliknya.

Dengan begitu, penjual bisa mengatur prioritas pesanan yang harus terlebih dahulu dikirim.

  • Menetapkan Proses Pengemasan dengan Tepat

Langkah lain yang tak kalah pentingnya adalah memastikan proses pengemasan yang baik. Agar isi paket tetap aman, kemas produk dengan melapisinya menggunakan bubble wrap, minimal 3 lapis.

Ketahui daftar pesanan yang masuk agar segera memproses pengemasan dengan lebih cepat pada menu Pengiriman Massal. Dengan mengakses menu ini, penjual dapat mengemas produk lebih efisien untuk mencegah kesalahan pengemasan.

  • Menggunakan Fitur Bisnis Saya

Selanjutnya pantau performa setiap produk di halaman Bisnis Saya. Dengan mengakses fitur ini, penjual bisa melihat produk berdasarkan unit, penjualan, dan tingkat konversi.

Maka, hal tersebut dapat membantu penjual dalam ketersediaan stok untuk produk terlaris.

  • Mempekerjakan Lebih Banyak SDM

Ketika pesanan overload, tenaga kerja menjadi faktor penting yang harus penjual pertimbangkan. Rekrut tenaga kerja dengan jumlah yang cukup untuk memastikan pesanan dapat selesai tepat waktu.

Pastikan juga anggota tim telah terlatih untuk dapat mengemas dan mengelola produk dengan hati-hati dan efisien.

Baca juga: Pengiriman Cargo Shopee Aman atau Tidak Cara Tahu Disini!

Berapa Lama Batas Waktu Konfirmasi Terima Barang?

Jika kamu sudah menerima paket yang kamu beli, kamu memiliki waktu paling lama 1×24 jam terhitung dari saat pihak jasa kirim menyatakan barang sudah diterima untuk konfirmasi penerimaan barang.

Selain itu, kamu juga bisa mengajuka pengembalian barang selama transaksi pembelian masih dalam dalam proses pengiriman.

Ini bisa kamu lakukan jika kamu mendapati barang yang kamu terima berbeda atau rusak dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan mengenai keterlambatan pengiriman Shopee, mulai dari definisi, penyebab, hingga cara menghindarinya.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Nah, biar bisnis kamu tidak mengalami keterlambatan pengiriman baiknya menggunakan layanan pengiriman dari Everpro Shipping!

Dijamin pengiriman kamu akan minim mengalami keterlambatan ke konsumen, selain itu kamu juga akan mendapatkan banyak keuntungan.

Apa aja keuntungannya? simak di bawah ini

Benefit Everpro Shipping

  • Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 30% untuk metode pengiriman reguler.
  • Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 15+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Jemput paket di mana saja dan bebas tentukan jadwalnya kapan saja.
  • Butuh data aktivitas penjualan? Tenang, semua orderan bisa diunduh dalam bentuk laporan.

Tunggu apalagi? Segera beralih ke layanan Shipping Everpro sekarang juga dengan klik Daftar di bawah ini!

Daftar Sekarang

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya